Resep Empal Daging Sapi Manis



Resep Bumbu Sajian Sedap Empal Gepuk Daging Sapi Manis Lezat

Resep Empal Suwir Daging Sapi

Beberapa bulan yang lalu, salah satu kantor cabang perusahaan tempat saya bekerja menempati gedung yang baru. Acara syukuran pun dilakukan. Hidangan utamanya adalah nasi kuning yang dipesan di katering Ny. Hendrawan di wilayah Tomang. Makanan tersebut hadir dalam bentuk tumpeng berdiameter 50 cm dan permukaannya penuh disesaki dengan aneka lauk-pauk yang membuat peserta syukuran menelan air liur saat melihatnya. Ayam goreng rempah, kering tempe, sambal goreng hati buncis, balado udang, perkedel kentang, telur balado dan empal suwir daging sapi. Katering Ny. Hendrawan sudah terkenal akan kelezatan masakannya, namun baru kali ini saya mencicipinya, dan semoga rasanya semanis tampilannya. 

Kami pun berkumpul, bersesakan di ruangan resepsionis yang tidak terlalu luas. Aroma lauk dan nasi kuning yang pekat berkeliaran di udara membuat perut saya bernyanyi kencang. Saat itu memang sudah mendekati jam makan siang. Pembacaan doa dilakukan oleh salah seorang teman, dan saat itu konsentrasi dan iman benar-benar diuji. Walau doanya begitu indah, dan terus terang saya kagum dengan skill rekan saya ini merangkai kata, namun durasinya yang panjang membuat saya berulangkali melirik ke nasi kuning dan lauk-pauknya, serasa ingin segera menerkamnya. Beberapa teman terlihat mulai gelisah, posisi tubuh berubah-ubah, kaki kiri dan kanan berganti di tekuk ke belakang untuk mengurangi pegal. Hanya nasi tumpeng saja yang tampak tegar sekokoh batu karang dan pembaca doa yang terlihat khusyuk. Ketika doa selesai, hampir semua menghela nafas lega dan langsung mengambil posisi di depan si tumpeng. ^_^

Tapi bukan hanya sekedar tampilan nasi tumpengnya yang indah,  rasa masakan katering Ny. Hendrawan juga saya akui sangat lezat. Taste-nya sesuai dengan kesukaan saya, bumbu yang 'medhok', rasa sedikit manis berpadu dengan asin yang pas, khas masakan a la Jawa. Nasi kuningnya begitu kental dan pekat akan rasa gurih, dengan tekstur padat dan pulen. Walau semua lauk pendamping si nasi ini terasa mantap, namun empal suwir dagingnya benar-benar juara. Daging sapi yang dimasak dalam bumbu empal kecoklatan dengan cita rasa rempah yang kuat dan manis ini terasa empuk dan gurih. Sedikit suwiran daging saja sudah cukup menjadi lauk yang memuaskan bersama sepiring nasi kuning. Setelah menyantap si empal suwir saya pun berjanji suatu saat akan membuatnya sendiri. 

Saya pernah membuat empal daging sapi sebelumnya, anda bisa melihat resepnya pada link disini. Saat itu saya membuat empal gepuk dimana daging sapi yang diiris tipis dan dimasak bersama bumbu kemudian dipukul hingga pipih. Resep empal gepuk dan empal suwir ini sebenarnya hampir sama, hanya saja di empal suwir setelah daging dimasak empuk kemudian disuwir-suwir menjadi potongan kecil dan dimasak bersama santan hingga kuah mengering. Hasil akhirnya adalah suwiran daging yang empuk, berselimut bumbu yang gurih dan meresap hingga setiap serat dagingnya. 

Proses membuat empal suwir ini sangat mudah dan mungkin bisa menjadi variasi sajian Lebaran yang menyenangkan selain rendang dan opor ayam. Berikut resep dan prosesnya ya. 

Empal Suwir Daging Sapi 
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 5 porsi 

Tertarik dengan resep dari bahan daging sapi lainnya? Silahkan klik link resep di bawah ini:

Rendang Daging Sapi dengan Kentang a la My Mom Empal Gentong Daging Sapi Ungkep Daging Sapi a la My Mom   

Bahan: 

- 500 gram daging sapi, potong searah serat daging dengan ukuran besar sekitar 3 x 3 cm 

- 90 ml santan kental instant (saya pakai santan instan) - 800 ml air kelapa untuk merebus daging (atau pakai air biasa)

Bumbu dihaluskan: 

- 4 siung bawang merah 

- 3 siung bawang putih 

- 4 butir kemiri sangrai 

- 1 sendok makan ketumbar, sangrai 

- 1/4 sendok teh jintan, sangrai bersama ketumbar

- 1/2 sendok teh merica butiran 

- 2 cm jahe 

- 2 cm kunyit 

- 4 cm lengkuas 

- 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja 

Bumbu rempah lainnya: 

- 3 lembar daun salam, sobek kasar 

- 2 lembar daun jeruk, sobek kasar 

- 60 gram gula jawa, sisir halus 

- 1 ½ sendok teh garam 

- 2 sendok makan air asam jawa

Pelengkap: 

- bawang merah goreng untuk taburan 

Siapkan wajan, masukkan daging, semua bumbu halus, dan bumbu rempah lainnya. Aduk dan remas-remas daging dengan bumbu hingga rata. Masukkan 500 ml air kelapa  dan rebus dengan api sedang hingga kuah menyusut, tambahkan sisa air kelapa dan rebus hingga daging benar-benar empuk. 

Jika daging belum empuk, tambahkan sedikit air kembali dan masak hingga daging menjadi empuk dan kuah habis. Matikan api kompor, dengan menggunakan dua buah garpu cabik-cabik daging hingga menjadi suwiran kecil. 

Tambahkan santan kental, masak kembali dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga santan habis, dan daging menjadi kering. Cicipi rasanya, sesuaikan garam dan gula. Empal suwir ini terasa manis dan gurih. 

Tata empal di piring saji dan taburi dengan bawang goreng yang banyak. Super yummy!

Gallery Resep Empal Daging Sapi Manis

6 Resep Semur Daging Kecap Lezat Bumbu Spesial

Resep Empal Manis Basah Oleh Kitchen Lab Cookpad

Resep Empal Daging Serundeng Kelapa Presto Yang Manis Lezat

Resep Semur Daging Sapi Enak Dan Sederhana

Resep Empal Manis

Kreasi Resep Empal Daging Sapi Empuk Dan Lezat Resep Hari Ini

Resep Empal Daging Sapi I Empal Gepuk By Dapoer Lestari

Resep Empal Daging Resepkoki Co

Resep Daging Dendeng Manis Dagingsapi

Resep Empal Manis Daging Sapi Oleh E Y Ika M Cookpad

Resep Dan Cara Membuat Oseng Oseng Kikil Nikmat

Resep Empal Gepuk Manis Yang Bikin Nagih Wisata Seru

Tag Resep Makanan Bukan Hanya Menjadi Resep Empal Enak

18 Resep Masakan Daging Sapi Enak Sederhana Mudah Dibuat

3 Resep Empal Daging Empuk Dan Sederhana Cocok Untuk Bekal

Resep Empal Pedas Manis Resep Masakan Nusantara Lengkap

Resep Empal Daging Sapi Goreng Manis Resep Masakan

Baru 23 Bumbu Empal Gepuk

Resep Empal Daging Enak Hidangan Lezat Yang Bikin Siapapun

13 Resep Empal Daging Yang Enak Empuk Dan Mudah Rekomended

Resep Empal Suwir Daging Sapi Just Try Taste

Aneka Resep Empal Pilihan Programme Op Google Play

Resep Empal Gepuk Daging Sapi Terlengkap Pour Android

Daging Sapi Saus Manis


Belum ada Komentar untuk "Resep Empal Daging Sapi Manis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel