Resep Tumis Pepaya



Pin Di Food Drinks

Resep Daun Pepaya: Aneka Masakan Lezat Daun Pepaya | ResepKoki

Penulis : Atsa

Resep – resep daun pepaya yang dikenal pahit rasanya, bisa Anda hilangkan pahitnya dengan direbus dengan daun jambu biji atau diremas-remas dengan garam kasar terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mengolahnya menjadi beragam sajian lezat.

Tumis dengan aneka bumbu dan santan. Atau olah dengan kombinasi bahan lainnya. Banyak sekali cara mengkreasikan daun pepaya sehingga semakin sedap.

1. Buntil Daun Pepaya

Kalau di Jawa ada istilah “buntel” hal itu juga sama dengan yang dimaksud dengan buntil daun pepaya. Artinya, daun pepaya yang dibuntel atau digulung dan diikat rekat. Rebus daun pepaya dengan air garam hingga empuk. Angkat dan tiriskan. Dalam wadah, campur rata kelapa parut, ikan teri, kacang merah, dan bumbu halus. Lalu, bagi menjadi 6 bagian.

Ambil selembar daun pepaya, beri isian campuran kelapa. Bungkus dan gulung hingga menutup rapi. Ikat dengan tali kenur. Lakukan hingga adonan habis. Kukus buntil selama 20 menit hingga matang. Angkat dan isihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun salam, lengkuas, dan serai hingga harum. Tuang santan, aduk terus hingga mendidih.

Masukkan buntil dan cabai rawit. Bumbui dengan garam dan gula. Aduk rata dan cek rasanya. Masak hingga santan menyusut dan bumbu meresap ke buntil. Setelah menyusut, angkat buntil dan buka tali kenur yang mengikat buntil. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Buntil Daun Pepaya

2. Tumis Daun Pepaya

Tumis daun pepaya memang resep yang paling sering diolah. Bahkan banyak warung makan Jawa menyajikan sayur daun pepaya ini.

Haluskan kunyit bakar, cabai rawit, cabai merah, dan bawang putih. Tumis bawang putih, bawang merah, bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum.

Masukan daun singkong dalam tumisan bumbu, aduk rata. Tuang santan, tambahkan garam dan gula pasir. Tambahkan teri jika suka, masak sampai meresap.

3. Mendol Daun Pepaya

Mendol daun pepaya terlihat gurih lezat bukan? Pernah coba membuat mendol daun pepaya? Jika belum, yuk coba membuatnya kali ini.

Haluskan tempe dan tempe semangit, aduk rata. Haluskan kemiri sangrai, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, cabai kering, ketumbar dan kencur. Campur dengan tempe, tambahkan telur, garam, merica bubuk, dan gula, aduk rata. Masukan tepung beras, aduk rata.

Tambahkan tumis daun pepaya (mengikuti resep sebelumnya), aduk hingga rata seluruhnya. Mbil sedikit adonan, kepal-kepal. Bentuk bulat pipih.

Goreng dalam minyak yang telah dipanaskan. Masak sampai berwarna keemasan. Angkat, dan tiriskan sampai minyak asat. Sajikan hangat.

4. Samosa Daun Pepaya

Daun pepaya yang dikombinasikan dengan daging cincang bisa jadi isian samosa yang enak, lho. Samosa adalah sajian pastri goreng khas arab yang sangat populer di Asia Tenggara.

Panaskan minyak, tumis daging giling sampai matang. Bubuhi kari bubuk, ketumbar bubuk, merica bubuk, garam dan gula. Aduk rata. Tuang santan, masak sambil diaduk sampai meresap. Angkat dan biarkan panasnya hilang.

Ambil selembar kulit lumpia, beri isi tumis daging dan tumis daun pepaya (mengikuti resep sebelumnya). Lipat segitiga bentuk samosa. Rekatkan dengan larutan tepung terigu. Goreng sampai matang.

5. Oseng Daun Pepaya

Anda juga bisa membuat oseng daun pepaya yang nikmat dan nggak pait. Rebus daun pepaya menggunakan air garam agar tidak terasa pahitnya. Cuci bersih kembali, dan potong-potong lembut sesuai selera. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukan irisan cabai, daun salam, jahe, dan lengkuas.

Tambahkan teri dan daun pepaya. Anda juga bisa menambahkna petai jika suka. Beri air secukupnya. Tambahkan kecap, garam, dan gula. Tunggu air agak meresap dan daun pepaya matang, kemudian koreksi rasanya.

Baca Juga : Tips Hilangkan Pahit Daun Pepaya

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Gallery Resep Tumis Pepaya

Oseng Pepaya Muda Menu Kenangan Masa Kecil

Resep Tumis Daun Pepaya Tempe Semangit

Diah Didi S Kitchen Oseng Pepaya Muda Bumbu Ebi

Dapur Griya Khayangan Oseng Oseng Pepaya Muda

Tumis Pepaya Campur Sawi Steemit

Resep Tumis Daun Pepaya Enak Dan Tidak Pahit Ala Zasanah

Resep Enak Tumis Bunga Pepaya Bebas Pahit Indonesia Terpercaya

Resep Tumis Bunga Pepaya Pelancar Asi Alami Kumparan Com

Resep Tumis Bunga Pepaya Ikan Cakalang Lifestyle Fimela Com

Resep Tumis Pepaya Sederhana A Simple Stir Fry Papaya

Resep Tumis Pepaya Muda Pedas Oleh Siti Hasima Cookpad

Resep Tumis Pepaya Muda Ampela Ayam Masakapaya

Resep Tumis Pepaya Muda Resep Masakan Rumahan Resep

Resep Tumis Pepaya Muda Teri Oleh Nitalia Cs Cookpad

Resep Tumis Daun Pepaya Teri Sedap Dan Nikmat Faktualnews Co

Tumis Pepaya Teri Di 2019 Resep Makanan Cina Resep

Resep Tumis Pepaya Muda Oleh Nia Syifa Cookpad

Resep Tumis Pepaya Muda Celoteh Anak Negeri

Resep Tumis Bunga Dan Daun Pepaya Mudah Dan Enak

Kumpulan Aneka Resep Sayur Dan Tumis Pepaya Muda Terlengkap

Resep Tumis Daun Pepaya Dapur Umami

Diah Didi S Kitchen Oseng Pepaya Muda Bumbu Ebi

Kreasi Resep Oseng Oseng Pepaya Pedas Manis Mudah Enak Dan Sedap Ala Zasanah

Resep Tumis Bunga Pepaya Tempe Teri


Belum ada Komentar untuk "Resep Tumis Pepaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel