Resep Aneka Sate



Resep Masak Sate Kerang Yang Gurih Resep Rasa Dapurku

Resep Sate Kakul Pedas Khas Bali

Senin, 21 Oktober 2019 Edit
Aneka-Resep.Com - Sate kakul ialah salah satu kuliner lezat yang khas dari pulau bali. tercipta dari kerang darah menciptakan sate kakul menjadi kelompok masakan seafood yang unik. kerang darah yang seringkali diolah menjadi masakan kuah laksana Gulai Kerang, Kerang Saus Tiram, Kerang Asam Manis, Tumis Kerang Darah, Kerang Darah Cabai Hijau dan Kerang Saus Padang Enak yang resepnya telah kami bagikan sejumlah waktu lalu. sekarang kerang darah di olah menjadi sate. hhhm, bagaimana rasanya ya? pasti saja enak dan lezat dong, sangat sesuai untuk mendampingi nasi hangat sebagai menu santap siang ataupun santap malam.
Untuk sate kakul masakan Bali pribumi sebenarnya memakai daging kakul. kakul ialah sejenis keong atau siput yang hidup disawah yang familiar dengan nama keong sawah. seringkali keong sawah yang mempunyai tekstur kenyal ini dimasak dengan bumbu rempah khas Bali menyeluruh dengan kerang darah yang menciptakan kakul semakin istimewa. guna masakan kakul jenis masakannya bisa pelbagai dari sate kakul maupun gulai kakul yang enak dan gurih.Di samping mempunyai cirarasa yang enak dan gurih, kakul atau keong sawah ini memiliki tidak sedikit manfaat yang baik untuk tubuh. diantaranya bisa menurunkan tensi darah untuk yang mempunyai hypertensi. kemudian kandungan protein dari kakul yang lumayan tinggi dan bebas kolesterol sampai-sampai kakul dapat dicicipi oleh siapapun. bahkan untuk yang memiliki tekanan darah rendah pun dapat diizinkan mengkonsumsi sate kakul dengan batas tertentu.Di Bali sate kakul pedas ini seringkali disantap bareng jukut ares. bagi kamu yang belum tahu apa tersebut jukut ares, kami akan sampaikan sedikit guna anda. Jukut ares ialah salah satu sayur khas yang paling populer dan ngetop di Bali. jukut ares ini tercipta dari pohon pisang muda yang diiris-iris tipis, lantas diperas berulangkali kemudian direbus. namun untuk yang Muslim, jakut ares ini adalahmasakan yang non halal. sebab selain memakai bumbu menyeluruh khas bali yang tidak jarang disebut Basa Genep, jukut ares ini dikumpulkan dengan daging babi.Nah tersebut dia sedikit keterangan tentang jukus ares ala Bali nya, kini lanjut ke sate kakul ya. di bali sate kakul memang memakai keong sawah dan kerang darah ya, tapi sebab keong sawah ketika ini susah didatangi sehingga tidak sedikit sate kakul yang memakai keong darah sebagai bahan utamanya. keong darah bisa dibeli di pasar tradisional maupun supermarket atau swalayan yang terdekat dari lokasi tinggal anda. tetapi hati-hati ketika mempunyai kerang darah ini ya, usahakan pilih satu persatu supaya kualitas kerang darah benar-benar terjamin dan bisa kerang darah yang fress alias tidak busuk.Bila di bali dan wilayah lainnya sate kerang darah dinamakan dengan sate kakul, bertolak belakang dengan di wilayah Jawa Tengah. seringkali sate kerang darah familiar dengan nama Sate Kerang. guna bumbu sama-sama memakai sambal kacang yang lumayan pedas. seringkali sate kerang ini di jual di pasar tradisional dan disajikan dengan potongan ketupat / lontong.

Bagaimana, telah penasaran dan hendak segera memahami Bahan-bahan dan Cara Membuat Sate Kakul Pedas Khas Bali nya? andai iya, yuck segera di simak resepnya laksana dibawah ini.

  • Kerang darah 350 gram ( pilih yang ukurannya agak besar )
  • Serai 2 batang ( memarkan )
  • Air asam jawa 1 sendok santap ( 1 sendok teh asam + 1 sendok santap air )
  • Garam 1 sendok teh
  • Tusuk sate 17 buah atausecukupnya
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Jahe 2 centi meter
  • Kencur 2 centi meter
  • Kemiri 3 butir ( disangrai )
  • Terasi 1 sendok teh ( goreng )
  • Garam 1 sendok teh
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabai merah 3 buah ( potong-potong )
  • Cabai rawit 5 buah ( potong-potong )
  • Kacang tanah goreng 100 gram ( haluskan )
  • Kelapa muda 75 gram ( parut kasar, sangrai, haluskan )
  • Kecap manis 2 1/2 sendok makan
  • Air panas 400 mili liter
  • Garam 1 sendok teh
  1. Langkah mula rebus kerang bareng serai, air asam jawa, dan garam sampai mendidih, angkat kemudian tiriskan.
  2. campur bumbu halus dan kerang, aduk sampai rata.
  3. Selanjutnya tusuk-tusuk kerang dengan memakai tusukan sate. kemudian bakar di atas bara sampai matang.
  4. Saus / sambal kacang : Tumis bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit sampai harum. angkat, haluskan. tambahkan kacang tanah, kelapa parut, dan kecap manis. aduk kembali sampai rata. masukkan air dan gara, aduk kembali.
  5. Sate kakul yang enak dan lezat siap disajikan bareng saus / sambal kacang pedasnya.
Selain familiar di Bali dan Jawa Tengah, ternyata sate kerang darah ini terkenal pun di medan loh. melulu saja guna sate kerang khas Medan pemilihan daging kerangnya lebih besar-besar dan gemuk-gemuk. citarasa bumbu yang didapatkan juga berbeda, sebab ate kerang Medan asli memakai bumbu khas medan dengan menonjolkan rasa pedas dan lezatnya. guna sate kerang Ala Medan barangkali akan anda bahan di resep selanjutnya ya.

Demikian yang bisa kami sampaikan tentang sate kakul khas bali atau sate kerang nya. lumayan mudah guna di pratekkan dirumah bukan? segera sajikan Resep Sate Kakul Pedas Khas Bali yang halal ini guna menambahkan sajian menarik dirumah.  tidak boleh lewatkan resep sate khas Bali lainnya laksana Resep Sate Lilit Ayam Khas Bali & Sambal yang sayang sekali bila terlewatkan. selamat memasak, enjoy .!!                       

Gallery Resep Aneka Sate

3 Pilihan Resep Sate Ayam Yang Sehat Tapi Tetap Menggugah

Resep Sate Taichan Inspirasi Menu Bbq Buat Tahun Baru

Sate Kerang Rendang Rempah Nusantara

Resep Sate Tempe

Resep Aneka Sate Youtube

Aneka Resep Bumbu Dan Cara Masak Sate Kerang Manis Paling

Resep Sate Jamur Tiram Dengan Bumbu Kacang Spesial Enak

Sate Ayam Lecker

Aneka Sate Angkringan

Cara Membuat Sate Taichan Lengkap Dengan Sambalnya Yang

Resep Membuat Sate Kerang Khas Tegal

6 Resep Sate Ayam Spesial Dan Cara Membuat Bumbu Sate Enak

Kumpulan Resep Aneka Sate Kambing Resep Inirecipes

6 Resep Sate Ayam Spesial Dan Cara Membuat Bumbu Sate Enak

Resep Tahu Tempe Dan Aneka Sate Bacem Khas Solo Oleh

Resep Sate Ayam Madura Bumbu Kacang Yang Cocok Untuk Lauk

5 Resep Sate Taichan Bakar Dan Goreng Serta Cara Membuat

Resep Aneka Sate Nusantara

Resep Masakan Idul Adha Coba Resep Sate Kambing Gulung

Yuk Cobain 5 Resep Sate Kambing Anti Alot Ini Pasti Nagih

Resep Sate Kerang Pedas Manis Aneka Resep

Resep Aneka Olahan Kambing Cocok Untuk Manfaatkan Daging


Belum ada Komentar untuk "Resep Aneka Sate"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel