Resep Manisan Kolang Kaling



Resep Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Sepesial Buku

Resep cara membuat manisan kolang kaling sederhana alami tanpa pewarna

Cara membuat manisan kolang kaling. Resep manisan kolang kaling alami tanpa pewarna lebih simple dan sederhana. Inilah bunda cara bikin manisan kolang kaling apa adanya dan sengaja tidak menggunakan pewarna apapun, sehingga lebih asli, alami, dan berguna untuk menambah kesehatan anda. Seperti diketahui bahwa buah kolang kaling banyak mengandung zat kalsium, sehingga mampu memperkuat tulang. Dengan demikian bagi manula cukup bagus jika mengkonsumsi buah kolang kaling ini. Oleh sebab itu dengan membuat manisan kolang kaling tanpa zat pewarna apapun justru lebih menyehatkan.

Perlu anda ketahui bahwa bikin manisan kolang kaling tidak sama seperti saat anda membuat manisan buah lainnya, sehingga anda perlu memperhatikan dan memahami dengan benar cara membikin manisan kolang kaling, sayangkan sudah beli buah kolang kaling mahal, namun ternyata tidak menjadi manisan yang sesuai dengan harapan. Untuk itu yuk simak petunjuk lengkap cara membikin manisan kolang kaling alami berikut.

Untuk saat ini harga buah kolang kaling sekitar 20 ribuan per 1 kg di pasar pasar kota jakarta dan sekitarnya. Cukup mahal juga ya buah kolang kaling, padahal di tempat asalnya buah kolang kaling di jual hanya di kisaran 5 ribu rupiah per kg. Sering juga kita temui manisan kolang kaling dengan tampilan sanngat menarik, seperti manisan kolang kaling warna merah, hijau, dan warna lainnya. Yang cukup terkenal yakni manisan kolang kaling merah fanta, karena saat bikinnya menggunakan minuman bersoda tersebut. Namun pada kesempatan kali ini admin resep masakan praktis menulis resep manisan kolang kaling yang sederhana dan alami dalam upaya menjaga keaslian buah kolang kaling supaya lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Manisan buah kolang kaling merupakan salah satu manisan buah segar yang cukup digemari karena proses pembuatan manisan kolang kaling yang cukup mudah, meskipun demikian jika salah dala pembuatannya tentunya manisan buah kaling kaling anda akan kebanyakan kuahnya, karena bisa jadi belum paham akan sifat buah kolang kaling ini. Dengan demikian yuk ikuti tips lengkap cara bikin manisan kolang kaling tanpa pewarna apapun, sehingga tampilannya lebih alami.

Petunjuk lengkap dan komplit cara membuat manisan kolang kaling basah alami bisa anda pelajari dengan mudah secara lengkap dan mudah anda praktekkan sendiri. Demikian juga cara membuat manisan kolang kaling kering sama mudahnya. Namun jika untuk dikonsumsi sendiri paling pas adalah manisan kolang kaling basah dengan kuah manis sedikit. Untuk menambah kreasi manisan kolang kaling bunda, bisa saja menggunakan pemanis gulamerah, cara membuat manisan kolang kaling gula merah sama persis saat bunda bikin manisan kolang kaling basah dengan gula pasir. Nah untuk mempersingkat waktu dan belajar bikin manisan buah segar khususnya manisan kolang kaling basah, yuk ikuti cara bikin manisan kolang kaling kuah manis basah berikut :

Bahan manisan kolang kaling basah >> Buah kolang kaling : 1 kg >> Gula pasir : 250 gram atau secukupnya, tergantung selera anda >> Garam : ± ¼ sendok teh >> Daun pandan : 5 lembar atau secukupnya

>> Air bersih : secukupnya

Cara membuat manisan kolang kaling sederhana alami

  1. Langkah pertama cuci bersih buah kolang kaling dan tiriskan
  2. Rebus buah kolang kaling dengan air secukupnya, pastikan semua buah kolang kaling terendam. Jangan lupa masukkan juga daun pandan serta garam.
  3. Tunggu hingga mendidih dan matang, oh ya gunakan nyala api kompor sedang saja ya.
  4. Setelah buah kolang kaling matang, tiriskan dan rebus lagi.
  5. Ulangi perebusan kolang kaling ini hingga 3 atau 4 kali, hal ini untuk menghilangkan bau asam pada kolang kaling.
  6. Pada perebusan terakhir setelah mendidih beberapa saat, angkat dan tiriskan kembali serta ambil daun pandan. Jangan tunggu dingin. Setelah di tiriskan langsung masukkan dalam panci untuk direbus kembali.
  7. Saat panas panas rebus kembali buah kolang kaling tanpa air sama sekali.
  8. Tambahkan gula pasir sesuai selera dan aduk aduk secara perlahan. Pastikan anda menggunakan nyala api kompor kecil saja
  9. Aduk terus secara perlahan hingga kuah manisnya sesuai dengan keinginan anda.

Itulah sedikit rahasia dalam pembuatan manisan kolang kaling. Perlu bunda ketahui bahwa buah kolang kaling ini akan mengeluarkan air saat direbus. Itulah sebabnya pada rebusan terakhir saya sarankan untuk tidak menggunakan air sama sekali. Namun jika anda ingin manisan kolang kaling berkuah banyak bisa tambahkan sedikit air.

Manisan dari buah buahan segar ini merupakan resep tradisional Indonesia asli yang wajib kita banggakan. Oleh sebab itu kita sebagai generasi penerus tentu mempunyai kewajiban untuk melestarikan resep resep manisan buah segar ini. Cukup banyak tentunya berbagai macam buah hasil bumi Indonesia yang cukup enak di buat manisan, seperti : buah kolang kaling, manisan buah mangga, buah salak, buah kedondong, buah pepaya, buah pala, dan buah segar alami lannya.

Gallery Resep Manisan Kolang Kaling

Resep Manisan Kolang Kaling Dengan Sirup Oleh Fb Desi Eka

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Khas Betawi Cara Membuat Id

Resep Manisan Kolang Kaling Dengan Sirup Marjan Coco

Resep Manisan Kolang Kaling Pour Android Telechargez L Apk

Resepmanisan Hashtag On Twitter

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

Resep Manisan Kolang Kaling

Manisan Kolang Kaling Sirup Medan

Video Resep Manisan Kolang Kaling Manisnya Selalu Dinanti

Manisan Kolang Kaling Enak Dan Segar Resep Dan Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

Resep Praktis Manisan Kolang Kaling Womantalk

Manisan Kolang Kaling

Resep Manisan Kolang Kaling Jual Manisan Kolang Kaling

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

Manisan Kolang Kaling Resep Manisan Kolang Kaling Fanta

Resep Manisan Kolang Kaling Dan Kisah Bendera Just Try Taste

Resep Manisan Kolang Kaling Sirup Kolang Kaling

Videos Matching Membuat Manisan Kolang Kaling Fanta Enak Dan

Resep Manisan Kolang Kaling Pandan Untuk Menu Buka Puasa

Resep Manisan Kolang Kaling Marjan Oleh Nilam Sarwendah

Resep Manisan Kolang Kaling Buah Naga Lifestyle Fimela Com

Manisan Kolang Kaling By Palupi Mukti Rahadjeng

Gampang Banget Buat Sendiri Saja Manisan Kolang Kaling

Diah Didi S Kitchen Manisan Kolang Kaling

Jual Manisan Kolang Kaling Kota Bekasi Rumah Jajan Bekasi Tokopedia

Resep Manisan Kolang Kaling Dengan Menggunakan Sirup Lebih

Gula Pasir Untuk Membuat Manisan Kolang Kaling Resep Kue

Resep Manisan Kolang Kaling Betawi Manfaat Buah


Belum ada Komentar untuk "Resep Manisan Kolang Kaling"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel