Resep Bolu Mekar



Resep Bolu Kukus Mekar Dijamin Lembut Merekah Resep Masakan

8 Resep Bolu Kukus Mekar Paling Mudah dan Anti Bantat

Kalimat-ID – Resep Bolu Kukus Mekar – Bolu Kukus Mekar tidak kalah populer dengan bolu gulung maupun jenis kue bolu lainnya. Bolu kukus mekar sering dijumpai pada acara tertentu seperti pesta ulang tahun, arisan dan acara lainnya. Tak hanya itu, bolu kukus mekar juga kerap dijadikan cemilan disaat santai.

Sama seperti kue bolu pada umumnya, bolu ini identik dengan rasa manis dan teksturnya yang lembut. Yang menarik, bolu ini memiliki bentuk yang sangat cantik seperti bunga yang sedang mekar.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus mekar pun sangat sederhana dan mudah didapatkan. Untuk membuat bolu kukus mekar ini sangat mudah, cukup ikuti saja langkah-langkah dan tips membuatnya dengan benar.

Resep Bolu Kukus Mekar Pandan

Resep bolu kukus mekar yang satu ini cara membuatnya sangat mudah dan sederhana. Aroma pandan dengan warnanya yang cantik sangat pas untuk dijadikan cemilan sore di tengah keluarga.

Bahan – Bahan: – 275 gram tepung terigu – 200 gram gula pasir – 2 butir telur – ½ sdm TBM – 225 ml minuman bersoda tawar – ½ sdt baking powder – 50 gram meses – ¼ sdt air perasan pandan suji

– 5 tetes pewarna hijau

Cara Membuat: 1. Ambil gula pasir, emulsifier dan telur ayam, lalu kocok sampai mengental. 2. Masukkan tepung, baking powder dan minuman bersoda secara bergantian sambil diaduk hingga adonan merata. 3. Taburkan meses lalu aduk sampai menyebar ke seluruh adonan. 4. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam cetakan bolu yang dilapisi kertas roti.

5. Kukus bolu dengan api besar kurang lebih 12 menit.

Resep Bolu Kukus Mekar Jagung

Bolu kukus mekar dengan bahan utama jagung pastinya akan menjadi salah satu cemilan yang unik. Ditambah lagi dengan rasa jagung yang gurih dan manis, dijamin akan membuat anda ketagihan.

Bahan – Bahan: – 50 gram keju perut – 100 gram jagung manis – 5 sendok makan susu bubuk – 150 g tepung terigu – 100 gram gula pasir – ¼ sdt garam – ½ sendok teh SP – 2 butir telur – 75 ml minyak goreng

– 5 sdm susu kental manis

Cara membuatnya: 1. Langkah pertama, siapkan dahulu bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus mekar. 2. Ambil jagung manis, lalu campurkan dengan parutan keju 3. Ambil wadah bersih, lalu masukkan gula pasir, SP, dan telur, lalu kocok hingga mengental dan pucat. 4. Masukkan tepung terigu dan susu kental manis kedalam adonan telur, lalu aduk hingga merata. 5. Tambahkan minyak goreng dan aduk kembali sampai tidak ada minyak yang mengendap. 6. Masukkan adonan ke dalam cetakan bolu, lapisi tutup kukusan dan lap atau kain bersih agar tidak ada uap air yang jatuh kedalam adonan sehingga tidak bantat.

7. Kukus bolu dengan apo sedang sampai mengembang dan matang sempurna.

Resep Bolu Kukus Mekar Chocochip

Bolu kukus mekar dengan taburan chocochip pastinya akan sangat disukai oleh anak-anak. Karena hampir semua anak-anak menyukai makanan dengan rasa coklat

Bahan – Bahan: – 250 gram tepung terigu – 150 gram gula halus – 2 butir telur – ½ sendok teh garam halus – 10 gram emulsifier – 1 sdt pasta coklat – 50 gram coklat bubuk – 160 ml air – ekstrak vanili

– chocochips secukupnya

Cara Membuat: 1. Kocok gula pasir, air, telur dan vanili dengan whisk hingga mengental. 2. Tambahkan tepung, baking powder, garam halus dan coklat bubuk, lalu aduk merata. 3. Masukkan emulsifier, lalu aduk kembali sampai adonan merata.

4. Setelah adonan selesai dibuat, segera tuang adonan kedalam paper cup. Kemudian kukus bou dengan api besar sampai matang atau kurang lebih 15 menit.

Resep Bolu Kukus Mekar Stroberi

Hampir sama dengan resep sebelumnya, bolu kukus mekar stroberi ini cara membuatnya sangat mudah dan tidak memerlukan banyak bahan tambahan. Hanya saja, pada resep kali ini, anda perlu menyiapkan minuman bersoda dengan rasa stroberi.

Bahan – Bahan: – 275 gram tepung terigu protein sedang – 200 gram gula pasir – 2 butir telur ayam – ¼ sendok teh garam – ½ sdt baking powder – ½ sdm TBM – 225 ml minuman bersoda rasa stroberi (fanta) – 50 gram fruit mix, potong dadu

– 3 tetes pewarna merah muda

Cara Membuat: 1. Ambil wadah bersih, lalu masukkan gula pasir, garam, TBM dan telur ayam. Lalu kocok dengan mixer sampai adonan mengental dan berjejak. 2. Masukkan baking powder dan tepung terigu kedalam adonan sambil diayak. Masukkan juga fanta stroberi pewarna makanan merah muda, lalu aduk adonan sampai merata. 3. Berikutnya, masukkan fruit mix ke dalam adonan dan aduk kembali. 4. Masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam cetakan bolu kukus mekar yang telah dilapisi kertas roti.

5. Selanjutnya, masukkan cetakan bolu ke dalam kukusan. Biarkan hingga matang.

Resep Bolu Kukus Mekar Nangka

Ingin mencicipi Bolu Kukus Mekar dengan rasa nangka? Anda bisa membuatnya di rumah dengan mudah dengan resep ini. Tekstur bolu yang lembut dan empuk, ditambah dengan aroma nangka yang manis akan menjadikan bolu ini sebagai salah satu cemilan favorit untuk keluarga.

Bahan – Bahan: – 250 gram tepung terigu – 225 gram gula pasir – 2 butir telur ayam – 150 ml minuman soda – 1 sdt pasta pandan – 1 sdt pasta nangka

– 1 sdt SP

Cara Membuat: 1. Sediakan wadah bersih, lalu kocok telur ayam, gula pasir dan SP dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang. 2. Tambahkan minuman soda dan tepung terigu secara bergantian sambil diaduk dengan kecepatan sedang. 3. Setelah adonan tercampur rata, bagi menjadi 2 bagian dan berikan pewarna makanan yang berbeda yaitu pasta nangka dan pandan, atau boleh sesuai selera.

4. Berikutnya, masukkan adonan kedalam cetakan bolu kukus mekar sampai terisi penuh. Kemudian kukus hingga mekar dan matang.

Resep Bolu Kukus Mekar Gula Merah

Varian bolu kukus mekar yang satu ini tak kalah enak dengan varian sebelumnya. Seperti namanya, bolu ini dibuat dengan menggunakan bahan tambahan berupa gula merah. Lebih lengkapnya, langsung ikuti saja resep dibawah ini:

Bahan – Bahan: – 250 gram tepung terigu – 200 gram gula merah atau gula Jawa – 1 butir telur ayam – 2 sdm gula pasir – ¼ sdt garam – ½ sdt baking powder – ½ sdt soda kue – 125 ml minyak goreng

– 200 ml air

Cara Membuat: 1. Langkah pertama, rebus gula merah dengan 200 ml air, sampai larut. Angkat dan biarkan hingga dingin. 2. Saring air gula merah, lebih kurang 275 ml. 3. Ambil baskom bersih, lalu kocok gula pasir, soda kue, baking powder dan garam dengan bantuan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang. 4. Tambahkan air gula merah, lalu aduk adonan sampai merata. 5. Ayak tepung terigu sedikit demi sedikit diatas adonan, lalu aduk rata. 6. Masukkan adonan kue ke dalam cetakan bolu mekar hingga penuh. 7. Selanjutnya, masukkan semua cetakan ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya.

8. Tunggu hingga kurang lebih 25 menit, atau sampai bolu mekar dan mengembang sempurna.

Resep Bolu Kukus Mekar Semangka

Bolu kukus mekar yang satu ini sekilas menyerupai bunga yang sedang mekar. Namun, di bagian tengah bolu ada tambahan meses sehingga terlihat seperti biji semangka. Penasaran ingin membuat bolu kukus mekar semangka? Ini dia resepnya:

Bahan – Bahan: – 150 gram tepung terigu – 100 gram gula pasir – 1 sdt SP – 1 butir telur – 1 sdt ragi instan – 150 ml susu cair – 1 sdt ragi instan – pewarna makanan hijau dan merah

– meses secukupnya

Cara Membuat: 1. Nyalakan mixer dengan kecepatan tinggi, lalu kocok telur ayam, gula pasir, ragi instan, susu cair, dan SP hingga pucat dan mengembang. 2. Tambahkan tepung terigu, lalu aduk lagi dengan kecepatan lebih rendah. 3. Setelah adonan merata dan mengembang, bagi menjadi 3 bagian. Beri warna yang berbeda pada 3 adonan, yaitu warna merah, hijau dan putih dengan perbandingan warna 3:1:1 4. Jika sudah, masukkan adonan berwarna hijau dan putih ke dalam piping bag. 5. Selanjutnya, tuangkan adonan merah hingga ¾ cetakan dan taburkan meses diatasnya. 6. Tuang adonan putih di bagian tengah hingga membentuk seperti bulatan putih.

7. Yang terakhir, tutup dengan adonan hijau lalu kukus sekitar 15 menit diatas api sedang.

Resep Bolu Kukus Mekar Zebra

Setelah bolu kukus mekar semangka, ada satu lagi variasi bolu yang tak kalah unik, yaitu bolu kukus mekar zebra. Bolu ini dinamakan zebra karna coraknya yang belang dengan warna hitam dan putih.

Bahan – Bahan: – 500 gram tepung terigu protein tinggi – 500 gr gula pasir – 5 butir telur ukuran besar – 1 botol minuman soda – 1 sdm sp

– pewarna makanan hitam

Cara Membuat: 1. Ambil wadah bersih, lalu masukkan semua bahan kecuali pewarna makanan. Kemudian aduk selama 15 menit dengan mixer berkecepatan tinggi hingga semua bahan tercampur rata. 2. Langkah berikutnya, bagi adonan bolu menjadi 2 bagian. Lalu tuang pewarna hitam untuk salah satu adonan bolu. Kemudian masukkan 2 adonan bolu ke dalam 2 buah piping bag. 3. Ambil cetakan bolu mekar yang telah dialasi kertas roti, lalu tuang adonan putih sampai ½ cetakan. Lalu tuang adonan hitam dan putih secara bergantian sampai cetakan penuh.

4. Setelah semua cetakan penuh, masukkan ke dalam kukusan dan biarkan hingga matang dan mengembang.

Tips Agar Bolu Kukus Mekar Sempurna

Untuk membuat bolu kukus mekar sempurna, ada beberapa tips penting yang perlu anda perhatikan, yaitu:

1. Aduk adonan bolu selama 15 menit dengan kecepatan tinggi agar adonan mengembang sempurna. Adonan yang mengembang, nantinya akan menghasilkan bolu kukus yang mengembang pula saat dikukus. 2. Jika anda menggunakan minuman bersoda untuk membuat bolu, sebaiknya gunakan minuman soda yang kemasannya masih baru dibuka. Karena menggunakan air soda yang telah menguap akan membuat bolu menjadi bantat. 3. Gunakan juga telur dan pengembang kue yang masih baru, jangan menggunakan telur yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas. 4. Gunakan cetakan bolu kukus yang memiliki lubang, ini sangat penting agar panas dapat merata ke dalam adonan bolu. Perhatikan juga ukuran kertas roti dan besar cetakan. Ukuran yang tidak sesuai akan membuat panas yang diterima adonan terhalang dan tidak merata. 5. Sebelum memasukkan cetakan kedalam kukusan, pastikan anda telah memanaskan kukusan 15 menit sebelumnya agar panas yang dihantarkan maksimal. Setelah semua cetakan masuk, atur api agar panas tinggi merata. 6. Jangan lupa untuk menaruh kain bersih pada tutup kukusan agar uap air tidak jatuh ke adonan bolu.

7. Jangan sekali-kali membuka tutup kukusan sebelum bolu mengembang. Anda bisa cek kematangan bolu jika sudah dikukus kurang lebih 10 menit dengan cara menusukkan lidi. Jika tidak lengket, itu artinya bolu kukus sudah matang.

Itulah beberapa resep bolu kukus mekar paling mudah yang bisa langsung anda coba di rumah. Jangan lupa untuk mengikuti beberapa tips yang sudah kami berikan agar bolu kukus anda mekar dengan sempurna.

Gallery Resep Bolu Mekar

Resep Bolu Kukus Mekar Lembut Enak Tips Cara Membuatnya

Resep Bolu Kukus Chesa Cara Praktis Makan Bolu Kukus Mekar

Tips Membuat Bolu Kukus Mekar Dalam Waktu 15 Menit Modern Id

Bolu Kukus Mekar Anti Gagal Resep Cara Membuat Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Mekar Selembut Kapas Oleh Evi Wijayanti

Berbagai Cara Membuat Roti Kukus Mekar Yang Mudah Toko

Tips Membuat Resep Bolu Kukus Mekar Lembut Dan Empuk

10 Resep Dan Cara Membuat Bolu Kukus Tokopedia Blog

Resep Bolu Kukus Mekar Mudah Dan Anti Gagal Diskon Holic

Resep Dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Meses Gula Merah Yang

Bolu Kukus Mekar Tanpa Soda

Penyebab Bolu Kukus Tidak Mekar Ini Wajib Anda Tahu Supaya

Resep Bolu Kukus Pelangi

Resep Bolu Kukus Pelangi Mekar Nikmat Empuk

Resep Bolu Kukus Mekar Taro Mocca By Yusnita Erni 9

Videos Matching Resep Bolu Kukus Mekar Santan Tanpa Soda

Resep Bolu Kukus Mekar Thegorbalsla

Inilah Resep Dan Tips Cara Membuat Roti Kukus Yang Mekar Dan

Aneka Resep Makanan Nusantara Resep Bolu Kukus Mekar

Cara Membuat Bolu Mekar Cup Kukus

Resep Bolu Kukus Mekar Lembut For Android Apk Download

Resep Kue Bolu Kukus Mekar Tanpa Soda Resepsimbok Com

Kumpulan Resep Bolu Kukus Paling Enak Untuk Berbagai Acara

Resep Bolu Kukus Mekar Sederhana

Berbagai Resep Resep Bolu Kukus Mekar Tanpa Soda

Resep Dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana Yang Mekar Enak Dan Lembut

Resep Bolu Kukus Pisang


Belum ada Komentar untuk "Resep Bolu Mekar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel