Resep Empal Gepuk



Resep Empal Gepuk Manis Yang Bikin Nagih Wisata Seru

Resep Membuat Empal Gepuk Ala Nyonya Ong

Menu andalan di Rumah Makan Empal Gepuk Ny. Ong (sumber: @aboutbdg)

Jika Anda bepergian ke kota Bandung, ada salah satu menu kuliner yang mungkin wajib dicoba, yaitu empal Gepuk Nyonya Ong. Apa itu gepuk? Menurut situs gepuknyong.com, gepuk merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang biasa disebut dengan empal.

Gepuk Nyonya Ong terbuat dari daging sapi pilihan Indonesia, yang segar, bebas lemak, dan berada di bawah pengawasan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Departemen Kesehatan Republik Indonesia (Depkes RI). Selain dianggap lezat rasanya, Gepuk Nyonya Ong juga dinilai mengandung gizi tinggi.

Awalnya, Gepuk Nyonya Ong hanya melayani pemesanan untuk dibawa pulang atau take away. Tetapi, karena banyaknya permintaan untuk bisa makan di tempat, maka dibukalah restoran pertamanya tahun 2001 yang diberi nama Warung Cepot.

Setelah beberapa waktu, Gepuk Nyonya Ong akhirnya membuka cabang di beberapa tempat, sebut saja di Kelapa Gading, Jakarta Utara tahun 2005. Kemudian, di tahun 2006 dibuka lagi cabang di BSD, Serpong, dan di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Selanjutnya di tahun 2010 dibuka lagi cabang di Bintaro.

Produk apa saja yang disediakan oleh Gepuk Nyonya Ong? Kurang lebih ada enam menu yang bisa dipilih. Untuk harga, setiap produknya rata-rata dibanderol harga di bawah Rp 20 ribu, kecuali beef less sugar yang dijual seharga Rp 20.500. Menu beef original, beef extra pedas, beef salty bisa didapatkan dengan harga Rp 19.500. Sementara, yang paling murah adalah menu chicken original dan chicken spicy Rp yang dibanderol Rp 17.000.

Menu di Rumah makan Empal Gepuk Ny. Ong (instagram: @darren_savage_lol)

Untuk produk yang dibawa pulang, ketika Anda ingin menikmatinya, bisa mengikuti saran yang diberikan oleh Nyonya Ong. Seperti yang dilansir di situs resminya, cara memasak yang dianjurkan yaitu:

  • Keluarkan Gepuk Nyonya Ong dari lemari pendingin atau freezer, lalu cairkan sebentar.
  • Panaskan minyak dalam wajan atau teflon secukupnya. Dianjurkan suhu minyak tidak terlalu panas.
  • Masukkan gepuk ke dalam wajan atau teflon.
  • Jika sudah berubah warna dalam waktu kurang lebih 1 menit, angkat, dan tiriskan.
  • Gepuk Nyonya Ong sudah dapat dinikmati.

Khusus produk yang dibawa pulang, agar bisa lebih nikmat rasanya ketika dinikmati, Anda bisa memanaskan empal dengan beberapa cara antara lain dikukus, dimasukkan ke dalam microwave selama kurang lebih 30 detik, dipanaskan dalam teflon tanpa minyak, dan dipanaskan dalam wajan atau teflon dengan minyak yang sedikit.

Dikarenakan rasanya yang lezat, sudah banyak orang yang memberikan review positif. Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa mereka wajib membawa pulang Gepuk Nyonya Ong ketika sedang berkunjung ke Bandung atau Jakarta. Jika tidak sedang berkunjung, ada yang menitipkan kepada saudara atau teman untuk membeli Gepuk Nyonya Ong.

Jika Anda membutuhkan informasi mengenai produk, harga, atau apapun, bisa menghubungi info kontak outlet Gepuk Nyonya Ong terdekat. Di situs gepuknyong.com, dicantumkan alamat beserta nomor telepon di kota Bandung, Jakarta, dan Tangerang.

Gerai Empal Gepuk Ny. Ong di Pasirkalilki, Bandung (instagram: @gepuknyong)

Di Bandung, outlet Gepuk Nyonya Ong berada di beberapa lokasi di antaranya Dr. Djundjunan, Pasirkaliki, Setiabudi, dan Buah Batu. Di Jakarta, Anda bisa menemui outletnya di Kelapa Gading dan Pondok Indah. Sementara di Tangerang,  Nyonya Ong membuka outlet di BSD Serpong dan Bintaro Utama.

Walaupun bisa dibeli di outlet secara langsung, tetapi ada beberapa orang yang mencoba membuatnya sendiri. Berikut ini ada resep empal gepuk ala Nyonya Ong yang bisa dibuat di rumah.

Pertama-tama, siapkan berbagai bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat empal gepuk tentunya adalah daging sapi. Banyaknya tergantung kepada kebutuhan masing-masing. Tetapi, mungkin sekitar 250 gram sudah cukup. Kemudian, siapkan santan kental sebanyak 100 cc.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca resep berikut ini.

Resep Empal Gepuk ala Nyonya Ong

Bahan:250 gram daging sapi direbus hingga agak lunak, lalu potong 5 cm x 5cm tebalnya 1 cm lalu dimemarkan (jangan sampai hancur)

100 cc santan kental

Bumbu:5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 lbr daun salam

3 cm laos dimemarkan

5 gr asam jawa

30 gr gula merah

2 sdm ketumbar

garam secukupnya

Resep bumbu membuat empal gepuk ala Ny. Ong (sumber: jw.org)

Cara membuat:

  • Semua bumbu dihaluskan, campur dengan santan dan air kaldu, lalu masak.
  • Tambahkan garam, salam, dan laos.
  • Masukan daging, sampai meresap dan airnya habis dan bumbunya menyerap ke dalam daging, lalu angkat dan tiriskan.
  • Goreng daging hingga kecoklatan.
  • Hidangkan, taburi dengan bawang goreng.

Apabila resep di atas tidak sesuai dengan selera Anda, maka bisa mencari resep lain. Jika Anda mencarinya secara online, sudah banyak pilihan resep yang bisa diikuti. Anda cukup memilih resep yang mudah untuk dipraktikkan, dan tentunya sesuai selera.

Soal penyajian, empal gepuk biasa disantap dengan nasi hangat, sambal, sayur. Bisa juga dilengkapi dengan kerupuk. Tetapi, perihal penyajian, kembali lagi kepada selera masing-masing.

Gepuk Nyonya Ong mungkin sekilas mirip dengan Nyonya Yong. Jika dilihat dari penampilan, sekilas keduanya mirip. Terlebih, merek yang diusung juga hampir sama. Bagi mereka yang baru pertama kali ke Bandung, mungkin akan sedikit bingung.

Meskipun keduanya menjual produk sama dengan nama merek hampir sama, tetapi soal rasa mungkin bisa saja berbeda. Menurut review, empal Nyonya Ong terlihat agak tipis dan kering. Tekstur empal juga terasa agak berserat. Sementara, untuk Nyonya Yong, cenderung agak basah atau berminyak. Anda mungkin akan mencium bau bawang goreng yang ditaburi di atas gepuk.

Gallery Resep Empal Gepuk

Monde Id Aneka Resep Empal Gepuk Empuk Keterangan Resep

Resep Empal Daging Sapi I Empal Gepuk By Dapoer Lestari

Resep Empal Gepuk Rasa Juara Bikin Nagih Rancah Post

Resep Empal Suwir Daging Sapi Just Try Taste

Resep Empal Daging Sapi Yang Empuk Dan Gurih Kuliner Asyik

Resep Cara Membuat Empal Gepuk By Olinyolina

Baru 23 Bumbu Empal Gepuk

Resep Empal Penyet Sambal Cabe Merah Pedas Resep Tina

Resep Empal Gepuk Kumpulan Aneka Resep Masakan Harian

6 Resep Empal Daging Yang Lezat Dan Penuh Gizi Themoondoggies

Empal Gepuk Daging Sapi Just Try Taste

Resep Empal Gepuk Sambal Bawang

Resep Empal Gepuk Sambal Hijau Archive Tabloidbintang Com

Empal Gepuk Cooking With Sheila

Resep Empal Gepuk Ayam Enak Rekomendasi Menu Makan Siang

Resep Membuat Empal Gepuk Ala Nyonya Ong Gitacinta Com

Resep Empal Gepuk Daging Sapi Terlengkap Apps On Google Play

Resep Empal For Android Apk Download

Empal Gepuk Cara Membuat Empal Empal Goreng Resep Mama

Empal Gepuk Sapi Ala Bango Light Bango

Resep Empal Gepuk Goreng By Mama Syifa Hana Resep Tina

Resep Dan Cara Membuat Empal Gepuk Daging Sapi Enak Dan

5 Resep Empal Daging Masakan Sangat Favorit Enak Bikin


Belum ada Komentar untuk "Resep Empal Gepuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel