Resep Nasi Tumpeng Kuning



Cara Membuat Nasi Kuning Yang Mudah Dan Tidak Pakai Ribet

8 Menu atau Lauk Penyusun Nasi Tumpeng

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Zaman dahulu, tumpeng dibuat dalam berbagai ritual yang bertujuan untuk menyeimbangkan antara hubungan manusia dan kekuatan gaib, sehingga tercipta kehidupan yang sejahtera dan makmur. Tapi zaman sekarang, tumpeng bisa dibuat oleh siapa saja dan disajikan dalam berbagai acara, baik itu acara syukuran, ulang tahun, sampai acara kumpul bersama orang-orang terdekat,

Nasi tumpeng berciri khas utama yaitu gundukan nasi yang dicetak dengan bentuk kerucut, yang diletakkan di tengah kumpulan aneka lauk pendamping yang menggugah selera. Apa saja isi sekaligus lauk pendamping nasi tumpeng tersebut? 

1. Nasi

Dalam nasi tumpeng, hal yang paling penting tentu saja nasinya. Nah, awalnya nasi yang digunakan adalah nasi putih tawar yang memiliki filosofi bahwa segala sesuatu yang kita makan harus berasal dari sumber yang halal dan bersih.

Tapi sekarang nasi yang digunakan untuk tumpeng lebih bervariasi. Seperti nasi kuning, sampai nasi uduk berbumbu yang tentunya memiliki rasa yang jauh lebih gurih jika dibandingkan nasi putih biasa.

Baca Juga: Cara Membuat Nasi Uduk Gurih dan Wangi

2. Urap

Urap merupakan salad ala Indonesia yang terdiri dari campuran aneka sayuran rebus seperti tauge, kangkung, bayam, dan kacang panjang yang dicampur bersama parutan kelapa berbumbu.

Dulu, masing-masing dari sayuran rebus tersebut memiliki filosofinya tersendiri lho, seperti kangkung yang berarti melindungi, atau kacang panjang yang bisa diartikan sebagai pemikiran jauh ke depan.

Rasa dari urap ini gurih, sedap, dan lezat penuh bumbu. Sayur ini cocok sekali disajikan untuk menyeimbangi lauk lainnya.

Coba Resep: Urap Sayur

3. Ayam goreng

Ayam goreng memang cocok disajikan bersama makanan apa pun, termasuk nasi tumpeng. Biasanya ayam diungkep dengan bumbu kuning terlebih dahulu, baru kemudian digoreng dan disajikan. Gurih dan lezatnya daging ayam akan membuat acara makan nasi tumpeng anda menjadi semakin lengkap.

Dulu, ayam yang digunakan untuk tumpeng tidak bisa sembarangan lho, tapi harus menggunakan ayam jantan, karena dipercaya bisa menghindarkan kita dari sikap ayam jantan yang angkuh, merasa benar sendiri, dan tidak setia.

Coba Resep: Ayam Goreng Lengkuas

4. Tahu dan tempe

Anda bisa gunakan tahu dan tempe goreng atau kering kentang tempe. Perpaduan antara renyahnya kentang dan tempe goreng dengan balutan bumbu yang manis dan pedas tentunya bisa membuat acara makan anda menjadi lebih nikmat.

Menu tahu dan tempe ini merupakan lauk nasi tumpeng masa kini yang bertujuan untuk memperkaya rasa dan menambah nilai gizi pada nasi tumpeng, jadi tidak memiliki filosofi yang berkaitan dengan budaya atau sejarah.

Coba Resep: Kering Kentang Tempe Pedas

5. Telur

Zaman dulu, telur rebus yang disajikan lengkap dengan cangkang adalah lauk wajib nasi tumpeng. Hal ini bermakna filosofis bahwa semua tindakan yang kita lakukan harus direncanakan dengan baik (dikupas).

Nah, jika tidak suka dengan rasa tawar dan tampilan dari telur rebus, anda bisa pilih telur dadar. Selain lebih nikmat, telur dadar yang berwarna kuning kecokelatan juga bisa mempercantik tampilan nasi tumpeng. 

Baca Juga: 7 Tips Membuat Telur Dadar Rawis

6. Ikan

Ikan juga jadi lauk wajib yang hanya boleh menggunakan jenis khusus seperti lele, bandeng, atau ikan asin tipis (gereh pethek).

Ikan lele dianggap melambangkan ketabahan dan keuletan dalam hidup. Sementara ikan bandeng melambangkan rezeki yang melimpah layaknya duri dalam tubuhnya. Lain hal dengan ikan gereh pethek yang hidup bergerombol melambangkan manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

Coba Resep: Lele Goreng Kremes

7. Perkedel kentang

Selain lauk-lauk di atas, anda juga bisa menambahkan perkedel kentang. Perpaduan antara lembut dan gurihnya kentang tumbuk yang dicampur bumbu-bumbu, serta garingnya kulit perkedel di bagian luar dijamin sulit ditolak deh!

Coba Resep: Perkedel Kentang

8. Sambal

Menu-menu di atas rasanya kurang sempurna jika tanpa sambal ya. Rasa pedas dan lezat dari sambal dijamin membuat acara makan anda menjadi lebih nikmat.

Anda bisa menggunakan sambal jenis apa pun sesuai selera. Atau jika ingin praktis, anda bisa menambahkan sambal dalam salah satu menu lauk di atas seperti telur rebus jadi telur balado atau kentang jadi kentang balado.

Coba Resep: Sambal Goang ala Sunda

(Image: Lazada)

Seluruh masakan di atas akan lebih mudah dimasak dengan menggunakan cookware set dari Supra Rosemary (lihat di Lazada DISKON). Satu set Supra Rosemary terdiri dari stock pot, frying pan, deep pan, dan sauce pan. Bahan pembuatannya adalah stainless steel yang sudah dilapisi lapisan anti karat serta anti lengket yang tidak mudah terkelupas. Paket hemat dan lengkap bagi anda yang hobi masak!

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Gallery Resep Nasi Tumpeng Kuning

Resep Nasi Tumpeng Kuning Oleh En Mustika Cookpad

Nasi Tumpeng Kuning

Okezone Week End Resep Nasi Tumpeng Lengkap Dengan Aneka

Wa 081293232007 Jual Tumpeng Di Bekasi Tumpeng Agustusan

Nasi Tumpeng Dan Cara Membuat

Resep Nasi Kuning

Resep Dan Cara Membuat Tumpeng Nasi Kuning Komplit Praktis Mudah

Yuk Coba 4 Resep Nasi Kuning Andalan Untuk Keluarga Anda

Resep Cara Membuat Nasi Kuning Spesial Yang Enak Dan Gurih

Tips Membuat Nasi Kuning Serta Resep Praktis Membuatnya

Nasi Tumpeng Kuning Lengkap Lauk Pauk

Lauk Pauk Spesial Pelengkap Resep Nasi Kuning Istimewa

081293232007 Tsel Harga Jual Nasi Kuning Kotak Tumpeng

Resep Nasi Kuning Tumpeng Enak Dan Simple Oleh

Aneka Resep Nasi Kuning Dan Tumpeng Yang Spesial

Resep Nasi Kuning Tumpeng Khas Indonesia Firestopping London

5 Cara Membuat Nasi Kuning Yang Lezat Untuk Mengocok Perut

Cara Membuat Nasi Kuning Magic Com Sederhana

Agar Terlihat Menarik Begini 4 Tips Dan Cara Membuat Hiasan

Cara Membuat Nasi Kuning Khas Tradisi Jawa Komplit Dengan

Resep Membuat Nasi Tumpeng Khas Sumedang

Nasi Kuning Enak Dan Gurih Inilah Resepnya Faktualnews Co

Nasi Tumpeng Indochili Indonesian Restaurant Singapore

Tumpeng Nasi Kuning Istimewa 7 Jenis Lauk

Nasi Kuning Damardjaticatering

Kedai Ibu Resep Dan Cara Membuat Tumpeng Nasi Kuning

Resep Dan Cara Membuat Nasi Tumpeng Yang Enak

10 Cara Membuat Nasi Kuning Spesial Gurih Dan Praktis

Tumpeng Wikipedia


Belum ada Komentar untuk "Resep Nasi Tumpeng Kuning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel