Resep Babat Gongso Semarang



Sedapnya Babat Gongso Jeroan Berbumbu Pedas Asal Semarang

Babat Gongso, Semarang, dan Kenangan | Gudangku!

Setelah puas makan di Toko Legendaris “Oen” yang berada di Jl. Pemuda Semarang,

“Besok pagi sarapan di luar aja yuk! Bosan makan di hotel. Cari yang khas Semarang gitu.”

Babat gongso. Nama itu seketika terlintas dalam pikiran saya. Sebenarnya Soto Ayam lebih dulu terlintas sih… namun karena saya harus mengenalkan sesuatu yang beda dari Semarang, yang belum diketahui banyak orang, maka Babat Gongso adalah pilihan yang tepat.

Babat Gongso? Makanan jenis apa pula itu? Jeroan? Ih, kolesterol!

Reaksi seperti itu sudah sering saya terima kala menawarkan Babat Gongso sebagai opsi menu makanan yang layak coba di Semarang. Namun, setelah mencicipinya, reaksi tersebut pasti akan berubah.

“Gila! Enak bener. Sumpah. Enak ini. Kenapa nggak dari kemarin menyarankan makan ini?”

Mata yang bagus milik kawan saya tersebut berkerjap-kerjap sebagai isyarat bahwa ia puas dengan rasa Babat Gongso tersebut.

Babat Gongso, saya mengenal makanan ini dari Almarhum Ayah saya yang hobi makan. Setiap hari libur, ayah saya selalu mengajak jalan-jalan pagi sembari mencari sarapan di luar rumah. Babat Gongso Pak Karmin yang terletak di pinggiran kali Mberok menjadi salah satu tempat favorit kami. Sering kami mengunjungi tempat ini, mencoba nasi goreng babat dan babat gongsonya, plus acar yang rasanya hingga kini masih tertancap kuat dalam pikiran saya.

Rasa Babat Gongso ini pedes dan manis dalam takaran yang sesuai, plus acar yang rasanya menurut saya sangat khas, atau dalam bahasa gaul “Pak Karmin Banget deh lo!” (ga gitu juga sih…)

Tidak banyak yang menjual babat gongso di Semarang. Tak heran, makanan jenis ini sangat susah ditemukan. Beruntung, The Legend “Babat Gongso Pak Karmin” masih setia berjualan di pinggir Kali Mberok. Tidak pindah tempat, dan rasanya pun menurut saya tidak mengalami perubahan. Masih sama seperti saat ayah saya menggandeng tangan kecil saya kala memasuki warung tersebut.

Penasaran dengan rasanya? Berikut resep sederhana dari saya, yang telah di uji coba di dapur milik “uhuk ehem grok” sbb :

Bahan :

Babat

Cabe (digiling halus)

Bawang merah (diiris)

Bawang putih (dihaluskan)

Kecap manis

Salam, Lengkuas, Sereh

Minyak goreng untuk menumis / gongso

* Semua dalam takaran secukupnya alias kira-kira 😀

Cara Membuat :

Rebus babat beserta daun salam, lengkuas, sereh sampai empuk. Rempah-rempah tersebut selain untuk memberikan efek rasa juga untuk menghilangkan bau amis. Setelah babat empuk, potong-potong ukuran dadu atau sesuai selera.

Tumis bawang merah sampai harum, masukkan babat yang telah dipotong tadi, tumis agak lama, sampai babat terlihat agak mengering. Masukkan cabe dan bawang putih yang sudah dhaluskan, garam dan kecap secukupnya, plus sedikit air. Masak hingga semua bumbu remasuk (meresap) ke babat.

Babat Gongso siap dinikmati beserta kepulan nasi putih yang masih hangat. Jangan lupa, kecupan lembut di pipi atau kening sang terkasih akan menambah nikmatnya rasa Babat Gongso tersebut.

Pagi sudah mulai pecah, tergantikan dengan panas siang yang mulai terasa gatal di kulit. Saya meninggalkan warung Pak Karmin yang berada di Pinggir Kali Mberok tersebut. Babat gongso ini telah menorehkan kenangan sepanjang usia. Tentang rasanya, dan tentang banyak hal yang saya lalui bersama ayah saya kala menikmati makanan favorit kami ini.

Apakah kalian punya kenangan yang sama dengan makanan ini?

Salam,

-wiwikwae-

*Gambar diambil dari icipmakanan

Gallery Resep Babat Gongso Semarang

Index Of Wp Content Uploads 2013 03

Babat Gongso Yang Nikmat Jadi Lauk Makan Indozone Id

Resep Babat Gongso Semarang Oleh Novita Kusuma Cookpad

Resep Masakan Indonesia Resep Babat Gongso Khas Semarang

Mengapa Babat Gongso Jadi Khas Di Semarang Cumibunting

Babat Gongso Jadi Paduan Unik Nasi Goreng Khas Semarang

Gongso Videos Gongso Clips Clipfail Com

Diah Didi S Kitchen Babat Iso Gongso Khas Semarang

Resep Babat Gongso Semarang Ala Rumahan Yang Dijamin Bikin

Ampelagongso Hash Tags Deskgram

Resep Babat Gongso Semarang Resep Masakan Khas Daerah

33 Tempat Wisata Kuliner Di Semarang Yang Enak Murah

5 Nasgor Babat Gongso Terlezat Di Semarang Wajib Coba Semuanya

Diah Didi S Kitchen Resep Babat Iso Gongso

Resep Babat Gongso Khas Semarang Kabarkuliner Com

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Legendanya Nasi Goreng

Resep Babat Gongso Semarang Oleh Dini Danuraja Cookpad

Resep Babat Iso Gongso Khas Semarang County Food

Mencicipi Kuliner Khas Semarang Lezatnya Babat Gongso Super

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok Restoran Nasi Goreng

Gongso Videos Gongso Clips Clipfail Com

Sejak 1968 Nikmatnya Nasi Goreng Dan Babat Gongso Akbar Nan

Babat Gongso Makanan Khas Semarang Yang Bikin Ketagihan

Resep Ayam Gongso

Diahdidi Com Tips Memasak Babat Gongso


Belum ada Komentar untuk "Resep Babat Gongso Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel