Resep Brownies Lumer Ncc



Franchise Kue Balok Lava Merapi Peluang Bisnis Makanan

Resep Brownies Klasik

Ketika berkunjung ke salah satu institusi pemerintah dalam rangka training beberapa waktu yang lalu, saya dan rekan disuguhi dengan aneka kue lezat yang menggoda iman, salah satunya adalah potongan besar brownies yang dari tampilannya saya tahu pasti fudgy/legit sekali selayaknya brownies yang seharusnya. Sebuah merk bakery terkenal - yang berada di sekitar gedung tersebut - tercantum di kertas pembungkusnya. Ketika dipersilahkan untuk menikmati hidangan, maka brownies tampang fudgy ini langsung saya comot. Gigitan pertama, alis saya langsung naik. Hmm, so yummy! Kering di luar tapi lembab dan legit di dalam, sedikit liat dan rasa coklatnya nendang sekali. Ini brownies yang sempurna, pikir saya.
Saya pun berangan-angan suatu saat harus bisa membuat yang seperti ini. Selama ini membuat brownies panggang, hasilnya menurut saya 'B' saja alias BIASA. Sekian banyak resep yang saya baca, belum juga membuat saya memutuskan resep yang mana yang akan saya pilih. Saya berjanji pada diri sendiri, jika kali ini saya harus membuat brownies untuk kesekian kalinya maka yang 'ini' harus perfect selayaknya 'brownies' yang saya idam-idamkan itu. 
Kacang almond iris
Membuka-buka koleksi buku masakan, saya menemukan sebuah buku masakan dalam bahasa Prancis yang boro-boro saya bisa mengerti artinya, membacanya saja susah. Buku ini hasil berburu buku obral di Senen, yang saya beli karena murah meriah dan gambarnya keren. Salah satu resepnya adalah Brownies Classique  yang saya posting kali ini. Untuk menterjemahkan si buku saya pun menggunakan Google Translate ^_^. Bahan-bahannya tidak sulit - seperti layaknya brownies lainnya - hanya saja komposisi, takaran bahan dan penjelasan di bukunya yang membuat saya punya feeling, brownies ini akan berhasil dengan rasa yang mantap. Ketika saya coba, hasilnya sama sekali tidak mengecewakan.
Diintruksi pembuatannya, brownies cukup dipanggang selama 35 menit saja atau hingga permukaannya mengeras sementara bagian dalamnya masih agak basah. Ketika dingin maka brownies akan mengeras sendiri. Hasil jadi brownies ini saya klaim mirip dengan yang saya pernah makan pada saat training. Chewy, fudgy, moist dengan bagian luar yang kering dan bagian dalam yang legit. Walaupun saya akui, kalori brownies ini pasti tinggi sekali, mengingat komposisi bahannya. Takaran mentega yang digunakan pun saya kurangi agar tidak terlalu berlemak. Karena itu, menikmati kue ini cukup sepotong saja untuk memuaskan rasa ingin tahu dan lidah. Sepotong saja? Mmm, mungkin dua ? Atau tiga ? 

Note:

Salah satu bahannya menggunakan ekstrak kopi, karena saya tidak memilikinya maka saya ganti dengan kopi bubuk instant merk Nescafe sebanyak 3 sendok makan. Jangan lupa ya untuk melarutkan kopi dengan 2 sendok makan air panas. Saya lupa tidak melakukannya, hasilnya butiran-butiran kopi menggumpal, tidak mau larut.

Berikut resepnya ya.

Brownies Klasik

Resep diadaptasikan dari buku Cookies, biscuits et brownies by Catherine Atkinson - Brownies Classiques 

Untuk satu loyang brownies ukuran 22 x 22 x 7 cm

Bahan:

- 200 gram dark cooking chocolate (coklat masak blok), potong-potong dadu

- 150 gram mentega

- 3 butir telur

- 200 gram gula halus, gula pasir saya blender sebentar

- 2 sendok makan ekstrak kopi, saya pakai 3 sendok makan kopi bubuk instant merk Nescafe, dilarutkan dengan 2 sendok makan air panas.

- 150 gram tepung terigu serba guna, saya pakai Segitiga Biru  - 1 1/2 sendok teh BP double acting

- 1/2 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh vanili bubuk

- 150 gram kacang kenari/almond cincang, bisa menggunakan kacang mete sangrai

Cara membuat:

Panaskan oven, set di suhu 175 - 185' C, letakkan rak ditengah oven. Siapkan loyang ukuran  22 x 22 cm, alasi dengan kertas baking, sisihkan.

Tips: kertas baking mudah menempel dan tidak bergeser ketika kita masukkan adonan ke dalam loyang, olesi permukaan dengan sedikit mentega. Sisihkan.

Ayak tepung terigu+baking powder+garam+vanili bubuk, sisihkan. 

Siapkan panci kecil atau mangkuk alumunium, masukkan coklat blok dan mentega ke dalamnya. Letakkan panci di dalam wajan/pan yang lebih besar yang telah diisi air. Kita akan masak coklat blok+mentega dengan cara tim. Masak dengan api kecil saja, sehingga air tidak terlalu mendidih & panas. Aduk-aduk coklat+mentega selama memasak agar meleleh dan tercampur rata. Jika air mendidih, matikan saja kompor dan terus aduk coklat. Kita hanya akan membuat coklat+mentega meleleh, bukan mendidih.

Jika telah meleleh dan tercampur rata, angkat dari kompor dan biarkan dingin + 5 menit. Sisihkan. 

Dalam mangkuk ukuran sedang, masukkan gula halus, telur dan kopi. Aduk rata menggunakan spatula balon hingga semua bahan larut dan tercampur baik. Nah, seharusnya kopi bubuk dilarutkan terlebih dahulu dengan 2 sendok makan air panas ya. Jadi jika difoto tampak menggumpal itu karena saya lupa melarutkannya ^_^.

Masukkan coklat+mentega leleh, bagi dalam 3 tahap. Aduk rata dengan menggunakan spatula. Tambahkan tepung terigu sambil adonan terus diaduk secara perlahan hingga tercampur rata saja. Jangan berlebihan mengaduk ya. Masukkan kacang kenari cincang, aduk rata. 

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Panggang selama 35 menit atau hingga permukaan brownies tampak retak-retak dan ketika disentuh telah mengeras. Jangan berlebihan memanggang, bagian dalam yang lembek ketika dingin akan mengeras dengan sendirinya. Terlalu berlebihan dalam memanggang akan menghasilkan brownies yang terlalu kering dan kurang fudgy.

Keluarkan brownies dari dalam oven, biarkan dingin di dalam loyang, sebaiknya brownies dipotong-potong langsung di dalam loyang jangan di balik seperti cara saya di atas. Permukaannya yang retak-retak adalah saya tarik brownies yang utama. Ketika masih panas bagian dalam kue memang terlihat basah ketika kita tusuk dengan lidi, biarkan hingga kue dingin. Atau jika terlalu basah maka tutup permukaan loyang dengan alumunium foil dan panggang kembali sebentar.

Potong-potong kue dengan pisau yang tajam, lap permukaan pisau dengan kain atau tissue jika ada kue yang menempel, kemudian lanjutkan memotong. Ambil potongan kue dengan spatula secara hati-hati agar tidak merusak permukaannya dan letakkan di piring saji.  Brownies siap disajikan.

Source:

Buku Cookies, biscuits et brownies by Catherine Atkinson - Brownies Classiques

Gallery Resep Brownies Lumer Ncc

Resep Brownies Oreo Resep Kuliner Cookpad Indonesia

Resep Brownies Kukus Belajar Meraih Kebaikan

Brownies Pizza

Resep Brownies Kukus Ny Liem Topping Chocolate Glaze

Resep Masakan Brownies Lumer Dengan Lelehan Cokelat Yang

How To Make Choco Cheese Lava Cake Berhantu

Resep Brownies Panggang Coklat

Chocolate Melt Brownie Apricot Lovers

Resep Puding Brownies

Rahasia Resep Brownies Lumer Yang Menggoyang Lidah

Just My Ordinary Kitchen Cream Cheese Marble Brownies

14 Gambar Brownies Terbaik Resep Makanan Dan Brownies

Cara Menciptakan Brownies Alpukat Lumer Cup Untuk Jualan

Ketan Duren Lumer Loubycakes Cookies

Indonesian Melted Choco Steam Brownies

Resep Brownies Lumer Tanpa Oven Ternyata Gampang Banget

Resep Brownies Lumer Cup Untuk Jualan 1000

Resep Brownies Lumer Di Dalam

Resep Brownies Pisang Panggang Praktis Resep Hari Ini

Resep Brownies Terbaru For Android Apk Download

Resep Brownies Keto Camilan Rendah Karbohidrat Dan Gula

Legitnya Brownies Balok Dari Garut Yang Lumer Di Mulut

Brownies Kukus Durian Brownies Kukus Durian

Resep Brownies Kukus Milo Keju Tanpa Mixer Lembut Super Nyoklat

87 Resep Brownis Cup Lumer Enak Dan Sederhana Cookpad

67 Resep Brownis Lumer Bisnis Enak Dan Sederhana Cookpad


Belum ada Komentar untuk "Resep Brownies Lumer Ncc"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel