Resep Soto Madura Daging



Resep Soto Daging Sapi Bakar Yang Bikin Ketagihan Aneka

5 Resep Soto Daging Bening dan Santan Lengkap Cara Membuat Bumbu Soto - Resep Masakan Indonesia Enak

5 Aneka resep soto daging bening dan soto santan khas Indonesia lengkap dengan cara membuat resep bumbu soto daging sapi spesial, madura, boyolali, makasar dan lainnya. Soto daging adalah salah satu resep masakan Indonesia yang enak dan lezat dengan kuah kaldu daging yang gurih. Biasanya terbagi menjadi dua tergantung dari kuahnya, yaitu soto daging bening dan soto daging santan. Yang menjadi salah satu faktor utama banyak orang menyukai resep daging sapi berkuah ini adalah kuah nya yang memang gurih dan lezat rasanya. Pas sekali masakan berkuah ini untuk menu sarapan pagi, makan siang, menu buka puasa atau sajian buat menu lebaran nanti.

Kuah lezat masakan ini terbuat dari berbagai macam rempah bumbu soto dan air kaldu rebusan daging sapi yang digunakan. Sama seperti resep sop yang juga memiliki kuah yang enak dan lezat, cara membuat soto daging ini sebenarnya juga praktis dan sederhana. Kunci untuk membuat resep soto daging sapi seenak rumah makan terkenal terletak pada bumbu soto daging yang digunakan. Selain itu, daging sapi yang dipakai harus segar supaya kaldu kuahnya nanti juga mantap. Dibawah kami berikan bahan bumbu apa saja dan cara buat soto daging bening dan santan yang praktis tetapi rasanya enak dengan daging yang empuk dan tidak alot.

Seperti resep soto ayam atau resep masakan Indonesia pada umumnya, ada banyak variasi resep soto daging ini yang terdapat di negara kita. Hampir tiap daerah mempunyai masakan khas mereka sendiri. Sebut saja seperti contoh soto madura, soto betawi, soto padang, soto bandung, coto makasar, empal gentong dan masih banyak lagi. Walaupun sebenarnya ada banyak sekali variasi dan aneka soto yang bisa kita buat, tetapi pada umumnya sebenarnya resep daging sapi ini hanya terbagi menjadi dua. Yaitu soto daging bening dan resep soto santan. Keduanya memang memiliki bahan dan bumbu soto yang mirip. Perbedaannya hanya terletak pada kuahnya bening atau sedikit kental karena menggunakan santan ataupun susu. Variasi yang menggunakan santan atau susu bisa dilihat di resep soto betawi.

Tips Membuat Resep Soto Daging Sapi Gurih dan Lezat

Walaupun ada banyak variasinya, padahal sebenarnya bumbu soto daging sapi yang dipakai pada intinya hampir sama, yaitu menggunakan bumbu rempah yang cukup banyak dan berani. Tetapi tidak sebanyak resep masakan gulai lho ya. Memang salah satu kunci cara buat soto daging sapi ini ataupun resep masakan berkuah lainnya memang terletak pada bumbu yang digunakan. Kalau irit bumbu, biasanya rasanya juga kurang lezat dan enak. Berbagai macam bumbu harus berani, dalam artian jangan irit. Walaupun begitu, bumbu yang digunakan dalam cara membuat soto daging santan atau bening harus juga sesuai dengan resep ya. Kalau takarannya tidak pas, biasanya nanti rasanya juga sedikit aneh.

Selain bumbu soto daging bening ataupun soto santan nya, kuah yang enak dan lezat juga tergantung pada daging yang digunakan. Gurih dan lezatnya kuah resep soto bening dan santan nya memang tergatung juga dari daging sapi. Air rebusan atau air kaldu inilah yang dicampur dengan bumbu yang membuat resep masakan soto daging yang kita buat nanti rasanya lezat dan bikin ketagihan. Daging yang digunakan tidak boleh sembarangan lho. Tergantung juga jenis masakan apa yang akan kita buat. Tetapi pada umumnya supaya kuah kaldunya gurih, daging sapi yang dipakai harus sedikit berlemak atau yang biasanya disebut juga daging sandung lamur. Untuk lebih jelasnya silahkan melihat bahan bumbu dan cara membuat soto daging bening dan santan dibawah ini ya.

resep soto daging spesial

1. Resep soto daging bening

Daerah yang terkenal dengan kelezatan jenis ini adalah soto boyolali, soto solo, soto betawi dan lainnya. Kuahnya yang lebih encer daripada yang versi santan memang membuatnya lebih segar. Pas sekali untuk menu resep masakan sehari hari atau buat menu sahur saat puasa. Buat yang tidak terlalu suka dengan kuah yang kental, resep soto daging bening ini pas sekali untuk pilihan sajian hidangan resep masakan sehari hari di rumah.

Bahan soto daging bening

  • Bahan utamanya adalah daging sapi dengan sedikit lemak atau sandung lamur kurang lebih sebanyak 1/2 kg.
  • Kaldu bubuk instan rasa sapi kurang lebih sebanyak 1 kotak atau blok saja. Bisa dihilangkan atau diganti dengan kaldu sapi non MSG.
  • Lengkuas ukuran sedang besar yang sudah dimemarkan kurang lebih sepanjang 1 jari orang dewasa.
  • Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Batang serai yang sudah digeprek kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 2 lembar saja.
  • Kunyit yang sudah digeprak kurang lebih sebanyak 2 cm saja.
  • Jahe ukuran sedang besar yang sudah digeprak kurang lebih sebanyak 1 ruas jari orang dewasa.
  • Daun bawang yang sudah dirajang kecil kecil secukupnya sesuai selera.
  • Air bersih kurang lebih sebanyak 2.5 liter.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu soto.
  • Garam dapur dan gula pasir secukupnya sesuai selera.

Bahan bumbu soto daging

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs saja.
  • Merica bubuk secukupnya sesuai selera.
  • Ketumbar butiran kurang lebih sebanyak 0.5 sendok makan.

Bahan pelengkap soto

  • Bawang merah goreng secukupnya.
  • Seledri yang sudah dirajang halus secukupnya.
  • Tauge segar secukupnya sesuai selera. Sebaiknya menggunakan tauge pendek.
  • Sambal rawit ataupun sambal lainnya sesuai selera.
  • Kerupuk udang atau putih secukupnya sesuai selera.
  • Soon kalau suka.

Cara membuat soto daging bening

  1. Pertama cuci bersih daging dengan air mengalir kemudian rebus sampai empuk. Supaya cepat bisa menggunakan panci tekanan tinggi atau presto.
  2. Setelah empuk keluarkan kemudian potong potong kotak kemudian sisihkan.
  3. Air bekas rebusan atau air kaldu jangan dibuang ya. Saring dahulu supaya bersih dari kotoran kemudian sisihkan untuk membuat kuah soto daging bening nya.
  4. Ambil ulegan dan haluskan bahan bumbu soto daging diatas sampai halus.
  5. Siapkan penggorengan dengan minyak goreng secukupnya kemudian masukkan bumbu halus diatas dan aduk-aduk sampai tercium wangi.
  6. Masukkan kunyit, lengkuas yang sudah dimemarkan, batang serai, jahe, kunyit dan daun salamnya kemudian aduk kembali sampai semua bahan tadi layu.
  7. Masukkan bumbu soto daging tadi kedalam panci berisi air kaldu kemudian rebus kembali bersama dengan daging sapi yang sudah dipotong sampai mendidih.
  8. Tuang garam dapur, gula pasir, kaldu bubuk kalau suka, daun jeruk dan daun bawang kemudian aduk-aduk sampai mendidih beberapa saat dan tercampur rata.
  9. Tes rasa dan tambahkan garam dapur, gula atau kaldu bubuk kalau diperlukan.
resep soto daging bening istimewa

2. Resep Soto Madura

Resep soto madura merupakan alternatif buat teman teman yang suka dengan resep soto daging sapi bening. Bumbunya memang khas sehingga kelihatan lebih kental daripada soto bening biasanya. Perbedaanya terletak pada kemiri yang dipakai untuk bumbu soto daging madura ini. Selain itu kuahnya kelihatan lebih kental karena memang ditambahkan berbagai macam jeroan, seperti babat sapi. Untuk bahan resep dan cara membuat soto daging nya bisa dilihat di resep soto madura.

3. Resep soto daging santan

Kalau yang ini dari namanya sudah kelihatan bukan kuahnya lebih kental. Ya, karena menggunakan santan, kuah soto santan ini tentu lebih kental dan terasa lebih legit. Tetapi buat teman teman atau ada anggota keluarga yang sakit maag, sebaiknya lebih berhati-hati ya. Cara membuat soto daging santan ini sebenarnya sama, cuma ada beberapa bahan dan bumbu yang disesuaikan.

Bahan Soto Daging Santan :

  • Bahan utama berupa daging sapi bagian sengkel kurang lebih sebanyak 1/2 kg. Potong daging bentuk kotak, jangan terlalu besar atau kecil.
  • Santan asli atau bisa juga menggunakan santan instan kurang lebih sebanyak 1/2 kg (2 bungkus santan instan ditambah air sampai 500ml).
  • Daun jeruk yang sudah bersih dan dibuang tengahnya kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Batang serai yang sudah digeprak kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Air bersih kurang lebih sebanyak 1 1/2 liter.
  • Garam dapur beryodium dan gula pasir secukupnya sesuai selera masing masing.
  • Minyak sayur atau goreng sedikit saja untuk menumis bumbu soto daging santannya.

Bahan Bumbu Soto Santan :

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs.
  • Kunyit ukuran sedang yang sudah dibakar sebentar kurang lebih sebanyak 4 cm saja.
  • Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  • Kemiri yang sudah disangrai sebentar kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Lada halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.

Bahan Tambahan Soto :

  • Kentang yang sudah direbus dipotong sesuai kebutuhan.
  • Soun kalau suka secukupnya sesuai selera.
  • Beberapa irisan buah tomat segar.
  • Jeruk limo secukupnya sesuai selera.
  • Buah cabai rawit merah secukupnya kalau suka.
  • Secukupnya sesuai kebutuhan bawang goreng, daun bawang dan daun seledri.

Cara Membuat Soto Santan :

  1. Pertama siapkan panci dengan air mendidih lalu rebus daging yang sudah dipotong tadi sampai benar benar empuk lalu tiriskan.
  2. Setelah itu haluskan dan uleg bawang putih, kunyit, kemiri dan bumbu lainnya sampai halus.
  3. Siapkan wajan dengan minyak sedikit saja kemudian goreng dan tumis bumbu halus diatas bersama dengan daun jeruk dan batang serai sampai wangi dan harum.
  4. Masukkan air kaldu bekas rebusan tadi kurang lebih sebanyak 1.5 liter dan aduk sebentar dan tunggu sampai mendidih.
  5. Masukkan irisan daging sapi bersama garam beryodium dan gula pasir lalu aduk kembali sampai rata.
  6. Tuang santanya kemudian aduk aduk kembali sampai mendidih santannya.
  7. Tes rasa dan kalau sudah pas siap disajikan dengan soun, kentang, daun bawang, daun seledri dan bahan tambahan lainnya sesuai selera.

4. Resep Empal Gentong

Kalau melihat dari bumbu yang digunakan, sebenarnya resep empal gentong khas Cirebon ini juga termasuk keluarga soto. Kuahnya memang lebih kental dan lebih gurih karena memang menggunakan santan. Pada umumnya sih resep soto daging sapi ini menggunakan daging sandung lamur. Tetapi banyak juga yang menambahkan jeroan sapi supaya kuahnya lebih kental dan legit. Cek di Resep Empal Gentong khas Cirebbon

Resep Empal Gentong Cirebon Enak

5. Resep Soto Betawi

Sesuai namanya, resep soto daging santan ini memang berasal dari daerah Lenong atau Betawi. Perbedaan mendasar soto betawi dari jenis lainnya terletak pada bahan yang digunakan. Bahan bumbu soto betawi menggunakan santan sehingga rasanya lebih lezat dan lebih kental daripadan soto bening. Untuk bumbu apa saja yang digunakan dan cara membuat bumbunya nya bisa dilihat di Resep Soto Betawi.

resep soto betawi enak bumbu asli

6. Resep Coto Makassar

Dari namanya saja pasti teman teman sudah tahu bukan resep soto daging ini berasal dari daerah mana. Ya, selain sop konro nya yang terkenal, Makasar juga punya resep masakan soto yang wajib di coba juga. Perbedaan resep ini dengan resep masakan soto daging dari daerah lain terletak pada kacang tanah yang dihaluskan dan dicampur di kuahnya. Mungkin mirip dengan soto sokaraja kali ya. Cara membuatnya bisa dilihat di resep coto makassar.

Selesai sudah aneka cara membuat soto daging yang segar dan enak dengan kuah yang lezat. Buat teman teman yang kebetulan punya masalah dengan perut yang sensitif memang sebaiknya mengurangi konsumsi resep soto daging yang menggunakan santan dan beralih ke yang bening. Tetapi buat yang tidak ada masalah, ada baiknya semua resep soto tadi dicoba supaya tidak bosan. Selain untuk resep masakan sehari hari, berbagai macam resep soto tadi pas sekali juga untuk menu buka puasa, menu sarapan pagi atau makan malam. Untuk ide resep masakan Indonesia berbahan daging sapi lainnya, silahkan coba resep rendang daging atau resep rawon khas Jawa Timur. Teman teman juga bisa mencoba resep soto ayam ataupun resep lainnya di website ini.

Gallery Resep Soto Madura Daging

Resep Soto Daging Khas Madura

Resep Soto Daging Madura Gurih Dan Mudah Bikinnya

Resep Soto Daging Iga Resep Masakan Indonesia

16 Resep Soto Daging Dengan Berbagai Varian Yang Bisa Anda Coba

5 Resep Soto Daging Yang Gurih Dan Lezat Bisa Kamu Coba Di

5 Resep Soto Daging Super Lezat Yang Bikin Keluarga Jatuh

Resep Cara Membuat Soto Daging Madura Bunda Nongki

Download Resep Soto Daging Apk App For Android Devices Com

Resep Cara Membuat Soto Daging Madura Istimewa Daftar

Resep Soto Daging Khas Madura Blog Aneka Resep

Resep Cara Membuat Soto Madura Daging Asli Resep Masakan

Resep Soto Daging Cara Mudah Memanjakan Lidah

Resep Dan Cara Membuat Soto Kambing Madura Asli Enak Yang Nikmat Dan Sedap

Resep Soto Madura Daging

Resep Soto Daging Khas Madura Oleh Nadhia Setiawan Cookpad

Resep Cara Membuat Soto Daging Madura Asli Resep Masakan

Resep Soto Madura

6 Resep Soto Daging Enak Nan Menggugah Selera Kalimat Id

Aneka Resep Soto Daging Spesial Yuk Bunda Dicobain

Resep Soto Daging Cara Mudah Memanjakan Lidah

Resep Soto Daging Madura Paling Populer Bakso Halal Frozen

Resep Soto Banjar

10 Resep Soto Ayam Bening Kuning Enak Sederhana Dan Lezat

Resep Soto Madura


Belum ada Komentar untuk "Resep Soto Madura Daging"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel