Resep Sambal Belut



27 Resep Sambal Asli Nusantara

5 Kreasi Lezat Belut Praktis dan Nikmat | ResepKoki

Penulis: Atsa

Resep Belut nggak melulu itu-itu saja. Beragam kreasi resep belut bisa Anda coba di rumah. Ikan air tawar yang satu ini terkenal kaya akan fosfor yang baik untuk tulang, dan tekstur gurihnya yang khas setelah digoreng. Meski bentuknya sedikit menggelikan, bagi yang pernah mencobanya pasti akan ketagihan karena rasanya yang begitu lezat.

Membuatnya juga sangat simpel. Jika Anda sangat menyukai sajian belut goreng, 6 resep berikut ini harus Anda coba!

Baca Juga: 4 Tips Mengolah Belut

1. Belut Kriuk

Belut kriuk bisa jadi lauk ataupun cemilan yang awet untuk disimpan lama. Kalau terburu-buru dan tidak sempat menyiapkan sarapan, atau tiba-tiba lapar di malam hari, belut kriuk bisa jadi lauk siap saji. Membuatnya sangat mudah, lho.

Haluskan bawang putih, jahe, kunyit, dan garam. Campurkan bumbu halus ini dengan belut, dan diamkan 40 menit. Setelah itu, goreng belut dalam minyak goreng yang agak banyak. Goreng belut sampai kering, dan balik sesekali. Angkat belut yang sudah tampak kering, lalu tiriskan. Pastikan minyak sudah benar-benar asat sebelum disimpan dalam toples, ya.

2. Rica-Rica Belut

Pernah coba rica-rica belut? Pedas gurihnya begitu menggoyang lidah. Untuk membuatnya semakin nikmat, gunakan belut berukuran sedang, ya.

Bersihkan belut dan potong-potong 2cm atau sesuai selera, goreng sebentar dan sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri yang sudah disangrai, kunyit, jahe, dan cabe rawit. Tumis bumbu halus tersebut sampai harum dan matang. Kemudian, masukan belut yang sudah digoreng sebentar tadi. Beri sedikit air, masak hingga mulai menyusut dan mengental. Tambahkan daun kemangi, sajikan.

3. Belut Balado

Sajian belut pedas lainnya adalah belut balado. Nah, kali ini belut lebih nikmat jika menggunakan belut kecil supaya lebih kriuk. Untuk membuatnya, bersihkan belut dan beri sedikit jeruk nipis. Kemudian, goreng kering belut tersebut.

Selanjutnya, haluskan cabe, bawang dan tomat, tumis bumbu hingga harum dan tambahkan garam. Kalau suka, Anda juga bisa menambahkan petai supaya lebih sedap! Setelah bumbu matang, masukan belut dan balik-balik hingga tercampur rata. Siap disajikan dengan nasi hangat.

4. Belut Cabe Hijau

Banyak sekali masakan lezat dengan bumbu cabe hijau, seperti ayam dan bebek cabe hijau. Tapi, tak cuma sampai disitu, bahkan belut juga nikmat dengan bumbu cabe hijau.

Gunakan belut berukuran sedang, tapi jika sulit belut kecil juga boleh digunakan. Cuci bersih belut dan lumuri dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan 30 menit, lalu goreng belut dengan minyak panas sampai kering.

Nah, selagi menggoreng belut, Anda bisa menghaluskan bumbu. Haluskan cabe rawit hijau, bawang putih, bawang merah, dan garam. Tumis bumbu halus sampai wangi dan matang. Masukan belut yang sudah digoreng tadi, masak sampai matang dan koreksi rasanya.

5. Asem-Asem Belut

Asem – asem belut ciri khas rasanya adalah pedas, manis, sedikit asam, dan gurih dari santan. Membuatnya juga tidak terlalu sulit.

Cuci bersih belut terlebih dahulu, lalu belah tengah dan hilangkan kotorannya. Marinasi dengan garam dan air jeruk selama 30 menit. Lalu goreng setengah matang dan tiriskan.

Potong-potong cabai dan daun bawang, juga potong dadu tomat, sisihkan. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, kemiri, dan lengkuas. Kemudian, tumis sampai harum.

Masukkan potongan dadu tomat, cabai hijau, dan belut yang sudah digoreng. Tumis sampai seluruh bumbu tercampur rata dengan belut. Tambahkan air tunggu sampai mendidih, lalu tuang santan. Tambahkan garam, gula, lada, dan asam Jawa. Biarkan sampai bumbu tercampur, koreksi rasa dan sajikan.

Baca Juga : 4 Cara Mengulek Sambal dan Bumbu dengan Mudah

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Gallery Resep Sambal Belut

Belut Goreng

Sambal Welut Pak Sabar Kuliner Jogja Yang Mantap

Tag Sambal Belut Kumpulan Berita Sambal Belut

Resep Belut Goreng Tepung Sambal Terasi

Warung Sambal Belut Pak Sabar Bantul Yogya Gudegnet

Sambal Belut

Sambal Belut Sambal 046

Resep Sambal Belut Melotot Oleh Nonashy Cookpad

Cara Membuat Pecak Belut Pedas Gurih Dan Nikmat Resep

Resep Sambal Belut Kemangi Oleh Wiwik Syaifudin Cookpad

Nasi Belut Banten Rasasayange Co Id

35 Resep Sambal Khas Nusantara Menggugah Selera

Sambal Belut Lombok Ijo

Nendang Resep Sambal Bakwan Pedas Enak Dan Bikin Nagih Video

Sambal Belut Mbah Siswo Masakan Khas Tradisional Resep Warisan Leluhur

Dapur Cobek Com Sambal Belut

Makan Sambal Belut Pak Sabar Yuk Merahputih

Resep Sambal Belut Yang Pedas Dan Gurih Serba Sambal Pusat

Resep Dan Cara Membuat Belut Sambal Pedas Yang Enak

Resep Sambal Belut Kemangi Oleh Virdia By Vird Cookpad

Resep Belut 5 Kreasi Lezat Belut Praktis Dan Nikmat

Resep Sambal Belut Oleh Ita Cookpad

Resep Cara Membuat Sambal Belut Goreng Yang Enak Youtube

Belut Goreng Crispy

Resep Sambal Belut Oleh Nadia Adelia Cookpad


Belum ada Komentar untuk "Resep Sambal Belut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel