Resep Bolu Tulban 4 Telur



4 Resep Bolu Panggang Yang Unik Serta Mudah Dipraktekkan Mudah

Resep Cake Marmer 4 Telur

Ada yang suka membuat cake marmer? Cake marmer yang seperti apa yang teman-teman suka? Saya suka cake marmer yang lembut dan moist, dengan rasa dan aroma mentega yang wangi, dan yang penting dengan bagian cokelat yang cukup banyak. Apalagi saat masih anget dan baru dikeluarkan dari loyang, dinikmati bersama secangkir teh atau kopi. Duh enaknya ….

Cake marmer bagi saya adalah kue nostalgia. Sewaktu masih kecil dulu, di daerah tempat asal saya di Jawa Tengah, cake ini hampir selalu di sajikan sebagai pengisi snack boks, terutama saat arisan Ibu-Ibu atau pengajian. Sebagai anak kecil yang suka mengintil orang dewasa arisan, saya jadi hafal isi snack boksnya.

Cake marmer ini biasanya mengisi wadah snack ditemani dengan snack gurih yang digoreng seperti misoa, risoles, lunpia, atau bakwan. Lalu ditambah dengan kacang bawang dan emping goreng, atau salah satunya. Terkadang ada juga yang menambahkan agar-agar.

Di luar acara arisan, ibu saya juga senang membuat cake marmer untuk saat-saat istimewa. Karena itu, saya juga menyukainya dan sejak kecil suka membantu Ibu membuatnya. Walau pun waktu itu belum mempunyai mikser dan harus mengocok telur menggunakan kocokan manual, hihihi

Memanggang kuenya juga saat itu masih menggunakan wonder pan, sebelum akhirnya mengenal oven yang menggunakan api dari kompor (otang). Saya tidak tahu apakah jaman sekarang masih ada yang pabrik yang membuat wonder pan.

Saya pernah mencoba membuat cake marmer dengan 5 telur hingga 8 telur. Tapi sekarang ini lebih senang membuat cake marmer yang menggunakan 4 telur saja. Hasilnya pas untuk ngeteh atau ngopi satu keluarga kecil.

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat cake marmer adalah pemilihan menteganya. Gunakan mentega yang paling kita suka wanginya meskipun sedikit, supaya aroma dan rasa menteganya semakin terasa.

Saya sendiri menggunakan campuran mentega margarin yang mereknya mudah didapat dipasaran lalu ditambah sedikit mentega favorit saya. Hasilnya ternyata lumayan bagus, rasanya enak dan aromanya wangi menyenangkan.

Mumpung besok tahun baru dan hari libur, mari membuat cake marmer saja. Membuatnya mudah, hasilnya sudah pasti enak. Ini dia resep selengkapnya:

Resep Cake Marmer Jadul 4 Telur

Bahan:

  • 235 g mentega (saya menggunakan campuran margarin mentega yang mudah didapat di pasaran, lalu ditambah sedikit mentega)
  • 180 g tepung terigu serbaguna
  • 20 g tepung maizena
  • 20 g susu bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 200 g gula bubuk
  • 4 butir telur ayam ukuran besar
  • 5 sdm susu cair
  • 1 sdt vanilla
  • 2 sdm cokelat bubuk yang kualitasnya bagus

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven 160 derajat C, lalu olesi loyang (lebih pas menggunakan loyang tulban diameter 20 cm, tetapi saya menggunakan loyang dengan diameter 22 cm karena tak ada yang lebih kecil) dengan mentega dan taburi tepung terigu secukupnya, sisihkan
  2. Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan baking powder dan aduk hingga rata, lalu diayak, sisihkan
  3. Kocok mentega dengan mikser hingga lembut dan pucat, lalu masukkan gula bubuk sedikit demi sedikit, sambil terus dikocok hingga lembut dan warnanya menjadi kuning pucat.
  4. Selanjutnya tambahkan sebutir telur lalu kocok hingga lembut. Setelah adonan tercampur rata baru tambahkan kembali satu butir telur dan kocok kembali hingga rata, begitu seterusnya hingga semua telur masuk ke dalam adonan.
  5. Tambahkan vanila dan garam, lalu teruskan mengocok hingga rata. Setelah itu, matikan mikser, lalu masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit dan selingi dengan susu cair. Aduk adonan pelan-pelan menggunakan spatula hingga rata. Hati-hati jangan terlalu lama mengaduknya.
  6. Selanjutnya bagi dua adonan, taburkan dan aduk rata bubuk cokelat dengan salah satu adonan, lalu tuang 2/3 adonan putih lebih dulu ke dalam loyang dan ratakan dengan cara menggoyang-goyangkan loyang, perlahan saja.
  7. Tuangkan 2/3 adonan yang menggunakan cokelat di tengah-tengah loyang, lalu tuang sisa adonan putih di bagian atasnya. Terakhir tambahkan sisa adonan cokelat di samping bagian yang putih. Lalu pelan-pelan buat bentuk marble dengan menggunakan garpu atau sumpit di bagian atasnya saja.
  8. Kemudian panggang adonan cake marmer hingga berwarna cokelat keemasan, selama kurang lebih 40 menit. Matikan oven, biarkan dulu cake di dalam loyang hingga agak dingin, lalu keluarkan dari oven dan keluarkan dari cetakannya.

Jadi begitulah cara membuat cake marmer dengan 4 telur ini teman-teman, semoga bermanfaat dan Selamat Tahun Baru Hijriyah 1439 bagi yang merayakan. IN

Pencarian dari google:

Related

Gallery Resep Bolu Tulban 4 Telur

Diah Didi S Kitchen Butter Cake Dasar Dengan Tehnik

Aneka Resep Bolu Kukus 34wm5eko3wl7

Resep Bolu Sakura Yang Enak Lembut Dan Mengembang Cantik

Resep Dan Cara Membuat Bolu Pandan Irit Telur Hasil Tetap Maxsimal Cake Recipe Ala Zasanah

Resep Bolu Keju Lembut 4 Telur Oleh Meisha B Ananda Cookpad

25 Resep Kue Bolu Kukus Kekinian Enak Dan Mudah Dibuat

15 Resep Bolu Panggang Anti Gagal Dan Bantet Yang Wajib Dicoba

4 Resep Brownies Kukus Yang Mudah Dibuat Tanpa Peralatan

Citra S Home Diary My Best Marble Butter Cake Resep Bolu

Bolu Kukus Jerman Keju Bahan Bahan 4 Butir Telor Terigu 1

4 Resep Bolu Panggang Lembut Dan Mengembang Resep Makanan

Resep Kue Brownies Telur 5 Loyang Ukuran 24 By Ari Indah

Lawthomas Instagram Posts Gramha Net

Resep Kue Bolu 4 Telur Praktis Dan Lezat Modern Id

Resepbolu Hashtag On Instagram Stories Photos And Videos

Resep Kue Bolu Macan Khas Bangka Marmer Cake Yang Soft Dan Moist

Kumpulan Resep Bolu Kukus Paling Enak Untuk Berbagai Acara

Dijamin Ekonomis Dan Wajib Dicoba Bunda Kue Bolu 4 Telur

Bolu Tulban Panggang Irit Telur

Bolu Suri Makia Opentable

Resep Cake Labu Kuning Keju Isi Minggu Kamu Dengan Buat

Beberapa Resep Bolu Rasa Kopi Yang Kekinian Dan Mudah Dibuat

Cobalah Rasanya Resep Kue Bolu Panggang 8 Telur Kaskus

Resep Cake Marmer Cake Pandan Kelembutannya Sukses Bikin

Resep Cara Mudah Membuat Bolu Pandan 4 Butir Telur Banyuwangi 2018

Bolu Marmer 4 Butir Telur Lembut 2018

Resep Bolu Panggang Lezat For Android Apk Download

Resep Bolu Pandan Kukus Panggang

Resep Bolu Panggang 4 Telur Oleh Panda Kitchen Cookpad


Belum ada Komentar untuk "Resep Bolu Tulban 4 Telur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel