Resep Jajan Dari Singkong



Singkong Bisa Diolah Jadi Aneka Makanan Lezat Lho Inilah

6 Kue Tradisional, Klasik, dan Lezat yang Terbuat dari Singkong

(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Bukan hanya makanan pokok, singkong juga sudah dikreasikan menjadi aneka kue dan camilan. Jika bisa temukan tiwul dan sawut dijajakan di pasar sekitar rumah, anda patut bersyukur. Sebab tidak banyak yang menjual kudapan tradisional ini.

Beruntung, ada banyak yang menjual olahan versi modernnya seperti singkong goreng keju dan keripik balado. Berikut adalah macam-macam kue tradisional yang terbuat dari singkong. Apakah anda sudah coba semuanya?  

1. Getuk

Getuk atau gethuk bisa dibilang kue legit ini paling terkenal dari kue singkong lainnya. Ada dua jenis getuk yakni ‘getuk’ saja dan ‘getuk lindri’.

Getuk bertekstur garis-garis dan ditaburi parutan kelapa, sedangkan getuk lindri dicetak kecil-kecil, diberi pewarna dengan rasa yang berbeda-beda, dan nantinya terlihat seperti kue lapis mini. Getuk sering dijajakan di pasar-pasar tradisional atau toko oleh-oleh khas daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Coba Resep : Getuk Lidri

2. Sawut

Masih di daerah Jawa Tengah, silahkan coba singkong yang diparut kasar bernama Sawut. Kalau didengar-dengar, kata “sawut” seperti “mawut” yang dalam Bahasa Jawa artinya berantakan. Secara fisik, jajanan ini memang disajikan ‘asal’ dan seadanya.

Rasanya manis-manis gurih berkat parutan kelapa di atasnya. Kalau manisnya berasal dari gula jawa yang dicampurkan ke dalam singkong parut. Porsinya juga lumayan, sekali makan bisa kenyang seperti makan nasi.

Coba Resep : Sawut Singkong

3. Lemet

Nah, kalau Sawut hanya parutan singkong, lemet adalah sawut versi dibungkus daun pisang dan dikukus. Seperti lontong, dong? Benar, tetapi kedua ujung daun tidak disemat dengan sapu lidi atau disteples.

Kue asli Gunung Kidul ini merupakan campuran dari parutan singkong dan gula merah yang sama-sama dihaluskan, plus sedikit garam. Karenanya, kue ini berasa manis-gurih dengan tekstur kenyal dan agak lengket. Hmm, bikin penasaran, ya? 

Coba Resep : Lemet

4. Combro dan Misro

Siapa yang tak kenal combro? Jajanan pasar dari parutan singkong ini tetap populer, bahkan di zaman sekarang. Mirip seperti combro, ada pula yang namanya misro. Kalau combro diisi dengan oncom, misro merupakan versi manisnya karena diisi gula merah.

Bentuk combro oval dan agak loncong, sedangkan misro bulat. Karena sama-sama dari Jawa Barat, nama dua kue ini diambil dari singkatan Bahasa Sunda. Kalau combro adalah “oncom di jero” (oncom di dalam), maka misro adalah “amis di jero” (manis di dalam). Kreatif, ya?

Coba Resep : Combro dan Misro

5. Tiwul

Gunung Kidul belum kehabisan ide untuk mengolah singkong. Waktu zaman penjajahan Jepang, Tiwul merupakan makanan pokok pengganti nasi. Bentuknya pun seperti nasi dan ditaburi parutan kelapa, sehingga rasanya gurih agak manis.

Tiwul terbuat dari singkong kering atau gaplek yang kemudian dikukus. Makanan ini pun sudah tersebar di Pulau Jawa dengan versi daerah masing-masing, seperti daerah Kebumen, Banyumas, dan Cilacap yang menyebutnya dengan oyek.

6. Lapis Singkong

Ada yang bilang Sentiling Singkong (Jawa Tengah), Sunduk Urut (Sidoarjo), sampai Ongol-Ongol Singkong (Jawa Barat). Intinya sih, bentuk makanan dari julukan-julukan tersebut sama saja yakni Lapis Singkong.

Seperti halnya kue lapis, lapis singkong punya banyak warna dan lapisan. Hanya saja, lapis yang ini terbuat dari singkong parut, gula jawa, garam, kelapa, dan agar-agar. Lapis singkong memiliki rasa gurih-manis dengan tekstur kenyal. Saat disajikan, taburan kelapa parut atau gula merah pasti tak akan absen!

Nah, sebagian besar cemilan singkong diatas dibuat dengan cara dikukus. Biar awet dan terpakai lama, pilih panci kukus yang berkualitas baik.

Image: Lazada

Misalnya, panci dari Supra Rantang 3 Susun (Lihat di Lazada DISKON) yang berdiameter 24 cm ini. Diameter yang besar, cukup untuk memasukkan loyang adonan. Selain itu, body panci sudah terbuat dari stainless yang kokoh serta berkualitas. Jadi, dipastikan adonan yang anda matang merata.

Nah, yang mana favorit anda? Atau ada yang belum dicoba? Jika hunting kue ke pelosok pasar sudah mainstream, anda bisa lho langsung membuatnya sekarang juga dengan resep yang ada di ResepKoki (klik langsung judul kue di atas). Selamat mencoba!

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Gallery Resep Jajan Dari Singkong

6 Kreasi Resep Singkong Yang Sehat Enak

5 Resep Dan Cara Membuat Getuk Tokopedia Blog

Resep Singkong Isi Keju Camilan Yang Meleleh Banget Di

Jajanan Pasar Resep Gethuk Lindri Endesss

Resep Kue Singkong Sunduk Urut Kue Tradisional Khas

Resep Kue Klepon Singkong Khas Jawa Tengah Palapa News

Resep Kue Ku Singkong Angkat Id

Resep Masakan Ketimus Singkong Gula Merah Khas Sunda

Bingung Mengolah Singkong Cobain Yuk 3 Resep Jajanan Singkong Enak Favorit Keluarga Dirumah

6 Kreasi Resep Singkong Yang Sehat Enak

Singkong Bisa Diolah Jadi Aneka Makanan Lezat Lho Inilah

Resep Singkong Keju Yang Empuk Dan Merekah Merdeka Com

Resep Jajanan Pasar Kicak Singkong

Resep Sawut Singkong Gula Merah Olahan Singkong Parut

10 Jajanan Singkong Yang Gampang Dibikin Gak Cuma Digoreng

Resep Singkong Gulung Sosis Keju Resep Hari Ini

Croisant Singkong

Resep Jajanan Anak Bola Bola Singkong Kornet Yang Pasti

10 Jajanan Singkong Yang Gampang Dibikin Gak Cuma Digoreng

Resep Timus Singkong

Resep Klepon Singkong Warna Warni Enak Food Food Drink

Singkong Kelapa

Cara Membuat Kue Sawut Singkong Jajanan Pasar Tradisional

Resep Kue Dari Singkong Praktis Sederhana Bahan Bahan


Belum ada Komentar untuk "Resep Jajan Dari Singkong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel