Resep Sop Ayam Pak Min Klaten Asli



Cara Membuat Sup Ayam Original Resep Masakan Indonesia

Resep Sup Ayam Kampung

Ayam kampung yang memiliki cita rasa gurih memang tidak memerlukan bumbu yang neko-neko untuk menjadikannya masakan lezat.  Favorit Ibu saya adalah mengungkep ayam bersama bumbu berupa ketumbar, bawang putih, garam, jahe, kunyit dan sedikit air asam hingga empuk dan matang. Ayam ungkep ini kemudian digoreng begitu saja dan disantap bersama nasi putih hangat atau jika mood beliau sedang oke maka Ibu akan membuat sepanci kuah soto untuk menemaninya.  

Saya sendiri setuju dengan pilihan favorit Ibu. Menurut saya, ayam kampung goreng memiliki cita rasa murni ayam kampung, tidak terkontaminasi dengan aneka bumbu lain seperti halnya ketika ayam dimasak menjadi opor atau gulai. Namun selain digoreng, ada satu masakan sederhana yang juga pas untuk mengolah si ayam kampung, yaitu sup ayam seperti yang saya hadirkan kali ini. Ayam empuk nan juicy dalam kuah sup gurih beraroma rempah yang lembut memang luar biasa mantap, terutama ketika disantap dalam cuaca mendung seperti akhir-akhir ini. Ngiler! ^_^

Berbicara tentang sup ayam kampung, ada satu warung sup ayam kampung yang cukup terkenal di Klaten bernama Sup Ayam Kampung Pak Min Klaten. Sayangnya walau letak Ngawi tidaklah jauh dari Klaten dan berulangkali saya melewati kota tersebut kala mudik ke Paron namun saya belum pernah singgah di warung tersebut. Sup ayam kampung buatan Pak Min ini cukup kondang namanya dan terkenal dengan kelezatan supnya yang berkuah gurih bening. Nah jika anda kebetulan tinggal di Jakarta maka warung Pak Min juga membuka cabang di daerah Matraman, Jakarta Timur. Lokasinya tidak terlalu jauh dari toko buku Gramedia Matraman.   

Beberapa waktu yang lalu seorang pembaca JTT,  menanyakan ke saya mengenai resep sup ayam kampung a la Pak Min iniTerus terang walau saya tahu sup lezat dihasilkan dari kuah kaldu yang nendang namun tak urung sup a la Pak Min membuat saya penasaran juga. Untuk bisa mengira-ngira bumbunya jika hendak membuatnya sendiri  maka weekend lalu saya pun meniatkan diri berkunjung ke warung tersebut dan menyantap seporsi sup berkuah panas. Tebakan saya tidaklah salah, sup tersebut sebenarnya tidak memiliki rasa yang terlalu berbeda dengan sup umumnya namun rasa kaldu ayam kampungnya memang kuat. Kuah kaldu inilah yang membuat cita rasanya menjadi berbeda, dan menjadi daya tarik utama pengunjung untuk datang kembali mencicipi sup ayam kampung tersebut. 

Menurut saya membuat sup ayam kampung a la Pak Min tidaklah sulit. Gunakan ayam kampung dan bukan ayam negeri agar rasanya lebih sedap dan gurih. Pilih ayam kampung setengah muda agar tekstur dagingnya mudah empuk dan lembut walau direbus dalam waktu tidak terlalu lama. Kendala memasak ayam kampung memang biasanya pada tekstur daging yang alot dan liat. Jika anda merasa merebusnya di panci biasa terlalu lama maka bisa menggunakan panci pressure cooker untuk mempercepat proses. Atau panci slow cooker pun juga bisa digunakan jika anda malas menunggu ayam direbus dalam tempo lama.

Untuk kuahnya, selain menggunakan kaldu rebusan ayam kampung, saya juga menggunakan kaldu rebusan tulang ayam negeri yang telah saya saring hingga bersih. Silahkan klik resep dan proses penmbuatan homemade kaldu disini jika anda ingin membuat kaldu sendiri. Anda bisa skip penggunaan kaldu ayam negeri ini jika dirasa kaldu dari ayam kampung saja telah cukup gurih rasanya. Bumbu yang saya gunakan untuk sup ini sangat mudah. Sebagaimana bumbu sup yang pernah diajarkan Ibu kita di jaman dulu maka bumbu basic-nya hanya berupa tumisan bawang putih dan merica. Untuk resep ini saya juga menambahkan rajangan bawang bombay agar kuah menjadi harum aromanya.  Rempah lain berupa jahe, pala, cengkeh dan kayu manis juga ikut dimasukkan untuk  memberikan aroma rempah yang menggugah selera. Semua bumbu cukup ditumis hingga harum dan potongan ayam kemudian ditambahkan. Selain potongan ayam kampung saya juga menggunakan hati ampela ayam, skip bahan ini jika anda tidak menyukainya. 

Sup ayam kampung Pak Min tampil dalam bentuk sederhana, hanya berupa potongan ayam dan kuah kaldunya yang ditaburi dengan daun seledri dan bawang merah goreng, tanpa potongan sayuran di dalamnya. Sepertinya Pak Min benar-benar ingin menonjolkan lembutnya cita rasa ayam kampung dalam kuah sup yang gurih tanpa harus 'terganggu' dengan rasa sayuran seperti kentang atau wortel. Namun jika anda hendak membuat sup ini lebih berat, lengkap dan bergizi maka potongan kentang, wortel, buncis, kacang polong atau jamur tentu saja bisa ditambahkan. Sup ini sedap disantap begitu saja, atau bersama nasi hangat dengan kucuran jeruk nipis dan ulekan kasar cabai rawit yang pedas. Yang jelas hidangan ini sedap disantap di musim penghujan seperti sekarang ini. Super yummy!

Berikut resep dan prosesnya ya.  

Resep Sup Ayam Kampung

- 1 ekor ayam kampung muda, potong menjadi 12 bagian

- 3 pasang hati dan ampela ayam (optional potong-potong sesuai selera

- 800  ml - 1 liter kaldu ayam atau air biasa

Bumbu dihaluskan:

- 7  siung bawang putih  - 1/4 buah pala 

- 1 1/2 sendok teh merica butiran - 1/2 sendok makan ebi (udang kering) *) *) saya tidak pakai, tambahan ebi ini atas saran dari pembaca JTT di komentar

Bumbu & bahan lainnya:

- 1 sendok makan minyak untuk menumis  - 1/2 buah bawang bombay, rajang halus

- 2 cm jahe, memarkan

- 1 batang kayu manis, panjang 5 cm

- 4 butir cengkeh

- 1/2 sendok makan garam

- 1 sendok teh gula pasir

Pelengkap:

- 2 batang daun seledri, cincang halus

- bawang merah goreng untuk taburan

- irisan jeruk nipis

- sambal rawit (rebus cabai rawit hingga empuk dan tumbuk kasar)

Cara membuat:

Siapkan ayam kampung, cuci bersih dan potong menjadi ukuran kecil. Sisihkan.

Siapkan wajan atau panci, panaskan minyak. Tumis bumbu halus, bawang bombay, jahe, cengkeh, dan kayu manis hingga harum dan matang. Tambahkan potongan ayam dan hati ampela (jika pakai), aduk dan tumis ayam hingga berubah warnanya menjadi kuning keemasan. 

Masukkan air kaldu ayam, masak hingga mendidih dan ayam menjadi empuk dan matang. Tambahkan garam, gula dan merica. Jika air berkurang dan ayam belum empuk, tambahkan air secukupnya dan masak hingga ayam empuk. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. 

Taburkan daun seledri dan bawang goreng, angkat dan sajikan. Santap bersama nasi hangat, kucuran air jeruk nipis dan sambal rawit. Super yummy!

TESTIMONI PEMBACA

Cici Lia Ariwibowo:

Yang mau seger2 siang2.. nge-sop yuuk.. Lagi bosan dg masakan sendiri.. akhirnya browsing nemu deh resep Sop Ayam Kampung a la Pak Min nya Justtryandtaste Blogspot .. langsung deh eksekusi (aku pake ayam broiler aja yg ada).. Setelah mateng hmmmh wangii sedap baunya dimakan dg sambal bawang, kerupuk udang dan lauk fuyunghai tahu sayur puyuh.. eh itu sop sepanci gede ludes dalam sekali makan..
 

Gallery Resep Sop Ayam Pak Min Klaten Asli

Resep Sop Ayam Klaten

Sop Ayam Ala Pak Min Klaten

Resep Sup Ayam Kampung Just Try Taste

Resep Sup Ayam Ala Pak Min Klaten Oleh Arni Munawati Cookpad

Resep Sop Ayam Ala Pak Min Klaten Oleh Dapoer Ay Cookpad

Sopayamklaten Instagram Photo And Video On Instagram

Resep Sup Ayam Ala Resto Ke Purwosari X

Resep Sop Ayam Pak Min Kw

Resep Sop Resep Ayam Enak Mantabs

Cara Membuat Sop Ayam Kampung Klaten Ala Pak Min Merdeka Com

Sayur Sop Ayam

20 Resep Sup Ayam Mudah Dan Praktis Lezat Bikin Nagih

Sop Ayam Pak Min Klaten Kuliner Legendaris Dengan Kelezatan

Sop Ayam Klaten Klaten Chicken Sop Info Kesehatan

Terlaris Dan Sehat Sop Ayam Pak Min Klaten Yg Nikmat Pontianak Street Food 31

Resep Sop Pak Min Klaten Youtube

Resep Membuat Sop Ayam Klaten How To Make Indonesian Sup

Resep Sop Ayam Ala Pak Min Klaten Oleh Aulia Rezki Cookpad

Sop Ayam Pak Min Klaten Kuliner Unggulan Dengan Cita Rasa

Sop Ayam Ala Pak Min Klaten


Belum ada Komentar untuk "Resep Sop Ayam Pak Min Klaten Asli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel