Resep Masak Buncis Bumbu Kuning



Tumis Buncis Bumbu Kuning Praktikumnya Bu Gentur

Aneka Resep Olahan Buncis Enak dan Sederhana

Penulis: Niahappy

Buncis termasuk sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral, lho, terutama vitamin C dan vitamin K. Buncis bisa dibuat apapun. Selain dimakan mentah, buncis juga bisa ditumis atau dibuat campuran sup. Buncis akan menjadi makanan lezat jika Anda mengolahnya dengan benar dan bumbu yang tepat. Nah berikut ini resep olahan dari buncis yang bisa Anda coba!

1. Tumis Buncis Wortel Bumbu Kuning

Salah satu jenis masakan buncis yang banyak disukai adalah buncis wortel bumbu kuning. Bumbu kuning memberikan rasa gurih dan sedap. Cocok sekali dipadukan dengan buncis dan wortel!

Cuci bersih wortel, buncis dan cabe kemudian potong korek api. Panaskan wajan dengan sedikit minyak. Masukkan bumbu halus tumis sampai harum. Masukkan buncis, wortel dan irisan cabai. Aduk rata. Tuang sedikit air, tambahkan garam, gula dan merica. Koreksi rasanya. Masak hingga air menyusut. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Kakap Bumbu Kuning

2. Udang Buncis Saus Padang

Olahan dengan saus padang ini akan banyak kita temukan di tempat makan yang menyajikan aneka seafood, seperti cumi, kepiting, kerang, dan ikan. Namun tidak menutup kemungkinan sayuran buncis bisa diolah dengan bumbu saus padang lho. Dengan tambahan udang masakan ini semakin lezat dan kaya rasa!

Cuci bersih buncis, udang buang kepala dan cangkangnya. Rebus udang sebentar. Angkat, tiriskan. Panaskan minyak goreng. Masukkan bawang merah, bawang putih dan jahe yang sudah dihaluskan bersama daun salam. Tumis hingga harum. Lalu, masukkan cabai dan bawang bombay.

Tambahkan saus sambal, saus tomat, saus tiram, aduk rata dan tambahkan kaldu bubuk, garam dan gula. Tuang sediki air. Masak hingga bumbu meletup-letup. Masukkan buncis, masak hingga lunak. Setelah itu masukkan udang. Aduk rata, masak hingga air menyusut. Angkat dan sajikan bersama dengan nasi hangat.

Baca Juga: Resep Cumi Saus Padang

3. Sambal Buncis Terasi

Buncis termasuk sayuran yang sulit meresap rasa. Itu sebabnya harus didampingi oleh bumbu yang cukup kuat seperti terasi.

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, dan terasi. Tumis bumbu halus. Masukkan buncis, tuang sedikit air. Bumbui dengan kaldu, dan gula. Koreksi rasa. Aduk rata, angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Terasi (Belacan)

4. Buncis Cabe Garam

Buncis cabe garam ala resto ini bisa Anda bikin sendiri lho! Crispy, gurih dan sedikit pedas jadi sensasi tersendiri dalam setiap gigitannya.

Dalam wadah. Siapkan tepung terigu. Balurkan buncis ke tepung terigu. Wadah lain, masukkan tepung bumbu dan air, aduk rata. Masukkan buncis ke dalam adonan basah. Balurkan buncis hingga rata. Panaskan wajan dengan minyak banyak. Masukkan buncis. Goreng buncis hingga kecoklatan. Angkat, tiriskan.

Iris tipis cabe dan bawang putih. Sangrai cabe dan bawang putih  hingga harum. Beri garam, gula dan merica. Aduk rata. Masukkan buncis yang sudah digoreng. Aduk rata. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga: Resep Tumis Tahu Cabe Garam

5. Baby Buncis Ala Singapore

Buncis muda atau baby buncis dengan tekstur empuk dan renyah ini sangat cocok untuk diolah jadi tumisan. Ditambah dengan daging giling dan bumbu ala oriental, tumis baby buncis akan jadi sajian sedap dalam sekejap. Nggak usah jauh-jauh ke Singapura kan? Menikmati masakan ini bisa di rumah sendiri.

Panaskan minyak sayur, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan bawang merah, cabe merah keriting, cabe rawit merah, dan terasi yang sudah dihaluskan, tumis hingga harum. Masukkan daging giling dan ebi. Masak hingga berubah warna. Tuang air, masukkan buncis. Aduk rata. Tambahkan garam, gula, saus tiram dan minyak wijen, aduk sebentar. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Tumis Buncis Daging Giling

6. Tumis Buncis Udang

Sayur ini cocok untuk diolah menjadi masakan apapun: tumis, berkuah, bahkan goreng tepung. Anda bisa menambahkan bahan protein sesuai selera, agar sayur ini bisa disajikan sendiri sebagai lauk yang bergizi. Seperti udang, telur puyuh, bakso, ayam, dan lainnya.

Tumis bawang putih dan bawang merah dengan minyak hingga harum. Masukkan terasi, aduk hingga tercampur rata. Masukkan cabai, tumis hingga layu. Tambahkan udang, masak hingga berubah warna. Masukkan buncis, garam, gula, dan air. Masak hingga buncis matang. Koreksi rasanya. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Tumis Buncis Udang

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Gallery Resep Masak Buncis Bumbu Kuning

Resep Tumis Buncis Bumbu Kuning Oleh Phytanaliez Cookpad

Resep Buncis Bumbu Kuning Oleh Yummy Cookpad

Resep Masak Sayur Asem Kuah Kuning Hidangan Berkuah Segar

Resep Membuat Buncis Tumis Bumbu Kuning 100 Enak Ikut Kuliner

Resep Tumis Wortel Buncis Bumbu Kuning Oleh Christine Octo

Resep Masak Dan Cara Memasak Tumis Buncis Wortel Dengan Bumbu Kuning Yang Gurih Dan Sedap

Resep Daun Singkong Masak Santan Kuning

228 Resep Tumis Buncis Bumbu Kuning Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Tumis Buncis Wortel Bumbu Acar Kuning Oleh Srihadi

Buncis Jagung Wortel

22 Resep Tumis Jamur Yang Enak Dan Gurih Rekomended

Berbagi Cara Menurut Munand Cara Memasak Buncis

Resep Patin Bumbu Kuning Maree

Sayur Buncis Bumbu Kuning

Resep Tumis Buncis Bumbu Kuning Oleh Rismawati Yayang

Resep Ayam Goreng Kuning Gurih Pedas Aneka Resep Masakan

Orak Arik Telor

Oseng Buncis Udang Wortel Timun Bumbu Acar Kuning By Lilik Indrayani

Resep Dan Cara Memasak Tumis Buncis Ebi Yang Gurih Dan Nikmat

Jika Sudah Mahir Memasak 8 Resep Tumis Ini Tandanya Kamu

Resep Tumis Udang Bumbu Kuning Terlengkap Fur Android Apk

Wisata Kuliner Indonesia Kuliner Tumis Buncizs Wortel Bumbu

Resep Tumis Buncis Tahu Bumbu Kecap Resepkoki Co

Resep Oseng Oseng Buncis Bumbu Kuning Dijamin Enak County Food


Belum ada Komentar untuk "Resep Masak Buncis Bumbu Kuning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel