Resep Asem Asem Bandeng Bumbu Kuning



Resep Bandeng Kelo Kuning Asem Asem Bandeng Oleh

6 Resep Ikan Bandeng yang Menggugah Selera & Praktis

Penulis: Tia | Editor: Ria

Bandeng merupakan salah satu ikan air tawar yang mudah ditemukan dan favorit untuk dikonsumsi. Di rumah saya sendiri, ikan bandeng cukup sering jadi menu utama. Olahannya sih sederhana, hanya digoreng saja dan disantap dengan sambal tomat yang lezat.

Selain digoreng, bandeng ternyata juga bisa diolah menjadi aneka masakan lainnya. Bahkan untuk masakan yang lazimnya menggunakan daging ayam atau daging sapi, ternyata tidak kalah nikmat jika menggunakan ikan bandeng.

1. Semur Bandeng

Jangan dikira hanya ayam, daging sapi, dan telur saja yang bisa disemur. Ikan bandeng pun ternyata juga terasa sangat nikmat ketika dimasak semur. Dagingnya yang lembut dan tebal berpadu pas dengan rasa manis-gurih kuah semur. Sebelum disemur, ikan bandengnya digoreng kering dulu ya supaya bumbu lebih meresap.

Coba: Resep Semur Bandeng

2. Palumara Bandeng

Palumara merupakan masakan khas Makassar yang berbahan dasar ikan. Rasanya perpaduan antara asam, gurih, dan pedas. Sangat segar. Palumara ini aslinya memang menggunakan ikan bandeng sebagai bahan utamanya, yang oleh orang lokal disebut sebagai ikan bolu. Tapi sekarang palumara sudah dikreasikan dan bisa dibuat dengan berbagai jenis ikan lainnya.

Ikan bandeng yang telah dibersihkan dan dipotong menjadi 4 bagian, dimasukkan ke dalam tumisan bawang putih dan bawang merah. Kemudian, tambahkan air asam, serai, kunyit, air, cabai rawit, tomat, dan gula merah. Aduk rata dan masak hingga bandeng empuk serta bumbu meresap.

Coba: Resep Palumara Bandeng

3. Bandeng Bakar

Salah satu cara mudah mengolah ikan bandeng adalah dengan membakarnya. Tekstur daging bandeng sangat lembut, sehingga bumbu sederhana ala bakaran pun pasti terserap baik dan hasilnya lezat.

Untuk membuat bandeng bakar, anda hanya perlu menyiapkan bumbu halus dari bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, kunyit, dan kemiri. Setelah dilumuri bumbu, bakar bandeng hingga matang. Supaya lebih sedap, santap bandeng bakar ini dengan sambal terasi matang.

Coba: Resep Bandeng Bakar

4. Ikan Bandeng Presto

Olahan bandeng yang satu ini sih jelas sudah tidak asing lagi. Apalagi kalau anda sedang melancong ke kota Semarang. Olahan bandeng presto ini ada di mana-mana.

Bandeng presto sendiri merupakan ikan bandeng yang diolah dengan cara dipresto hingga durinya lunak. Bandeng dipresto bersama berbagai bumbu, seperti garam, bawang putih, dan kunyit. Setelah matang, anda bisa langsung menyantapnya atau digoreng garing dengan balutan telur kocok.

Coba: Resep Ikan Bandeng Presto

5. Asem-Asem Bandeng

Daging bandeng yang lembut membuatnya nikmat diolah menjadi masakan bercitarasa segar, seperti asem-asem. Sebelum mulai dimasak, daging bandeng dilumuri dulu dengan garam dan jeruk nipis supaya amisnya hilang. Kemudian, tumis bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, serai, jahe, lengkuas, kunyit, dan daun salam hingga harum. Tuangkan air dan masak hingga mendidih. Lalu, masukkan ikan bandeng yang dipotong-potong, tambahkan cabai rawit serta tomat, dan masak hingga bandeng matang.

Coba: Resep Asem-Asem Bandeng

6. Ikan Bandeng Acar Kuning

Acar kuning merupakan jenis acar matang yang diolah dengan cara ditumis. Pada dasarnya, acar kuning ini hanya terdiri dari sayuran yang biasanya dibuat acar, yaitu wortel dan timun. Namun, karena rasanya yang lezat, acar kuning banyak dikreasikan dengan berbagai lauk, salah satunya ikan bandeng.

Untuk membuatnya, pertama-tama, goreng ikan bandeng terlebih dahulu hingga matang. Kemudian, tumis bumbu acar berserta wortel dan timun. Tambahkan cuka atau air jeruk nipis untuk rasa asamnya. Setelah acar matang, masukkan ikan dan aduk hingga merata.

Coba: Resep Ikan Bandeng Acar Kuning

(Image: Lazada)

Seluruh masakan di atas akan lebih mudah dimasak dengan menggunakan cookware set dari Supra Rosemary (lihat di Lazada DISKON). Satu set Supra Rosemary terdiri dari stock pot, frying pan, deep pan, dan sauce pan berlapis stainless steel anti karat. Lapisannya awet serta tidak mudah terkelupas. Paket lengkap bagi anda yang sedang belajar masak.

Cukup banyak juga ya kreasi olahan untuk ikan bandeng. Kalau selama ini anda hanya menggorengnya saja, 6 kreasi di atas mungkin bisa mulai dicoba untuk hidangan di rumah yang lebih bervariasi. Selamat mencoba!

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Gallery Resep Asem Asem Bandeng Bumbu Kuning

Resep Ikan Bandeng Bumbu Kuning Pedas Oleh Ummu Qian

Resep Bandeng Bumbu Kuning Asam Pedes Segerrr Oleh Ririani

55 Resep Ikan Bandeng Kuah Kuning Asam Pedas Enak Dan

Cara Membuat Ikan Pesmol Ikan Bumbu Kuning Youtube

Resep Ikan Bandeng Kuah Kuning Asam Pedas Ala Rumahan Youtube

Resep Masak Dan Cara Membuat Masakan Ikan Bandeng Kuah

Resep Ikan Pesmol Gurame Bumbu Kuning Aneka Resep

Asem Asem Bandeng Lamongan Dijagokan Jadi Suguhan Istana Negara

Videos Matching Garang Asem Daging Dan Telor Pesanan Buat

Sedap Untuk Berbuka Bikin 5 Olahan Bandeng Ini Yuk

Resep Masakan Bandeng Kuah Kemangi Widhiaanugrah Com

Cara Membuat Ikan Bandeng Kuah Kuning Sedap Nikmat

Resep Bandeng Bumbu Kuah Merica Pedas Masakan Sederhana

Resep Asem Asem Bandeng Belimbing Wuluh Kuah Kuning

Pallumara Bandeng Ikan Kuah Kuning By Endang Indyastuti

Ikan Bumbu Kuning Club Masak Resep Food Malay Food

Resep Dan Cara Membuat Asem Asem Pedas Ikan Bandeng Yang Enak Mudah Dan Spesial

134 Resep Asam Asam Bandeng Bumbu Kuning Enak Dan Sederhana

Resep Dan Cara Membuat Ikan Bandeng Kuah Bening Yang Gurih

14 Resep Garang Asem Bumbu Kuning Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Bandeng Bumbu Kuning Oleh Tifani Wibowo Cookpad

96 Resep Bandeng Bumbu Kuning Asem Pedas Enak Dan Sederhana

Resep Cara Membuat Ikan Bandeng Kuah Kuning Resep Masakan

Resep Ikan Mas Bumbu Kuning Tanpa Santan Cara Memasak Ikan

Pindang Bandeng Asam Pedas Plus Pete Super Indo Lebih

Resep Bandeng Presto Kuah Kuning Segar Asam Pedas


Belum ada Komentar untuk "Resep Asem Asem Bandeng Bumbu Kuning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel