Resep Memasak Telur Puyuh



Cara Memasak Resep Telur Puyuh Masak Lengkuas Inforesep Com

Aneka Resep Masakan Olahan Telur Puyuh

Penulis: Nia Happy

Selain telur ayam, telur unggas lainnya yang juga populer adalah telur puyuh. Terdapat banyak hidangan yang menggunakan telur puyuh, baik sebagai bahan utama maupun pelengkap. Misalnya saja telur puyuh balado, sate telur, dan aneka masakan lainnya.

Semur Telur Puyuh

Semur telur puyuh adalah salah satu lauk yang sangat cocok jika disajikan untuk sarapan bersama dengan nasi hangat. Rasa semur yang manis dan gurih akan membuat anda makan banyak saat sarapan. Apalagi kalau membuat semur telur puyuh sendiri, mudah lho.

Rebus telur puyuh sampai matang, lalu kupas dan sisihkan. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, lada bubuk, garam dan gula. Tumis bumbu halus bersama bawang bombay, bunga lawang, cengkeh, kapulaga sampai bumbu matang. Masukkan tomat dan daun bawang. Masukkan air, kecap manis, kecap asin dan telur puyuh, masak sampai air sedikit menyusut dan meresap ke dalam telur. Sajikan.

Baca Juga: Resep Semur Telur Puyuh

Sate Telur Puyuh

Sate telur puyuh ala angkringan Jogja berwarna coklat ini menggunakan campuran bumbu rempah serta kecap manis. Tidak heran, sate ini memiliki perpaduan rasa manis dan gurih. Untuk menyantapnya Anda tidak perlu jauh-jauh ke Jogja, cukup buat sendiri di dapur Anda!

Dalam panci, campur bumbu halus, lengkuas, daun salam, gula merah, air asam jawa, kecap, dan garam. Aduk rata. Masukkan telur puyuh lalu tuang air. Rebus hingga mendidih dan kecilkan apinya. Aduk sesekali serta koreksi rasanya. Masak hingga air menyusut dan telur kecokelatan. Angkat dan dinginkan. Tusuk dengan tusukan sate. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Sate Telur Puyuh

Telur Puyuh Balado

Hampir semua bahan makanan bisa Anda sajikan dengan bumbu sambal khas Minang ini. Telur puyuh merupakan salah satunya. Agar sambalado bisa membalut dan menempel sempurna, Anda sebaiknya menggoreng dulu telur hingga agak kering dan keriput bagian luarnya.

Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan lengkuah, daun salam dan daun jeruk. Aduk rata. Masukkan santan, merica, garam, gula merah, dan kecap manis. Aduk rata dan masak hingga santan mendidih. Masukkan telur puyuh. Masak hingga kuah menyusut dan mengental. Angkat.

Baca Juga: Resep Telur Puyuh Balado

Tahu Fantasi

Mungkin, beberapa dari Anda belum familiar dengan camilan yang satu ini. Sesuai namanya, cara pengolahannya pun sedikit berbeda dari camilan tahu lainnya. Setelah dihancurkan, tahu kemudian dicetak dan ditambahkan telur puyuh di bagian atasnya. Kelihatannya enak bukan?

Rebus telur puyuh sampai matang, kupas kulitnya. Sisihkan. Panaskan kukusan dan olesi cetakan dengan sedikit minyak. Sisihkan. Dalam wadah, haluskan tahu. Masukkan telur, wortel, daun bawang, bawang putih. Aduk rata. Masukkan garam, kaldu bubuk, dan merica. Aduk rata.

Masukkan adonan tahu ke dalam cetakan, taruh 1 telur puyuh di atasnya. Kukus selama 20-30 menit sampai matang. Angkat dan dinginkan. Keluarkan tahu dari cetakan. Celupkan tahu ke dalam kocokan putih telur lalu goreng sampai cokelat keemasan. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga: Resep Tahu Fantasi

Sayur Sop Telur Puyuh

Siapa yang tak kenal sajian yang satu ini? Menu sayur yang hampir selalu berulang di setiap minggunya, hadir tersaji di meja makan Anda. Bahan sayur yang familiar ada di dalamnya seperti wortel, daun kol, kentang, tomat, daun bawang, dan daun seledri. Hidangan ini makin enak bila ditambah dengan makaroni dan telur puyuh.

Panaskan margarin, tumis bumbu halus hingga harum. Tuang air kaldu. Lalu masukkan simpul seledrri dan daun bawang, masak hingga mendidih. Masukkan kentang, wortel, makaroni. Masak hinga ¾ matang. Masukkan bakso, telur puyuh yang sudah direbus, kubis, brokoli, bunga kol, dan gula. Aduk rata lalu masak hingga mendidih dan matang. Angkat. Taburi dengan bawang merah goreng dan seledri iris. Sayur sop siap disajikan.

Baca Juga: Resep Sop Sayur Telur Puyuh

Tumis Labu Telur Puyuh

Labu siam atau biasa juga disebut labu jipang ini bisa diolah menjadi aneka masakan yang lezat. Dengan tambahan telur puyuh semakin menggugah selera bukan?

Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Masukkan labu siam, tempe dan telur puyuh. Aduk hingga rata. Masukkan air dan santan, aduk rata. Masukkan sisa bahan lainnya. Masak hingga mendidih dan sayur labu siam berubah warna. Matikan api. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Tumis Labu 

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Gallery Resep Memasak Telur Puyuh

Resep Semur Telur Puyuh Kentang Resepkoki Co

Resep Telur Puyuh Balado

25 Resep Masakan Sederhana Menu Sehari Hari Lezat Muda

Resep Tahu Telur Puyuh Bumbu Saus Teriyaki Sederhana

Resep Sambal Goreng Kentang Telur Puyuh

Resep Tumisan Sambal Goreng Udang Telur Puyuh

Sup Oyong Telur Puyuh Untuk Sarapan Ini Resepnya Okezone

Resep Mi Goreng Bakso Dan Balado Bakso Telur Puyuh Untuk

Cara Memasak Telur Puyuh Nikmat Sederhana

Rekomendasi Bekal Sekolah Anak Semur Telur Puyuh Okezone

Resep Semur Bola Bola Daging Isi Telur Puyuh Maknyusss

Telur Puyuh Bumbu Bali

Gulai Telur Puyuh Resep Baru Hari Ini Yuk Coba Buat Di

Sate Telur Puyuh Dan Cara Membuat

Resep Membuat Ayam Tumis Telur Puyuh Yang Bisa Jadi Rebutan

Resep Sup Telur Puyuh Enak Ini Tercipta Dengan Bahan Yang

Menu Masakan Lebaran Resep Telur Puyuh Tahu Tempe Kuah

Resep Masakan Telur Puyuh Yang Sedap Dan Istimewa Selerasa Com

Resep Oseng Tempe Telur Puyuh Pedas Manis

Menu Ke 8 Olahan Telur Puyuh Yang Sedap Dari Sambal

Memasak Dengan Bumbu Dasar Sambal Goreng Kentang Telur Puyuh

Resep Sambal Goreng Tempe Telur Puyuh Aneka Resep

Resep Memasak Telur Puyuh Bumbu Bali Resep Memasak

Tanpa Kategori Dipracollectionfood

Resep Memasak Telur Puyuh Rendang Nikmat Trafoz Com


Belum ada Komentar untuk "Resep Memasak Telur Puyuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel