Resep Black Forest Kukus



Download Resep Black Forest Kukus Apk Latest Version 1 0 For

Resep Kue Ulang Tahun Kukus Black Forest

Resep Kue Ulang Tahun Kukus Black Forest – Kue Black Forest merupakan salah satu cake yang sering sekali di-request oleh para koki Resep Hari Ini untuk segera kami posting di blog tercinta kami ini. Namun baru pada kesempatan kali ini, kami dapat berbagi resep kue Black Forest. Pada resep Black Forest ini kami pilihkan resep yang mudah. Karena pembuatannya dengan cara di kukus, jadi bagi anda yang tidak mempunyai oven, resep Black Forest ini masih bisa anda praktekkan dirumah.

Untuk kue Black Forest sendiri merupakan kue yang sering digunakan untuk acara ulang tahun (ultah). Rasanya yang enak, lembut dan nyoklat seringkali menjadi pilihan kue yang di sajikan dihari istimewa. Kue ulang tahun yang pada dasarnya memiliki warna-warna yang cantik dengan hiasan penuh warna warni semakin menambah kenikmatan kue Black Forest.

Nah, bagi anda yang akan ada acara ultah atau pernikahan, kue ulang tahun kukus black forest ini wajib anda coba. Keluarga dirumah pasti menyukai kue ulang tahun yang anda buat. Selain terjamin akan kebersihannya, dengan membuatnya sendiri anda juga dapat menghias kue ulang tahun kukus Black Forest sesuai dengan keinginan anda. Baca juga : Resep Kue Pancong Balap Bekasi

So, tunggu apa lagi, bagi anda yang ingin sekali membuat kue ultah kukus coklat yang enak dan lezat segera disiapkan bahan-bahan yang digunakan. Anda dapat mencari bahan-bahan yang digunakan di aneka tempat bahan kue, pasar tradisional ataupun swalayan yang terdekat dari rumah anda.

Jika semua bahan sudah lengkap, anda tinggal lihat dengan seksama langkah demi langkah dalam membuatnya seperti pada Resep Kue Ulang Tahun Kukus Black Forest dibawah ini.

Resep Kue Ulang Tahun Kukus Black Forest

  • Coklat bubuk kualitas baik 85 gram
  • Tepung terigu serba guna 227 gram
  • Gula bubuk 300 gram (jika anda menggunakan gula pasir, anda dapat menghaluskannya dengan cara di blender terlebih dahulu)
  • Baking powder double acting 2 sendok teh (pastikan menggunakan yang fresh)
  • Baking soda 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Susu cair 450 gram + 2 sendok makan air jeruk nipis (sebagai ganti buttermilk)
  • Minyak sayur 135 gram
  • Vanila ekstrak 2 sendok teh
  • Telur ayam (4 butir jika ukuran besar & 5 butir jika telur yang anda gunakan kecil) kocok lepas dengan garpu.
  • Cherry merah 2 kaleng dalam larutan gula, tiriskan, sisihkan airnya.
  • Selai blueberry 200 gram, (anda dapat menggunakan selai cherry, blueberry, raspberry atau sesuai selera) + 3 sendok makan air cherry kalengan
  • Rum essence 2 sendok teh (optional)
  • Air manisan cherry maraschino merah atau air cherry kalengan yang tadi disisihkan 200 mililiter
  • Whiping cream / heavy cream / double cream / krim kental untuk whipping cream 700 mililiter
  • Gula bubuk 5 sendok teh (jika anda menggunakan gula pasir, anda dapat menghaluskannya dengan cara di blender terlebih dahulu)
  • Coklat blok 100 gram (dark cookib chocolate) diserut kasar menggunakan parutan keju dengan lubang besar, lalu simpan parutan coklat di kulkas hingga saat diperlukan.
  • Buah cherry secukupnya untuk dekorasi

NOTE * : Krim kental merupakan kepala susu dimana kandungan lemaknya lebih tinggi dibandingkan dengan susu cair biasa. Jenisnya bisa cooking cream, heavy cream dan whipping cream. Agar bisa dikocok hingga mengembang dan kaku maka diperlukan jenis heavy cream untuk whipped cream dan whipping cream. Whipping cream sendiri ada dua jenis dairy dan non dairy cream, dairy cream biasanya memiliki rasa lebih lezat tetapi mudah meleleh kala diletakkan di suhu ruang. Untuk cake black forest ini saya menggunakan jenis non dairy cream. Krim kental ini bisa di peroleh di toko bahan kue dan supermarket besar biasanya diletakkan dibagian produk susu bersama keju, butter, susu segar dan yogurt.

NOTE ** : Anda dapat mengganti topping krim kocok ini dengan buttercream yang siap beli di aneka toko kue ataupun dengan membuatnya sendiri.

Note *** : Untuk Rum merupakan minuman beralkohol dan rum essence terbuat dari rum yang masih menyisakan sendikit kandungan alkohol di dalamnya. Jadi bagi anda yang muslim, disarankan jangan menggunakannya. Untuk rum, optional saja.

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Kukus :

  1. Langkah awal siapkan kukusan, isi dengan air dan panaskan hingga mendidih. Kemudian siapkan 4 buah loyang cake diameter 20 sentimeter dengan tinggi 5 sentimeter. Olesi permukaannya dengan margarine dan alasi dengan kertas baking. Sisihkan.
  2. Selanjutnya siapkan cherry merah kalengan dan manisan cherry, tiriskan airnya. Masukkan selai blueberry ke dalam mangkuk kecil, tambahkan 3 sendok makan air cherry kalengan, aduk rata hingga selai menjadi tidak terlalu kental. Sisihkan.
  3. Setelah itu ayak menjadi satu bahan kering seperti tepung terigu, coklat bubuk, gula, baking powder dan baking soda, sisihkan. Dimangkuk lainnya campur menjadi satu susu cair dan minyak, aduk hingga rata dengan spatula balon.
  4. Kemudian tuangkan campuran susu cair dan minyak ke dalam mangkuk berisi campuran tepung, aduk rata menggunakan spatula. Masukkan kocokan telur secara bertahap sambil adonan diaduk hingga tercampur rata. Untuk kondisi adonan kental encer dan tidak pekat selayaknya adonan cake yang menggumpal.
  5. Selanjutnya bagi adonan menjadi 4 bagian ke dalam masing-masing loyang dengan ukuran yang sama. Kira-kira masing-masing adonan seberat 400 gram. Ratakan permukaan adonan dengan spatula, lalu masukkan loyang ke dalam kukusan dan kukus selama 20 menit hingga cake matang.
  6. Keluarkan cake, biarkan uap panasnya hilang dan cake tidak terlalu panas. Balikkan cake di rak kawat, lepaskan ketas baking yang menempel dan biarkan cake hingga benar-benar dingin. Sisihkan.
  7. Sambil menunggu cake dingin, dimangkuk kecil, aduk jadi satu air manisan cherry merah dan rum. Tusuk-tusuk permukaan cake dengan garpu di beberapa tempat kemudian oleskan air cherry + rum menggunakan kuas di permukaan cake hingga cake menjadi lembab dan sedikit basah. Sisihkan.
  8. Krim kue : siapkan mangkuk milser, lalu masukkan krim kental, kocok dengan speed rendah selama beberapa detik, kemudian rubah speed menjadi sedang dan kocok sambil sesekali ditaburi dengan gula halus hingga berubah menjadi kaku. Jangan berlebihan mengocok, karena akan membuat krim menjadi pecah dan terpisah antara lemak dan airnya, jika krim terlihat telah kaku segera hentikan mengocok (sisihkan kira-kira 5 sendok makan penuh krim, karena kita memerlukannya untuk menghias permukaan cake).

NOTE * : Menurut kami 4 layer cake menjadi terlalu tinggi dan kurang balance dengan diameter cake, jadi kami sarankan membuatnya menjadi 3 layer saja, hasilnya akan lebih baik.

Note ** : Jangan sampai mengaduk adonan terlalu lama karena akan membuat kue menjadi bantat. Jika adonan telah tercampur rata segera hentikan. Kue ini tidak memerlukan mikser, anda dapat mengaduknya dengan spatula biasa atau balon.

Note *** : Jika anda menggunakan baking powder single acting maka sebainnya cake langsung dikukus atau dioven sekaligus dalam sekali kesempatan (tidak mengantri) untuk mencengah cake bantat. Atau masukkan semua bahan dalam loyang yang lebih tinggi. Kala cake sudah matang anda bisa mengiriskan menjadi 3 atau 4 bagian. Namun jika anda menggunakan baking powder double acting maka cake anda bisa dikukus secara bergantian apabila panci pengukus atau oven tidak bisa memuat semua loyang dalam 1 kali kesempatan.

Cara Menghias Kue Ulang Tahun :

  1. Langkah awal letakkan selapis kue coklat di tatakan, lalu olesi permukaannya dengan satu sendok makan selai. Ratakan hingga selai menutupi seluruh permukaan cake. Ambil sekitar 3 hingga 4 sendok makan krim kocok, letakkan di permukaan cake dan ratakan dengan spatula. Tata cherry kalengan di permukaan krim.
  2. Selanjutnya lelatkkan kembali selapis cake coklat diatas cake yang telah ditata, sedikit tekan dengan telapak tangan agara cake atau kue memadat. Ulangi terus proses mengoles selai dan krim serta menata cherry diatasnya hingga lapisan cake terakhir diletakkan paling atas.
  3. Untuk bagian cake atau kue paling atas tidak perlu diolesi dengan selai, langsung tutup seluruh permukaan cake dengan krim kocok hingga rata. Rapikan krim dengan spatula hingga terlihat lembut atau smooth. Lalu taburi seluruh permukaan cake dengan coklat serut demikian juga untuk bagian pinggir cake.
  4. Untuk menempelkan coklat serut dibagian tepi cake atau kue merupakan pekerjaan yang cukup sulit. Kondisi tangan dan suhu ruangan harus cukup dingin agar coklat tidak mudah meleleh saat kita pegang. Letakkan larutan coklat di telapak tangan, lalu tempelkan telapak tangan di bagian pinggir cake atau kue hingga parutan coklat menempel. Jika anda dengan menggunakan sendok makan berisikan coklat parut, coklat lantas kami siramkan ke bagian krim yang masih bolong-bolong tidak tertutup coklat dengan baik.
  5. Setelah itu masukkan spuit kembang ke dalam plastik segitiga untuk menyemprotkan adonan kue atau icing. Caranya potong ujung plastik lalu dorong spuit keluar plastik segitiga. Masukkan adonan krim yang tadi kita buat, kemudian semprotkan pada permukaan cake hingga terbentuk bunga kecil, semprotkan di satu titik saja jangan gerakkan posisi spuit dan krim akan keluar membentuk bunga. Buat bunga melingkari permukaan cake atau kue, kemudian tata sisa cherry kalengan di atasnya, sisakan ruang tepat ditengah cake dan letakkan manisan cherry merah disana.
  6. Terakhir masukkan kue ulang tahu ke dalam kulkas minimal 3 jam untuk membuat semua krim dan bagian kue mengeras dan padat.
  7. Keluarkan dari kulkas Resep Kue Ulang Tahun Kukus Black Forest siap disajikan bersama keluarga tercinta anda 🙂

Jangan Lewatkan :

3 Resep Kue Apem Kukus Khas Nusantara

Resep Kue Klepon Pandan

Demikian Bahan-bahan, cara membuat dan cara menghias kue ulang tahun Black Forest, amat mudah bukan? Selamat menjajal serta berkreasi sendiri dengan Resep Kue Ulang Tahun Kukus Black Forest ini dirumah.

Gallery Resep Black Forest Kukus

Resep Black Forest Kukus 1 0 Apk Androidappsapk Co

Resep Black Forest Roll Cake

Resep Sederhana Membuat Black Forest Kukus Yang Empuk Dan

Black Forest Kukus Sajian Sedap Cake Bolu Cake Brownie Cake

Resep Blackforest Kukus Lembut Oleh Mama Syifa Hana Cookpad

Resep Black Forest Kukus Istimewa Yang Simple Dirumah

Blackforest Kukus Smiles Cake

Clearstage Cincinnati

Resep Black Forest Kita Bikin Black Forest Sendiri Yuk

Aneka Resep Black Forest Kukus Apk App Free Download For

Resep Black Forest Kukus Praktis Sederhana Bahan Bahan

Cara Membuat Resep Black Forest Kukus Dijamin Tidak Ribet

Resep Kue Black Forest App Ranking And Store Data App Annie

Resep Dan Cara Membuat Kue Black Forest Kukus Cherry Yang Enak Lembut Dan Lezat

400 Resep Blackforest Kukus Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Black Forest Kukus In Resep Masakan Scoop It

Black Forest Cake Ultah

Resep Kue Black Forest By Tkj Studio Books Reference

Blackforest Kukus Semua Halaman Sajian Sedap

Black Forest Kukus


Belum ada Komentar untuk "Resep Black Forest Kukus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel