Resep Sambel Pecel



Rahasia Resep Bumbu Nasi Pecel Madiun Asli Resep Masakan

Cara Membuat Pecel Sayur Khas Jawa Enak Sehat

Cara Membuat Pecel Sayur Khas Jawa Enak Sehat – Mengulik hidangan Nusantara yang melegenda kali ini kami akan mencoba mengulas tentang pecel sayur. Sudah tau dong ya pecel itu apa? Bagi yang belum tahu tentang masakan ini kami akan mencoba menjelaskan sedikit untuk anda. Versi wikipedia pecel adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayur.

Asal mula pecel sampai saat ini belum diketahui secara pasti, tetapi dalam bahasa Jawa pecel dapat diartikan sebagai olahan yang di tumbuk atau dihancurkan dengan cara ditumbuk. Makanan pecel ini sangat terkenal di daerah Jawa, dari Jawa Barat, Jawa Tengah serta Madium Jawa Timur. Jika dilihat-lihat bumbu sambal pecel yang digunakan dalam campuran pecel sayur ini mirip dengan bumbu yang digunakan untuk bumbu sate Ayam, kambing, kelici, daging khas Ponorogo, Madura dll.

Walaupun begitu, pecel sayur tak melulu disajikan dengan bumbu kacang saja. Soalnya untuk sekelas pecel ayam, pecel lele, pecel bebek dan pecel burung, untuk sambal mereka menggunakan sambal cabai yang pedas. Sebagai sayur pecelnya kebanyakan menggunakan sayuran mentah yang belum di rebus. Untuk sayuran tersebut merupakan lalaban yang populer di Indonesia seperti mentimun, daun kemangi, kol, selada, pete dan lain sebagainya.

Pecel Sayur Dengan Bumbu Terpisah

Lanjut ke pecel sayur khas jawa yang merupakan salad sayurnya orang Indonesia, untuk bahan dan bumbunya sebenarnya hampir mirip dengan gado-gado (rujak sayur), rujak cingur dan lotek sayur. Hanya bedanya untuk gado-gado dan lotek antara sayuran dan bumbu di ulek menjadi satu sehingga antara bumbu dan sayuran tercampur dengan rata. Sedangkan untuk resep pecel sayur khas jawa antara bumbu kacang dan sayuran di pisah.

Jadi jika mau memakannya kita sendiri yang mengaduk-aduk bumbu dan sayuran rebus hingga merata seperti olahan urab sayur jawa. Untuk sayuran yang digunakan sebenarnya boleh sayuran apa saja yang kita suka. Namun yang bisanya di gunakan adalah sayur bayam, wortel iris korek api, mentimun, tauge, kacang panjang, daun kemangi, kembang turi, daun pepaya, kenikir, kangkung, kentang dan irisan labu hijau. Tak ada batasan berkreasi dalam hal menentukan sayuran yang akan digunakan untuk membuat pecel, bisa disesuaikan dengan selera saja ya.

Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Pecel Sayur Khas Jawa yang layak untuk dicoba. Semoga sesuai selera ya 🙂

Resep dan Cara Membuat Pecel Sayur

Resep dan Cara Membuat Pecel Sayur

Bahan-bahan Sayuran Rebus Pecel :

  • Bayam 100 gram (jika tidak suka bayam bisa di ganti dengan sayur kangkung)
  • Kacang panjang 100 gram
  • Kecambah / tauge 50 gram
  • kemangi 25 gram
  • Mentimun 100 gram

Baham Bumbu Sambal Kacang Pecel :

  • Kacang tanah 5 sendok makan
  • Bawang putih 1 siung
  • Cabai merah besar 1 buah
  • Cabai rawit secukupnya (sesuai selera)
  • Kencur 2 centi meter
  • Daun jeruk 1 lembar
  • Gula merah sisir 3 sendok makan
  • Adam jawa 1/2 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Bisa ditambahkan terasi jika suka

Bahan Pelengkap Pecel :

  • Kerupuk udang / rempeyek kacang / rempeyek udang
  • Tempe goreng
  • Tahu goreng
  • Lontong / ketupat / nasi putih

Step By Step Cara Membuat Pecel Sayur :

  1. Sayuran : Langkah pertama didihkan air lalu seduh kecambah atau tauge dengan air mendidih. Angkat.
  2. Selanjutnya rebus bayam dan kacang panjang, lalu potong-potong lengkap dengan mentimunnya.
  3. Sambal Pecel : Goreng kacang tanah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit dan kencur. Kemudian haluskan semua bahan beserta daun jeruk, gula merah, asam jawa dan garam. Setelah halus, sambal pecel atau bumbu kacang bisa diseduh dengan air panas secukupnya.
  4. Penyajian : Tata semua sayuran di piring lalu siram dengan sambel pecel. Silahkan sajikan dengan bahan pelengkap, Nyam!

Bagaimana resep dan cara membuat pecel sayur ini, sangat mudah bukan? Dalam resep pecel sayur jawa ini kita hanya menggunakan beberapa sayuran saja. Silahkan tambahkan sayuran lainnya yang anda suka sesuai selera seperti sayuran yang sudah kami sebutkan di atas. Pecel sayur paling enak dinikmati bersama bahan pelengkap seperti tempe goreng, tahu goreng, lontong (pencel lontong), nasi (nasi pecel), kerupuk, risol, tahu goreng, lumpia goreng dan Mendoan Tempe Khas Purwokerto. Namun berbeda dengan pecel Madiun, karena pelengkapnya menggunakan orek tempe dan serundeng kelapa.

Pecel Sayuran Madiun Lengkap Orek Tempe dan Serundeng

Perpaduan sambal pecel dengan sayuran memang enak, lezat dan sehat. Tak aneh lagi bila banyak orang yang memfavoritkan pecel sayur sebagai makanan pendamping atau kudapan enak saat bersantai. Mengerti pecel sebagai makanan yang sering di cari banyak orang, para pedagang pun seakan berlomba-lomba menyajikan pecel sayur dengan kreasi baru yang membuat pecel semakin special. Misalnya dengan menambahkan rebusan telur ayam / telur puyuh ke dalamnya.

Jika anda tinggal di Jakarta dan kangen menikmati kelezatan pecel sayur, anda bisa mendapatkannya di sekitar Monas. Karena disana banyak pedagang pecel sayur asli orang Jawa yang menjajakan pecel sayur Jawa. Eit lupa, sekarang Tugu Monas sudah bebas PKL yah? Wah jadi penjual pada pindah kemana ya. Nah, dari pada pusing-pusing cari penjual pecel sayur mending buat sendiri di rumah.

Cara membuat pecel sayur yang mudah serta bahan-bahan yang dibutuhkan cukup ekonomis dan terjangkau dimana-mana memang layak untuk dicoba. Walaupun cukup mudah dan praktis di pratekkan, namun kami ada beberapa Tips membuat pecel sayur yang enak dan lezat. Ingin tahu tips nya? Yuk disimak ..

Tips Membuat Pecel Sayur Khas Jawa :

  1. Pertama-tama silahkan plih aneka sayur yang digunakan sesuai selera.
  2. Jika bumbu atau sambal pecel dalam resep dan cara membuat pecel sayur ini terlalu pedas atau kurang pedas, silahkan kurangi atau tambahkan cabai yang digunakan sesuai selera.
  3. Agar bumbu kacang semakin enak dan terasa istimewa, bisa ditambahkan terasi dengan kualitas bagus agar hasil bumbu lebih sedap.
  4. Terakhir, rasa yang menonjol pada bumbu kacang atau sambal pecel ini adalah rasa manis. Jadi perhatikan takaran garam dan gula merah yang digunakan.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Membuat Pecel Sayur Khas Jawa Enak Sehat yang merupakan makanan ideal bagi anda yang sedang menjalankan diet. Jangan lewatkan Resep Misoa Goreng Ekonomis. Irit dan Mudah Dibuat! Serta Resep Tahu Sakura Isi Bakso Goreng Enak Praktis yang cocok juga disajikan bersama pecel sayuran. Semoga bermanfaat 🙂

Gallery Resep Sambel Pecel

Resep Sambal Pecel Ngawi A La My Mom Mantep Tenan

Sambel Pecel Madiun Sangrai

Resep Sambal Pecel Lele Yang Wajib Dicoba Sendiri

Resep Sambel Rujak Buah Dari Bumbu Pecel Instan

Videos Matching Resep Cara Mudah Membuat Sambal Pecel Yang

Resep Sambal Pecel Lele Dan Ayam

Sambel Kemangi Sambel Sari Laut Sambel Pecel Lele

Resep Sambel Pecel Mbok Nah Enake Poll 500 Gr Jadi 7 Bungkus

Diah Didi S Kitchen Sambel Pecel Kediri

Resep Sambal Pecel Khas Ponorogo Lifestyle Fimela Com

Resep Bumbu Pecel Madiun Oleh Lya Azri Cookpad

Sambal Sambel Pecel Madiun Bumbu Kacang Instan Sambel Siap Makan Resep Sambel Pecel Yu Gembrot Madiun

Sambal Pecel Lele Lamongan Sederhana

Resepsambelpecel Instagram Posts Gramha Net

Resep Sambal Pecel Lele For Android Apk Download

Sambel Lamongan

Resep Cara Buat Sambel Pecel Atau Bumbu Pecel Sayur Enak

Resep Nenek Uniknya Pecel Semanggi Pecel Yang Beda Dari

Resep Cara Membuat Bumbu Pecel Kering Resep Indonesia

Resep Pecel Madiun Komplit Yang Enak Dan Lezat Resep

Resep Sambal Pecel Ayam Lele Oleh Mega Nov Cookpad


Belum ada Komentar untuk "Resep Sambel Pecel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel