Resep Kue Bawang Renyah Tanpa Santan



5 Aneka Kue Goreng Praktis Berbahan Tepung Modalnya Nggak

Mencoba Camilan Kekinian dari Resep Kue Bawang Gurih dan Pedas

Pada kesempatan kali ini, Usaha Rumahan akan berbagi Resep Kue Bawang  yang renyah dan Gurih. Kue bawang atau yang bisa disebut kue bawang merupakan salah satu kue kering yang cara pembuatannya dengan digoreng.

Salah satu yang khas dari kue ini adalah rasa gurih dari irisan bawang membuat kue ini menjadi kue kering favorit masyarakat indonesia. Kue ini juga biasanya menjadi hidangan pada waktu lebaran.

Selain kacang bawang, kue bawang juga termasuk camilan yang banyak disukai. Bicara kacang bawang, pada postingan sebelumnya Usaha Rumahan telah berbagi cara membuat kacang bawang spesial.

Ingin tahu bagaimana pembuatannya? Langsung saja kunjungi artikel berikut ini : Resep Kacang Bawang Spesial. 

Kembali lagi dengan kue bawang, nah kali ini kita akan belajar membuat kue bawang dari resep kue bawang renyah dan gurih. Dari namanya saja kita sudah tahu, akan seperti apa kue bawang yang kita buat nanti. sebenarnya membua kue bawang cukuplah mudah.

Salah satu bahan yang dibutuhkan dari pembuatan kue bawang adalah tentunya bawang merah dan bawang putih. Namun  bagaimana cara membuat kue bawang tersebut menjadi renyah dan gurih? itulah yang akan kita buat pada kesempatan kali ini.

Langsung saja kita lihat resep kue bawang renyah dan gurih berikut ini.

Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh

Mengkonsumsi bawang merah dalam masakan tentunya sangat sedap. Namun bagaimana kalau bawang merah yang masih mentah? sepertinya agak berfikir sejenak untuk memakannya bukan, tapi jangan dulu seperti itu karena manfaat bawang merah yang akan kita peroleh, cukup mengobati ketidakenakan karena memakannya. Berikut diantaranya adalah :

1. Pencegahan Kanker

Mungkin salah satu dari pembaca artikel adalah penderita penyakit yang sangat dihindari yaitu kanker. Pasti anda sangat bingung bagaimana cara mngatasi atau mengobati bahkan bagi anda yang bukan penderita kanker mungkin ingin tahu bagaimana cara mencegah penyakit tersebut.

Kabar baiknya bagi anda penderita kanker maupun bagi anda yang bukan penderita penyakit kanker, karena sebenarnya mengkonsumsi bawang merah dapat membantu mengobati kanker bahkan dapat mencegah penyakit kanker.

Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal. Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung karena sebagian senyawa organosulfur mereka yang kaya.

Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

Bawang juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang dan membantu untuk memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.

2. Kanker Prostat

Ternyata bawang merah bukan hanya dapat menyembuhkan atau mencegah kanker biasa, namun ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat yang sangat manjur bagi para penderita kanker prostat

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat.

Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat. Nah bagi anda bagi penderita kanker prostat diusahakan agar dapat menjaga kesehatan dan perbanyak mengkonsumsi bawang.

3. Esofagus dan kanker perut

Setelah tahu bahwa bawang dapat membantu mengatasi penyakit kanker dan kanker prostat, ternyata bawang juga memang sangat ampuh dalam mengatasi penyakit yang banyak dihindari yang satu ini yaitu kanker.

Salah satu jenis kanker yang dapat ditangani dengan mengkonsumsi bawang adalah jenis kanker perut. Bagi anda yang menderita penyakit kanker perut, maka mulai dari sekarang diusahakan perbanyak mengkonsumsi bawang.

Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut. Beberapa penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums, serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

4. Mengatur Tidur dan Suasana hati

Bagi anda yang mempunyai keluhan tidur seperti susah tidur karena mungkin suatu hal yang terlalu dipikirkan dan mengganggu suasana hati, mungkin anda harus mencoba perbanyak mengkonsumsi bawang.

Folat ditemukan dalam bawang, dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.

Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

5. Baik Untuk Jantung

Menjaga kesehatan jantung merupakan suatu hal utama yang harus kita usahakan, karena penyakit yang menyerang jantung cenderung penyakit penyakit yang cukup berbahaya dan butuh penangan khusus untuk mengatasinya.

Bagi anda yang khawatir dengan kesehatan jantung dan tertarik untuk memperbaiki fungsi jantung anda agar tetap sehat maka ada baiknya mulai sekarang anda memperbanyak konsumsi bawang.

Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik.

Manfaat bawang putih juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

6. Mengatasi perut kembung pada anak-anak

Jika anda adalah seorang orang tua yang memiliki buah hati, tentunya anda akan sangat peduli tentang kesehatan anak anak anda. Apalagi jika buah hati yang kita sayangi sedang mengalami sakit tentu kita akan sangat khawatir sebagai orang tuanya.

Namun, seringkali kita menemui penyakit ringan yang sering dialami oleh si buah hati yaitu terutama bila si kecil mengalami masuk angin sehingga menyebabkan perut kembung.

Untuk mengatasi perut kembung yang dialami oleh si kecil ternyata sangat mudah dan tidak perlu membeli obat obatan yang rasanya tentu sangat tidak disukai oleh anak anak.

Anak-anak dapat dengan mudah terkena masuk angin, yang menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasinya caranya mudah, ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan pada bagian pusar si kecil

7. Meredakan batuk

Batuk sering terjadi pada cuaca dingin dan menyerang anak-anak. Resep penyembuhannya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambahkan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut.

Setelah kita panjang lebar membahas tentang segudang manfaat yang ditimbulkan bawang bagi kesehatan, sekarang waktunya kita kembali membahas resep kue bawang. Nah semoga dengan membuat camilan dari resep kue bawang nanti dapat juga kita diberikan manfaat yang berarti dari bawang bagi kesehatn tubuh kita.

Mari langsung saja kita intip resepnya..

Resep Kue Bawang Gurih

Tentu saja bahan baku utama dari resep kue bawang kali ini adalah bawang merah dan bawang putih  yang keberadaannya dapat kita temui dengan mudah sehari hari. Namun jangan khawatir dengan sulitnya mencari bahan bahan yang lainnya. Bahan bahan lainnya juga dapat kita temui sehari hari didapur atau bisa kita dapatkan di pasar pasar.

Untuk lebih jelasnya langsung saja kita lihat bahan bahannya berikut ini.

Bahan bahan :
  • 500 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung kanji
  • 1 butir telur ayam
  • 10 butir bawang merah
  • 100 ml santan
  • 5 siung bawang putih
  • 5 batang seledri
  • 100 gram ebi
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat kue bawang Gurih :

Setelah bahan bahan yang dibutuhkan terkumpul mari kita cemilan kali ini dari resep kue bawang yang renyah dan gurih.

  1. Haluskan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, ebi, seledri, dan garam.
  2. Siapkan wadah yang cukup besar, masukkan bumbu yang dihaluskan tadi, bersama dengan santan dan telur. Aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Tambahkan tepung terigu dan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan tercampur rata dan mudah untuk dibentuk.
  4. Ambil sebagian adonan, kemudian giling sampai bentuknya tipis dan lebar.
  5. Potong lembaran adonan tadi menjadi berbentuk stik.
  6. Panaskan minyak, goreng adonan yang sudah dipotong panjang tipis sampai berwarna kuning kecoklatan.
  7. Kue bawang gurih siap disajikan

Sebenarnya kue kering yang satu ini sangat mudah pembuatannya. Bahkan ada banyak variasi dalam pembuatan kue bawang. Salah satu contohnya adalah kue bawang dengan variasi rasa keju, pedas dan yang lainnya.

Jika anda tertarik ingin mencoba variasi rasa kue bawang, maka kami akan bagikan juga resep kue bawang yang lainnya. Nah berikut adalah resepnya.

Resep Kue Bawang Pedas

Bahan bahan yang dibutuhkan dalam resep kue bawang pedas sebenarnya tidak berbeda jauh dengan resep kue bawang yang tadi sudah kita bahas diatas.

Bahan bahan :
  • Tepung terigu (1 Kg)
  • Tepung sagu (½ Kg)
  • Baking Powder (10 gram)
  • Telur (2 Butir)
  • Air santan (1 gelas)
  • Margarin (1 sendok makan)
  • Permifan (1 sendok teh)
  • Cabai bubuk secukupnya
  • Lada (1 sendok teh)
  • Bawang merah yang sudah diiris atau dihaluskan secukupnya
  • Daun bawang secukupnya
  • Seledri secukupnya
  • Garam (1 sendok teh)
  • Penyedap Rasa (2 sendok teh)
  • Air putih secukupnya
  • Minyak goreng
Cara membuat kue bawang Pedas :

Kue bawang dengan rasa pedas kali ini pun cara pembuatanya tidak jauh berbeda dengan kue bawang gurih. Perbedaannya hanya terletak di penambahan bahan cabai bubuk. Dari pada penasaran, langsung saja kita tengok cara pembuatan kue bawang dengan rasa pedas berikut ini.

  1. Masukkan tepung terigu, tepung sagu dan baking powder ke dalam wadah yang berukuran besar. Penggunaan wadah yang besar ukurannya akan sangat aman digunakan untuk membuat adonan.
  2. Campur bahan-bahan seperti telur, lada, margarine, irisan bawang, irisan daun bawang, irisan seledri, permifan, garam, dan cabai bubuk dengan tepung terigu yang sudah siap teraduk didalam wadah.
  3. Apabila semua bahan sudah terkumpul dalam satu wadah, maka saatnya untuk mengaduknya sampai tercampur rata dengan memasukkan air santan dan air putih sedikit demi sedikit dan tidak membiarkan adonan terlalu lembek.
  4. Selanjutnya anda harus menipiskan adonan dengan ampia dan jika adonan terlihat masih lengket, anda dapat menaburkan tepung pada permukaan adonan.
  5. Adonan untuk resep kue bawang pedas siap untuk dibentuk sesuai keinginan anda
  6. Goreng adonan tersebut ke dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan jika sudah matang anda dapat mengangkat dan meniriskannya.
  7. Kue bawang pedas siap dihidangkan.

Membuat kue bawang renyah rasa pedas sangat mudah bukan? Namun, untuk menciptakan kelezaatannya yang tidak mudah sehingga dibutuhkalah resep kue bawang pedas. Dengan mengetahui resep kue bawang atau kripik bawang pedas, maka dipastikan kue bawang pedas buatan anda akan terasa lezat dan gurih.

Peluang Usaha Kue Bawang

Peluang bisnis usaha rumahan dengan membuat kue bawang pada saat ini masih sangat terbuka lebar. Biaya yang dikeluarkan untuk usaha produksi kue bawang relatif cukup murah. Apalagi proses pembuatannya pun sangat mudah dan singkat.

Namun proses usaha produksi kue bawang haruslah didukung dengan tenaga ahli dalam mengolah kue. Tidak hanya itu, untuk usaha berskala rumahan juga dibutuhkan mesin yang bisa mendukung proses produksi.

Perlu kita ketahui, dalam pembuatan kue bawang untuk usaha rumahan sangatlah dibutuhkan mesin mesin yang dapat menunjang proses produksi. Salah satu mesin yang dibutuhkan adalah mesin perajang bawang, dengan mesin perajang bawang kita dapat menghemat waktu untuk merajang bawang dengan kebutuhan yang sangat besar.

Tidak hanya mesin perajang bawang, untuk kebutuhan bawang yang sangat tinggi pada usaha rumahan tentunya kita juga perlu waktu untuk proses pengupasan bawang. Jika kita hanya mengandalkan tenaga manusia dalam proses pengupasan bawang, tentu kita akan banyak mengeluarkan biaya hanya untuk membayar tenaga pengupas bawang.

Untuk itu kita juga sangat memerlukan mesin pengupas bawang. Dengan mesin pengupas bawang kita akan menghemat waktu dan biaya untuk mengupas bawang. Jika anda bingung mencari mesin mesin tersebut silahkan kunjungi Rumah Mesin. Disana anda akan menemukan mesin mesin yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kue bawang.

Alat Yang Dibutuhkan Dalam Usaha Kue Bawang

Jika anda masih bingung dengan apa saja alat atau mesin yang dibutuhkan untuk memulai usaha kue bawang yang masih skala rumahan, berikut ini adalah beberapa alat yang dibutuhkan jika kita ingin memulai usaha kue bawang rumahan

Tentu akan sangat melelahkan jika kita akan mengupas bawang apalagi jika kita mengupas bawang dalam jumlah banyak. Padahal jika ingin membuat kue bawang yang banyak pasti juga membutuhkan bawang yang telah dikupas dalam jumlah yang banyak pula.

Namun dengan mesin pengupas bawang kita akan bisa mengupas bawnag dengan cepat dan dapat menghemat tenaga serta waktu yang dibutuhkan pun cukup cepat.

Selanjutnya alat atau mesin yang dibutuhkan untuk memulai usaha kue bawang skala rumahan adalah mesin pengemasan model hand sealer. Tentu jika kita akan memasarkan produk kita, kita harus mengemas produk kue bawang kita semenarik mungkin.

Nah dengan menggunakan mesin kemas model hand sealer tentu kita akan dapat mengemas kue bawang dalam sebuah kemasan dengan rapi, sehingga akan menarik konsumen untuk membeli produk kue bawang kita.

Penggunaan mesin kemas model hand sealer juga relatif cukup mudah yaitu hanya dengan cara mengepress plaskit kemas yang telah diisi oleh kue bawang, maka kemasan akan tertutup secara rapat sehingga akan terjamin kualitas kue bawang sampai ke tangan konsumen.

Harga dari mesin kemas hand sealer juga relatif murah, sehingga kita akan lebih menghemat keuangan yang berguna sebagai modal utama memuali usaha kue bawang skala rumahan.

Jika Anda ingin mencoba menjalankan bisnis stik bawang maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini. Sekian, pembahasan untuk peluang bisnis kue bawang. Semoga dengan info ini bisa membantu menambah wawasan tentang bisnis camilan dan peluangnya.

Gallery Resep Kue Bawang Renyah Tanpa Santan

21 Resep Kue Bawang Yang Enak Dan Renyah Rekomended

Cara Membuat Tahu Goreng Tepung Yang Hasilnya Renyah Di Luar

Resep Kue Garpu Renyah Ekonomis Rasa Bawang Kencur

Tutorial Memasak Keripik Bawang Tanpa Telur Youtube

Rahasia Resep Sambel Resep Resep Kue Bawang Tanpa Santan

Keripik Bawang Renyah Gurih Meski Tanpa Telur Recipes By

Stik Bawang Renyah Dan Gurih Tanpa Telur Komering Online

Resep Tongseng Ayam Kuah Tanpa Santan

Resep Kacang Bawang Tanpa Santan

2 Resep Cara Membuat Peyek Kacang Gurih Renyah Dengan Santan

5 Kreasi Resep Dan Cara Membuat Tongseng Kambing Gurih

6 Resep Kue Bawang Enak Yang Mudah Dibuat Themoondoggies

Keripik Bawang Tanpa Telur

Resep Stick Bawang Renyah Irit Tanpa Telur Oleh Dienda

Resep Stik Bawang Keju Renyah Tanpa Telur Santan Oleh Ny

186 Resep Kue Bawang Crispy Sederhana Enak Dan Sederhana

Kue Bawang Kentang Goreng Renyah Tanpa Telur

21 Resep Bakwan Kekinian Gurih Renyah Dan Mudah Dibuat

5 Resep Kue Bawang Untuk Bisnis Rumahan

Resep Kue Bawang Khas Medan Renyah Pedas Gurih Bikin Nagih

Resep Camilan Lebaran Stik Bawang Renyah Tanpa Telur

Resep Kue Bawang Kentang Kriuk Camilan Untuk Teman Main Anak

Coba Inovasi Baru Resep Stik Bawang Tanpa Telur Info

4 Cara Buat Kacang Bawang Renyah Sudah Dicoba Cara

Cara Membuat Kue Bawang Secara Mudah Dan Sederhana Toko

Stik Bawang Renyah Tanpa Telur Kuih Bawang Anekakuelebaran


Belum ada Komentar untuk "Resep Kue Bawang Renyah Tanpa Santan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel