Resep Masakan Rendang Daging Sapi



4 Resep Masakan Daging Sapi Mudah Dan Enak Resep Masakan

Resep Rendang Daging Sapi Padang Asli Enak dan Empuk

Resep Rendang Daging Sapi Padang Asli Enak dan Empuk – Rendang adalah makanan Nusantara yang berasal dari daerah Sumatra Barat yaitu Minangkabau. Di daerah Minangkabau, rendang disajikan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa seperti khajatan atau pernikahan. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau, namun secara umum masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda.

Resep rendang daging adalah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging atau daging sapi. Rendang yang merupakan makanan yang kaya akan rempah-rempah seperti santan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan. Penggunaan bumbu halus yang khas untuk masakan rendang antara lainnya adalah cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya.

Keunikan memasak rendang daging sapi adalah penggunaan bumbu alami yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga satu bulan dan setahun jika menggunakan alat vakum yang disimpan dalam plastik tahan panas.

Resep rendang daging dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasak rendang daging sapi ini harus sabar dan telaten menunggu, karena menghabiskan waktu yang cukup lama. Potongan daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan-pelan hingga santan dan bumbu meresap kedalam daging. Memasak rendang daging sapi harus hati-hati dan konsisten mengaduk-aduk agar adonan santan tidak pecah dan bumbu meresap kedalam daging sapi dengan sempurna.

Meski anda dengan mudah bisa menemukan rendang daging sapi dirumah makan padang, namun apa salahnya kita membuat rendah sapi sendiri di rumah. Anda dapat mencari daging sapi segar pilihan dan bahan-bahan lainnya di pasar tradisional ataupun swalayan terdekat. Oh iya, meskipun dalam memasak rendang membutuhkan waktu yang lama dan kesabaran tetapi itu cukup menantang bagi kita untuk membuat rendang daging sapi langsung dari dapur tercinta.

Dengan kita membuat rendang daging sapi sendiri kita dapat memilih daging dengan kualitas yang bagus. Kita juga dapat menambahkan rasa pedas sesuai selera. Jika anda tidak cukup membeli daging sapi karena mahal, anda bisa mengganti dengan bervariasi rendang lainnya. Seperti rendang daging ayam, rendang daging bebek, rendang daging paru, rendang ikan tongkol, rendang telur dan rendang daging suir.

Pembuatan rendang daging suir ini menggunakan bahan bumbu yang sama dengan bumbu resep rendang daging lainnya. Yang membedakan rendang suir dengan rendang daging sapi biasanya adalah serat dari daging sapi atau daging ayam yang disuir kecil-kecil. Selain dibuat rendang, daging sapi ini juga dapat dibuat kornet homemade super gurih dan sehat. Bila anda ingin membuatnya klik disini Resep Membuat Kornet Daging Sapi Sendiri Dirumah.

Oke, berikut ulasan Bahan-bahan, Cara Membuat Resep Rendang Daging dari kami yang layak untuk dicoba.

Resep Rendang Daging Beserta Cara Membuatnya

Resep Rendang Daging Beserta Cara Membuatnya

Bahan Untuk Membuat Rendang Daging Sapi :

  • Daging sapi yang segar 500 gram
  • Santan kental 1000 ml (dari 2 buah kelapa tua)
  • Lengkuas 5cm geprek
  • Air secukupnya
  • Serai 3 batang
  • Daun kunyit 4 lembar
  • Daun salam 4 lembar
  • Daun jeruk 4 pcs
  • Ketumbar ½ sdt
  • Pekak 2 buah
  • Lengkuas geprek 5 cm
  • Gula merah, garam, sesuai selera

Bumbu Yang Dihaluskan :

  • Bawang merah 10 siung
  • Bawang putih 5 siung
  • Jahe ukuran 1 ruas jari
  • Cabai merah 150 gram
  • Cabai rawit merah 10 butir
  • Merica bubuk ½ sdt
  • Kemiri 5 butir
  • Kunyit 3 cm

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Padang :

  1. Langkah awal, haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, lada bubuk dan cabai rawit dan cabai merah.
  2. Setelah itu rebus 500 gram sapi dan masukan bumbu yang sudah dihaluskan diatas sampai air habis dan daging empuk.
  3. Selanjutnya masukkan santan sedikit demi sedikit sambil tetap di aduk. Usahakan santan jangan sampai pecah.
  4. Masukkan lengkuas, pekak, daun salam, daun kunyit, daun jeruk dan sereh. Aduk terus sampai santan mendidih.
  5. Kecilkan api setelah santan mendidih. Sesekali tetap diaduk sampai daging empuk dan keluar minyaknya.
  6. Aduk terus sampai mengering (air menyusut) dan berwarna coklat kehitaman.
  7. Angkat, rendang daging sapi rumahan siap disantap bersama nasi putih hangat. Nyam!!

Itulah proses pembuatan resep rendang daging nya, cukup mudah dibuat dirumah bukan? Oh iya, agar hasil rendang dapat enak dan empuk maksimal, kita akan memberikan beberapa tips pemilihan daging dan cara mengolahnya agar empuk dan tidak keras. Yang pertama pilihlah daging sapi yang masih berterkstur kenyal dan fress. Pilihlah daging sapi yang memiliki aroma daging yang masih segar dan tidak berbau asam.

Usahakan pilih daging yang tidak mengeluarkan cairan dan jangan sampai anda memilih daging yang beku atau dibekukan karena tekstur daging sudah rusak. Kedua adalah cara sederhana agar daging menjadi empuk dan tidak keras. Caranya cukup mudah anda dapat membungkus daging sapi dengan daun pepaya. Kandungan zat papain dalam daun pepaya bisa mengempukkan daging.

Setelah daging dibungkus dengan daun pepaya, silahkan diamkan daging sapi kurang lebih selama 30 menit. Selain menggunakan daun pepaya, ada cara lain yang mungkin sudah anda ketahui. Yaitu menggunakan parutan buah nanas yang masih muda. Caranya parut nanas muda kemudian balurkan pada daging sapi, diamkan beberapa saat daging pun akan lebih cepat empuk saat dimasak. Ini juga berlaku bagi daging kambing dan aneka daging lainnya.

Demikian ulasan Cara Membuat Rendang Daging Sapi secara lengkap dari kami. Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Rendang Daging Sapi Padang Asli Enak dan Empuk. Buka juga resep masakan nusantara terbaru dari kami seperti Resep Opor Ayam Gurih Beserta Sambal Goreng Ati Kering Super Pedas yang dapat anda sajikan bersama rendang daging dan potongan ketupat dihari Lebaran Idul Fitri nanti. Terimakasih sudah membuka resepasik.com, semoga bermanfaat.

Gallery Resep Masakan Rendang Daging Sapi

5 Resep Olahan Daging Sapi Untuk Sajian Idul Adha Tirto Id

Resep Rendang Daging Sapi Tanpa Daun Kunyit By Jamie S

Resep Rendang Daging Sapi Enak Dan Empuk

Resep Rendang Sapi Lezat Dan Empuk

Resep Masakan Rendang Daging Sapi Beritalima

Resep Rendang Daging Yang Nendang

17 Resep Olahan Daging Sapi Praktis Mudah Dan Tidak Ribet

Resep Masakan Rendang Daging Sapi Ala Padang

Resep Rendang Daging Sapi Oleh Sufiyah Zainuddin Cookpad

Resep Dan Cara Memasak Rendang Daging Sapi Enak Sederhana

18 Resep Masakan Daging Sapi Enak Sederhana Mudah Dibuat

Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Resep Masakan

5 Resep Masakan Daging Sapi Yg Menggoyang Lidah Bikin

Aneka Resep Masakan Daging Sapi Sederhana

Rendang Wikipedia

Rendang Daging

Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Khas Padang Empuk

Resep Olahan Daging Sapi Praktis Resep Olahan Daging Sapi

Resep Masakan Rendang Daging Dan Cara Memasak Rendang

Agungberkahbeef Instagram Posts Gramha Net

Resep Dan Cara Membuat Terik Daging Sapi Khas Jawa Asli Yang Enak


Belum ada Komentar untuk "Resep Masakan Rendang Daging Sapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel