Resep Rendang Daging Jawa



Resep Rendang Jawa Oleh Jj Noona Cookpad

Resep Rendang Daging Jawa Enak

Cara membuat Rendang Daging Jawa Resep rendang merupakan masakan daging kadang orang sering menyebut juga dengan randang. Saji... Mei 11, 2018

Cara membuat Rendang Daging Jawa

Resep rendang merupakan masakan daging kadang orang sering menyebut juga dengan randang. Sajian rendang padang merupakan salah satu hidangan nusantara yang tengah begitu popular saat ini. Bahkan kepopulerannya ini tidak hanya cukup di tanah air saja, baru-baru ini, hidangan tanah air ini telah mencetakkan namanya di ranah kuliner dunia sebagai salah satu hidangan terlezat didunia. Hal ini tentu saja menjadi kebanggan untuk masyarakat Indonesia, dengan diterimanya hidangan nusantara dilidah orang dunia, menjadi bukti betapa kekayaan alam Indonesia mampu memberikan sebuah sajian yang istimewa kepada dunia.
Resep Rendang Daging Jawa Enak - SpesialResep.com
Cita rasa dari Rendang yang khas dan pedas terdapat pada makanan yang satu ini ditambah dengan beberapa campuran bumbu rempah-rempah yang dioleh sedemikian rupa sehingga rasanya benar-benar mantap. Untuk mendapatkan rendang yang biasanya diolah degan berulang dengan menggunakan santan kelapa dan dipanaskan. Untuk proses memasaknya berulang-ulang kurang lebih sekitar 4 jam hingga kering dan warna yang didapat menjadi hitam pekat. Rendang dalam kondisi normal dalam ruangan bisa bertahan sampai berminggu-minggu.
Bagi sobat spesial resep yang selama ini hanya tahu sajian rendang yang lezat adalah masakan rendang padang. Pada kesempatan kali ini kita akan membicarakan resep rendang yang memiliki cita rasa yang tak kalah maknyus dari rendang padang yaitu rendang Jawa. Seperti apa resep membuat rendang daging sapi khas jawa? Berikut resep spesialnya :
  • 10 gram cabai rawit
  • 5 gram jahe
  • 20 gram minyak zaitun
  • 150 gram bawang merah
  • 50 gram bawang putih
  • 5 gram lengkuas
  • 5 gram kunyit serbuk
  • 2 gram kunyit
  • 5 gram serai
  • 200 gram susu murni
  • 5 gram bunga kantan
  • 50 gram serundeng
  • 50 gram bawang bombay
  • Garam secukupnya
  1. Pertama-tama yang dapat kita kerjakan di awal pada resep memasak rendang jawa di kesempatan kali ini yaitu dengan terlebih dahulu memotong-motong daging menjadi seukuran yang kita inginkan. Sebaiknya potong daging berlawanan dengan serat pada daging agar hasil masakan teksturnya menjadi lebih empuk dan lebih nikmat ketika di santap.
  2. Setelah daging di potong dengan ukuran yang kita inginkan, langkah berikutnya yaitu membersihkan daging pada air yang mengalir dan pastikan jika kotoran yang menempel pada daging dapat di bersihkan dengan seksama.
  3. Selesai di cuci sampai bersih dengan menggunakan air. Tahapan berikutnya kita keringkan airnya dengan meletakan daging yang sudah di cuci pada sebuah wadah atau baskom dan tiriskan airnya. Lalu sisihkan sementara sebelum daging di olah pada tahapan selanjutnya.
  1. Sudah kita menyelesaikan mencuci, untuk langkah selanjutnya kita akan memasak daging tetapi sebelumnya kita harus terlebih dahulu menghaluskan bumbu-bumbu seperti jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe, serai dan kunyit. Untuk menghaluskan bumbu-bumbu ini kita dapat memakai cobek dan ulekan batu atau dengan cara yang lebih praktis adalah dengan menggunakan blender.
  2. Campurkan bahan-bahan yang telah di haluskan dengan daging yang telah di bersihkan. Lumuri daging dengan bumbu halus secara merata dan pastikan jika semua bagian dari daging telah terlumuri dengan bumbu.
  3. Setelah di lumuri dengan bumbu, diamkan daging dan peram selama kurang lebih 30 menit atau lebih. Biarkan bumbu meresap pada daging secara merata.
  4. Panaskan minyak dalam wajan, tunggu hingga panas dan tumis daging yang telah di peram dengan bumbu dan masak hingga tercium bau harum secara merata dan keseluruhan.
  5. Lalu kita tuangkan susu, selanjutnya memasukkan serundeng, bunga kantan. Kemudian tunggu hingga masak yang di tandai daging menjadi lebih empuk dan matangnya merata, dan hingga bumbu yang di masukkan menjadi lebih kental. Tambahkan garam sesuai dengan selera dan cicipi rasa bumbu apa telah pas lezat dan gurihnya meresap pada daging yang di masak.
  6. Jika daging telah matang, empuk dan bumbu telah menjadi kental, maka saatnya kita angkat rebusan dan matikan api kompor. Rendang daging Jawa telah siap di sajikan dan di hidangkan bersama nasi putih hangat untuk keluarga tercinta.
Sekarang kita dan keluarga sudah bisa menikmati masakan Rendang Daging Jawa hasil buatan sendiri. Rasanya pun pasti mantap dan juga enak sesuai dengan aslinya. Dengan demikian selesai sudah ulasan Resep Rendang Daging Jawa yang kita buat. Sekarang tunggu apalagi, baca dan langsung praktekkan di dapur kesayangan kita masing-masing. Jangan lupa, kalau suka dengan artikel ini di mohon beri like dan bagikan ke teman-teman share di sosmed agar pengetahuan kuliner ini bisa bermanfaat untuk kita dan teman kita, serta kalo ingin selalu membaca artikel ulasan resep terbaru setiap saat, pembaca bisa mencoba untuk melike dan follow halaman spesial resep di FB secara gratis untuk mendapatkan resep spesial terbaru. Makan Enak, Makan Sehat ya Spesial Resep.

Gallery Resep Rendang Daging Jawa

Ini Resep Asli Rendang Padang Dan Ragam Jenis Rendang

Resep Rendang Jawa Oleh Yuni Kurniasih Cookpad

Resep Rendang Padang Kering Asli Article Plimbi Social

Hidangan Idul Adha Resep Rendang Telur Puyuh Khas Padang

Resep Rendang Daging Untuk Menu Lebaran Dari Daging Sapi

4 Resep Rendang Daging Yang Mudah Dan Bisa Praktekkan Di Rumah

4 Cara Membuat Resep Rendang Daging Spesial Lebaran

Resep Rendang Daging Jawa For Android Apk Download

Cara Masak Rendang Daging Sapi Spesial Lebaran Resep

Resep Rendang Daging Sapi Pedas Resep Masakan Jatim

13 Cara Membuat Rendang Enak Empuk Dan Sederhana

Kalio Ayam Alternatif Sajian Lezat Untuk Hari Raya 1

Rendang Wikipedia

Resep Rendang Padang Sederhana Dapur Cintaku

Haaahhh Ada Rendang Jawa Seperti Apasih Itu

2 Resep Rendang Daging Jawa Bumbu Spesial Praktis Lezat

Resep Rendang Daging Sapi Kentang A La My Mom My Mom S

19 Aneka Resep Rendang Yang Enak Gurih Dan Praktis

Resep Ayam Rendang Ayam Kampung

Resep Rendang Daging Travistory

Cara Membuat Rendang Jengkol Empuk Tidak Bau Gurih Gurih


Belum ada Komentar untuk "Resep Rendang Daging Jawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel