Resep Cumi Bakar Teflon



17 Resep Cumi Yang Bisa Anda Coba Praktikkan Dirumah

Cumi-Cumi Panggang Saus Kecap

Sering menyantap cumi-cumi bakar yang laziz di resto? Whoa, mengapa tidak membuatnya sendiri saja di rumah? Hidangan ini super mudah namun rasanya sangat tasty sekali. Apalagi beberapa waktu ini saya melihat cumi-cumi cukup banyak di pasar (pasar di Jakarta tentunya) dengan harga yang tidak terlalu mahal. Okeh tentu saja masakan ini tidak bisa benar-benar disamakan dengan cumi-cumi bakar yang umum dijual di street vendor karena dipanggang menggunakan loyang teflon, namun untuk rasa saya jamin tidak kalah lezatnya. Paling mantap cumi-cumi panggang ini dihidangkan dengan sambal kecap yang dilengkapi dengan irisan cabai rawit hijau dan bawang merah, kucuri dengan air jeruk nipis dan santap dengan nasi panas sepiring. Hmm, yummy!

Seorang teman pernah dengan nada bercanda mengatakan ke saya, "Kalau semua orang seperti kamu, Ndang, apa-apa dibuat sendiri, bisa gulung tikar semua penjual makanan di Bumi ini". Terlalu berlebihan, tapi memang tidak ada salahnya memasak semua makanan sendiri, jika anda memiliki waktu dan tenaga tentunya serta tidak keberatan kuku jari tangan 'sedikit' dinodai oleh warna kuning kunyit atau bau amis ikan. Tentu saja semua aktifitas tersebut harus anda nikmati, itu bagian yang paling penting jika anda ingin terjun menjadi pabrik pembuat makanan bagi kru yang selalu kelaparan di rumah. Bagaimana bisa enjoy bereksperimen dengan aneka bahan makanan jika menyentuh cumi-cumi yang lunak, berkulit licin, tentakel menjulur dengan mata melotot saja telah membuat anda menjerit-jerit jijik? Belum apa-apa anda telah membayangkan si cumi-cumi sebagai jelmaan alien yang siap menerkam. 

Saya sendiri sejak kecil paling suka nongkrong di samping Ibu saya yang sedang sibuk membersihkan aneka seafood yang menjadi makanan sehari-hari kami saat masih tinggal di Tanjung Pinang, Riau. Bagi saya membersihkan ikan dan teman-temannya membutuhkan keahlian yang tidak semua orang tahu cara melakukannya, dan tidak ada salahnya untuk diasah. Tapi tentu saja cara paling praktis yang sering saya lakukan adalah dengan berteriak pada tukang ikan, "Bang, ikannya tolong dibersihkan sekalian ya!". Beres! ^_^

Untuk membuat cumi-cumi panggang ini saran saya adalah kerat-kerat cumi seperti gambar di atas. Sisakan sedikit bagian daging yang tidak terkerat. Semakin lebar keratan maka cumi-cumi akan semakin keriting dan melingkar kala dipanggang, penampilannya menjadi lebih cantik. Tips lainnya adalah gunakan bumbu yang melimpah sehingga rasanya menjadi benar-benar tasty, bawang putih menurut saya bumbu yang paling manjur untuk memusnahkan rasa dan aroma amis di seafood, selain kunyit dan jeruk nipis tentunya. Rendam cumi-cumi dan bumbunya hingga bumbu meresap, panggang di loyang anti lengket hingga permukaannya kecoklatan dan sedikit terbakar. Anda juga bisa menggunakan bumbu perendam cumi-cumi ini untuk memanggang ikan dan udang, hanya saja untuk ikan memanggangnya dengan loyang anti lengket terkadang masih menyisakan jejak amis di bagian dalam daging ikan karena daging ikan tidak sekering saat dipanggang langsung di permukaan api. 

Okeh saya akhiri cuap-cuap saya dan berikut ini resepnya yang sangat simple ya. 

Cumi-Cumi Panggang Saus Kecap

Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:

- 5 ekor cumi-cumi, bersihkan dan kerat-kerat sepanjang badan tetapi jangan sampai putus

Bumbu:

- 1/2 sendok teh kunyit bubuk - 5 butir bawang putih dihaluskan - 1 sendok teh ketumbar bubuk - 1 ruas jahe, haluskan/parut - 5 sendok makan kecap manis - 1 sendok makan saus tiram - 1/2 sendok teh garam - 1/2 buah jeruk nipis, peras airnya 

Saus kecap (aduk jadi satu):

- 5 sendok makan kecap manis - 3 butir bawang merah iris tipis - 5 butir cabai rawit hijau, rajang kasar - 50 ml air matang - air jeruk nipis secukupnya    

Cara membuat:

Siapkan mangkuk,  masukkan semua bahan bumbu ke dalam mangkuk. Tambahkan cumi-cumi yang telah dibersihkan, aduk rata hingga semua bagian cumi-cumi dilumuri dengan bumbu. Diamkan selama 30 menit - 1 jam di dalam kulkas. 

Siapkan loyang anti lengket, olesi dengan 1 sendok makan minyak secara merata di permukaan loyang, gunakan tisu dapur atau kuas untuk meratakannya. Panaskan loyang.  Tata cumi-cumi yang telah dibumbui di atas permukaan loyang, panggang dengan api sedang pada salah satu sisi cumi-cumi hingga permukaannya kecoklatan dan sedikit terbakar. Balikkan dan panggang sisi sebelahnya lagi hingga matang. Angkat. Hidangkan cumi-cumi dengan nasi panas dan siraman sambal kecap. Yummy!

Gallery Resep Cumi Bakar Teflon

Cumi Bakar Teflon Gloria Kristy Ibu Hebat Berkarir

Cumi Panggang Teflon Maknyoss Youtube

Resep Cumi Bakar Teflon Bumbu Taliwang Karya Aldila Fitri

Posts Tagged As Happymaksi Picpanzee

17 Resep Olahan Cumi Terlezat Dari Berbagai Daerah Rekomended

Resep Dan Cara Membuat Cumi Bakar Teflon Resep Masakan Mertua

Aneka Resep Masakan Ayam Bakar Dan Rica Resep Tina

M Zir81 M Zir81 Partiko

Resep Ayam Bakar Teflon

Resep Membuat Tumis Cumi Pete Ngemie Com

Portalianyc Com

Resep Cumi Cumi Bakar Praktis Ala Jepang Aneka Resep

Seafoodsteak Hash Tags Deskgram

Resep Iga Kambing Bakar Teflon Bumbu Kecap Lifestyle

Cumi Bakar Kumpulan Panduan Cara Membuat Atau Masak

Cumi Panggang

Kumpulan Resep Asli Indonesia Cumi Panggang Kecap

Resep Cumi Bakar Pedas Manis

Resep Cumi Lada Hitam Sederhana Vemale Com

Resep Ikan Bakar Teflon Bumbu Kuning Resep Tina

Resep Cumi Bakar Teflon Pedas Manis Oleh Ala Embondedew

Ide Makan Malam Weekend Ini Yuk Coba Resep Ragam Cumi Bakar

Resep Membuat Cumi Pedas Manis Ngemie Com

Resep Ikan Bawal Bakar Bisa Pakai Bumbu Kecap Yang Ramah Di

Resep Ayam Bakar Taliwang Dan Aneka Resep Bakar Lainnya


Belum ada Komentar untuk "Resep Cumi Bakar Teflon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel