Resep Rawon Surabaya



Cek Yuk Resep Rawon Daging Satu Ini Kompasiana Com

Resep cara membuat rawon enak khas masakan jawa

Cara membuat rawon. Rawon enak khas masakan jawa. Inilah rahasia bumbu dan resep masakan rawon asli dan cara membuat rawon yang enak. Kuliner asli jawa ini menggunakan tetelan daging sapi sebagai bahan utamanya. Nasi rawon sendiri sudah menjadi makanan khas warga jawa timur, karena memang dari sanalah resep masakan ini berasal. Tampilan kuah rawon yang hitam memang beda dengan kuah masakan pada umumnya, hal ini berkat kluwek ( bumbu khas rawon ) yang merupakan bumbu wajib untuk membuat masakan rawon. yuk belajar membuat masakan rawon yang merupakan resep masakan indonesia sederhana asli ini. Mudah dan gampang lho bunda.

Resep masakan rawon daging merupakan resep masakan tradisional indonesia peninggalan para orang tua kita dahulu. Yuk belajar masak rawon yang enak. Masakan rawon tradisional ini masih seperti resep rawon daging sederhana seperti aslinya. Jangan sampai karena demam kreasi masakan maka masakan asli bangsa indonesia hilang dari peredaran. Kan sayang resep masakan para leluhur jika sampai hilang. Sebagai masukan bahwa kelezatan rawon tidak terlepas dari bahan bumbu khusus rawon yakni kluwek, sehingga pastikan anda menggunakan kluwek yang sudah masak ( warnanya hitam dan tidak pahit ).

Perlu diketahui bahwa resep masakan jawa nasi rawon ini mengunakan bumbu bumbu yang digunakan untuk membuat rawon sebenarnya tidak ada yang istimewa karena bumbu rawon sederhana dan sangat mudah di beli di pasar. Beberapa bumbu utama rawon ini yakni : bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, serai, dan tentu saja kluwek yang harus ada. Daging sapi yang digunakan untuk membuat rawon biasanya memilih yang banyak lemaknya dan harganya jauh lebih murah dari daging sapi utama, bagi masyarakat sering menyebutnya sebagai tetelan ( rawonan ) dan para penjual daging sapi sudah tahu akan hal itu. Sehingga jika bunda ingin membuat masakan rawon silahkan membeli bahan utama rawon ( rawonan ) di penjual daging sapi.

Resep masakan enak yakni rawon ada beberapa kreasi. Di kalangan para penggemar kuliner rawon ada satu resep nasi rawon yang cukup terkenal yakni resep rawon setan, sesuai dengan namanya dan dapat ditebak bahwa cita rasa rawon setan sangat luar biasa pedasnya, sehingga bagi pemilik lidah normal perlu mempersiapkan diri untuk dapat ke rumah makan rawon setan yang berada di surabaya jawa timur. Namun kali ini admin yang memang berasal dari sana tidak berbagi resep rawon setan tapi akan menulis resep rawon asli yang cita rasanya lebih enak. Bagi maniak pedas tidak perlu kuatir sebab ada sambal khusus untuk rawon, jadi pilihan pedas ada pada anda.

Hidangan masakan rawon ini lebih nikmat dinikmati bersama nasi putih hangat dengan kerupuk udang dan sambal khusus bagi yang suka rasa pedas. Kalau anda kebetulan sedang dinas ke daerah jawa timur, maka silahkan mampir dan menikmati nasi rawon enak di sana dan jangan kaget karena harganya untuk 1 porsi sangat murah meriah ( tentunya tergantung tempatnya ). Karena keunikan cita rasa nasi rawon ini, yuk bunda dan sis mari mencoba belajar membuat nasi rawon sendiri di dapur kesayangan untuk suami tercinta dan anak anak tentunya. Cara buat nasi rawon cukup mudah, namun yang jelas sebelum memulai memasaknya sebaiknya lengkapi dahulu bahan bahannya.

Resep hidangan nasi rawon khas jawa

Bahan utama masakan rawon >> Daging sapi : 250 gram, pilih daging khusus untuk rawonan, penjual daging juga tahu.

>> Air bersih : ± 2 liter.

Bumbu rawon yang dihaluskan >> Bawang putih : ± 4 siung. >> Bawang merah : ± 3 siung. >> Ketumbar : 1 sendok teh. >> Kunyit : ± 2 cm. >> Jahe : ± 1 cm.

>> kluwek : 4 biji ( pastikan menggunakan yang tua dan tidak pahit )

Bahan pelengkap bumbu rawon >> Lengkuas : 1 cm ( di memarkan ). >> Serai : 2 batang ( buang bagian ujungnya dan ambil pangkalnya aja ). >> Daun jeruk : 3 lembar. >> Gula : ± ½ sendok makan. >> Garam : secukupnya.

>> Penyedap rasa : jika diperlukan.

Bahan pelengkap penyajian masakan rawon >> Toge / kecambah : ± 50 gram. >> Kerupuk udang.

>> Sambal

Cara membuat masakan rawon

>> Rebus daging ( rawonan ) hingga matang dan angkat, sebelum dingin potong potong bentuk dadu / kotak. Air rebusan jangan dibuang ya. >> Haluskan bumbu halus ( bawang merah + bawang putih + ketumbar + jahe + kunyit ) >> Pecahkan kluwek dan taruh dalam wadah plastik kemudian tuang air panas sedikit dan cairkan. Untuk menjaga supaya kuah rawon tidak pahit, maka disarankan untuk menjilat sedikit setiap kluwek sebelum di cairkan. >> Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum, tambahkan ( lengkuas + daun jeruk + serai ), kemudian masukkan kluwek cair dan aduk aduk. >> Masukkan daging rawon dan air sisa rebusan. >> Tambahkan ( garam + gula pasir + penyedap rasa ), saat menambahkan garam ada baiknya sedikit demi sedikit supaya tidak keasinan, lantas aduk aduk dan tunggu hingga mendidih. >> Coba cicipi jika perlu tambah ( garam / gula / penyedap rasa ).

>> Masakan rawon telah siap dinikmati.

Tips cara membuat sambal rawon >> Ambil cabe rawit merah 5 buah. >> Gunakan bawang merah 4 buah. >> Tambahkan juga terasi matang sekitar 2 cm. >> Garam dan gula pasir secukupnya.

>> Uleg semua bahan hingga lembut.

Saran penyajian hidangan nasi rawon >> Ambil mangkok dan masukkan nasi putih secukupnya. Tambahkan touge dan kuah mangkok dan dagingnya hingga sedikit menenggelamkan nasi putih.

>> Nasi rawon cocok dimakan bersama telur asin dan krupuk udang dengan tambahan sambal rawon.

Demikian sahabat dan bunda sekalian resep dan cara membuat rawon yang enak khas jawa timur. Resep nasi rawon telah menjadi resep masakan indonesia yang banyak digemari dan di cari saat ini. Kuah hitam menjadi daya tarik tersendiri masakan asli jawa timur ini. Daerah timur pulau jawa ini juga termasyur dengan bakso sapinya yang terkenal kenyal dan enak, yuk belajar lagi bagaimana cara membuat bakso sapi asli.

Seperti diketahui bahwa kelezatan cita rasa rawon daging ini setara dengan menu gulai kambing, seperti diketahui bahwa bumbu gulai mesti komplit dan sesuai dengan resep aslinya. Soal kuliner murah tentu kita sering juga melahapnya yakni lontong sayur, jadi bagi yang sedang kebingungan mau dagang apa ya, bisa mencoba belajar cara membuat lontong sayur

Gallery Resep Rawon Surabaya

Resep Rawon Daging Yang Aromanya Aja Udah Bikin Lapar

Videos Matching Resep Rawon Revolvy

3 Resep Rawon Daging Dan Ayam Spesial Panganan Berkuah Dan

Resep Masakan Rawon Setan Surabaya

68 Resep Rawon Sapi Surabaya Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Masakan Rawon Khas Surabaya

Resep Dan Cara Membuat Rawon Daging Sapi Spesial Resepkoki Co

Resep Rawon Surabaya Masakapaya

Resep Rawon Surabaya Archives Resep Kakak

Kenikmatan Khas Surabaya Rawon Daging Sapi Di Giant Village

Theasianparent Panduan Kehamilan Bayi Dan Membesarkan Anak

Rawon Setan Devil S Rawon Surabaya Restaurant Reviews

Rawon Wikipedia

Resep Rawon Daging Spesial Bumbu Istimewa Asli Surabaya Malang

Resep Rawon Dapur Umami

Resep Rawon Daging Sapi Jawa Timur Enak

Resep Rawon Daging Khas Surabaya Beritahati Com

Resep Rawon Setan Mbak Endang Asli Jawa Timur

Rawon Setan Hingga Rawon Mayit Kuliner Surabaya Yang Wajib

Rahasia Rawon Enak Yang Jarang Dicantumkan Di Resep

Resep Rawon Ngawi Nendang Ala My Mom Just Try Taste

Rahasia Resep Bumbu Rawon Daging Enak Dan Cara Memasaknya

Resep Rawon Daging Goreng Enak Khas Jawa Timur Ini Enggak


Belum ada Komentar untuk "Resep Rawon Surabaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel