Resep Masak Cumi Asin



Resep Oseng Cumi Asin Sedapnya Bikin Boros Nasi Lifestyle

Resep Cumi Asin dan Cara Membuat yang Benar

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat sebuah bahan dasar menjadi menu menarik dan lezat namun tetap sederhana dalam pengolahannya. Salah satu menu masakan yang terbilang cukup sederhana dan bisa dijadikan alternatif hidangan kepada keluarga kamu adalah resep cumi asin. Resep sajian kami maksud yakni cumi asin kecap.

Bagaimana Resep Cumi Asin dan Cara Membuat yang Benar

Menu cumi asin kecap merupakan sebuah sajian yang mempunyai cita rasa mantap dan gurih namun pada proses pengolahannya terbilang tidak terlalu sulit atau mudah. Sehingga membuat kamu yang malas keluar bisa praktekan menu ini di rumah sendiri.

Bagi kamu yang  tertarik dengan resep sajian sedap resep cumi asin kecap yang mentap ini, kamu bisa mencoba melihat resep serta langkah pembuatannya di bawah ini. Selamat berkreasi dengan masakan kalian dan semoga berhasil. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cumi asin kecap yang paling enak dan empuk dari seafood mantap untuk keluarga.

Bahan Utama :

  • 399 gram cumi telur asin dengan ukuran besar
  • 8 butir bawang merah, cincang
  • 4 siuang bawang putih, cincang
  • 10 buah cabai hijau, potong dengan bentuk serong tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 3 buah belimbing sayur, belah menjadi 2 bagian
  • 1 papan petai, bersihkan dan siangi
  • 2 sendok teh gula merah, di sisir
  • 5 sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • ½ ruas lengkuas
  • 5 buah tomat hijau, potong kotak

Cara Memasak Cumi Asin Kecap :

  1. Siapkan wajan serta minyak kemudian kamu panaskan menggunakan api sedang saja.
  2. Setelah panas lanjutkan dengan menggoreng resep cumi asin yang kamu miliki sampai cukup matang, usahakan jangan terlalu kering atau garing. Angkat dan sisihkan.
  3. Panaskan kembali wajan serta minyak kemudian lanjutkan dengan menumis bahan lain berupa bawang merah, bawang putih, salam, lengkuas dan cabai sampai aroma harum masakan tercium.
  4. Setelah beberapa saat kamu tambahkan perasa makanan berupa garam, gula merah serta kecap, kamu bisa aduk merata hingga kecap dan gula menjadi karamel. Penting sekali untuk perhatikan bagian ini, sebab bumbu karamel ini yang akan menjadi salahsatu kunci penentu masakan ini.
  5. Setelah dirasa cukup memasak bumbu tersebut, lanjutkan memasak dengan memasukan cumi yang tadi dimasak setengah matang bersama dengan bahan lain yakni tomat hijau, belimbing sayur serta petai. Aduk sampai merata.

Demikian resep cumi asin yang sangat nikmat. Perpaduan rasa asin dari cumi yang nikmat dipadu dengan bumbu kecap yang nikmat. Menu cumi asin kecap yang lezat ini sangat cocok kalian sajikan sebagai hidangan teman makan nasi hangat yang terbilang cukup nikmat. Menu ini juga terbilang cukup mudah kamu praktikan dirumah.

Meski sama-sama cumi, namun cumi basah dan cumi asin jelas mempuyai tekstur dan rasa yang berbeda. Sebagai bahan segar, cumi basah tentunya perlu dicuci dahulu sebelum diolah. Sedangkan cumi asin, sebagian kalangan  ada yang tidak mencucinya dengan alasan tak ingin menghilangkan rasa asinnya. Nah, jika kamu ingin mencuci kedua jenis cumi tersebut sebelum diolah, tentunya tidak boleh sembarangan membersihkannya dengan air saja.

Mencuci sebuah jenis cumi memang harus pelan-pelan dan teliti. Mencuci cumi basah tentunya sangat mudah. Cukup dicuci dengan air mengalir. Namun saat mencucinya, kamu harus membersihkan tiap bagian tubuh cumi. Kulit cuminya boleh dikupas atau tidak sama sekali, sesuai kebutuhan saja. Kalau ingin cumi dengan penampilan bersih untuk calamari, misalnya, kulitnya harus dikupas. Tinta cumi bisa kamu buang atau tidak. Tergantung jenis masakan yang akan kamu buat.

Cumi Menjadi Salah Satu Masakan Favorit Kalangan di Indonesia

Belakangan ini trend masakan resep cumi asin yang menggunakan tinta, seperti nasi goreng tinta cumi atau tumis tinta cumi yang digemari banyak kalangan. Sehingga kita tetap bisa membiarkan kantung tinta cumi menempel pada cumi tersebut atau tidak dibuang. Namun kita perlu berhati-hati, bagi yang tidak terbiasa mengolahnya, tinta cumi dapat meninggalkan bau amis pada masakan. Untuk mengatasinya, kamu bisa memberi jeruk nipis atau jahe. Jangan lupa, membuang tulang cumi, mulut dan mata. Ketiganya mempunyai tekstur agak keras dan akan mengganggu saat digigit.

Mengandung rasa asin yang cukup banyak, sehingga ada baiknya kita mencucinya dahulu sebelum diolah agar tidak terlalu asin hasilnya. Caranya, rendam dengan air panas sekitar 10-15 menit. Cara tersebut memang bisa mengurangi banyaknya kadar garam pada permukaan tubuh cumi. Selain itu, resep cumi asin diproses dengan cara  dikeringkan sehingga akan membuat tekstur daging cumi sedikit keras.

Merendamnya dengan air panas dapat membuat tekstur cumi menjadi semakin empuk dan mudah digigit. Setelah direndam, kamu harus mencucinya lagi dengan air bersih yang mengalir agar kotoran yang menempel pada permukaan cumi tersapu sampai bersih. Nah, kedua jenis cumi tersebut memang harus dicuci dengan tepat agar menghadirkan rasa yang pas di lidah, setelah diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Demikian ulasan kami menganai resep cumi asin yang dapat kami sampaikan, semoga selalu memberi banyak kemudahan bagi kamu semua. Masakan ini cocok di jadikan menu diberbagai acara keluarga. Sekarang saatnya kamu mencoba masakan menarik dan lezat ini. Sekian dari kami, terima kasih dan selamat mencoba.

Masak cumi asin

Gallery Resep Masak Cumi Asin

4 Cara Memasak Cumi Dari Cumi Hitam Sampai Cumi Cabai Hijau

Resep Cumi Asin Cabe Ijo By Ricasakura Cooking Masak Id

Resep Cumi Asin Praktis Sederhana Bahan Bahan Cara

Resep Nasi Bakar Cumi Asin Pedas Dan Pare Cah Telur Petai

Resep Masakan Oseng Cumi Asin Petai 12 Cumi Asin

Resep Masak Cumi Asin Untuk Anak Resep Kuliner Cookpad

9 Racikan Cumi Kecil Hingga Cumi Asin Yang Enak

Kumpulan Aneka Resep Cumi Terlengkap Dan Mudah Dibuat

Resep Cumi Asin Pedas Oleh Dessy Fitria Hermawan Cookpad

Tomat Untuk Membuat Balado Cumi Asin Mix Jengkol Resep

Resep Oseng Cumi Asin Pedas Bikin Lidah Bergoyang

Cara Membuat Cumi Asin Cabai Hijau

Resep Dan Cara Membuat Cumi Asin Pedas Masakan Berbahan

Cumi Asin Cabe Ijo Oseng Cumi

Resep Membuat Cumi Asin Balado Pete Ngemie Com

Resep Masakan Cumi Asin Cabai Hijau Dan Trik Agar Tidak Alot

Resep Dan Cara Membuat Balado Cumi Asin Baca Resep

Cumi Asin Pedas Cabe Ijo

Resep Cumi Asin Kecap Pedas Saus Teriyaki

Resep Masakan Kering Cumi

Begini Cara Membuat Cumi Asin Cabai Merah Yang Nikmat

Resep Masak Cumi Asin Ala Mama Iyas Oleh Istiqomah Rino

Resep Masakan Seafood Cumi Lensa Hot Line


Belum ada Komentar untuk "Resep Masak Cumi Asin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel