Resep Cumi Asin Saus Tiram



Resep Cumi Saus Padang Enak Dan Mudah

Resep masakan cumi saus tiram pedas bumbu saus padang

Masakan cumi saus tiram. Resep masakan cumi dengan bumbu saus padang enak dan sedap. Masakan cumi saus tiram pedas dan petunjuk lengkap cara membuat masakan cumi pedas dengan tambahan saus padang. Resep cumi saus tiram masakan padang bisa menjadi alternatif menu masakan harian keluarga anda. Masakan ikan cumi lebih mantap dimasak dengan bumbu pedas. Cara memasak cumi pedas dengan bumbu lengkap tambahan saus tiram. Supaya kuahnya lebih kental bisa dengan tambahan saus ala masakan padang. Apa itu saus padang. Perlu diketahui bahwa saus padang merupakan bumbu siram yang bisa anda buat sendiri dengan bahan bahan bumbu dapur sederhana. Resep masakan cumi pedas kali ini admin masakan indonesia sederhana lengkap dengan petunjuka lengkap cara membuat saus padang asli yang enak dan tentu saja pedas cita rasanya. Masakan cumi saus padang cocok untuk menu istimewa keluarga anda.

Cumi cumi atau sering juga disebut sebagai cumi merupakan bahan masakan yang memiliki nilai gizi yang cukup lengkap. Cumi cumi ini kaya senyawa melanin yang cukup ampuh melindungi kulit anda dari pancaran langsung sinar matahari. Ikan cumi cumi ini juga memiliki kandungan vitamin B kompleks yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Dari sisi kesehatan, cumi juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Beberapa manfaat kesehatan cumi cumi ini, seperti : bisa membantu menyembuhkan penyakit kanker ( tinta cumi ), melindungi tubuh dari radiasi matahari yang berbahaya, membantu produksi hormon serotonin, memperlancar kerja syaraf otak, banyak mengandung taurin yang berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh, dan masih banyak manfaat kan cumi yang lain. Dengan demikian cukup baik jika olahan masakan cumi ini menjadi hidangan tetap keluarga anda.

Masakan cumi saus tiram pedas lebih enak dengan siraman saus padang. Resep saus padang dengan bumbu sederhana bisa bundas bikin sendiri. Yuk belajar cara membuat saus padang pedas enak. Bagi bunda yang suka masakan pedas memang paling praktis dengan siraman saus padang buatan sendiri, sehingga bisa menyesuaikan level pedasnya. Bahan olahan hasil laut khususnya cumi menjadi resep masakan rumahan sebagai menu makanan harian keluarga. Ikan cumi cumi ini banyak di jual di pasar maupun di warung dengan harga yang cukup murah. Ada dua jenis yakni cumi asin dan cumi basah. Untuk masakan cumi saus tiram pedas ini menggunakan cumi basah. Perlu diketahui bahwa harga cumi basah sekitar 60 ribu per kilogram. Untuk masakan satu keluarga sederhana cukup menggunakan 500 gram cumi basah sudah cukup untuk seluruh anggota keluarga.

Resep cumi saus padang bisa menjadi masakan spesial bagi bunda dan remaja putri yang suka masakan pedas. Resep olahan cumi pedas ini cukup mudah bikinnya. Bahkan bumbu dapur yang digunakan juga sederhana dan simple, sehingga tidak perlu repot repot membeli bahan bahannya karena semua tersedia di pasar pasar tradisional maupun pasar swalayan. Cumi pedas saus tiram bisa dijadikan sebagai pelengkap lauk pauk di meja makan anda. Paling pas dengan masakan sayur bening. Bisa disajikan pada saat makan siang maupun acara makan malam hari. Resep masakan sayur menjadi menu pokok keluarga indonesia. Sayuran cukup penting di konsumsi setiap hari karena penuh adengan gizi dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Untuk mencapai kesehatan yang sebenarnya tentunya menu masakan sehat menjadi menu keluarga anda.

Bumbu pedas saus padang menjadi pelengkap siraman masakan yang cukup nikmat. Ada cukup banyak resep masakan indonesia tradisional yang menggunakan bumbu saus padang sebagai pelengkapnya. Namun yang paling pas dengan saus padang biasanya bahan bahan hasil lautan, seperti cumi cumi, udang, kepiting, kerang, dan lainnya. Bahkan masakan daging ayam saus padang juga cukup nikmat. Untuk resep masakan pedas kali ini, yuk mencoba bikin masakan cumi pedas dengan siraman saus padang yang pedas namun enak cita rasanya. Sediakan bahan dan bumbunya dan ikuti resep cumi pedas saus pedang berikut :

Resep masakan cumi pedas saus padang

Masakan cumi paling enak yakni ikan cumi dimasak pedas. Resep cumi saus padang pedas paling pas dengan bumbu bumbu pelengkap seperti jahe dan daun jeruk supaya bau cumi hilang. Cara memasak masakan cumi basah dengan saus padang ini cukup mudah dibuat. Berikut petunjuk lengkap tahap demi tahap cara memasak cumi pedas dengan kucuran saus padang.

Bahan utama dan bumbu pelengkap cumi pedas saus padang ⇒Cumi basah : sekitar 500 gram, bersihkan sebelum digunakan ( lihat cara membersihkan cumi basah di bagian bawah ) ⇒Serai : 2 batang, buang bagian ujungnya yang kering ⇒Jahe : kira kira 1 kerat, memarkan ⇒Daun jeruk : 3 lembar ⇒Bawang bombay : 1 buah, iris tipis tipis ⇒Tepung jagung : secukupnya, kira kira 3 sendok ⇒Minyak goreng : secukupnya untuk tumisan ⇒Garam halus : 2 sendok makan

⇒Jeruk nipis : 2 buah

Bumbu halus masakan cumi basah saus padang ⇒Bawang putih : sekitar 5 siung ⇒Cabe merah : sesuaikan dengan selera ⇒Bawang merah : 8 buah ⇒Saus sambal : kira kira 2 sendok makan ⇒Saus tiram : sekitar 2 sendok makan

⇒Garam. gula pasir, dan penyedap rasa : secukupnya

Cara membuat masakan cumi basah saus padang ⇔Langkah awal bersihkan cumi dari tinta cumi dan juga bersihkan jeroan cumi. Cara membersihkan cumi basah ini harus benar. Lihat tata cara membersihkan cumi basah di bagian bawah. ⇔Kemudian rendam dengan air panas sekitar 15 menit. Lantas tiriskan dan kucuri dengan air jeruk nipis dan garam halus. Aduk aduk sebentar dan diamkan sekitar 10 menit. Lalu bersihkan hingga benar benar bersih. ⇔Jangan lupa bersihkan juga kulit cumi yang hitam. ⇔Berikutnya potong potong sesuai selera dan goreng hingga matang. ⇔Sekarang haluskan semua bahan bumbu halus ( bawang putih, cabe, dan bawang merah ). Lantas tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum. ⇔Kemudian masukkan daun jeruk, jahe geprek, dan serai. Aduk aduk sebentar. Masukkan cumi lantas aduk aduk dan kecilkan nyala api kompor. ⇔Tambahkan air bersih, saus tiram, saus sambal, dan tepung jagung cair ( cairkan sebelum digunakan ). Tambahkan juga garam, gula pasir, dan juga penyedap rasa. ⇔Tunggu hingga kuah mendidih dan coba tes rasanya.

⇔Angkat dan tempatkan dalam mangkok atau piring saji.

Rahasia masakan cumi basah terletak pada cara membersihkan cumi basah yang masih cukup sulit bagi ibu ibu rumah tangga. Sehingga mereka lebih suka memasak cumi asin / kering. Jika cara membersihkan cumi basah kurang benar, maka akan terlihat pada tampilan kuahnya yang hitam. Dengan demikian ada baiknya untuk belajar cara membersihkan cumi basah yang tepat, sehingga nantinya hasil masakan bunda akan cantik dan tidak hitam.

Cara membersihkan cumi basah yang benar

Cumi basah mesti dibersihkan dengan benar sebelum dimasak. Meskipun tinta cumi banyak banyak manfaat untuk kesehatan, namun sebagian besar penggemar cumi basah tidak ingin masakan cumi basah menjadi hitam akibat tinta cumi. Di samping itu ada juga bagian bagian cumi yang harus dibersihkan termasuk kulit cumi dan bagian dalam cumi. Hati hati saat membersihkan cumi basah, berikut cara mudah membersihkan cumi basah :

  1. Tarik secara perlahan lahan kepala cumi hingga semua bagian tubuh cumi bagian dalam termasuk tulang rawan terangkat.
  2. Hati hati dengan kantong tinta jangan sampai pecah.
  3. Setelah semua tertarik keluar, cobalah untuk meraba bagian dalam yang kosong. Dibagian punggung cumi ada sederet tulang rawan, ambil dan buang.
  4. Kerik kulit cumi sehingga hilang bagian kulit hitamnya.
  5. Cumi basah siap dibuat masakan yang lezat.

Pada hakekatnya cukup banyak masakan masakan lezat yang bisa bunda buat. Namun terkadang hanya sedikit info resep yang mampir di tangan anda. Ada baiknya juga untuk mencoba berbagai macam resep masakan jawa

Gallery Resep Cumi Asin Saus Tiram

Sedap Segar Resep Tumis Cumi Kering Asin Kecap Pedas

Resep Cumi Asin Saus Tiram Oleh Putri2810 Cookpad

Cumi Asin Saos Tiram By Wie Bahan Bahan Resep Jajanan

Resep Asam Manis Cumi Asin Saus Tiram Oleh Hj Tintin Purnama

Resep Cumi Asin Pedas Resep Kuliner Cookpad Indonesia

Resep Cumi Cumi Sambal Merah Resep Masakan Resep Masakan

Resep Cumi Asin Saus Tiram Oleh Putri Nur Hayati Cookpad

Resep Oseng Cumi Asin Cabai Hijau Yang Bikin Nagih

Resep Cumi Asin Saus Tiram Oleh Riska Rianti Cookpad

Ternikmat Resep Oseng Baby Cumi Asin Pete Paling Enak Dan Praktis

5 Resep Dan Cara Membuat Olahan Cumi Asin Hitam

Resep Cumi Asin Saus Tiram Bikinramadhanberkesan Oleh

Cah Kangkung Cumi Asin

Resep Dan Cara Memasak Cumi Saus Tiram Mudah Enak Dan Lezat Ala Zasanah

Cumi Asin Pedas Cabe Ijo Resep Resep Makanan Asia Dan

Aneka Resep Masakan Cumi Asin Yang Spesial Selerasa Com

5 Resep Dan Cara Membuat Olahan Cumi Asin Hitam

Resep Masakan Makanan Indonesia Enak Lengkap

Resep Cumi Asin Saus Tiram Oleh Whydwct Cookpad

Resep Cumi Asin Saus Tiram Cabe Hijau Oleh Cysabilla Cookpad

Resep Cumi Asin Cabe Hijau

Resep Cumi Asin Saus Tiram Oleh Pawon Bugge Cookpad


Belum ada Komentar untuk "Resep Cumi Asin Saus Tiram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel