Resep Masakan Patin



Resep Masak Kepala Patin Kuah Kuning Oleh Beningnya Embun

Resep Pindang Patin, Rahasia Masakan Laut ala Resto

Resep pindang patin, bisa menjadi pilihan masakan laut ala resto yang cocok dicoba. Pindang patin sendiri merupakan salah satu kuliner khas yang berasal dari Palembang. Kekhasan kuliner ini terletak pada cita rasanya yang beragam. Selain itu, berbeda dengan pindang di Jawa, yang membutuhkan proses pemasakan kembali, pindang patin palembang berbeda.

Apa Sih Olahan Pindang Patin Itu?

Bagi orang Jawa, pindang merupakan salah satu jenis olahan ikan yang dilakukan untuk membuat ikan menjadi lebih awet. Dalam hal ini umumnya, pindang jawa hanya memiliki rasa asin dan membutuhkan proses pemasakan kembali sebelum dikonsumsi. Ini tentu berbeda dengan olahan pindang patin. Baca juga : Resep Sate Lilit Ikan Khas Bali

Pindang patin merupakan olahan jadi yang dibuat dari daging ikan patin yang diberi bumbu dan disajikan dengan  cara dibaluri dan diberi kuah. Di daerah Palembang, olahan ini sering dijadikan sebagai lauk dalam menu utama. Itu artinya, pindang patin bukan untuk dimakan sendiri, melainkan dikonsumsi sebagai teman nasi.

Dalam cerita perkembangannya, daerah Sumatera Selatan, tepatnya Palembang ini diklaim sebagai daerah awal munculnya olahan ikan ini. Dengan kekhasan yang dimiliki kemudian olahan serta resep ikan patin mulai menyebar dibeberapa daerah lainnya. Namun yang berbeda, ikan patin khas Palembang memiliki ciri khas rasa khusus yang terletak dari keberagaman bumbu-bumbu serta kuahnya.

Resep Pindang Patin Ala Resto

Barangkali mengetahui mengenai resep pindang patin bukanlah hal yang sulit. Mengingat kuliner ini telah terkenal dan banyak dibahas di beberapa resep makanan hingga postingan para blogger. Namun di sini, tidak ada salahnya jika resep ini dibahas kembali dengan pembahasan yang lebih detail lagi.

Langsung saja, untuk membuat ikan patin, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan, mulai dari rempah seperti lengkuas, kunyit bakar, tomat, daun salam, daun serai, jahe. Supaya rasanya semakin lezat, Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu pelengkap lain seperti garam, kecap manis, daun kemangi, daun bawang, nanas, air asam, serta air biasa. Tidak hanya itu, untuk bumbu halusnya, Anda juga perlu menyiapkan bahan-bahan, seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan yang terakhir cabai rawit.

Adapun untuk langkah pembuatannya, ikan patin memiliki beberapa proses. Pertama, proses pencucian ikan dan pelumuran jeruk nipis, pencampuran bumbu halus, dan yang terakhir proses pemasakan. Dalam proses pemasakan, ikan patin dimasak hingga matang. Selanjutnya masukkan bumbu-bumbu tambahan seperti tomat, kecap manis, garam, dan penyedap secukupnya. Baca juga : Kreasi Resep Otak-Otak, Cemilan Daerah Pesisir yang Nikmat

Dan untuk sentuhan rasa terakhir, ikan patin bisa diimbuhi nanas yang telah dipotong sebelumnya, air asam, serta daun kemangi dan daun bawang. Tunggu hingga mendidih, dan resep ikan patin ala resto selesai dibuat. Supaya makin menggugah selera, anda bisa mempercantik tampilannya dengan menambahkan hiasan dari daun bawang irisan cabe merah.

Gallery Resep Masakan Patin

Resep Ikan Patin Bumbu Kuning Asem Oleh Desychomel Cookpad

Resep Special Membuat Masakan Ikan Patin Bumbu Balado

Resep Masakan Ikan Patin Bumbu Kuning Youtube

5 Resep Menu Buka Puasa Ikan Patin Lezatnya Sampai Kejiwa Batin

Resep Cara Membuat Ikan Asam Padeh Patin Lezat Menggugah

Resep Ikan Patin Bumbu Kecap Yang Lezat Dapur Ocha

Resep Pindang Patin Bumbu Sederhana Karya Joe Chellynz

Cara Masak Ikan Patin Bumbu Kuning Cara Memasak Ikan Bumbu

Blog Soleh Resep Masak Ikan Patin

Resep Palumara Ikan Patin Karya Endah Palupi Resep Masakan

Resep Masakan Ikan Patin Para Android Apk Baixar

Resep Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning Simpel Dan Praktis

Resep Masakan Ikan Patin Bumbu Kuning Spesial

Resep Ikan Patin Bumbu Kuning Santan Pedas Resep Masakan

Resep Dan Cara Membuat Masakan Ikan Patin Pedas Indonesia Recipe

Resep Gulai Ikan Patin Asam Pedas Resep Masakan Indonesia

Ikan Patin Bumbu Gulai Pedas Resep Masakan Rumahan Indonesia Sehari Hari Mudah Simpel Bunda Airin

2 629 Resep Masakan Patin Enak Dan Sederhana Cookpad

4 Tips Masak Ikan Patin Masak Apa Hari Ini

Resep Cara Memasak Ikan Patin Rica Rica Pedas

Simak Informasi Tentang Resep Masakan Sup Ikan Patin Bumbu

Resep Masakan Semur Ikan Patin Goreng Mazmur

Resep Masak Pindang Ikan Patin Sederhana Dan Mudah


Belum ada Komentar untuk "Resep Masakan Patin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel