Resep Es Krim Rumahan



Es Krim Homemade Untuk Jualan

Resep Es Krim Rumahan Lezat dan Lembut, Mudah Untuk Dibuat

Resep Es Krim Rumahan – Siapa yang tidak kenal dengan es krim ? Es krim adalah salah satu makanan paling banyak disukai oleh semua kalangan, dengan berbagai macam variasi rasa membuat penggemar akan lebih cinta dengan kelembutannya. Makanan yang banyak disukai oleh anak – anak maupun orang dewasa ini memang banyak tersedia di minimarket ataupun toserba di sekitar anda.

Di Indonesia, es krim dibawa oleh Belanda yang dikenal sebagai es krim Saloon. es krim saloon adalah yang pertama berdiri dan tentu saja hanya bisa dinikmati di kota besar. Pada zaman itu es krim adalah makanan mewah dan mahal, dan sebagian besar hanya Belanda dapat menikmatinya.

Dengan harganya yang sampai sekarang terhitung masih cukup mahal membuat kita berpikir dua kali untuk bisa membeli dan merasakan nikmatnya es krim. Tetapi sobat semua tenang saja, buat kalian yang merasa berat untuk membeli es krim yang harganya cukup mahal , kali ini saya akan membagikan sedikit informasi resep es krim rumahan yang lezat dan lembut.

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang resep es krim rumahan. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang resep es krim rumahan yang lezat dan lembut, dan tentu saja murah meriah. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Cara Membuat Es Krim

Sebenarnya tidak dibutuhkan waktu yang terlalu lama untuk dapat membuat resep es krim rumahan, akan tetapi untuk bisa membuat es krim yang benar – benar nikmat dengan berbagai variasi rasa memang diperlukan waktu lebih. Untuk pengembangan variasi rasa bisa juga anda kerjakan sembari mengisi waktu luang.

Di jaman dulu mungkin memang susah ketika akan membuat es krim, di samping bahannya terkadang sulit didapatkan, juga harus mempunyai freezer yang saat itu masih relatif mahal. Tapi untuk saat ini semuanya sudah serba mudah, hampir setiap rumah tangga sudah memiliki freezer, bahan-bahan untuk membuat es krim pun mudah untuk didapatkan.

Informasi petunjuk atau resep es krim rumahan bisa dengan mudah didapatkan di buku-buku resep juga di internet. Hal yang perlu anda ingat, agar es krim anda terjamin kesehatannya, gunakan bahan-bahan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Wow! Inilah Cara Membuat Es Krim Sederhana dan Murah Tanpa Ribet

Resep Es Krim Rumahan Coklat Lembut

Bahan yang di butuhkan :

  • 1/4 kg gula pasir putih
  • 1/2 liter susu
  • 3 butir telur ayam
  • 3 sendok makan coklat bubuk
  • garam dan vanili secukupnya

Cara membuat :

  1. Resep es krim rumahan cokelat lembut di sini saya tanpa menggunakan mesin. Hal ini di maksudkan agar pemula yang baru belajar memasak dapat mengikuti langkah demi langkah dengan mudah.
  2. Pisahkan antara kuning dan putih telur. Mengambil kuning telur, kemudian campurkan kuning telur dengan gula, kemudian aduk dengan mixer sampai lembut
  3. Setelah itu, putih telur yang dicampur dengan vanili dan garam secukupnya, aduk lagi sampai tercampur rata dan halus.
  4. Menggabungkan adonan 1 dengan adonan 2 tadi dan masak sampai mendidih sambil mengaduk-aduk terus-menerus. Larutkan cokelat dengan susu dan kemudian masukkan ke dalam adonan yang sudah mendidih. Aduk terus sampai benar-benar mengental, kemudian angkat dan dinginkan.
  5. Setelah dingin, di masukkan ke dalam freezer sehingga es krim berubah lembut dan lezat. Selamat mencoba

Tips membuat es krim sendiri

Berikut tips cara membuat es krim sehingga berhasil

  • Mangkuk yang sudah di isi dengan es krim harus dimasukkan ke dalam freezer dan di bungkus erat dalam kantong plastik. Biasanya di butuhkan setidaknya 24 jam.
  • Untuk mencegah pembentukan kristal es, tutup permukaan dengan lapisan plasik atau kertas lilin sebelum wadah tertutup.
  • es krim buatan sendiri akan terus baik sampai seminggu. Setelah seminggu berakhir, es krim akan mulai kehilangan rasa dan tekstur lembutnya. Dianjurkan untuk makan sebelum seminggu.
  • Menambahkan ekstrak (vanili, maple, almond, dll) untuk menambah rasa es krim.

Itulah Resep Es Krim Rumahan Coklat Lembut. Sekarang sobat sudah tahu Resep Es Krim Rumahan yang dapat menjadi referensi, disini sobat bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Simak terus yaa!

Resep Es Krim Rumahan 2 Rasa

Bahan yang di perlukan :

  • 1 kaleng susu kental manis
  • 16 sendok makan gula pasir
  • 5 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok makan sp
  • 4 kaleng air bersih (gunakan takaran kaleng bekas susu)
  • garam secukupnya
  • 3 sendok makan susu bubuk full cream
  • 65 ml santan kental (bisa juga gunakan santan kemasan)
  • 1 sachet pop ice rasa coklat
  • 1 sachet pop ice rasa vanilla (untuk rasa anda bisa sesuaikan dengan selera)
  • cup es krim

Cara membuat :

  1. Siapkan panci untuk merebus, masukkan susu kental manis, air, tepung maizena, garam, susu bubuk, santan dan gula pasir, kemudian masak dengan api sedang sambil terus di aduk sampai adonan meletup – letup.
  2. Setelah adonan es krim tadi matang, angkat dan diamkan sampai suhunya turun/dingin.
  3. Siapkan kantong plastik untuk wadah adonan tadi, isikan adonan ke dalam kantong plastik lalu masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga setengah membeku.
  4. Sementara menunggu adonan es krim tadi, siapkan mangkuk kecil dan masukkan 1 sendok makan sp lalu di tim hingga sp mencair. Selain dengan cara di tim, mencairkan sp bisa juga dengan memasukkan nya ke dalam rice cooker hingga mencair.
  5. Setelah adonan es krim tadi menjadi setengah beku, mixer dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 5 menit, setelah itu masukkan sp yang sudah di cairkan tadi lalu di mixer kembali hingga adonan mengembang dan lembut.
  6. Bagi adonan menjadi dua bagian kemudian masukkan penambah rasa pop ice di setiap masing – masing adonan lalu mixer kembali hingga tercampur rata.
  7. Siapkan wadah atau cup, lalu masukkan adonan secara bergantian sampai semua adonan habis.
  8. Terakhir masukkan es krim ini ke dalam freezer dan tunggu hingga es krim membeku.
  9. Es krim 2 rasa siap untuk disantap.

Cukup mudah bukan resep es krim rumahan 2 rasa ini, selain penggunaan bahan yang sederhana tentunya resep es krim rumahan ini cukup ekonomis dan bisa menjadi ide usaha sampingan bagi ibu rumah tangga yang ingin mencoba peluang usaha ini.

Baca Juga : Resep Es Krim Sedehana Untuk Dijual – Modal Dikit Untung Banyak!

Resep Es Krim Walls ala Rumahan

Bahan yang di butuhkan :

  • 3 sendok makan maizena
  • 1 butir telur ayam
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 3 gelas air
  • pasta makanan strawberry dan coklat
  • vanili secukupnya
  • 1 sendok makan SP untuk es krim

Cara membuat es krim walls :

  1. Campurkan telur, maizena, air , dan susu kental manis. Aduk sampai adonan tercampur rata.
  2. Masak adonan di atas api sampai adonan ada sedikit bunyi letupan dari adonan tersebut , setelah itu dinginkan ke dalam lemari es lalu biarkan selama 6 sampai dengan 7 jam.
  3. Angkat dan hancurkan es dengan garpu lalu haluskan dengan mixer.
  4. Cairkan SP untuk es krim dan vanili lalu masukkan ke dalam mixer  , lanjut mixer adonan.
  5. Bagi 2 adonan , lalu masukkan pasta strawberry kemudian mixer kembali dan adonan ke dua masukkan pasta coklat.
  6. Letakkan ke dalam wadah , dan sajikan.

Demikian resep es krim walls ala rumahan yang lembut sederhana yang dapat admin bagikan. Semoga sobat semua bisa membuat dengan mudah , dan ingat harus berdasarkan resep yang telah admin bagikan ini yaa 🙂

Resep Es Krim Rumahan Mangga Manis

Bahan yang di butuhkan :

  • 2 mangga arum manis
  • 6 sachet susu kental manis
  • 200 ml air dingin

Cara membuat es krim mangga manis :

  1. Kupas mangga dan potong. Lalu blender dengan susu kental manis dan air dingin sampai halus.
  2. Mixer mangga yang sudah di blender sampai mengembang kurang lebih 10 menit.
  3. Masukkan mangga yang sudah di mixer ke tempat es krim.
  4. Masukkan es krim ke frezzer, tunggu kurang lebih 1 jam atau sudah setengah jadi.
  5. Keluarkan es krim dari frezzer dan mixer lagi sampai mengembang kurang lebih 10 menit atau sampai berbusa tebal.
  6. Masukkan es krim ke wadah lagi dan masukkan ke frezzer. Tunggu sampai 3 jam atau semalam.
  7. Es krim mangga siap dinikmati.

Bagaimana , cukup mudah bukan membuat resep es krim rumahan rasa mangga manis ? Selamat mecoba ya sobat pecinta es krim 🙂

Baca Juga : Cara Membuat Ice Cream Oreo yang Lezat dan Nikmat

Resep Es Krim Rumahan Ubi Ungu

Bahan yang di butuhkan :

  • 100 gram ubi ungu
  • 1 sendok makan maizena
  • 1 sachet susu kental manis
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 200 ml air
  • 1/2 sendok teh SP

Cara membuat es krim ubi ungu :

  1. Kukus ubi ungu sampai empuk, lalu lumatkan dengan garpu sampai halus.
  2. Tambahkan air , susu kental manis , maizena dan gula lalu aduk – aduk sampai tercampur, setelah itu panaskan di atas api sedang sambil di aduk, biarkan sampai meletup – letup lalu matikan api dan hilangkan uap panasnya.
  3. Setelah hilang uap panasnya lalu masukkan ke dalam frezeer kurang lebih 2 jam, lalu keluarkan dari frezeer.
  4. Tim sp sampai mencair, lalu campurkan pada es yg dari frezeer lalu mixer sampai mengembang dan adonan menjadi ringan dan halus.
  5. Masukkan kembali ke dalam frezeer kurang lebih 1 hari/semalam.
  6. Es krim siap di nikmati.

Baca Juga : Spesial! Ini Dia Kreasi Cara Membuat Es Krim Buah yang Unik

Resep Es Krim Rumahan Gelato

Untuk resep kali ini mungkin akan di butuhkan waktu yang cukup lama dan pembuatannya pun cukup sulit karena mungkin bagi kalian ada yang belum mengetahui apa sih gelato itu ? Agar wawasan kalian bertambah mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tahukah anda yang di maksud dengan Gelato? Ya gelato adalah jenis panganan/camilan asal italia yang di buat dari bahan dasar es krim. Jadi memang bisa dibilang Gelato adalah es krim khas dari italia, hanya saja teknik pengolahan dan pembuatannya cukup berbeda. Terlebih lagi gelato bisa dibilang mempunyai bahan dasar susu yang lebih dominan.

Apa yang membuat gelato di sukai oleh masarakat pada umumnya? Terlebih lagi bagi bangsa eropa. Gelato yang berbahan dasar Susu ini mempunyai tekstur yang cukup lembut dan halus di lidah. Kelembutan itu tercipta karena pada saat pengolahan, adonan gelato cenderung di aduk dengan kecepatan rendah namun dengan waktu yang cukup lama.

Gelato sangat cocok di sajikan dengan keadaan yang cukup dingin, bisa di bilang untuk menghidangkan Gelato di sarankan dengan suhu yang lebih tinggi di banding es krim biasa pada umumnya. Nah apakah anda salah satu penggemar Gelato? Karena saat ini kita akan coba membahas sedikit demi sedikit bagaimana cara membuat gelato sendiri di rumah. Oke di simak yuk.

Cara Membuat Es Krim Gelato

Hal yang perlu disiapkan tentunya adalah bahan – bahan, tak usah khawatir karena bahan untuk membuat gelato mudah ditemui. Anda cukup menyiapkan bahan berikut ini.

  • 600 ml susu
  • 5 butir telur
  • 140 gram gula pasir
  • ekstrak vanilla
  • Perasa (sesuai selera contoh : bubuk coklat, perasa buah, atau yang lain)

Langkah Membuat Gelato

  1. Langkah yang pertama yaitu membuat adonan dasar. Didihkan air dengan menggunakan panci yang cukup besar, supaya nanti muat untuk mangkok kecil tahan panas.
  2. Pisahkan kuning telur dengan putih telur.
  3. Lalu masak susu dengan wadah yang sedang saja dengan api kecil tunggu hingga berbuih. Sambil menunggu susunya panas kocok kuning telur yang tadi menggunakan mangkok tahan panas.
  4. Masukkan gula kedalam adonan telur kocok hingga mengental, setelah itu masukkan juga ekstrak vanilla.
  5. Angkat susu yang tadi, dan masukkan secara perlahan ke adonan telur sambil diaduk terus sampai adonan kental seperti krim.
  6. Taruh mangkuk berisi adonan telur dan susu tersebut kedalam panci besar yang berisi air mendidih. Aduk campuran menggunakan sendok kayu.
  7. Terus panaskan dan aduk sampai adonan mengental seperti puding angkat dan dinginkan. Jangan biarkanair dipanci masuk ke mangkuk karena dapat mempengaruhi tekstur gelato.
  8. Setelah adonan gelato dingin sekarang saatnya memberi perasa sesuai yang anda inginkan.
  9. Tutup mangkuk adonan utama gelato dengan plastik pembungkus. Taruh didalam lemari es selama 3 jam hingga dingin sebelum di masukkan ke dalam freezer es krim.
  10. Gelato dimasukkan ke dalam freezer. Kemudian keluarkan setelah gelato seperuh membeku. Biarkan di luar sebentar kemudian masukkan lagi gelato ke dalam freezer dan lanjutkan pembekuan.
  11. Es krim gelato siap untuk dinikmati.

Keunikan Es Krim Gelato Rumahan

Well dari langkah-langkah di atas bisa di bilang kelebihan membuat es krim gelato bisa di lakukan tanpa menggunakan mesin es krim sekalipun walaupun sebenarnya cukup sulit. Cara membuat es krim gelato ini bisa dibilang cukup identik dengan mengolah bahan es krim rumahan pada umumnya. Hanya saja untuk masalah ketelitian dan detail pembuatan es krim gelato haruslah ekstra teliti, karena salah sedikit saja teksutr es nya akan berubah.

Oleh sebab itulah membuat Gelato tidak bisa menggunakan mesin es krim modern, di sebabkan ada beberapa detail yang harus di lakukan secara manual dengan timing yang pas. Jika anda tertarik untuk membuka usaha es krim rumahan, gelato bukanlah pilihan yang bagus untuk anda geluti. Mengapa? Bisa dibilang tidak semua orang suka dan menikmati Gelato, selain tekstur dan rasa yang terlalu creamy..harganya pun lebih mahal ketimbang es krim biasa.

Baca Juga : Cara Membuat Kerajinan dari Stik Es Krim yang Unik!

Dengan resep es krim rumahan yang sederhana ini mungkin anda bisa sedikit menghemat biaya pengeluaran anda, karena membuatnya sendiri tanpa menggunakan mesin khusus hanya dengan tangan anda sendiri di rumah mampu membuat rasanya istimewa. Selain itu pastinya adalah sajian tersebut terbebas dari bahan – bahan yang merusak tubuh seperti pengawet makanan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua , jangan lupa share artikel ini yaa 🙂 terima kasih.

Gallery Resep Es Krim Rumahan

Resep Es Krim Buah Naga Rumahan Tapi Rasa Restoran Dijamin

Resep Es Krim Rumahan For Android Apk Download

Aneka Resep Es Krim Rumahan Tanpa Mixer Dan Blender Yang

Resep Praktis Es Krim Kacang Ala Rumahan Lifestyle Fimela Com

Resep Es Krim Rumahan Oleh Deis Mulyani Cookpad

Resep Es Krim For Android Apk Download

Cara Membuat Es Krim Walls Rumahan Enak Resep Makan Sedap

Resep Duo Es Krim Rumahan Yang Lagi Dapur Didowardah

15 Cara Membuat Es Krim Di Rumah Segar Dan Tidak Ribet

9 Cara Dan Resep Membuat Es Krim Di Rumah Tanpa Alat Secara

Coba Yuk Resep Es Krim Pop Sprite Dengan Yupi Money Id

Cara Membuat Es Krim Itu Mudah Loh Ikuti Metode Berikut Ini

8 Resep Sederhana Untuk Es Rumahan Craftlog Indonesia

Resep Es Krim Oreo Untuk Si Kecil Atau Bisnis Rumahan

Resep Es Krim Rumahan Sederhana Dan Enak Resep Es Krim

Cara Membuat Es Krim Alpukat Yang Sehat Bagi Tubuh

Resep Dan Cara Membuat Es Krim Rumahan

Cara Membuat Es Krim Coklat Lembut Sederhana

Aneka Resep Es Krim Rumahan Tanpa Mixer Dan Blender Yang

Resep Es Krim Rumahan Sederhana Keeprecipes Your

Resep Es Krim Rumahan Tanpa Mixer Resep Es Krim Makanan

Resep Es Krim Coklat Rumahan Lembut Murah Dan Kesukaan

Resep Es Krim Rumahan Lezat For Android Apk Download

Resep Es Krim Rumahan Tanpa Mixer Resep Ok Banget Resep


Belum ada Komentar untuk "Resep Es Krim Rumahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel