Resep Jajanan Pasar Kekinian



5 Kreasi Resep Dadar Gulung Jajanan Pasar Yang Disulap

7 Jajanan Pasar Enak untuk Takjil Buka Puasa

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Saat puasa, rasanya kurang asyik jika tak ngabuburit. Biasanya selepas kerja, saya bersama teman-teman pergi ke alun-alun kota untuk berburu berbagai takjil untuk berbuka puasa. Mulai dari aneka minuman, bubur, kolak, dan makanan lainnya. Kadang-kadang jika sedang bosan dengan minuman berkuah, saya lebih memilih untuk membeli aneka jajanan pasar yang biasanya dijajakan oleh para pedagang yang berjejer di sepanjang jalan. Meskipun tampak sederhana, jajanan pasar tak kalah nikmatnya kok dengan menu takjil lainnya.

Selain rasanya yang manis dan bisa mengganjal perut setelah seharian berpuasa, harganya juga murah. Jadi jika saya kalap membeli dalam jumlah banyak, kantong akan tetap aman. Nah, berikut ini beberapa jajanan pasar yang sering dijadikan menu takjil untuk buka puasa.

1. Klepon

Jajanan pasar berbentuk bulat yang satu ini memiliki sensasi rasa yang unik. Saat digigit, anda akan merasakan gula merah yang pecah di mulut. Berpadu dengan kenyalnya kulit klepon yang terbuat dari tepung ketan dan gurihnya parutan kelapa. Pokoknya tak cukup hanya makan klepon satu biji saja!

2. Kue lumpur

Kue basah ini sangat sering dijual saat bulan puasa bersama jajanan pasar lainnya. Warnanya yang kuning cerah begitu mengunggah selera. Apalagi ditambah dengan taburan kismis di atasnya, membuat kudapan manis ini sangat cocok dijadikan takjil untuk berbuka puasa.

3. Kue apem

Kue kukus yang terbuat dari tepung beras ini sering dicari banyak orang untuk dijadikan takjil, karena tekturnya yang lembut dan rasanya yang tak terlalu manis. Biasanya kue apem disajikan dengan alas daun pisang atau daun pandan sehingga aromanya wangi sedap.

4. Bika ambon

Di antara banyak kue basah yang bersifat padat, bika ambon termasuk yang paling favorit bagi kebanyakan masyarakat. Bika ambon ini memiliki tekstur yang kasar dengan pori-pori yang besar. Sekilas hampir mirip seperti tekstur martabak manis. Meski begitu, saat dimakan bika ambon ini terasa lembut dan kenyal di mulut.

5. Gemblong ketan hitam

Gemblong terbuat dari tepung ketan yang diulen bersama kelapa parut, garam, dan santan, lalu dibentuk menjadi lonjong dan digoreng. Uniknya, gemblong yang sudah digoreng ini kemudian dicelup ke dalam larutan hasil pemasakan dari gula pasir dan air. Gemblong kemudian ditiriskan hingga dingin dan lapisan gulanya mengeras seolah diselimuti salju. Rasanya manis, gurih, dan legit.

6. Carabikang

Selain kue-kue di atas, carabikang juga cocok lho dijadikan takjil untuk berbuka puasa. Carabikang terbuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, santan dan gula lalu dimasak dalam cetakan khusus. Carabikang memiliki tampilan warna warni yang merekah sehingga terlihat cantik. Rasanya tak terlalu manis dan aromanya sungguh wangi semerbak.

7. Lepet jagung

Lepet jagung terbuat dari campuran jagung parut, ketan tumbuk kasar, kelapa parut, gula pasir, vanili, garam, dan santan. Adonan lalu dibungkus dengan kulit pelepah jagung dan dikukus. Bungkusnya yang unik membuat jajanan ini terlihat menarik, apalagi rasanya juga enak yaitu manis, gurih, dan legit.

Meski berlabel ‘pasar’, jajanan di atas rasanya tak kalah nikmat kok dari menu takjil lainnya. Harganya juga murah, jadi anda bisa membeli banyak untuk dinikmati bersama keluarga dan teman. Jadi pingin coba?

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Gallery Resep Jajanan Pasar Kekinian

5 Resep Jajanan Modern Enak Dan Unik Resep Masakan Nusantara

4 Resep Kue Basah Klasik Dan Modern Layak Jual Merdeka Com

10 Resep Jajanan Pasar Tradisional Lifestyle Fimela Com

Resep Jajanan Pasar Laris Home Facebook

38 Resep Aneka Kue Basah Modern Praktis Sederhana Cara

25 Resep Kue Basah Kekinian Enak Dan Mudah Dibuat

9 Jajanan Pasar Ini Masih Eksis Meski Zaman Sudah Berubah

5 Resep Jajanan Pasar Dengan Modal 20ribuan Bisa Jadi

25 Resep Kue Basah Kekinian Enak Dan Mudah Dibuat

Kumpulan Resep Jajanan Thailand Kekinian Mulai Dari Thai

Resep Jajanan Pasar Community Facebook

Resep Jajanan Kekinian Resep Aneka Jajanan

Coba 5 Resep Jajanan Kekinian Khas Thailand Bikin Siapa Pun

Kumpulan Resep Jajanan Pisang Kekinian Bukan Cuma Jadi

Resep Kue Lumpur Labu Kuning Nangka Enak Dan Lembut Resep

Resep Kue Ku Kentang Jajanan Tradisional Yang Dikemas

25 Resep Kue Basah Kekinian Enak Dan Mudah Dibuat

30 Jajanan Pasar Tradisional Yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Resep Kue Pisang Hunkwe Ekonomis Resep Hari Ini

Ini Dia Referensi Aneka Jajanan Pasar Kekinian Untuk Bisnis

Resep Kue Mendut

99 Informasi Tentang Resep Jajanan Pasar Dibahas Sampai Tuntas


Belum ada Komentar untuk "Resep Jajanan Pasar Kekinian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel