Resep Sambal Pecel Lele Pinggir Jalan



Resep Pecel Lele Yang Gurih Renyah Dan Praktis

Resep Sambal Pecel lele Pinggir Jalan Yang Enak

Resep sambal pecel lele pinggir jalan-Pecel lele adalah makanan yang di jual di warung warung makanan.Pecel lele banyak banyak di jual  pinggir jalan dan di warung warung makan.

Nah berikut adalah macam macam resep sambal pecel yang wajib kamu coba untuk varian sambal  makanan pecel lele, Berikut Resep Sambal Pecel lele Pinggir jalan .

Resep Sambal Pecel Lele pinggir jalan

Bahan-bahan :

  •  Tomat 4 Buah
  • Cabai Rawit dan Cabai Merah Panjang Sesuai Selera
  • 4 Siung Bawang Merah ( Diiris Besar Besar )
  • 3 Siung Bawang Putih ( Diiris Besar Besar )
  •  Terasi Udang 1 Bongkah
  • Gula Jawa Secukupnya
  • Garam Secukupnya

Resep Sambal Pecel Lelel Pinggir Jalan :

  1. Goreng Cabai, Bawang Merah, Bawang Putih  Tomat
  2. Goreng Terasi
  3. Setelah digoreng, Taruh di Lemper
  4. Tambahkan Garam Secukupnya
  5. Tambahkan Gula Jawa Secukupnya
  6.  Kemudian Ulek Sampai Halus
  7. Siap Disajikan dengan Pecel Lele / Penyetan

Pengartian Pecel Lele

Pecel Lele yang saat ini tersebar luas di indonesia sebetulnya berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Pada dasarnya Pecel Lele Lamongan yang saat ini banyak di jual di pinggir jalan .Mempunyai nama asal “Pecek” yang berarti makanan yang dipenyet atau digeprek kemudian diberi sambal.

di atas atau di samping lauk itu. Pecek memang bermacam-macam. Ada pecek lele, pecek ayam atau pecek terong.Biasanya lauk yang dijadikan pecak adalah ikan air tawar salah satunya pula lele yang digoreng.

Cerita asal usul pecel lele ketika Sunan Giri III pergi untuk berdakwah menggunakan perahu menyusuri sungai  Bengawan Solo ke desa-desa.

Sesampainya di Lamongan, Sunan Giri  bertemu dengan mbok Rondo yang sedang menjahit dan ia mengajaknya berbincang hingga larut malam. Sampai suatu ketika ia berpamitan dan ternyata kerisnya tertinggal di rumahnya mbok rondo

Sunan Giri III mengutus Ki Bayapati dengan menggunakan ilmu sirep untuk mengambil keris yang tertinggal di gubuk mbok Rondo secara sembunyi-sembunyi, tetapi mbok Rondo mengira Ki Bayapati maling dan meneriakinya.

Dan akhirnya Ki Bayapati masuk ke dalam kolam untuk menghindari warga yang mengamuk. Tetapi tiba-tiba kolam itu dipenuhi oleh ikan lele di permukaannya sehingga keberadaan Bayapati tidak diketahui.

Sejak saat itu warga Lamongan tidak boleh megomsumsi ikan lele. Tetapi seiiring berjalanya waktu warga Lamongan mulai memanfaatkan ikan lele untuk dijadikan makanan.

Nah dari sinilah makanan ikan lele mulai banyak olahanya contohnya pecel lele ini. Berikut adalah resep sambal pecel lele pinggir jalan untuk usaha

Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Pecel Lele

Manfaat pecel lele

Selain makanan pecel lele ini enak dan sangat di gemari di Indonesia. Ternyata makanan pecel lele ini juga sangat banyak manfaat dan khasiatnya. Berikut manfaat makanan pecel lele dan khasiatnya.

1.Menambah Kesehatan Jantung

Pecel lele mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya, menambah kesehatan jantung. Kandungan senyawa di dalam makanan pecel lele ini bisa membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol di dalam tubuh.

Senyawa yang ada di dalam makanan pecel lele ini dapat menyerang senyawa jenis kolesterol buruk yang dapat menyebabkan resiko penyakit jantung.

2.Menambah Daya Ingat

Pecel lele mengandung omega 3 yang berperan penting di dalam perkembangan membran sel di sistem neurologis otak dan juga jalan sinyal. Secara medis senyawa tersebut bisa mengoptimalkan perkemabangan memori otak baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

3. Mengurangi Penyakit Stres

Kandungan senyawa yang ada di dalam pecel lele dapat membantu anda di dalam mengurangi masalah stress ringan. Kandungan tersebut dapat bekerja dengan mempengaruhi organ otak.

4.Mengatasi Sembelit

kandungan senyawa yang ada di dalam makanan  pecel lele dapat membantu anda di dalam proses pembuangan racun pada tubuh. Apabila terjadi sembelit, boleh mencoba mengatasinya dengan memakan pecel lele ini.

5.Mencegah Penyakit Kangker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, banyak peneliti mencari obat alternatif untuk mengobati kanker. Beberapa ahli menyebutkan bahwa kandungan yang ada di dalam makanan pecel lele dapat mencegah terjadinya penyakit  kanker.

6. Meningkatkan Energi

Membantu anda di dalam meningkatkan energi. Makanan ini memiliki kandungan protein yang sangat baik bagi tubuh. dengan kandungan protein yang ada di dalam makanan pecel lele akan membuat tubuh memiliki banyak energi yang bisa berperan untuk mendukung berbagai macam aktifitas sehari-hari

7.Menjaga Syaraf dan Otot

Maknanan Pecel lele mempunyai  senyawa fosfor yang dapat membantu fungsi saraf dan otot untuk bekerja secara optimal. Senyawa ini memiliki peranan besar di dalam menjaga kesehatan fungsi saraf dan otot di seluruh organ tubuh anda.

8.Menjaga Keseimbangan Hormon

Hormon yang berada di dalam tubuh manusia akan terjaga keseimbanganya dengan mengonsumsi pecel lele, hal ini disebabkan karena makanan ini memiliki kandungan fosfor.

Jika masuk di dalam tubuh manusia akan menjadi pengendali yang menjadikan hormon tetap seimbang.

9.Menurunkan Kolestrol Tinggi

Pecel lele di ketahui dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Dalam hal ini senyawa yang ada di dalam makanan ini akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh manusia.

10.Antioksidan Yang Sangat Ampuh

Makanan Pecel lele juga dikenal sebagai antivirus dan bakteri, zat yang ada di dalam makanan ini dapat membantu anda untuk mencegah perkembangan jamur, bakteri, virus, ragi serta cacing di dalam tubuh.

Kandungan Gizi Pada Pecel Lele

Selain lezat makanan pecel lele juga mempunyai banyak kandungan gizi, berikut adalah kandungan gizi pada 1 porsi makanan pecel lele

  1. Kilojoule = 1222 kj
  2. Kalori= 292 kkal
  3. Lemak  = 17,22 g
  4. Kalium = 526 mg
  5. Sodium = 71 mg
  6. Serat = 1,6 g
  7. Gula = 9,67 g
  8. Karbohidrat = 11,9 g
  9. Protein = 23,06 g
  10. Kolesterol = 57 mg
  11. Lemak Jenuh = 3,242 g
  12. tak Jenuh Ganda = 4,417 g
  13. tak Jenuh Tunggal = 8,357 g

Ternyata banyak juga kandungan gizi  yang terdapat di dalam seporsi maknana pecel lele karena di buat dalam dengan lalapan  sayur sayuran yang masih segar.

Itu tadi ulasan tentang resep sambal pecel lele pinggir jalan yang dapat saya bagikan untuk anda .  Ada Resep Gorengan Crispy Yang Bisa Anda Coba Buat Sendiri Dirumah lho

Gallery Resep Sambal Pecel Lele Pinggir Jalan

Resep Sambal Pecel Lele Pedas Resep Masakan Kuliner

Resep Cara Membuat Sambal Pecel Lele Lamongan Sambalulek

Resep Sambal Pecel Lele Inilah Bahan Dan Caranya Resep

Cara Membuka Usaha Bisnis Pecel Lele Yang Laris Manis

Ini Sebabnya Warung Pecel Lele Lamongan Menjamur Di Pinggir

Apa Beda Karedok Gado Gado Dan Pecel Halaman All Kompas Com

Safbal Pecel Lele Pinterest Hashtags Video And Accounts

Aneka Resep Sambal Pecel Lele Special Dan Terpopuler

Sambal Lele Penyet Ala Lesehan Pinggir Jalan By Dapoer Lestari

Rahasia Resep Pecel Lele Yang Ma Nyuss Wisata

Resep Ayam Dan Tempe Bakar Gurih Manis Dan Sambal Pecel

Ini Dia Rahasia Resep Sambal Pecel Lele Yang Menggungah Selera

Resep Cara Membuat Sambal Pecel Lele Pedes Mantab

Resep Ayam Bakar Penyet Lamongan Sambal Buatan Sendiri

Resep Sambal Pecel Lele Enak Dan Mudah Khas Lamongan

Ini Sebabnya Warung Pecel Lele Lamongan Menjamur Di Pinggir

Resep Sambal Pecel Ayam Spesial Untuk Keluarga Tercinta

32 Resep Sambal Pecel Lele Lamongan Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Sambal Terasi Ala Pecel Lele Pecel Lele Enak

Cara Membuat Sambal Pecel Lele Sialangpalas


Belum ada Komentar untuk "Resep Sambal Pecel Lele Pinggir Jalan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel