Resep Masakan Udang Kecil



Tumis Buncis Udang

Resep Masakan Udang Yang Sederhana Dan Lezat

Sajikan dan nikmati aneka olahan udang yang dibuat menjadi resep masakan udang yang enak dan lezat.

Sajian kali ini akan tentu bisa anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Agar demikian,

sajian lezat untuk keluarga bisa anda sajikan di rumah melengkapi kreasi makanan yang lezat.

Ada banyak resep masakan udang terpilih yang kami sajikan di bawah ini. Ingin tahu seperti apa saja sajian aneka resep masakan udang yang enak dan gurih?

Maka mari kita simak aneka resep masakan udang yang enak dan gurih dibawah ini hanya untuk anda.

Resep Masakan Udang Goreng Saus Telur Asin

Bahan-Bahan Udang Goreng Saus:

  • 300 gram udang pancet
  • 1 sendok teh air jeruk lemon
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 75 gram tepung maizena

Bahan Saus:

  • 4 siung bawang putih,cincang kasar
  • 1 sendok saus tiram
  • 4 batang kucai, iris halus
  • 4 buah cabai merah keriting, cincang halus
  • 6 buah kuning telur asin matang, haluskan kasar
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan margarin, untuk menumis

Persiapan Membuat Udang Goreng Saus Telur Asin Yang Gurih :

  1.  Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat hidangan kali ini adalah dengan terlebih dahulu membersihkan udang secara merata.
  2. Hal ini akan menjadi hal penting yang harus senantiasa anda lakukan dengan baik. Sebab nantinya bagi anda yang membeli udang yang belum dibersihkan maka anda akan senantiasa mampu melakukannya.
  3. Untuk membersihkan udang silahkan masukkan udang ke dalam sebuah wadah dan bawa udang ke tempat cucian.
  4.  Ditempat cucian bersihkan sajian ini secara merata. Siapkan pula sebuah tatakan dan pisau. Kemudian gunakan pisau untuk memotong atau membelah udang secara merata dibagian punggung.
  5.  Lakukan hal yang sama pada sisa udang yang masih ada. Lalu bersihkan kembali dengan cara mengaduk-aduknya dalam wadah secara merata dengan menggunakan air bersih.
  6. Setelah itu, angkat udang dari tempat cucian dan tiriskan airnya secara merata. Lalu sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan hidangan ini dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Udang Goreng Saus Telur Asin Yang Gurih :

  1.  Untuk membuat hidangan kali ini anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan terlebih dahulu melumuri udang dengan menggunakan air jeruk lemon yang sudah anda siapkan.
  2. Aduk-aduk secara merata ketika bahan perasan tersebut dicampurkan kedalam udang.
  3. Lalu setelah itu, masukkan pula minyak wijen dan bumbui bersama dengan bumbu lain seperti merica bubuk dan juga garam.
  4. Selain dicampurkan untuk memberikan rasa, bahan diatas pun dimaksudkan untuk mengurangi bau amis yang ada pada udang secara merata.
  5. Untuk itu, setelah memberikan bahan diatas maka diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai bahan ini tercampur secara merata.
  6. Selagi menunggu bahan tersebut meresap kedalam daging udang. Maka silahkan siapkan bahan-bahan untuk melapisi udang yakni tepung mazeina dalam sebuah wadah.
  7. Nah, setelah 15 menit berlalu maka silahkan panaskan minyak didalam wajan dan panaskan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang.
  8. Gulingkan udang satu per satu diatas tepung mazeina yang sudah anda siapkan sebelumnya secara merata.
  9.  Kemudian setelah itu, pastikan seluruh bagian permukaan udang dibaluti dengan tepung secara merata.
  10. Goreng udang dalam minyak panas sampai kering dan matang secara merata. Lalu angkat dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya.
  11. Panaskan wajan yang lain dan berikan margarin kedalamnya lalu kemudian tumis bawang putih bersama dengan cabai merah keriting dan aduk-aduk secara merata sajian ini hingga tercium bau harum yang enak dan sedap.
  12. Masukkan kucai kedalamnya bersama dengan saus tiram dan bumbui dengan gula pasir dan juga merica bubuk. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata.
  13. Baru kemudian masukkan kuning telur kedalamnya dan aduk-aduk sajian ini hingga berbutir. Lalu masukkan udang kedalamnya.
  14. Setelah tercampur maka angkat sajian ini dan anda akan senantiasa menyajikannya dalam sebuah wadah dan nikmati selagi masih panas.

Resep Masakan Nugget Udang Yang Lezat

Bahan-Bahan Nugget Udang:

  •  200 gram udang kupas
  • 100 gram ayam giling
  • 75 gram tepung sagu 2
  •  siung bawang putih, dihaluskan
  • 2 putih telur, dikocok lepas
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 ml air es
  • 2 batang daun bawang kecil, diiris halus

Bahan Pencelup:

  • 150 gram tepung panir oranye
  • 90 gram putih telur, dikocok lepas
  • 1 liter minyak untuk menggoreng

Persiapan Membuat Nugget Udang

  1. Untuk mengawali langkah kali ini pertama anda akan senantiasa menyiapkan semua bahan yang ada pada resep.
  2.  Pastikan semua bahan sudah tersedia guna memudahkan anda membuat hidangan kali ini.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan ayam giling. Bila anda menggunakan ayam yang biasa maka silahkan fillet terlebih dahulu ayam secara merata.
  4.  Lalu cincang ayam dengan menggunakan pisau agar bentuknya lebih kecil-kecil.
  5.  Masukkan ayam kedalam sebuah wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan hidangan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya secara merata.
  6.  Setelah itu, bersihkan pula udang caranya anda hanya perlu memasukkan udang kedalam sebuah wadah dan bawa udang ke tempat cucian.
  7. Ditempat cucian maka silahkan bersihkan udang secara merata untuk menghilangkan kotoran yang ada didalamnya bersama dengan lendir.
  8. Kemudian setelah itu, lanjutkan langkah kali ini dengan membersihkan bagian kepala ikan dan memotong bagian kumis udang secara merata.
  9. Lalu setelah itu, kerat bagian punggung udang dengan menggunakan pisau dan lakukan diatas tatakan untuk memudahkan anda melakukannya.
  10.  Setelah bagian punggung udang terbuka maka silahkan kupas cangkangnya secara merata.
  11.  Lalu keluarkan daging udang dengan perlahan. Ambil pisau dan cincang udang diatas tatakan dengan tekstur yang lebih kasar.
  12. Lalu masukkan kedalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan hidangan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  13. Baru setelah itu, sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan hidangan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Nugget Udang yang Lezat Sajian :

  1. Untuk membuat hidangan ini anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mencampurkan ayam bersama dengan udang dalam satu wadah yang sama.
  2.  Lalu aduk-aduk semua bahan ini secara merata. Setelah itu, masukkan tepung sagu kedalamnya dan aduk-aduk merata sampai tekstur dari udang dan ayam kini menyatu.
  3. Kemudian masukkkan telur kedalamnya bersama dengan air, kaldu ayam dan bumbui dengan menggunakan merica bubuk dan juga garam bersama dengan bawang putih.
  4. Aduk-aduk semua bahan diatas secara merata hingga tercampur dan bumbu meresap kedalam udang secara merata.
  5. Selanjutnya adalah dengan menambahkan daun bawang kedalamnya dan aduk-aduk sajian ini secara merata sampai bahan yang anda masukkan tercampur merata.
  6. Setelah itu, masukkan adonan ini kedalam sebuah loyang dan masukkan hingga setengah lingkaran kecil lalu isi bagian lainnya secara merata.
  7.  Kukus sajian ini dalam kukusan secara merata dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 30 menit hingga matang.
  8.  Kemudian angkat bila sudah matang dan biarkan dingin secara merata. Baru setelah itu, potong-potong sajian ini secara merata sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
  9. Setelah selesai silahkan celupkan sajian ini kedalam putih telur dan pastikan sajian ini tercampur secara merata.
  10. Kemudian gulingkan diatas tepung panir secara merata sampai terbaluti. Kemudian setelah itu, panaskan minyak dan goreng hidangan ini sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Manfaat Udang Bagi Kesehatan

Udang merupakan menu wajib bagi pecinta seafood. Jelas saja, rasanya yang enak serta kandungan gizinya yang lengkap menjadi poin plus sendiri.

Apalagi jika si udang ini dikolaborasikan dengan berbagai rempah dan bumbu-bumbu tertentu yang khas dari daerah tertentu.

Tentu akan sangat menggugah selera makan, bukan? Walaupun demikian, ternyata masih ada saja yang tetap acuh terhadap manfaat udang ini. setelah membahas resep masakan udang kita membahas manfaat nya.

Mereka yang menghindari konsumsi udang banyak disebabkan karena anggapan bahwa udang mengandung banyak kolesterol jahat atau sering disebut LDL. Apa itu benar ya?

Kandungan Kolesterol Udang

Berbagai penelitian memang menunjukan, jika udang mengandung banyak kolesterol jahat atau LDL yang akan dapat mengganggu kesehatan.

Eitsss, tapi jangan salah ya. Selain ada LDL nya, ternyata udang juga memilki HDL yang tinggi lho.

HDL itu adalah kolesterol baik. Jadi, di sini si kolesterol yang jahat akan diimbangi oleh jumlah kolesterol yang baik yang tinggi pula.

Jadi jangan takut. Dan juga, sebenarnya kita bisa mensiasati kolesterol jahat ini supaya jumlahnya dapat berkurang.

Ada beberapa trik dan tips memasak agar dapat mengurangi konsentrasi LDL di dalam udang yang akan dijelaskan di dalam artikel resep masakan udang ini.

Tapi sebelumnya, mari cari tahu terlebih dahulu mengenai manfaat-manfaat yang kita dapat jika kita mengkonsumsi udang ini.

Kandungan Gizi Udang

Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa udang mengandung banyak vitamin, mineral, protein dan unsur-unsur lain yang sangat berguna bagi tubuh. Penjelasan lengkapnya diuraikan di bawah ini:

  • selenium 102%, sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.
  •  Vitamin B12, dapat memenuhi 78% kebutuhan  harian tubuh.
  • protein, dapat memenuhi 52% kebutuhan harian tubuh.
  •  fosfor, dapat memenuhi 50% kebutuhan harian tubuh.
  • kolin, dapat memenuhi 36% kebutuhan harian tubuh.
  • copper, dapat memenuhi 32% kebutuhan tubuh.
  • Yodium, dapat memenuhi 31% kebutuhan harian tubuh.
  • Vitamin B3, dapat memenuhi 19% kebutuhan  harian tubuh.
  • Zinc, dapat memenuhi 17% kebutuhan tubuh.
  • Vitamin E, dapat memenuhi 17% kebutuhan harian tubuh.
  • Vitamin B6, dapat memenuhi 16% kebutuhan harian.
  • Lemak omega 3, dapat memenuhi 14% kebutuhan lemak harian tubuh.
  • Asam patotenis, dapat memenuhi 12% kebutuhan harian tubuh.
  • Vitamin A, dapat memenuhi 11% kebutuhan harian tubuh.

banyak sekali bukan kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada 113,4 gram udang? lalu apa saja sih manfaat udang bagi kesehatan sehari hari tubuh kita kita cek dibawah?

Manfaat mengkonsumsi udang yang paling utama adalah penyeimbang hormone-hormon yang ada tubuh.

Khususnya,jika kita sering melakukan aktivitas olahraga udang sangat bermanfaat sekali untuk tubuh kita.

Udang yang mengandung banyak protein akan membantu memproduksi hormone dan menyeimbangkan jumlah hormone di dalam tubuh manusia.

Apalagi jika kita menginginkan peningkatan massa otot, hormone pembentuk massa otot akan dapat diproduksi dengan baik oleh nutrisi yang ada di dalam udang.

Penyakit bebahaya seperti kanker ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi udang lho.

Pada 56 mikrogram di dalam 4 ons udang yang kita konsumsi, terdapat selenium dengan jumlah yang pas untuk memenuhi kebutuhan mineral selenium di dalam tubuh.

Mineral selenium ini adalah zat antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh.

Bahkan, beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa kandungan selenium di dalam udang dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita.

Selain kanker, udang juga dapat menjadi faktor pencegah yang bisa dikatakan unik untuk menghindari resiko terhadap penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung.

dan lagi -lagi selenium adalah faktor yang sangat berpengaruh sekali pada pencegahan penyakit jantung ini.

karena kekurangan selenium ternyata dapat berakibat pada tingginya resiko terjadinya gagal jantung pada manusia.

Penyakit diabetes yang tergolong penyakit yang sulit untuk disembuhkan oleh dokter sekalipun juga bisa kita cegah dengan memasukan udang ke dalam menu makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Dan satu lagi, selenium yang ada di dalam udang bermanfaat pula bagi pencegahaan ataupun pengobatan bagi penderita depresi. Wow banget kan si udang ini?

Beberapa orang yang menganggap udang sebagai sumber kolesterol jahat atau LDL yang tinggi, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak memasukan udang ke dalam menu sehat harian di rumah.

Tapi tahukah anda jika udang adalah sumber omega 3 yang sangat lengkap untuk tubuh anda? tentu anda sudah mengetahui manfaat dari omega 3 kan ? sangat penting untuk otak.

Ya, banyak penelitian sudah membuktikan kebenaran bahwa udang memiliki kandungan omega 3 yang beragam.

Di dalam empat ons udang, terkandung 50% Eicosapentaenoic Acid atau EPA dan terkandung juga Docosahexaenoic Acid atau DHA dalam presentase seimbang yakni 50%. EPA dan DHA sendiri merupakan dua jenis omega 3 yang berperan aktif guna menjaga kesehatan sistem syaraf dan sebagai faktor pencegah penyakit yang berkaitan dengan organ jantung.

Riset membuktikan bahwa udang mengandung zat yang dapat digunakan sebagai anti inflamasi.

Zat anti inflamasi adalah Astaxanthin dan selenium mineral. Astaxanthin ini terdapat pada pigmen warna yang terdapat di cangkang udang.

Zat tersebut sudah banyak diteliti oleh para ahli dan ditemukan bahwa zat ini sangat berguna untuk mencegah maupun mengobati inflamasi.

Saran Penyajian Udang

Untuk saran penyajian resep masakan udang agar anda bisa mendapatkan semua manfaat udang, tips dan triknya cukup sangat sederhana dan dapat anda praktekan sendiri di rumah dengan mudah.

1. Jangan Di Goreng

Udang akan sangat baik khasiatnya jika tidak digoreng. Kandungan kolesterol jahat di dalam minyak goreng akan menambah lebih banyak lagi kolesterol jahat atau LDL pada udang sendiri.

2. Kukus Lebih Baik

Jadi, jika ingin udang memiliki jumlah LDL yang rendah, usahakan untuk memasak udang dengan mengukusnya atau dengan dibakar.

Pengukusan ini jauh lebih sehat dibandingkan jika anda memasak udang menggunakan minyak goreng.

3. Di Bakar Juga Boleh

Alternatif lain jika anda tidak terlalu suka makanan yang dikukus, udang dimasak dengan cara dibakar juga bagus.

Memasak dengan cara dibakar akan membuat kandungan nutrisi pada udang tetap terjaga, dan anda pun tetap dapat menikmati kelezatan dari olahan seafood yang satu ini.

Efek Samping Konsumsi Udang

Secara umum udang tidak memiliki efek samping pada kesehatan tubuh manusia.

Hanya saja, bagi anda yang memiliki alergi pada jenis makanan laut, agar dapat berhati-hati ketika mengkonsumsi olahan udang dalam bentuk apapun.jadi resep masakan udang ini bisa anda coba dirumah.

Jika perlu, alangkah baiknya jika anda membatasi jumlah konsumsi makanan dari olahan udang agar terhindar dari kambuhnya alergi.

Sekian artikel tentang resep masakan udang yang enak semoga artikel ini membantu pembaca cek artikel-artikel lainya disini.

Dan jika ingin mencoba resep aneka jus untuk usaha kecil anda siapa tau dengan usaha jus anda bisa menjadi jutawan.

Gallery Resep Masakan Udang Kecil

Resep Simpel Tumis Udang Papai Udang Rebon Kering

Numpangsaveresep Id Galery Resep Masakan Rumahan

Resep Cara Membuat Oseng Udang Manis Pedas Enak Resep

5 Resep Udang Yang Enak Dan Sehat

Resep Udang Goreng Kering By Mamixaviere Rumah Resep 100

Resep Tumis Udang Pedas Manis

Resep Masakan Rumahan Bikinan Sendiri

Resep Masak Udang Kecil Sederhana Masak Memasak

Aneka Resep Mudah Dan Cepat Bundagemes Blog

Resep Botok Terong Dengan Udang

Udang Balado Pedas Manis Siapkan Sebakul Nasi Yaa

Resep Masakan Rendang Udang Sedap

5 Resep Masakan Udang Yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Sambel Goreng Udang Rebon Udang Papai

25 Resep Masakan Sederhana Menu Sehari Hari Lezat Muda

Udang Masak Lombok Ijo

359 Resep Udang Kecil Tumis Bawang Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Udang Goreng Bumbu Ketumbar Sederhana Enaknya Juara

Resep Botok Udang Spesial Mudah Bikinnya Resep Masakan Jawa

Resep Tumis Taoge Udang Kecil Oleh Nauzaery Setyo Cookpad


Belum ada Komentar untuk "Resep Masakan Udang Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel