Resep Manisan Buah



Cara Membuat Manisan Buah Cermai Manis Resep Baruku

Cara membuat manisan aneka buah segar

Cara membuat manisan. Anda ingin membuat manisan buah yang manis dan segar, ikuti petunjuk lengkap bagaimana cara membuat manisan dari berbagai macam buah segar, seperti : pepaya, kolang kaling, mangga, salak, kedondong, dan manisan buah nanas. Resep manisan buah ada beberapa macam, seperti manisan buah manis dan manisan buah pedas. Pada umumnya resep minuman dingin khas manisan buah ada dua jenis yakni manisan buah kering dan manisan buah basah. Cara membuat manisan buah basah maupun cara bikin manisan buah kering tidak jauh berbeda, hanya terletak pada penirisan dan penjemuran saja, sedangkan cara pengolahannya hampir sama.

Nah bagi anda yang ingin membuat hidangan manisan buah bisa mengikuti cara membuat manisan yang kami sajikan secara lengkap dengan berbagai bahan buah buahan segar. Pada dasarnya pembuatan manisan buah tidak memerlukan peralatan yang banyak, biasanya hanya menggunakan wadah panci, alat untuk mengaduk dan sendok. Sedangkan bahan bahan yang digunakan juga cukup sederhana, seperti : gula pasir, kapur sirih, dan garam. Namun kadang juga memerlukan pewarna jika ingin tampilan manisan buah lebih menarik. Berikut rahasia resep cara membuat manisan aneka macam buah segar selengkapnya.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai bikin manisan buah pepaya. Seperti diketahui bahwa buah pepaya yang paling baik untuk di buat manisan adalah yang umurnya sudah tua namun belum begitu masak, orang bilang pepaya mengkal. Sehingga untuk membuat manisan buah pepaya yang enak sebaiknya pilih buah pepaya yang daging buahnya sudah sedikit kekuningan dan jika di gigit sudah ada sedikit rasa manis. Resep jajanan kue tradisional ini kadang sulit ditemukan, namun demikian kadang kala di mal mal justru ada penjual manisan buah. Meskipun demikian dengan membuatnya sendiri tentunya bisa memilih bahan bahannya yang berkualitas.

Kualitas manisan buah buahan segar ini tergantung dari kualitas buah yang akan bunda gunakan, sehingga pilihlah buah buahan yang akan dibuat manisan ini mempunyai umur yang cukup, buah yang paling bagus kualitasnya untuk manisan adalah buah mengkal atau sebelum tua dan tidak terlalu muda. Disamping itu hati hati saat menggunakan bahan pewarna, sebab saat ini banyak beredar pewarna makanan palsu, maka pastikan bunda menggunakan pewarna asli dari brand terkenal dan belilah pewarna ke toko khusus yang menjual bahan bahan kue.

Bahan bahan yang harus dipersiapkan adalah buah pepaya mengkal, air kapur sirih bisa anda beli di pasar pasar tradisional, garam beryodium, dan gula pasir, serta bahan bahan pelengkap lainnya yang mungkin anda perlukan seperti pewarna makanan, daun pandan, dan juga kayu manis. Namun demikian bahan bahan pelengkap tersebut sifatnya optional saja. Namun demikian untuk menarik minat biasanya ada tambahan pewarna makanan supaya lebih menarik. Berikut cara bikin manisan buah pepaya selengkapnya.

Resep cara membuat manisan buah pepaya

Bahan bahan manisan buah pepaya

  • Buah pepaya mengkal : 1 buah, pilih ukuran sedang sekitar 1 kg hingga 2 kg
  • Gula pasir : ± 300 gram
  • Kapur sirih : ± 3 sendok makan, larutkan dalam air secukupnya
  • Daun pandan : 3 lembar
  • Pewarna makanan : beberapa tetes, sesuai kebutuhan
  • Kayu manis : 1 batang, potong menjadi 4 bagian

Cara buat manisan buah pepaya

  1. Langkah pertama kupas buah pepaya hingga benar benar bersih ( jangan sampai kulitnya masih tertinggal ), kemudian potong potong tipis persegi atau sesuai kebutuhan. Biar tampilannya bagus boleh juga potong dengan pisau bergerigi.
  2. Kemudian rendam dalam air kapur sirih, usahakan semua buah pepaya terendam dengan benar. Perendaman paling tidak minimal 4 jam.
  3. Lantas cuci dengan air bersih sebanyak banyaknya, usahakan benar benar bersih dan tidak tertinggal kapur sirih sedikitpun.
  4. Berikutnya larutkan gula pasir dengan air secukupnya, usahakan semua pepaya terendam semua. Supaya lebih cepat panaskan air di atas kompor dengan api sedang.
  5. Lantas masukkan buah pepaya, daun pandan, pewarna makanan ( beberapa tetes ), dan kayu manis ( jika suka ), aduk aduk hingga merata dan kecilkan api kompor. Tunggu hingga air gulanya tinggal sedikit ( sesuai kebutuhan ).
  6. Angkat dan dinginkan.

Manisan buah pepaya basah ini bisa langsung di makan atau simpan dalam toples dan masukkan dalam lemari es. Ada berbagai resep minuman segar, bahkan tidak hanya nikmat saat panas terik namun juga pada saat saat santai. Pisang ijo merupakan salah satu jajanan segar yang sudah mulai banyak dijual di jakarta dan sekitarnya, cara membuat pisang ijo tidak begitu sulit dan bahkan cukup praktis.

Resep cara membuat manisan kolang kaling

Cara membuat manisan buah kolang kaling tidak jauh berbeda dengan cara buat manisan pepaya, namun karena teksturnya berbeda juga ada sedikit cara pengolahannya. Untuk bisa bikin manisan kolang kaling yang manis dan menyegarkan tidak membutuhkan waktu lama seperti saat bikin manisan pepaya. Namun cara pembuatan manisan kolang kaling mesti menggunakan kayu manis, disamping itu penggunaan daun pandan juga tetap di sarankan.

Resep manisan kolang kaling ini hanya membutuhkan beberapa bahan bahan saja, seperti : daun pandan, kayu manis, dan juga gula pasir. Anda juga bisa membuat manisan kolang basah namun manisan kolang kaling kering jarang ditemukan, karena tekstur kolang kaling paling mantap jika di buat sebagai manisan basah. Harga kolang kaling untuk saat ini sekitar 15 ribu hinga 20 ribu per kilogram. Anda bisa membeli kolang kaling di pasar tradisional maupun di pasar induk, kadang juga bisa ditemukan di supermarket.

Saat ini ada beberapa jenis kolang kaling yang ada di pasaran dengan harga yang berbeda beda. Kita mengenal kolang kaling bulat panjang dan lainnya kolang kaling bundar. Kolang kaling bulat panjang memiliki tekstur lebih keras dan kenyal, sedangkan kolang kaling bulat pipih lebih lembut dan empuk. Pembuatan manisan kolang kaling tidak ribet seperti cara buat manisan buah yang lain, sebab kolang kaling yang di jual di pasaran sudah melewati proses pematangan, jadi sebenarnya kolang kaling yang bunda beli sudah matang.

Dengan demikian cara bikin kolang kaling menjadi lebih praktis dan lebih simple karena sudah mengalami setengah proses. Bahkan banyak ibu ibu yang membuat jajanan kolang kaling ini hanya dengan menambahkan sirup cocopandan atau manisan kolang kaling sirup marjan, sehingga hanya beberapa menit saja anda sudah bisa menikmati kolang kaling sirup yang enak. Resep minuman segar termasuk manisan ini memang cocok untuk negara tropis seperti indonesia ini.

Namun demikian untuk membuat manisan kolang kaling agar tahan lama tentunya harus melewati proses tertentu. Dapat dibilang aneka olahan kolang kaling cukup beragam, namun yang namanya manisan tentunya prosesnya tetap sama yakni pematangan dan perendaman dengan air gula atau sirup. Bahkan ada juga resep manisan kolang kaling betawi. Yuk kita lihat selengkapnya cara buat manisan kolang kaling basah maupun kering berikut.

Bahan bahan manisan kolang kaling

  • Kolang kaling : 500 gram ( ½ kg )
  • Gula pasir : ± 250 gram ( sesuaikan dengan selera manis anda )
  • Air bersih : sekitar 300 ml ( hingga semua kolang kaling terendam )
  • Daun jeruk nipis : 3 lembar
  • Perasa makanan : cukup 2 hingga 3 tetes, anda bisa memilih sesuai selera
  • Garam : sangat sedikit saja

Cara bikin manisan kolang kaling

  1. Langkah pertama adalah cuci kolang kaling hingga bersih dan rendam selama minimal 4 jam. Hal ini untuk menghilangkan lendir dan bau asam kolang kaling, ada baiknya direndam dengan air hangat. Lantas cuci hingga bersih
  2. Sementara itu larutkan gula pasir dengan 300 ml air bersih, supaya cepat larut bisa sambil direbus dengan api sedang.
  3. Setelah menjadi larutan gula, masukkan : kolang kaling, daun jeruk, perasa makanan, garam
  4. Jangan lupa untuk merebus dengan api kecil saja. Sesekali aduk aduk supaya matang merata.
  5. Tunggu hingga air gula tinggal sedikit, bisa disesuaikan dengan keinginan untuk membuat kolang kaling basah ( ada sedikit kuah ) atau rebus hingga benar benar habis air gulanya sehingga hanya tersisa lendir air gulanya.
  6. Angkat dan dinginkan. Masukkan dalam toples dan simpan dalam lemari es.

Resep cara membuat manisan buah mangga segar

Cara membuat manisan buah mangga. Buah mangga muda terkenal asam sehingga kurang enak jika dikonsumsi, namun setelah menjadi manisan buah yang segar, maka manisan buah mangga ini sangat segar dan enak. Pada umumnya manisan buah mangga muda ini ada dua macam, yakni manisan buah mangga basah dan manisan buah mangga kering. Lantas bagaimana cara membuat manisan buah mangga yang alami tanpa bahan pengawet.

Resep manisan mangga renyah lebih enak dan segar, namun demikian manisan mangga ini paling enak adalah manisan buah mangga kering maksudnya tidak berkuah. namun kadang juga ada yang lebih suka dengan manisan mangga basah karena lebih segar dan enak. Untuk lebih menarik maka pemberian warna pada manisan mangga ini diperlukan, biasanya menggunakan pewarna makanan warna kuning yang disesuaikan dengan tekstur buah mangga masak.

Saat ini cukup mudah mencari pedagang manisan buah mangga. Tampilannya sangat menarik dengan warna kuning muda. Manisan buah mangga di pedagang kaki lima ini biasanya mempunyai tampilan dan bentuk buah mangga secara utuh. Namun demikian bunda perlu sedikit waspada dan hati hati karena mereka biasanya menggunakan pewarna kuning yang demikian mencolok. Sebagai gambaran bahwa pewarna makanan seharusnya berwarna pucat dan bukan warna cerah.

Lantas bagaimana cara membuat manisan buah mangga yang segar. Seperti diketahui bahwa mangga muda sangat asam dan keras, sehingga memerlukan sedikit trik tertentu supaya menjadi manisan yang enak dan manis, untuk itu larutan gula sangat diperlukan untuk merubah rasa asam pada mangga. Namun sebelum itu perendaman dengan kapur sirih merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menetralkan rasa asam mangga muda.

Cara membuat manisan buah mangga pedas tidak jauh berbeda dengan cara bikin manisan mangga manis dan segar. Selain dengan penambahan cabe merah halus juga penggunaan gula pasir sedikit dikurangi. Meskipun saat ini ada manisan buah mangga tanpa kapur sirih, namun hasilnya masih mantap yang direndam dengan kapur sirih dahulu. Perlu bunda ketahui bahwa perendaman buah mangga muda dengan air kapur sirih ini mempunyai beberapa kegunaan, seperti menetralkan rasa asam mangga dan menghilangkan getah yang masih tersimpan dalam daging mangga muda.

Bahan bahan manisan buah mangga

  • Mangga mengkal : ± 1 kg
  • Gula pasir : ± 300 gram
  • Pewarna makanan : beberapa tetes hingga warnanya sesuai, pilih warna kuning
  • Kapur sirih : ± 3 sendok makan
  • Garam halus : sangat sedikit ( ujung sendok teh )
  • Air : secukupnya untuk rendaman

Cara membuat manisan mangga

  1. Langkah pertama kupas mangga dan potong potong tipis sesuai selera
  2. Rendam dengan air kapur sirih minimal 4 jam, kemudian bilas dengan air bersih sebanyak banyaknya hingga larutan kapur sirih benar benar hilang, lantas rendam dengan air hangat sekitar 30 menit.
  3. Sementara itu larutkan gula pasir dengan air secukupnya, usahakan airnya bisa merendam mangga. untuk lebih cepatnya bisa melalui perebusan. Tambahkan pewarna makanan kuning beberapa tetes hingga warnanya sesuai, jangan lupa sedikit garam. Coba cicipi rasa manisnya, jika sudah sesuai dinginkan.
  4. Ambil toples dan masukkan seluruh buah mangga, tambahkan air gula hingga semua mangga terendam.
  5. Simpan dalam lemari es semalaman supaya air gula meresap sempurna.

Manisan buah mangga bisa sebagai hidangan tamu atau untuk camilan keluarga. Cara membuat manisan berbagai macam aneka buah segar hampir sama. Sehingga resep manisan buah mangga ini bisa diganti dengan buah buah lainnya seperti buah salak, buah kedondong, maupun buah nanas. Dengan demikian sekarang anda sudah mampu untuk mencoba : cara membuat manisan buah salak, cara membuat manisan buah kedondong, dan juga cara membuat manisan nanas. Buah buah tersebut menggunakan resep cara membuat manisan yang sama. Bunda ingin belajar aneka jenis masakan dan minuman.

Gallery Resep Manisan Buah

Cara Membuat Manisan Kering Buah Kundur

Punya Rambutan Di Rumah Yuk Coba Buat Manisan Rambutan

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Dan Basah

Aneka Resep Manisan Buah For Android Apk Download

Resep Cara Membuat Manisan Buah Zaitun

Cara Sederhana Membuat Manisan Pepaya Resep Manisan

Resep Manisan Buah Tin Oleh Lilis Riyanti Cookpad

Cara Membuat Manisan Apel

Cara Membuat Manisan Mangga Basah Kering Dan Pedas Mudah Loh

Rahasia Manisan Cermai Dan Cara Membuat Manisan Buah Cermai

Resep Manisan Buah Segar Oleh Dapur Dr Dian Cookpad

Resep Manisan Mangga Dengan Lemon Cui Makanan Minuman

Resep Manisan Buah Pepaya Suara Bandung

5 Cara Membuat Manisan Pepaya Enak Segar Dan Praktis

Manis Dan Sehat 10 Resep Manisan Buah Ini Jadi Camilan

Cara Membuat Manisan Pepaya Yang Enak Dan Tahan Lama Cocok

Cara Membuat Manisan Mangga Untuk Memanfaatkan Melimpahnya Mangga

Resep Manisan Kedondong Segar Sederhana Dan Petunjuk Lengkap

Resep Manisan Buah

Resep Manisan Nanas Basah Dan Kering Mas Fikr

Segar Dan Menggiurkan Inilah 5 Resep Manisan Salak Dan 7

10 Buah Yang Sering Dijadikan Manisan Dan Cara Membuatnya


Belum ada Komentar untuk "Resep Manisan Buah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel