Resep Puding Roti Tawar



Resep Puding Roti Bakar Keeprecipes Your Universal Recipe Box

Resep Puding Roti Tawar Marmer dengan Vla Vanila

Setelah sekian lama berkeinginan mengeksekusi puding roti tawar ini, akhirnya minggu lalu saya berhasil mencobanya. Sebenarnya prosesnya sangat mudah, hanya membutuhkan blender untuk menghaluskan semua bahan dan memasaknya sebentar selayaknya membuat puding umumnya. Tapi jika malas mendera, jangankan membuat puding, merebus telur untuk sarapan saja beratnya luar biasa. 

Kebetulan di minggu lalu keinginan tersebut juga didukung oleh diskon roti tawar di Lotte Mart. Buy 1 get 1 free roti  tawar dan aneka produk bakery lainnya memang sering dilakukan oleh supermarket tersebut. Sayangnya freezer saya sudah tidak mampu lagi menampung dua bungkus roti, dan terlalu lama di chiller akan membuat roti menjadi kering dan kurang sedap lagi rasanya. Beberapa resep dari roti tawar sudah masuk ke dalam list, tapi puding dan crouton (roti tawar yang dipotong kecil-kecil dan dipanggang di oven hingga garing) menjadi pilihan saya karena super mudah. Crouton yang asin dan gurih, sedap menjadi camilan atau  taburan di salad dan sup. Resepnya akan saya berikan menyusul ya. 

Beberapa bulan yang lalu rekan-rekan di kantor saya heboh dengan puding roti tawarmenurut mereka caranya sangat mudah diikuti, dan  hasil serta rasanya mantap. Apalagi dengan diskon roti tawar yang hampir setiap hari selalu ada di supermarket membuat puding ini menjadi camilan sedap yang murah meriah. Resep puding ini pun sudah lama bersliweran di internet dengan berbagai versi, seorang pembaca JTT bahkan pernah menulis di kolom komentar meminta saya untuk mencobanya, namun entah mengapa saya tetap tidak tertarik untuk membuatnya. Kini ketika booming-nya telah berlalu dan teman-teman di kantor sudah bosan membuatnya, saya baru mengeksekusinya dan menghadirkannya di JTT. Saat mencicipi sepotong puding dingin yang baru saja keluar dari kulkas bersama kucuran vla vanilla, rasanya yang lezat langsung membuat saya menyesal. Mengapa tidak sejak dulu saya coba ya? Tobat dah.^_^

Ada berbagai macam versi puding roti, yang umum tentu saja jenis puding roti panggang atau kukus yang resepnya pernah saya hadirkan disini dan disini. Biasanya roti yang sudah kurang fresh dan sedikit kering, sering dipermak menjadi puding. Prosesnya juga sangat mudah, roti tawar cukup dipotong menjadi ukuran kecil, ditata di loyang dan disiram susu cair yang telah diberi gula, telur dan aneka rasa. Puding kemudian dikukus atau dipanggang hingga mengeras. Teksturnya lembut campuran antara custard yang smooth dan irisan roti utuh. 

Untuk puding roti tawar yang saya hadirkan resepnya kali ini, roti tidak dibiarkan utuh melainkan di blender bersama susu dan bahan lainnya hingga smooth. Baru kemudian adonan ini dimasak sebagaimana adonan agar-agar umumnya. Saya menggunakan bubuk agar-agar jelly merk Nutrijell rasa coklat untuk puding coklatnya, dan bubuk agar-agar biasa (plain) merk Swallow untuk warna putih. Kedua jenis bubuk agar-agar ini tidak memiliki perbedaan rasa dan tekstur di puding, jadi bisa saling menggantikan.
Sekarang ke prosesnya. Agar rasa dan teksturnya lembut, tidak terlalu padat dan terasa creamy, maka gunakan roti tawar putih atau jenis roti-roti manis yang putih (bukan whole wheat). Saya menggunakan seluruh roti termasuk bagian tepinya yang berwarna coklat. Sekitar 4 atau 5 lembar roti ukuran standar dengan berat sekitar 250 gram cukup untuk 1 bungkus bubuk agar-agar atau jelly dengan cairan sebanyak 900 ml. Saya menggunakan susu cair kotak, tapi dengan santan atau susu kental manis yang dicairkan rasanya juga akan tetap lezat. Susu cair, bubuk agar-agar, gula dan roti perlu diproses dengan blender untuk menghasilkan adonan dengan tekstur yang smooth. Jika menginginkan rasa coklat maka tambahkan beberapa sendok coklat bubuk atau pasta coklat. Jenis rasa lainnya bisa menggunakan pasta pandan, moka atau plain saja. 

Sebenarnya susu cair sudah cukup memberikan rasa gurih di puding, namun saya menambahkan sedikit mentega agar lebih nendang dan harum butter. Skip saja mentega jika memang tidak ada

Resep puding ini menggunakan dua warna yaitu coklat dan putih, jadi kedua adonan perlu dimasak bersamaan di dua panci berbeda. Karena tekstur adonan sangat kental dan berat maka masaklah dengan api kecil untuk menghindari gosong. Selalu aduk adonan agar tidak menggumpal didasar panci dan jangan masak hingga meletup-letup. Agar-agar memang perlu diaktifkan pada suhu panas tertentu agar mengeras ketika didinginkan, namun sebenarnya tidak perlu hingga mendidih dan bergolak. Jadi ketika adonan terasa mulai panas, kental dan mulai muncul letupan kecil di permukaannya segera hentikan memasaknya.   

Membuat motif marmernya sangat mudah, cukup masukkan dua adonan tersebut berselang-seling di dalam loyang hingga habis. Jika kurang yakin adonan mampu membentuk motif marmer maka tusukkan sebatang lidi dan putarkan perlahan beberapa kali. Puding sebenarnya cepat dingin dan mengeras, namun untuk memastikannya tidak hancur ketika diiris maka masukkan ke dalam chiller beberapa jam hingga benar-benar dingin dan padat.

Untuk vlanya, sebenarnya bisa langsung dengan cara memanaskan susu dan tepung maizena, kemudian  gula dan mentega dimasukkan hingga larut. Vla kemudian dimasak hingga kental dan mendidih. Kali ini saya menggunakan cara yang sedikit lebih ribet, berharap rasa dan hasilnya menjadi lebih sedap, namun ternyata tidak jauh berbeda dengan versi simple-nya. Jika difoto vla terlihat sangat kental, ini sebenarnya hanya untuk menunjang sesi pemotretan karena vla  yang encer cenderung enggan menempel di puding sehingga kurang cantik ketika dijepret dengan kamera. Sesungguhnya saya lebih suka dengan vla yang lebih encer, jadi tambahkan porsi susu cair jika dirasa vla pada resep dibawah terlalu pekat ya. Berikut ini resep dan prosesnya.

Puding Roti Tawar Marmer dengan Vla Vanilla

Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan puding putih/vanilla:

- 1 bungkus agar-agar plain/tanpa rasa (saya pakai merk Swallow)

- 150 gram gula pasir - 1/4 sendok teh garam

- 900 ml susu cair (atau 500 ml susu cair + 400 ml air matang biasa)

- 5 lembar roti tawar, sekitar 250 gram (potong-potong)

- 50 gram mentega - 1 sendok teh vanilla extract

Bahan puding coklat:

- 1 bungkus agar-agar jelly coklat (saya pakai merk Nutrijell)

- 2 sendok makan coklat bubuk - 1/4 sendok teh garam

- 150 gram gula pasir

- 900 ml susu cair coklat(atau 500 ml susu cair coklat + 400 ml air matang biasa)

- 5 lembar roti tawar, sekitar 250 gram (potong-potong)

- 50 gram mentega

Bahan vla:

- 50 gram mentega

- 2 1/2 sendok makan tepung maizena

- 800 ml susu cair

- 200 gram gula pasir

- 1 sendok teh vanilla extract atau 1 sendok teh rum essence

Cara membuat:

Membuat puding:

Untuk rasa vanilla:

Siapkan gelas blender, masukkan susu cair, garam, gula pasir, dan roti tawar, proses hingga halus. Masukkan bubuk agar-agar, proses hingga tercampur baik. Tuangkan ke dalam panci, sisihkan.

Untuk rasa coklat:

Siapkan gelas blender, masukkan susu cair, coklat  bubuk, garam, gula pasir, dan roti tawar, proses hingga halus. Masukkan bubuk agar-agar, proses hingga tercampur baik. Tuangkan ke dalam panci, sisihkan.

Masak kedua adonan agar-agar secara bersamaan, gunakan api kecil saja saat memasak dan selalu aduk dengan spatula agar tidak mengendap dan gosong. Ketika puding mulai panas, masukkan mentega, aduk hingga mentega lumer dan rata.

Masak hingga puding terlihat mengepulkan uap tanda telah benar-benar panas, teksturnya menjadi lebih kental, dan mulai muncul letupan-letupan kecil dipermukaannya, segera angkat. 

Untuk rasa vanilla, setelah puding diangkat tuangkan vanilla extract dan aduk rata. 

Note: karena adonan puding sangat pekat dan berat tidak perlu memasaknya hingga mendidih dan bergolak, selalu aduk dan gunakan api kecil saat memasak.

Siapkan loyang diameter 23 cm yang telah dibasahi dengan air permukaannya. Masukkan satu sendok sayur adonan puding coklat, dilanjutkan dengan adonan puding vanila. Lakukan berselang-seling hingga adonan puding habis. Diamkan hingga uap panasnya hilang.  Tutup permukaannya dengan plastic wrap dan masukkan ke chiller kulkas minimal 4 jam, hingga puding keras dan dingin.

Membuat vla:

Siapkan panci, masukkan mentega dan panaskan hingga lumer. Masukkan tepung maizena, aduk dan masak dengan api kecil hingga menggumpal. Masukkan sedikit demi sedikit susu cair sambil diaduk kuat hingga adonan larut dan tidak bergerindil. Tuangkan sisa susu dan gula, masak hingga adonan menjadi kental dan mendidih. Angkat, masukkan vanilla extract, aduk hingga rata. 

Note: jika vla terlalu kental, tambahkan air matang. Jika terlalu encer tambahkan maizena yang diencerkan dengan air. 

Saring vla agar benar-benar smooth bebas butiran.  

Keluarkan dari puding kulkas, balikkan disebuah piring datar. Siram dengan vlanya dan sajikan dingin. Super sedap!

Note: puding tahan hingga 1 minggu lamanya di kulkas. 

Gallery Resep Puding Roti Tawar

Puding Roti Tawar Panggang Praktis

Cara Membuat Puding Roti Tawar Sendiri Di Rumah Sederhana

Resep Puding Roti Tawar Kukus Keju Kismis

Resep Dan Cara Membuat Puding Roti Tawar Agar Agar Yang Enak Dan Praktis

Resep Puding Roti Tawar Kukus Sederhana Oleh Suroya Hasan

Cara Membuat Puding Roti Tawar Pelangi

Resep Puding Roti Tawar Marmer Dengan Vla Vanila Just Try

Klik Gambar Jempol Di Atas Y Atau Resep Inirecipes

Resep Puding Coklat Roti Tawar

Resep Dan Cara Membuat Puding Roti Tawar Messes Yang Nikmat

Resep Puding Roti Tawar Enak For Android Apk Download

Resep Puding Roti Tawar Yang Menggiurkan Untuk Dimakan

Cara Membuat Puding Roti Tawar Sendiri Di Rumah Sederhana

Resep Dan Cara Membuat Puding Roti Tawar Coklat Yang Enak Dan Nikmat

Resep Puding Roti Tawar Kukus Oleh Oktaviana Ciuriajaya

Resep Puding Roti Tawar Pisang Enak Masakan Dan Cara Membuat

Resep Puding Roti Tawar Kukus Istimewa Resep Puding

Resep Puding Roti Tawar

Resep Puding Roti Tawar

Resep Puding Roti Tawar Yang Bikin Keluarga Kumpul Di Rumah

Resep Puding Roti Tawar Lembut Dan Enak Cooking Recipes


Belum ada Komentar untuk "Resep Puding Roti Tawar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel