Resep Serundeng Manis



Serundeng Kelapa Prima 081555459716 Terbaik Hub 081 555

Aneka resep serundeng dan cara membuat serundeng enak

Aneka resep serundeng. Inilah aneka resep masakan serundeng yang dilengkapi dengan cara membuat serundeng dengan berbagai macam kreasi serundeng, seperti : resep serundeng kelapa, resep serundeng ayam, resep serundeng daging, resep serundeng ikan, resep serundeng kentang, dan serundeng kelapa untuk ketan. Serundeng termasuk dalam susunan masakan daerah yang menjadi pelengkap menu masakan, sehingga bagi ibu ibu muda maupun adik adik remaja putri akan lebih baik belajar cara bikin serundeng. Untuk bisa menghasilkan serundeng yang enak tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yuk ikuti petunjuk lengkap cara buat serundeng kreasi baru.

Serundeng termasuk dalam kategori resep masakan tradisional yang cukup mudah membuatnya, bahkan anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk bisa menyajikan masakan serundeng lezat. Seperti diterangkan di atas bahwa serundeng mencantumkan bahan utama kelapa parut yang mesti diperhatikan kualitasnya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, maka gunakan kelapa parut yang setengah tua seperti saat anda membuat botok tempe campuran petai cina.

Resep asli serundeng pada awalnya hanya menggunakan bahan utama kelapa parut yang kadang juga dicampur dengan empal daging. namun seiring dengan kreasi kreasi masakan indonesia yang digalakkan oleh para ibu ibu muda kreatif maka sekarang anda sudah mampu membuat kreasi baru masakan serundeng dengan berbagai macam bahan tambahan, seperti daging sapi, daging ayam, ikan, kentang, bahkan dicampur dengan sayuran kacang panjang juga sama enaknya.

Lantas apa saja bahan bumbu untuk membuat serundeng yang enak dan lezat. Seperti pada kebanyakan resep masakan jawa, maka bumbu bumbu untuk bikin serundeng ini juga gampang mencarinya dan harganya juga sangat murah. Anda bisa membeli semua bahan bahan untuk masakan serundeng di pasar tradisional, warung dekat rumah, maupun di tempat tempat penjual sayuran lainnya. Dengan demikian tidak kebingungan saat bunda belajar cara memasak serundeng ini.

Nah sebelum mencoba memulai bikin serundeng kelapa parut ini, yuk mencari bahan bahan yang diperlukan, seperti : daun jeruk, daun salam, lengkuas, asam jawa, bawang putih, bawang merah, kunyit, dan bahan bahan lain yang diperlukan, jangan lupa bahan utama serundeng yakni kelapa muda parut. Setelah pencarian bahan bahannya sudah lengkap, yuk mulai mempersiapkan peralatannya dan melihat petunjuk lengkapnya di sini.

Resep serundeng kelapa

Bahan utama serundeng kelapa Kelapa setengah tua : 1 butir, parut serong

Bahan bumbu halus serundeng kelapa

Ketumbar : ± 1 sendok teh Bawang putih : 2 hingga 3 siung Bawang merah : 3 buah Asam jawa : 3 biji, gunakan asam jawa tua.

Kunyit : ± 2 cm

Bahan pelengkap >> Daun salam : 3 lembar >> Daun jeruk : 3 lembar, lebih bagus gunakan daun jeruk purut >> Lengkuas : sepotong sekitar 1 cm dan geprek geprek >> Gula merah : ± 2 cm

>> Garam dan penyedap rasa : secukupnya

Cara membuat serundeng kelapa

  1. Langkah pertama uleg halus bumbu halus
  2. Siapkan wajan atau penggorengan. gongseng bumbu halus hingga matang dan harum, jangan lupa gunakan api kompor kecil saja
  3. Tambah sedikit air sekitar 3 hingga 4 sendok makan
  4. Masukkan asam jawa, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan gula merah. jangan lupa masukkan juga penyedap rasa dan garam secukupnya.
  5. Aduk aduk secara perlahan hingga semua bumbu bumbu bercampur merata.

Serundeng kelapa parut ini bisa juga ditambahkan dengan beberapa potong kentang atau kacang panjang. Serundeng juga biasa digunakan untuk hiasan pelengkap nasi kuning. Pelajari terus cara bikin aneka jenis serundeng kelapa bersama campuran enaknya. Baca terus berbagai jenis resep serundeng berikut

Saat anda membuat serundeng ada beberapa hal penting, selain umur kelapa parut yang pas yakni tidak terlalu muda tetapi juga tidak terlalu tua. Penggunaan kelapa tua untuk serundeng akan menghasilkan serundeng kering dan tidak lembut sehingga rasanya juga kurang enak. Demikian juga jika menggunakan kelapa terlalu muda tentunya akan sulit di parut. Jadi gunakan kelapa yang pas. Dan satu lagi untuk menghasilkan tampilan serundeng yang bagus, disarankan untuk mengupas atau kerik dahulu kulit kelapanya.

Cara aduk aduk masakan serundeng ini memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan semakin lama cita rasa serundeng justru akan semakin enak. Untuk itu gunakan nyala api kompor kecil saja. Sebab jika menggunakan api sedang hingga besar, maka mengakibatkan masakan serundeng akan gosong dan merusak rasa serta tampilan serundeng buatan bunda. Jadi cara mengaduk saat membuat serundeng adalah perlahan lahan namun terus menerus supaya tidak gosong di bawah. Yuk ikuti resep cara bikin serundeng selanjutnya.

Resep serundeng ayam

Salah satu resep serundeng ayam paling terkenal saat ini adalah ayam serundeng dari kota Tasikmalaya. Cara pembuatan masakan ayam serundeng ini cukup mudah dan bahan bumbunya juga sangat sederhana. Pokoknya bahan bahannya tidak berbeda dengan serundeng kelapa di atas. Bagi yang bosan dengan ayam goreng yuk buat kreasi baru yakni masakan serundeng ayam goreng lezat dan istimewa.

Bahan utama serundeng ayam Kelapa setengah tua : 1 butir, parut serong Santan kental : sekitar 300 ml atau 1½ gelas Daging ayam 1 ekor : potong menjadi 12 atau sesuai selera

Jeruk nipis : 2 atau 3 buah

Bahan bumbu halus serundeng ayam

  • Ketumbar : ± 1 sendok teh cukup
  • Jintan : ± ½ sendok teh
  • Bawang putih : 2 atau 3 siung tergantung ukurannya
  • Bawang merah : sekitar 3 buah atau 4 buah
  • Kunyit : ± sepotong  sekitar 2 cm
  • Kemiri : 3 butir dan sangrai dahulu
  • Asam jawa : 3 biji

Bahan untuk bumbu halus ayam goreng

  • Bawang merah : 7 buah
  • Bawang putih : 4 siung
  • Ketumbar : ± 1 sendok makan
  • Kunyit : sepotong ukuran 2 cm
  • Kemiri : 2 buah dan sangrai dahulu
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya

Bahan pelengkap serundeng ayam

  • Daun salam : 3 lembar
  • Daun jeruk : 3 lembar, lebih bagus gunakan daun jeruk purut
  • Lengkuas : sepotong sekitar 1 cm dan geprek geprek
  • Serai : 2 batang dan buang ujungnya
  • Gula merah : ± 2 cm
  • Garam dan penyedap rasa : secukupnya

Cara membuat serundeng ayam

  1. Cuci bersih daging ayam, setelah di tiriskan lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan taburi dengan garam. kemudian remas remas dan tunggu sekitar 10 menit. Cuci kembali daging ayam dan tiriskan.
  2. Berikutnya rebus daging ayam bersama bumbu halus dan santan kental hingga matang.
  3. Selanjutnya goreng daging ayam hingga matang.
  4. Pada sesi selanjutnya gongseng bumbu halus serundeng dengan sedikit minyak hingga harum dan tambahkan sedikit air bersih ( sekitar 4 sendok makan ). Tunggu hingga mendidih, kemudian tambahkan daun salam, daun jeruk dan bahan pelengkap lainnya.
  5. Setelah bercampur rata coba cicipi dahulu kuahnya sehingga sesuai dengan selera.
  6. Sekarang masukkan kelapa parut dan aduk aduk secara perlahan, setelah setengah matang masukkan juga ayam goreng.
  7. Aduk terus secara perlahan dengan nyala api kecil hingga sedang. Setelah cukup matang ( berbau harum ) angkat dan sajikan.

Untuk langkah berikutnya cara bikin serundeng daging. Yuk ikuti resep cara bikin serundeng selanjutnya.

Serundeng daging sapi ini lebih enak di antara jenis serundeng lainnya dan termasuk dalam resep masakan praktis. Untuk hasil terbaik gunakan daging sapi Has dalam karena lebih enak dan mudah memotongnya. Hilangkan semua lemak dan otot otot putihnya, kemudian potong potong persegi empat tipis tipis. Perlu diketahui bahwa potongan daging sapi sebaiknya sedikit lebih besar karena nantinya akan mengecil saat sudah masak.

Seperti dikatakan di atas bahwa cukup banyak aneka jenis masakan serundeng. Sekarang bunda sudah mampu membuat serundeng kelapa dan serundeng ayam. Untuk lebih lengkapnya yuk kupas satu persatu resep masakan serundeng modern. Pada hakekatnya bahan bahan bumbunya tidak jauh berbeda, demikian juga kelapa parutnya masih tetap menggunakan kelapa parut setengah tua dan parut serong. Sekarang mulai resep serundeng yang lain yakni serundeng daging sapi.

Serundeng di daerah jawa khususnya di kota madiun digunakan untuk pelengkap masakan asli kota madiun yakni nasi pecel. Selain serundeng juga sering ditambahkan lempeng kerupuk puli maupun tempe keripik. Di beberapa pedagang juga sering ditaburi dengan petai cina mentah supaya lebih sedap rasa pecelnya. Saat anda berkunjung ke kota madiun sempatkan untuk mampir dan merasakan lezatnya pecel asli madiun.

Cara buat serundeng dari daging sapi sama mudahnya dengan cara membuat serundeng kelapa parut maupun serundeng ayam. Hal ini bisa dijadikan untuk kreasi masakan serundeng, sehingga meskipun bunda membuat serundeng setiap hari tidak akan bosan sebab bahan pelengkapnya bisa gonta ganti. Kelebihan masakan serundeng kelapa ini adalah mampu bertahan hingga beberapa hari, sehingga sekali anda membuatnya bisa untuk pelengkap lauk dua hingga tiga hari.

Resep serundeng daging

Bahan serundeng daging sapi:

Daging sapi : ½ kg, pilih daging has dalam dan potong persegi empat tipis Kelapa setengah tua : 1 butir, parut serong

Bumbu Halus serundeng daging:

Bawang putih :  4 siung Bawang merah : 5 siung Ketumbar : ± 2 sendok makan

Garam dan penyedap rasa : secukupnya

Bahan bumbu pelengkap lainnya

Daun jeruk : 5 lembar Daun salam : 2 lembar Gula merah atau gula : ± 50 gr Lengkuas : sepotong ukuran 2 cm, geprek dulu Serai : 2 batang dan buang bagian ujungnya Kecap Manis : 5 sendok makan Santan kelapa : ± 1 liter

Minyak goreng : sedikit untuk tumisan

Cara membuat serundeng daging sapi

  1. Langkah pertama sangrai dahulu ( goreng tanpa minyak ) kelapa parut hingga warna berubah sedikit kecoklatan.
  2. Langkah berikutnya tumis atau gongseng bumbu halus harum harum. Lantas masukkan daging satu persatu.
  3. Masukkan juga santan, daun salam, lengkuas, daun jeruk, serai, gula merah, garam, penyedap rasa, dan lainnya. Untuk garam jangan ditambahkan dahulu.
  4. Kecilkan kompor dan tunggu hingga daging empuk. Lantas tambahkan garam secukupnya. Tunggu hingga beberapa saat dan sekali waktu aduk aduk supaya santan tidak pecah
  5. Setelah air tinggal sedikit, sekarang masukkan kelapa parut. Aduk aduk hingga kuah hinlang dan mengering.
  6. Masakan serundeng daging ini cukup mantap untuk menemani sepiring nasi hangat dan sambal pedas.

Resep serundeng ikan

Resep serundeng ikan tidak kalah enaknya dengan masakan serundeng lainnya. Cara membuat serundeng ikan cukup sederhana. Ada beberapa jenis resep ikan serundeng, seperti serundeng ikan tongkol, serundeng ikan tuna, serundeng ikan kembung, serundeng ikan teri dan berbagai macam serundeng ikan lainnya. Pokoknya untuk ikan ikan yang memiliki duri sedikit yakni di bagian tengah dan siripnya lebih mudah untuk dimasak serundeng.

Untuk membuat masakan serundeng ikan yang enak, saya sarankan untuk memilih ikan segar dengan ukuran yang cukup, jangan menggunakan ikan ukuran kecil karena akan sedikit lebih repot. Untuk sementara ini serundeng ikan air tawar lebih menjanjikan karena teksturnya yang mudah dan tidak sulit memisahkan durinya dari daging ikannya. Nah untuk kali ini saya akan memberikan tips tutorial lengkap cara bikin masakan serundeng ikan tongkol.

Aneka resep tradisional begitu kaya akan macam dan jenis bahannya. Dengan demikian tidak akan pernah bosan untuk belajar resep masakan negara sendiri. Ada satu kelebihan masakan tradisional nusantara ini yakni mudah dalam mencari bahan bumbu yang akan digunakan, dan disisi lainnya harga bahan utamanya juga cukup murah, sehingga akan mengurangi jatah belanja bulanan. Dan yang pasti anda menjadi lebih pandai dalam hal menyajikan masakan untuk seluruh keluarga.

Nah sebelum anda memulai untuk belajar cara bikin masakan ikan tongkol serundeng yang lezat, ada baiknya mempersiapkan bahan bahan yang akan digunakan seperti bahan utamanya yakni ikan tongkol kualitas bagus dan masih segar, serta bahan bumbu bumbunya. Tidak perlu repot repot, saat pergi ke pasar anda bisa langsung membeli bahan bahannya di sana secara lengkap. Untuk keperluan tersebut, tulis dahulu bahan serundeng ikan tongkol yang akan digunakan.

Bahan utama serundeng ikan

  • Ikan tongkol : 500 gram
  • Kelapa parut : ½ butir, parut serong

Bahan bumbu halus serundeng ikan

  • Bawang Putih: ukuran sedang hingga besar 2 siung
  • Bawang merah : 3 atau 4 buah
  • Kunyit : satu ruas ukuran 2 cm
  • Jahe : sekerat ukuran 1 cm
  • Ketumbar : ± 1 sendok teh
  • Kemiri : 1 buah, sangrai
  • Garam, gula merah, penyedap rasa : secukupnya

Bahan bumbu pelengkap

  • Daun salam : 3 lembar
  • Daun jeruk : 3 lembar
  • Sereh : 1 batang
  • Lengkuas : ± 2 cm

Cara membuat serundeng ikan tongkol

  1. Cuci bersih ikan tongkol segar dan kerik bagian sisik luarnya
  2. Kemudian goreng setengah matang, setelah sedikit dingin buang durinya dan suwir suwir dan jangan terlalu lembut.
  3. Selanjutnya uleg bumbu halus atau bisa juga dengan blender
  4. Sangrai kelapa parut hingga warnanya sedikit kekuningan
  5. Gongseng dengan sedikit minyak hingga harum, tambahkan sedikit air ( 3 hingga 4 sendok makan ), tambahkan daun jeruk, sereh, daun salam, dan lengkuas geprek. Aduk aduk dan cicipi hingga sesuai selera.
  6. Masukkan kelapa parut dan ikan tongkol suwir, aduk secara perlahan lahan dalam beberapa menit.
  7. Setelah semua benar benar bercampur rata dan matang, angkat dan sajikan

Sajikan dengan nasi putih hangat dan lauk lainnya. Serundeng ikan tongkol ini cukup enak disajikan dengan masakan lainnya, namun akan lebih nikmat dengan lauk pauk kering seperti sambal goreng kentang atau lainnya. Selanjutnya belajar serundeng yang lain yakni serundeng ketan

Resep serundeng kelapa manis

Serundeng memiliki bermacam jenis, ada serundeng untuk lauk pauk dan ada pula serundeng untuk pelengkap nasi ketan. Nah serundeng nasi ketan ini menggunakan bahan utama yang sama yakni kelapa parut setengah tua. Serundeng kelapa untuk ketan memiliki rasa sangat enak yakni manis dan gurih. Biasanya dilengkapi juga dengan bubuk kedelai goreng sebagai pelengkap sajian pada jajanan nasi ketan yang biasanya di jual pada pagi atau sore hari.

Jajanan tradisional nasi ketan putih ini masih banyak di temukan di berbagai kota di daerah, namun kalau di kota besar sangat sulit mendapatkan pedagang nasi ketan, kecuali di pasar pasar jajanan tertentu. Sehingga untuk dapat merasakan lezatnya jajanan ketan kelapa parut ini anda mesti membuatnya sendiri. Anda belum paham cara memasak nasi ketan, bisa dipelajari kok. Yang beda adalah serundeng kelapa nasi ketan ini biasanya dibuat cukup sedikit saja dan tidak perlu banyak banyak sebab hanya untuk taburan nasi ketan saja.

Namun pada kali ini saya akan melengkapi resep serundeng kelapa yang memang mampu disajikan dalam berbagai keperluan, baik untuk tambahan lauk pauk maupun untuk pelengkap taburan pada nasi ketan yang menjadi jajanan pasar paling laris saat ini. Cara bikin serundeng kelapa manis pada dasarnya lebih mudah dan lebih praktis dari pada saat bunda membuat serundeng masakan, bahkan waktunya juga lebih cepat. jangan lupa tetap gunakan kelapa setengah tua ya supaya rasanya lebih gurih dan mantap.

Perlu diketahui bahwa serundeng kelapa yang satu ini bisa untuk melengkapi berbagai jenis jajanan pasar, jadi bukan hanya untuk taburan nasi ketan saja, melainkan untuk taburan penganan lainnya. Bahkan cukup enak juga untuk jajanan dari bahan utama ketan lainnya. Perlu diketahui bawha nasi ketan memiliki berbagai macam tampilan bahkan bentuknya juga bermacam macam, seperti bulat tipis, lonjong, dan cukup disajikan dengan piring kecil juga sama enaknya. Ada juga yang berwana putih bersih atau bahkan nasi ketan kuning.

Bahan bahan serundeng kelapa

  • Kelapa setengah tua : ± 200 gram atau ¼ butir, parut sering dan jangan lupa kerok dahulu kulitnya

Bumbu halus serundeng kelapa

  • Bawang putih : 3 siung
  • Bawang merah : 4 butir
  • Ketumbar : ½ sendok teh
  • Serai : cukup 1 batang
  • Garam dan gula pasir : secukupnya

Cara membuat serundeng kelapa manis

  1. Gongseng bumbu halus hingga harum, aduk aduk dan masukkan serei, tunggu hingga matang dan harum.
  2. Masukkan kelapa parut, gula pasir secukupnya, sangat sedikit garam, aduk aduk secara perlahan.
  3. Terus aduk aduk dan gunakan api kompor kecil serta jaga jangan sampai gosong di bagian bawahnya.
  4. Setelah warna berubah menjadi kecoklatan angkat dan gunakan untuk taburan nasi ketan.

Perlu diketahui bahwa semakin lama anda aduk aduk serundeng, maka hasilnya akan semakin bagus, itulah sebabnya selalu gunakan nyala api kompor kecil saat anda membuat serundeng, karena minyak kelapa akan keluar seiring dengan panasnya serundeng anda.

Gallery Resep Serundeng Manis

Resep Singkong Goreng Serundeng Manis

Videos Matching Resep Dan Cara Memasak Serundeng Revolvy

Serundeng Kelapa Pedas Manis

Videos Matching Resep Dan Cara Memasak Serundeng Revolvy

Resep Masakan Ayam Serundeng For Android Apk Download

8 Cara Membuat Serundeng Enak Gurih Dan Tahan Lama

Resep Dan Cara Membuat Empal Daging Serundeng Kelapa Presto Yang Manis Lezat

Serundeng Kelapa Prima 081555459716 Terbaik Hub 081 555

Resep Serundeng Kelapa Pedas Manis Masak Itu Sederhana

Cara Membuat Serundeng Kelapa Kering Resep Masakan

Cara Membuat Serundeng Kelapa Parut Spesial Enak

Jual Serundeng Kelapa Pedas Mezzaluna Snack Organik 200g Tanpa Pengawet Manis Jakarta Timur Arcee Tokopedia

Resep Serundeng Manis

Resep Serundeng Manis Oleh Karya Andini Cookpad

Resep Ayam Goreng Serundeng Kelapa Kering Manis Resep

Resep Membuat Ayam Goreng Serundeng Istimewa Rancah Post

Ketan Serundeng Manis Pedas

8 Cara Membuat Serundeng Enak Gurih Dan Tahan Lama

Resep Serundeng Daging Jadikan Sebagai Persediaan Lauk Yang Sedap Dan Tahan Lama

Resep Serundeng Kelapa Pedas Manis Oleh Nurul Ismayanti

Ingin Gurihnya Ayam Goreng Serundeng Hingga Ke Tulang Coba

Cara Mudah Membuat Ketan Kuning Serundeng Asahid Tehyung

Ketan Serundeng Original

Ayam Serundeng Khas Sunda Pedas Manis

Bola Bola Ketan Serundeng Pedas

Resep Serundeng Kelapa Pedas Manis Oleh Mega Winasis Cookpad


Belum ada Komentar untuk "Resep Serundeng Manis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel