Resep Lobak Putih



Daikon Radish Soup Sup Lobak Putih Bilingual Eng

Cara Memasak Lobak Putih Agar Tidak Pahit dengan Mudah

Cara memasak lobak putih yang benar memang sedikit sulit, hal ini dikarenakan adanya getah enzim di kulit lobak yang memiliki rasa sangat pahit. Jika salah sedikit saja mengupas maka rasa pahit bisa menyebar kemana-mana. Kita harus menggunakan pisau tajam sehingga proses lebih cepat tanpa memotong serat pahit. Sekilas bentuk dan teksturnya mirip dengan wortel, cuma ukurannya lebih besar dengan warna putih. Karenanya banyak yang menduga rasa lobak itu manis sedikit hambar mirip wortel namun ternyata sangat pahit. Lobak putih dikenal masyarakat sebagai penambah produksi Air Susu Ibu (ASI) maka jangan heran jika banyak ibu muda yang mencarinya.

1

Memilih Ketika membeli lobak pilihlah yang terlihat segar berwarna putih terang dengan daun yang belum terlalu layu. Ambil sayuran lobak yang memiliki permukaan tanpa cacat atau lembek. Semakin tua biasanya tingkat kepahitan dari lobak semakin meningkat. Jika ingin lobak yang tidak terlalu pahit bisa memilih yang agak muda
© fb/zainalabidinjelan

2

Mencuci Sebagai sayuran jenis umbi yang diambil dari dalam tanah, kita harus memberikan perhatian ekstra ketika mencuci. Apalagi jika sayur lobak akan dijadikan santapan bagi ibu menyusui, tentunya harus benar-benar higienis. Letakkan lobak di bawah air mengalir, sambil terus digosok memakai sikat halus sampai bersih ke sela-selanya. Persiapkan alat untuk memotong berupa pisau tajam dan talenan bersih.

3

Mengupas dan Memotong Setelah dibersihkan kita lanjutkan dengan mengupas lobak putih, pertama-tama buang bagian pangkal dengan dengan tempat tumbuhnya daun. Daun lobak itu sangat pahit tentu saja daerah di dekatnya juga pahit. Selanjutnya kupas kulit lobak putih dan potong sesuai selera.

Baca juga: Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

4

Merendam dengan Air Garam Cara mengolah lobak agar tidak pahit biasanya diawali dengan merendam lobak yang telah diiris ke dalam air garam. Teorinya sederhana dimana cairan pahit di dalam lobak akan keluar akibat konsentrasi air garam yang lebih tinggi. Remas-remas lobak dalam air dan biarkan saja terendam selama kurang lebih 3 jam sampai layu. Beberapa orang juga menyarankan untuk mem-blansir sayur lobak sebelum diolah. Caranya dengan memanaskan air sampai mendidih lalu masukkan lobak dalam beberapa menit hingga berubah warna. Selanjutnya angkat lobak dan masukkan ke dalam air dingin.

5

Mengolah Lobak Seharusnya setelah lobak direndam dengan air garam, rasa pahitnya sudah berkurang banyak namun ada baiknya kita memasaknya menjadi masakan seperti kimchi, sup lobak, tumis, salad atau yang masakan Indonesia banget adalah soto Bandung. Dengan bumbu yang kuat, rasa pahit dari lobak sedikit tersamarkan. Kebanyakan lobak memang pahit tapi jika dibandingkan manfaatnya bagi kesehatan tentu rasa pahit ini belum ada apa-apanya. Seperti kita ketahui yang namanya obat pasti pahit kan? Dalam lobak terdapat banyak kandungan mineral dan vitamin seperti fosfor, mangan, beta karoten, asam oksalat, kolin, zat besi, vitamin A, vitamin C dan sebagainya.

Baca juga: Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Tidak hanya bentuknya yang mirip dengan wortel, si lobak putih ini juga memiliki vitamin A yang dicukup untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu menu lobak sering digunakan sebagai makanan diet karena bisa membuat kenyang lebih lama. Lobak putih dipercaya dapat menyembuhkan leukoderma, manfaat ini didapat dari kandungan zat karsinogenik yang banyak ditemui dalam biji lobak. Caranya menggunakannya cukup simpel, haluskan beberapa biji lobak bersama cuka lalu oleskan ke kulit yang putih.

Sekian artikel tentang Cara Memasak Lobak Putih Agar Tidak Pahit dengan Mudah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!

Gallery Resep Lobak Putih

Resep Masakan Korea Lobak Putih Resep Kuliner Cookpad

Salad Lobak Putih Dengan Wortel Dan Kacang Hijau

Acar Lobak Cooking With Sheila

Sup Lobak Sapi Bening Simpel Ala Oma

Segarkan Sajian Di Meja Makan Dengan Resep Sup Lobak Kembang

Inilah 8 Cara Memasak Lobak Putih Agar Tidak Pahit

Resep Kue Lobak Putih Luopo Kau Enak Gurih Empuk

Resep Sup Lobak Putih 1 Oleh Solihahoney Cookpad

Resep Chinese Food Ca Sawi Putih

Shobak Lobak Sauce

440 Resep Lobak Putih Ayam Enak Dan Sederhana Cookpad

Kiriboshi Daikon No Nimono Hidangan Lobak Putih Besar

10 Cara Mengonsumsi Lobak Putih Dengan Mudah Dan Nikmat

Tumis Lobak Putih Resep Masakan Taiwan Simpel Banget

Resep Tumis Lobak Putih Oleh Its Nengz Cookpad

Resep Sayur Lobak Putih

Lobak Putih Sayuran Lezat Dengan Berbagai Manfaat Kesehatannya

Resep Sup Lobak Putih Oleh Amellia Dwie Cookpad

Patut Dicoba Di Rumah 4 Resep Olahan Lobak Ini Begitu

Resep Lobak Putih Daging Cingcang Oleh Giselafransisca

10 Resep Sederhana Dengan Lobak Putih Craftlog Indonesia

6 Aneka Kudapan Olahan Lobak Putih Lezat Resepkoki

Resep Praktis Sup Iga Lobak Womantalk


Belum ada Komentar untuk "Resep Lobak Putih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel