Resep Memasak Ikan Mas



Resep Masak Ikan Mas Saus Teriyaki Resep Segala Masakan

Rahasia bumbu ikan bakar dan resep ikan mas bakar

Resep ikan mas bakar. Inilah rahasia bumbu ikan bakar dan petunjuk lengkap resep masakan ikan mas bakar komplit dengan sambal kecap. Ikan mas paling nikmat jika dimasak dengan dibakar, tentunya ada trik tersendiri cara memasak ikan dengan cara di bakar. Dengan pembakaran maka cita rasa ikan mas lebih nikmat dan lezat. Bumbu ikan bakar cukup sederhana dan cara membuat masakan ikan bakar juga mudah. Yuk pelajari cara membakar ikan supaya bumbunya meresap dan tidak gosong. Anda dapat membeli bumbu untuk masakan ikan mas bakar ini di pasar atau di warung, bahkan di super market juga kadang kadang tersedia.

Yang pasti bahan bumbu untuk bakar ikan mas ini alami dan murah. Bagi yang berencana membuat masakan ikan bakar dengan bahan utama ikan mas, yuk siapkan peralatan tulis dan inilah resep ikan mas bakar yang dilengkapi dengan sambal kecap komplit. Ikan mas paling nikmat jika dimasak dengan cara di bakar. Namun demikian pastikan anda memilih ikan yang masih segar. Berita baiknya, saat ini sudah mulai banyak penjual ikan mas hidup, sehingga anda bukan saja mendapatkan ikan mas yang masih segar tapi juga masih hidup. Resep masakan rumahan bahan ikan segar ini cukup nikmat untuk hidangan sehari hari.

Nah dengan demikian pilihlah ikan yang masih dalam akuarium dari pada yang sudah mati, tentu nanti saat dibakar rasanya lebih nikmat dan fresh. Tidak demikian dengan jenis udang khususnya jenis udang besar, akan lebih mantap jika digoreng. Jangan kuatir bunda dan sis cantik sekalian, meskipun anda membeli ikan mas hidup, bukan berarti anda membawa pulang hidup hidup, he he he. Sang penjual ikan siap menangkap ikan mas pilihan bunda dan langsung membersihkan di tempat. Saya sarankan untuk membersihkan secara maksimal, terutama bagian dalam perutnya.

Nah sekarang waktunya membeli bahan bumbu untuk ikan mas bakar. Bumbu bumbu ikan bakar bisa di beli di warung atau juga di pasar pasar tradisional. Bumbunya cukup sederhana dan murah, namun demikian untuk mendapatkan cita rasa ikan mas bakar yang hmm nikmat, tentunya bahan bumbunya harus komplit ya, seperti : cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, air asam jawa, kecap manis, dan jeruk nipis. Bumbu ikan bakar tidak hanya untuk ikan mas saja, untuk jenis ikan lainnya juga bisa lho, seperti : ikan bawal, ikan nila, ikan gurami, dan lainnya.

Resep bumbu ikan mas bakar

Bahan bahan ikan mas bakar >> Sediakan ikan mas sekitar 1 kg ( 2 ekor besar ), bersihkan ikan mas terutama sisik sisiknya dan juga bagian dalam ikan. >> Jeruk nipis sekitar 3 buah.

>> Garam secukupnya

Bumbu halus ikan mas bakar >> Bawang putih ± 4 siung >> Bawang merah ± 8 buah. >> Cabe rawit ± 2 atau 3 biji ( selera ) >> Cabe merah ± 5 atau 6 biji ( selera ) >> Ketumbar paling tidak 1 sendok makan. >> jahe ± 2 kerat. >> Asam jawa ± 5 biji asam, buat jadi air asam sekitar 5 sendok teh. >> Kecap manis : 2 sachet. >> Garam secukupnya, paling tidak ± 1 sendok teh peres.

>> Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu.

Nah itulah bahan bumbu halus ikan mas bakar. Yang namanya ikan bakar paling nikmat dan mantap tentu dimakan dengan cara di gado ( makan tanpa nasi ), kalau dengan nasi putih justru kurang mantap.Supaya lebih lengkap dan komplit sebelum disantap dicelupkan dahulu dengan sambal kecap. Nih bunda sekalian resep sambal kecapnya

Resep sambal kecap

  • Cabe rawit sekitar 10 biji, bunda bisa menggunakan cabe rawit merah atau yang rawit hijau, soal jumlahnya sesuai selera aja.
  • Bawang merah sekitar 4 buah.
  • Jeruk nipis cukup 1 biji.
  • Garam sedikit saja ( ¼ sendok teh ).
  • Kecap manis paling tidak 2 sachet.

Sekarang sudah lengkap bahan bahan dan bumbu untuk resep ikan mas bakar. Yuk bunda siapkan semua peralatan yang dibutuhkan, seperti cobek, pisau, wajan, dan lainnya supaya nantinya tidak bolak balik mencari peralatan masaknya.

Cara memasak masakan ikan mas bakar

  1. Setelah ikan dibersihkan lalu garis garis dengan ujung pisau di beberapa tempat, selanjutnya kucuri seluruh permukaan ikan mas dengan air jeruk nipis dan sedikit garam secara merata. Diamkan sekitar 10 menit. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan bau amis pada ikan.
  2. Uleg bumbu halus ( bawang putih, bawang merah, cabe rawit, cabe merah, ketumbar, dan jahe ). Sebaiknya jangan terlalu halus.
  3. Langkah selanjutnya adalah gongseng ( tumis ) bumbu halus dengan sedikit minyak goreng. Aduk aduk dan tunggu hingga matang dan berbau harum. Kemudian tuang air asam jawa, kecap manis, dan sedikit garam. Aduk aduk dan coba cicipi. Bila kurang mantap bisa tambahkan garam / penyedap rasa. Angkat dan dinginkan.
  4. Berikutnya lumuri ikan mas dengan bumbu halus secara merata, untuk menghasilkan cita rasa yang sempurnya, sebaiknya masukkan juga bumbu ke dalam mulut dan isi perutnya.
  5. Siapkan peralatan pembakaran. Bunda bisa menggunakan arang atau kompor gas yang penting gunakan panas api secara merata.
  6. Jepit ikan mas dan bakar dengan bara api sedang, selang lima menit balikkan ikan dan lumuri dengan sisa bumbu halus.
  7. Setelah matang angkat dan letakkan pada wadah atau nampan yang telah disiapkan.

Sekarang membuat sambal kecap untuk pelengkap ikan mas bakar. Cara membuat sambal kecap cocolan ikan mas bakar cukup mudah.

  1. Iris semua bahan bahannya ( cabe rawit dan bawang merah ), kemudian masukkan dalam wadah kecil.
  2. Tambahkan kecap manis, air jeruk nipis, dan sedikit garam.
  3. Jika diperlukan dapat ditambahkan sedikit air matang.

Sajikan ikan mas bakar dengan sambal kecap bersaama nasi putih pulen saat masih hangat. Ikan bakar bukan saja enak namun juga lebih lengkap nilai gizinya. Kelezatan masakan ikan mas dengan cara di bakar ini tentu sedikit berbeda jika misalnya dengan di goreng, bagi ikan yang di bakar tentunya harus mempunyai kualitas bagus, jadi pastikan ikan mas yang akan bunda bakar di beli dalam keadaan hidup. Dengan demikian bunda mesti belajar cara mendapatkannya. Namun demikian, jika bunda maupun remaja putri tidak mendapatkan ikan mas hidup, yang sudah mati juga nggak apa apa, tapi dengan catatan masih segar ( fresh ). Wah bagaimana caranya memilih kualitas ikan yang masih bagus, silahkan bunda, sis, dan remaja putri sekalian membaca petunjuk kami tentang cara memilih ikan segar

Tentunya cukup banyak lho masakan masakan yang enak dengan pembakaran, bahkan bukan saja ikan namun juga daging ayam yang juga sungguh lezat dengan bumbu bakar, cobalah juga cara membuat ayam bakar. Demikian juga dengan bahan pangan lainnya yang mana mempunyai cara tersendiri bagaimana cara membuat masakannya. Seperti halnya jenis udang yang mempunyai cita rasa tinggi jika dimasak sesuai dengan tata caranya. Khusus udang baik itu udang kecil maupun udang besar akan lebih pas dengan cara penggorengan, ini lho resep masakan udang goreng tepung. Bunda dan remaja putri semua bisa belajar aneka macam resep masakan dan juga resep kue secara lengkap di resep masakan indonesia

Gallery Resep Memasak Ikan Mas

Resep Dan Cara Membuat Masakan Ikan Mas Goreng Bumbu Rica Rica Yang Enak Dan Lezat

Resep Masakan Ikan Mas Cici Fitria Medium

Resep Cara Membuat Pesmol Ikan Mas Yang Lezat

Resep Dan Cara Membuat Ikan Mas Bumbu Kuning Yang Lezat Dan Nikmat

Pepes Ikan Mas

Pepes Ikan Mas Resep Masakan Ala Sunda Kali Ini Yakni Resep

Resep Pepes Ikan Mas Khas Sunda

Resep Ikan Mas Goreng Garing Renyah Sederhana Infoikan Com

Resep Ikan Mas Bakar Sambal Andaliman

Resep Memasak Hidangan Ikan Mas Masak Resep Masakan

Goreng Ikan Mas Bumbu Kuning Cabe Rawit

Resep Masak Ikan Yang Enak Terbaru Dan Mudah Az Zikr

Resep Membuat Dan Cara Memasak Ikan Mas Goreng Bumbu Kunyit Kuning Yang Lezat Dan Nikmat

Resep Masakan Ikan Mas For Android Apk Download

Cara Membuat Ikan Mas Bumbu Arsik Khas Batak

Resep Bumbu Ikan Mas Bakar Sambal Kecap Resep Masakan

Resep Cara Memasak Ikan Mas Goreng Bumbu Acar Pedas Nikmat

Masakan Gulai Ikan Mas Dentist Chef

Resep Pepes Ikan Nikmat Dan Sederhana Satu Resep

Resep Gulai Ikan Mas Bumbu Rumah Makan Minang2

Resep Ikan Mas Bumbu Kuning Pedas

Berbagi Cara Menurut Munand Cara Memasak Ikan Mas

Resep Ikan Mas Bumbu Kuning Pempek Setiapempek Setia

Resep Dekke Naniura Ikan Mas Masakan Khas Batak Spicy Hot

Resep Ikan Mas Kuah Kuning

Resep Memasak

5 Resep Ikan Mas Enak Dan Mudah Dibuat Ini Bisa Bikin

Resep Bumbu Ikan Mas Santan Dan Cara Memasaknya Resep


Belum ada Komentar untuk "Resep Memasak Ikan Mas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel