Resep Salad Buah Cup



Segar Menggoda Resep Mudah Salad Buah Saus Mayo Lifestyle

3 Cara Membuat Salad Buah Untuk Dijual Enak dan Praktis

Diperbarui pada Perkiraan 11–16 menit dibaca

3 Cara Membuat Salad Buah – Akhir-akhir ini saya lagi doyan sekali mengkonsumsi buah-buahan. Ini karena saya sedang menjalankan program penurunan berat badan, jadi sedikit lupa dengan camilan gurih kaya gorengan dan hidangan berlemak seperti bakso, soto babat, dan mie ayam. Kalau laper ya langsung saja saya ganjal dengan buah-buahan segar yang dipotong-potong kecil. Terkadang juga saya buat jus buah dan smoothies, tapi lama-lama bosan juga ya hihihi.

Namanya orang Indonesia memang gitu ya, gampang bosan dengan rasa original yang itu-itu saja. Jadi sempat kepikiran buat salad buah untuk diet. Kebetulan waktu kemarin sempat lihat teman saya yang food blogger juga mereview harga salad buah Pizza hut dan cara bikin salad buah untuk diet. Ternyata membuat salad buah untuk diet itu perihal yang sangat mudah dan simple.

Yaitu hanya dengan memotong buah-buahan yang di sukai sesuai selera, kemudian beri minyak zaitun secukupnya. Kalau salad buah untuk diet penurunan berat badan memang tanpa gula, tanpa mayonaise dan SKM yah. Palingan pakai minyak zaitun saja, atau bisa pakai yoghurt kaya merek Cimory yang terkenal memiliki beberapa varian rasa. Seperti yoghurt plain, yoghurt stroberi, melon, kiwi, leci, anggur dan orange.

Nah jadi sebenarnya salad buah ini apa sih, terus manfaat salad buah itu sendiri apa saja? Yuk langsung saja kita sama-sama cari tahu ke Wikipedia Indonesia dulu, mudah-mudahan bisa menambah wawasan para Bunda di rumah ya 🙂

Versi Wikipedia, kata salad ini berasal dari bahasa Latin “sal” yang memiliki arti “garam”. Pada waktu itu garam merupakan bumbu yang paling penting untuk memberikan rasa di setiap makanan. Sedangkan kata “sal” diserap ke dalam Bahasa Perancis kuno yang menjadi kata salade dan di akhir abad ke-14 diserap dalam Bahasa Ingris menjadi salad atau sallet.

Jadi konon katanya, pada zaman dahulu saat membuat salad untuk dessert atau hidangan penutup setelah makan besar atau utama adalah hanya sayuran yang dipotong-potong atau diiris-iris lalu dibumbui sedikit garam. Berbeda dengan sekarang yang bebas mengkombinasikan antara salad buah dan salad sayur dengan saus lezat yang dapat di racik sendiri sesuai selera.

Untuk salad versi Bule (orang luar negeri), untuk siraman yang disebut dressing salad biasanya menggunakan yoghurt, mayonaise, saus keju, air perasaan jeruk nipis atau lemon, saus cabai dan whipped cream. Berbeda versi dengan saladnya orang Indonesia asli, umumnya salad buah dan salad sayuran dibumbui dengan bumbu kacang dan bumbu rujak rasa pedas manis gurih yang mantap!

Salad ala Indonesia yang terkenal dengan sebutan rujak dan lutis sendiri juga memiliki beberapa jenis dengan rasa yang super duper endes. Sebut saja salad gado-gado, karedok, lotek, dan rujak buah. Tetntunya jenis makanan tersebut sudah tak asing lagi di lidah bukan?

Berbicara salad, saya jadi teringat Korea yang memiliki asinan yang hampir mirip dengan salad sayuran yang melegenda dan terkenal di seantero Dunia yaitu Kimchi. Pernah mencicipinya? Kimchi ini merupakan asinan sayuran yang terbuat dari lobak putih yang difermentasi sampai berhari-hari untuk mendapatkan rasa asam yang khas ala Kimchi. Rasanya sedap dan segar, apalagi kalau diolah menjadi nasi goreng kimchi, ehmm nyuuumiii!

Cara membuat salad buah yoghurt saus mayo yang enak dan segar ala Pizza Hut salah satu resto yang menyajikan salad buah dengan tampilannya yang cantik dengan rasa premium ini sebenarnya cukup mudah dan simple. Kunci dan tips sukses utama membuat salad yang segar dan crispy (crunchy) adalah gunakan buah-buahan yang masih segar. Dan kunci sukses yang kedua adalah terletak di saus mayonaise yang digunakan.

Jadi jangan lupa racik kembali saus mayonaise siap pakai dengan menambahkan susu kental manis putih lengkap dengan parutan keju cheddar dan yoghurt. Lebih baik gunakan yoghurt plain (yoghurt tanpa rasa / original) agar rasa salad buah tidak bentrok dengan saus mayonese nya.

Oke langsung saja yuk di simak Kumpulan 3 Resep dan Cara Membuat Salad Buah Komplit yang wajib dibuat di rumah untuk sajian keluarga atau buat jualan seperti dibawah ini.

Step by Step Cara Membuat Salad Buah a la Resto

Cara Membuat Salad Buah – Credit : @dapurmayumi

Pertama, Cara Membuat Salad Buah Susu Keju Coklat

Cara Membuat Salad Buah Keju Coklat – Credit : @sallyagustina19

Bahan-bahan Resep Salad Buah :

  • Buah segar seperti apel, anggur, semangka, melon, buah naga, rambutan, pepaya, salak, dll sesuai selera
  • Mayonaise 180 gram (saya pakai merk Maestro)
  • Yoghurt 250 gram (saya pakai yoghurt Cimory rasa strawberry
  • Susu kental manis secukupnya (saya pakai merk Frisian Flag)

Topping Salad Buah :

  • Keju cheddar secukupnya
  • Cokelat batangan (Dark chococlate cooking) secukupnya

Cara Membuat Salad Buah Coklat Keju :

  1. Pertama-tama buat saus mayonese nya dulu, yaitu dengan cara masukkan mayonnaise ke dalam mangkuk atau wadah ukuran sedang, kemudian tambahkan susu kental manis putih secukupnya, aduk dengan sendok sampai saus tercampur dengan rata.
  2. Selanjutnya masukkan yoghurt secukupnya (saus jangan sampai jadi terlalu cair), aduk sampai rata.
  3. Setelah semua bahan saus tercampur, cicipi rasanya. Apakah rasa sudah pas atau belum, jika terlalu cair dan terlalu manis maka tambahkan mayonaise lagi. Jika telalu kental tambahkan yogurt lagi, jika terlalu asam tambahkan susu kental manis lagi sampai rasa benar-benar pas sesuai selera.
  4. Setelah membuat saus, lanjut siapkan buah-buahan segar, cuci dan kupas jika ada yang perlu dikupas lalu potong kecil-kecil sesuai selera. Letakkan di dalam mangkok, piring, cup atau toples mendatar yang ada tutupnya. (TIPS: Kalau bunda memakai apel, disarankan apel dipotong paling terakhir agar bagian dalam apel tidak menghitam).
  5. Jika buah-buahan sudah siap ditempatnya, segera campurkan setengah dari saus yang sudah dibuat tadi ke dalam wadah buah-buahan yang sudah dipotong tadi. Aduk buah-buahan beserta sausnya sampai rata menggunakan sendok. Setelah rata, campur semua sisa saus lalu aduk lagi sampai benar-benar rata.
  6. Terakhir sebagai topping, parut keju di sisi atas buah-buahan yang sudah tercampur dengan saus tadi. Sedangkan untuk satu sisinya beri taburan parutan cokelat batangan sesuai selera. Boleh tambahkan hiasan lagi seperti potongan buah anggur merah, kiwi dan lemon untuk mempercantik tampilan saladnya.
  7. Setelah selesai, tutup wadahnya dan dinginkan terlebih dahulu didalam kulkas (bukan di freezer) kurang lebih selama 2-3 jam. Karena salad buah lebih nikmat di santap dalam keadaan dingin. Sajikan, nyeesss mantap segarnya!

Kedua, Cara Membuat Salad Buah Mayonaise Keju Susu

Cara Membuat Salad Buah Mayonaise : @deasy_ardie

Bahan Dressing (Saus) :

  • Mayonaise 100 mili liter
  • Susu kental manis 100 mili liter
  • Salad dressing rasa keju 100 mili liter (saya pakai Maestro Blue Cheese)

Bahan Salad Buah :

  • Apel 2 butir, kupas, potong-potong, lalu perciki air jeruk nipis
  • Melon 1 potong, kupas lalu potong dadu
  • Anggur 1 cup, belah dan buang bijinya
  • Nanas secukupnya
  • Kiwi Secukukpnya
  • Nata de coco 1 cup, tiriskan (bisa diganti dengan agar-agar atau jelly)
  • Keju cheddar 50 gram, parut panjang

Langkah Membuat Salad Buah Keju :

  1. Campur bahan salad dressing dalam mangkuk dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
  2. Selanjutnya taruh bahan-bahan salad dalam mangkuk besar, lalu siram dan campurkan dressingnya.
  3. Dinginkan dalam lemari es selama 2-3 jam, lalu hidangkan dengan taburan keju parut di atasnya.
  4. Hias sesuai selera, sajikan. Nyumiii!

Kalau tidak ada nata de coco, boleh diganti dengan puding nutrijel ya. Caranya masak bubuk agar-agar nutrijel sesuai petunjuk kemasan, dinginkan, lalu potong-potong sesuai selera. Saya rekomendasikan pakai nutrijel plain kalau tidak pakai nutrijel yang berasa selain coklat ya. Soalnya menurut saya kalau pakai nutrijel coklat warnanya jadi kurang cantik. Tapi ya sesuai selera saja sih, suka-suka 🙂

Ketiga, Resep Salad Buah Segar Untuk Jualan

Resep Salad Buah Segar Untuk Jualan – Credit : @cookiessolo

Bahan-bahan Salad Buah Ekonomis :

  • 1/2 buah melon
  • 1/2 buah semangka
  • 200 gram buah kelengkeng
  • 1 buah nanas
  • 1 buah naga merah
  • 200 gram anggur

Saus Creamy Salad Buah :

  • 160 gram (4 sachet) susu kental manis putih
  • 160 gram mayonaise
  • 200 gram keju cheddar
  • 160 gram yogurt plain (saya pakai Greek Yogurt, boleh pakai merek apa saja)

Cara Membuat Salad Buah Ekonomis Untuk Jualan :

  1. Langkah pertama-tama potong-potong buah bentuk dadu. Anggur belah jadi 2, buang bijinya. Kelengkeng buang bijinya. Kemudian campurkan buah jadi 1 dalam baskom lalu bagi-bagi buah ke dalam cup kecil maupun cup besar. Sisihkan.
  2. Campurkan susu kental manis, yogurt dan mayonaise, aduk hingga bahan saus merata.
  3. Selanjutnya siramkan saus ke atas buah.
  4. Parut keju di atasnya.
  5. Dan simpan dalam kulkas, sajikan setelah dingin.
  6. Resep salad buah ini hasilnya banyak ya, tergantung besar kecilnya cup yang dipakai juga. Resep salad buah ini sangat menguntungkan jika buat jualan.

Untuk buah boleh pakai buah apa saja, mau bikin sesuai resep salad buah sederhana rasa ala salad pizza hut yang saya tulis boleh. Atau bisa gunakan bermacam-macam buah lainnya agar tidak cepat bosan. Seperti kiwi, jeruk, pisang, apel, pir, pepaya, mangga, buah naga putih atau merah, selada, jambu air, nanas, anggur, semangka, melon atau dicampurkan dengan jagung manis rebus juga boleh.

Salad buah alias fruit salad ini paling enak disajikan dalam keadaan dingin. Jadi jangan lupa masukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es bukan freezer. Dan sebaiknya sesaat setelah di racik segera disajikan karena kalau terlalu lama didiamkan akan berair dan akan mengurangi rasa segarnya buah salad.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan 3 Cara Membuat Salad Buah. Semoga bermanfaat 🙂

Kalau dirasa membantu dan suka dengan ke 3 cara membuat salad buah yang saya bagikan, jangan lupa share ya Bun. Terimakasih :*

2 Cara Membuat Salad Buah - Akhir-akhir ini saya lagi doyan sekali mengkonsumsi buah-buahan.

Waktu persiapan: 0H15M

Waktu Memasak: 0H15M

Total Waktu: 0H30M

Gallery Resep Salad Buah Cup

17 Resep Salad Buah Dengan Berbagai Variasi Yang Bisa Anda Coba

30 Types Of Indonesian Drinks Beverages Desserts Witaworld

Resep Salad Buah Frisian Flag Indonesia

Aneka Resep Salad Buah Yang Enak Dan Praktis Untuk Dijual

Ternyata Cup Plastik Bikin Bisnis Salad Buah Makin Dilirik

17 Resep Salad Buah Dengan Berbagai Variasi Yang Bisa Anda Coba

Indonesia Colorful And Tasteful Ice Dessert Beverages

3 Resep Salad Buah Mudah Sederhana Tipsberbagi Com

Resep Salad Buah Cup Oleh Rahma Cookpad

Resep Cara Membuat Salad Buah Gurih Mayonesnya

Resep Salad Buah Segar Dan Sehat Fresh And Healthy Fruit

Cara Membuat Saus Salad Buah Mayonaise Yang Enak Dan Segar

Aneka Resep Salad Buah Facebook

Segar Menggoda Resep Mudah Salad Buah Saus Mayo Lifestyle

19 Resep Salad Buah Yang Enak Segar Dan Praktis Rekomended

Resep Dan Cara Membuat Salad Buah Keju Sehat Popmama Com

Cara Buat Salad Buah Yang Enak Segar Dan Mudah Untuk Dibuat

Simple Honey Lime Chia Dressing For Fruit Salad

Resep Salad Buah Yummy Ekonomis Oleh Yayuk Marfu Ah Cookpad

7 Cara Membuat Fla Salad Buah Varian Rasa Nomor 2 Paling

5 Langkah Dan Resep Cara Membuat Salad Buah Yang Enak Mudah

Salad Buah Mudah Pasti Lebih Segar Dengan Resep Salad Buah

3 Salad Buah Untuk Makan Malam Yang Lagi Diet Okezone

Salad Buah Homemade Youtube

English Resep Salad Buah Giovani Asyera Amara

Aneka Resep Salad Buah 1 0 Apk Androidappsapk Co


Belum ada Komentar untuk "Resep Salad Buah Cup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel