Resep Masakan Khas Indonesia



Resep Masakan Khas Indonesia 1 0 Download Apk For Android

Makanan Khas Daerah Seluruh Indonesia, 34 Provinsi (Lengkap!)

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang kaya akan budaya dan keberagamannya. Mulai dari bahasa, adat istiadat, aliran kepercayaan sampai jenis kuliner di setiap daerah. Selain itu makanan khas daerah Indonesia, menjadi salah satu kekayaan yang tidak ternilai harganya.

Keberagaman Indonesia bisa di gambarkan dengan banyak hal salah satunya makanan khas daerah dari settiap daerah. Mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Mianggas sampe pulau Rote begitu menyimpan banyak rahasia di dalamnya.

Dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda menjadikan keberagaman dan cita rasa pada setiap makanan Indonesia.

Kuliner Khas Indonesia

Sebelum membahas tentang makanan, sejak tahun 2012 indonesia mengalami pemekaran menjadi 34 provinsi. Luas daerah dan tingkat pertumbuhan penduduk yang ini menjadi salah satu penyebab cepatnya pemekaran di Indonesia. Dengan jumlah provinsi yang semakin banya, diharapkan proses pembangunan suatu daerah semakin cepat. Sehingga pada akhirnya akan meningkatkan prekonomian suatu daerah.

Jika berbicara tentang daerah di indonesia, pasti setiap tempat mempunyai ciri khas citarasa kulinernya. Agar menambah pengetahuan, berikut akan saya ulas berbagai jenis makanan khas daerah indonesia, dari 34 provinsi.

Makanan Khas Pulau Sumatera

Pulau sumatera merupakan salah satu pulau besar yang ada di Indonesia, Sejarah panjang pulau sumatra menunjukan bahwa pulau ini merupakan bagian penting dari tonggaknya kemerdekaan Indonesia.

Tidak hanya itu jika kita perhatikan pulau sumatra mempunyai ciri khas tersendiri dari segi kulinernya, mulai dari ujung atas yaitu aceh sampai ujung bawah provinsi lampung. Berikut beberapa makanan khas pulau sumatra

Aceh merupakan provinsi paling ujung sebelah barat dari negara kita, tanah serambi mekah terkenal akan budaya yang bercampur dengan agama Islam. Aceh mempunyai potensi yang sangat tinggi di semua sektor. Tidak terkecuali petensi wisata kulinernya.

Ada yang sudah pernah ke aceh? Kalo pernah, ada yang tau eungkot kemamah? Eungkot Kemamah merupakan makanan khas daerah Aceh. Eungkot Kemamah berbahan dasar ikan laut seperti tuna, tongkol atau jenis lainnya. Proses pemasakannya di rebus kemudian di keringkan.

Setelah kering ikan di iris kecil kecil lalu dimasak berkuah dengan campuran santan, cabai ijo, serta bumbu rempah lainnya. Masakan yang satu ini sudah ada sejak jaman penjajahan ketika melawan belanda.

Sumatera Utara merupakan sebuah provinsi di pulau sumatera. Kota Medan menjadi ibu kota provinsi yang terkenal dengan budaya dan kearifan lokalnya. Sumatera utara merupakan daerah dimana sebagian besar penduduknya di huni oleh suku batak, suku asli tanah sumatera utara.

Tidak hanya soal keunggulan pariwisatanya, sumatera utara terkenal dengan cita rasa kulinernya yang khas pulau sumtera. salah satu menu makanan yang mempunyai cita rasa tinggi adalah Naniura.

Naniura

Naniura merupakan makanan khas daerah sumatera utara yang berbahan ikan mas. Jika kamu termasuk pecinta makanan jepang khususnya shasimi, kamu pasti akan penasaran dengan shasimi khas Sumatera ini.

Naniura adalah makanan berbahan dasar ikan mas mentah, kemudian di beri campuran rempah dan asam.Kemiripan naniura sama shasimi yaitu daging ikan mentah, namun proses pematangan daging ikan tidak melalui pemasakan, melaikan melalui pemberian asam.

Sejarahnya naniura merupakan makanan raja, tidak sembarang orang bisa membuat, harus koki kerajaan yang membuatnya.

Siapa yang tidak kenal dengan masakan padang, hampir di seluruh penjuru nusantara ada. Padang adalah ibukota provinsi dari Sumatera Barat. Mayoritas penduduk Sumatera Barat adalah suku Minangkabau, yang terkenal budaya Minangnya.

Mungkin sudah terlalu umum kalau saya menuliskan rendang, dendeng, atau yang berbau balado. Tapi apa kamu tau makanan khas lainnya dari Sumatera Barat? makanan yang cuma ada di Sumbar, namun ngga ada di tempat lain, alias endemik. Apa kamu tahu Sala Lauak? Kalo belum tau saya mengulas tentang hal itu.

Sala lauak

Sala lauak merupakan makanan khas daerah dari Sumatera Barat khususnya berasal dari daerah Pariaman. Berbahan dasar ikan giling halus, kemudian di campur dengan bumbu dan di tambahkan tepung.

Setelah tercampur rata, Sala lauak di bentuk bulat-bulat seperti bakso, setelah itu di goreng sampe kuning kecoklatan. Ada dua varian sala lauak yaitu bentuk bulat dengan tekstur agak keras dan bentuk pipih ertekstur lunak.

Resep Pempek Palembang

Jika kamu ingin wisata kuliner, mungkin kamu wajib mencoba datang ke Sumatera Selatan. Terkenal dengan sungan Musi nya, Sumsel merupakan sebuah provinsi dimana Kota Palembang menjadi ibukotanya.

Dengan mayoritas suku melayu, kemudian terdapat banyak sungai di Sumsel. Citarasa makanannya sangat kental dengan budaya melayu yang berbahan dasar ikan.

Makanan ini sudah tidak asing lagi di kuping kita, pempek merupakan makanan cemilan yang berbahan dasar ikan dan tepung, kemudian setelah di goreng di kasih kuah cuka atau cuko. Berikut resep pempek palembang

Resep Pempek Palembang

  • Bahan dan bumbuikan tengiri, tepung terigu dan tapioka
  • garam, penyedap, gula, bawah putih halus, telur

Bahan cuka yaitu : gula merah, air asam jawa, cabe rawit, bawang putih, cuka

Cara membuat cuka : masak air kemudian, masukan bahan bahan sampe tercampur rata-rata, kemudian icip-icip sampe sesuai selera.

Cara membuat pempek: masak air, siapkan semua bumbu, tepung terigu dan gilingan ikan, pastikan adona tercampur sampai kalis. Setelah itu bentuk adonan sesuai selera, kemudian rebus. Setelah adonan matang, tiriskan kemudian goreng, sajikan dengan kuah cuka dan irisan mentimun.

Riau merukan salah satu provinsi di tanah Sumatera, Riau juga terkenal dengan budaya melayunya yang sangat kuat. Dengan kondisi geografis yang banyak di apit oleh sungai-sungai besar, Riau tidak pernah kekurangan sumberdaya ikan, terutama jenis ikan sungai atau rawa.

Sehingga banyak sekali olahan dari ikan, yang salah satunya Ikan selais asap merupakan menu olahan dari ikan khas Pekanbaru. Ikan selais merupakan salah satu jenis ikan yang banyak di temui di daerah sungai-sungai di riau.

Cara mengolahnya pun mudah. Setelah di bersihkan Ikan selais kemudian di asap, setelah itu di goreng tambahkan bumbu sambal pedas khas rRau. Lalu sajikan bersama nasi hangat.

Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi yang terdiri dari beberapa pulau di sekitar laut sumatera. Kepulauan Riau merupan provinsi dimana perairannya berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia dan Laut Cina selatan.

bagi kamu yang ingin liburan dan menikmati wisata, kepri mreupakan dstinasi yang cocok untuk kamu kunjungi

Namun tidak hanya potensi wisatanya, Kepri memiliki sejuta makanan yang lezat dan patut kamu coba, salah satunya yaitu Gong gong.  faktor Geografis sangat mendukung banyaknya olah makanan dari laut termasuk gong gong

Gong gong atau siput di olah dengan di rebus sebentar, kemudian di sajikan bersama sambal khas tanjung pinang. Segarnya sambal dan kenyalnya siput membuat lidah anda bergoyang, terutama bagi para  seafood.

Kalian pecinta duren? yaps di jambi banyak sekali duren sampai-sampai ada masakan dengan berbahan dasr duren, namanya tempoyak. tempoyak merupakan makanan khas daerah Jambi yang terbuat dari daging duren yang di fermentasi.

Menu masakan tempoyak biasanya di variasikan dengan makanan lain.

Temoyak ikan patin, yaitu sajian menu ikan berkuah dengan sambal tempoyak. aroma khas durennya sangat kuat, jadi bagi kamu yang ingin merasakan sensai duren yang lebih, bisa coba makanan ini.

Bengkulu adalah salah satu provinsi di pulau Sumatra, yang menyimpan begitu banyak potensi sumberdaya alam. Fakta unik dari provinsi Bengkulu adalah wisata sejarahnya. Ada suatu peristiwa dimana bung Karno pernah di asingkan oleh pemerintah belanda pada tahun 1938-1942.

Namun tidak hanya sekedar wisata sejarahnya, bengkulu menyimpan banyak resep masakan yang bisa membuat anda ketagihan. Kamu tahu pisang? pisang merupakan salah satu jenis buah. namun di bengkulu di buat sebagai menu masakan yang enak, namanya gulai pisang.

Gulai Pisang

Gulai pisang merupakan resep yang di turunkan secara turun temurun. Proses pembuatannya pun cukup mudah, bahas dasar utama berupa pisang dan santan, pisang yang di gunakan pisang muda. Untuk menghilangkan getah pisang, bisa dilakukan dengan perendaman dengan garam dan jeruk nipis.

Kemudian masak dengan bumbu khas dan santan, masak sampe matang dan sajikan.

Jika kamu mendengar kata belitung, pasti yang pertama kali terpikirkan oleh kamu film fenomenal laskar pelangi. bangka belitung atau yang sering kita kenal dengan provinsi babel, adalah sebuah provinsi yang di kelilingi lautan. bangka belitung sangat terkenal dengan keindahan alamnya, namun tidak kalah dengan wisata kulinernya.

Makanan khas daerah bangka belitung terkenal dengan olahan ikan lautnya, hal ini sangat wajar karena sebagian besar masyarakat di provinsi ini di daratan dekat pantai. salah satu makanan khas nya yaitu mie belitung.

Mie belitung sering di jadikan makanan selamat datang bagi para wisatawan, namun apa bedanya dengan mie mie yang lain

Mie belitung terdiri dari mie kuning dengan kuah kaldu udang, biasanya di sajikan di dalam mangkok lebar. Campuran mie Belitung terdiri dari udang, kentang rebus yang di potong-potong kecil, dan irisan mentimun.

Jika kamu berkesempatan ke pulau indah ini, jangan sampe lewatkan mie khas bumi laskar pelangi.

Lampung merupakan sebuah provinsi di ujung sumatera bagian bawah. provinsi yang terkenal dengan iconnya yaitu gajah menyimpan sejuta potensi wisata alam dan wisata kuliner. secara adat istiadat suku lampung terbagi dua yaitu lampung sai batin dan pepadun.

Akibat dari adanya dua suku tersebut mempengaruhi citarasa masakan. makanan khas lampung yang harus kamu coba adalah gabing.

Gabing merupakan masakan dari bahan dasar batang kelapa muda, dengan kuah santan dan di tambahkan daging sebagai penambah citarasa masakan. Gabing biasanya di sajikan pada acara cara adat atau menu saat pernikahan.

Gimana udah pernah coba makanan dari batang kelapa? kalau belum patut di coba

Makanan Khas Daerah Pulau Jawa

Tanah Banten tidak hanya menghasilkan para jawara saja, tapi menghasilkan juga makanan khas yang kayak akan citarasa. Jika kamu berkesempatan untuk berkeunjung ke provinsi Banten, tepatnya berkunjung ke kota Serang jangan lupa mencoba makan makanan khas daerah ini, namanya Rabeg.

Rabeg adalah makanan khas daerah Banten yang berbahan dasar daging dan jeroan kambing atau domba.

Rasanya seger pedas bercampur manis, bumbu rempah khas indosia seperti jahe, lada dan dan cabai sangat terasa pada menu satu ini. rabeg merupakan makanan berat, sehingga enak jika dimakan bareng nasi yang masih hangat.

Sebagai ibu kota negara, provinsi masih menyimpan sejuta rahasia termasuk resep rahasia makanan. Sebagai kota metropolitan jakarta tidak serta merta kehilangan makanan khas nya.

banyak sekali makanan khas tanah orang betawi, salah satu yang terkenal yaitu kerak telor. Kerak telor terbuat dari telor bebek/ayam, beras ketan putih, ebi kering bawang goreng dan di beri taburan kelapa yang di sangrai.

Kerak telor merupakan jenis makanan yang bisa di jadikan menu lauk makanan berat atau cemilan, keunikan dari kerak telor dilihat dari cara memasaknya, yang bisa di balik namun ngga tumpah.

Jika kamu berkesempatan ke jakarta dan ingin mencobanya, banyak pedangang kaki lima yang menjajahkan makanan ini.

Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia. Cita rasa masakan khas sunda sangat melekat di semua msakan sunda. Dengan potensi sumberdaya alam dan manusianya, jawa barat menghasilkan beragam resep masakan yang sangat lezat dan bikin nagih.

Salah satu maskaan khas Jabar adalah Nasi Liwet. Nasi liwet adalah salah satu resep masakan yang sangat populer di tanah sunda. Nasi liwet di masak dengan bumbu rempah asli Indonesia seperti daun salam dan sereh.

Salam dan sereh menjadikan nasi jenis ini harum dan mempuyai cita rasa tersendiri. Nasi liwet biasanya di sajikan dengan sambal terasi, ikan asin dan pete atau jengkol. nasi liwet lebih enak jika di sajikan dan makan bersama.

Jawa tengah merupakan salah satu provinsi di indonesia yang memiliki sejarah panjang, dari mulai penyebaran agama islam, pusat adat budaya jawa dan tempat berkumpulnya makanan-makanan khas jawa yang terkenal agak manis.

Semarang merupakan ibukota provinsi ini, sebagai ibukota tentunya semarang menjadi pusat baik itu pemerintahan, dan makan-maknan khas Jawa Tengah.

Ada yang tau garang asem? Garang asem adalah masakan yang berbahan dasar daging ayam yang di masak menggunakan daun sebagai pembungkusnya. Campuran bumbu khas garang asem dan santan, menambah nafsu makan ketika kamu menyantap hidangan yang satu ini.

Garang asem bisa di makan bersama nasi plus tempe goreng, perkedel dan tambahan lauk sesuai selera.

Yogyakarta merupakan satu-satunya provinsi yang di pimpin oleh seorang Raja, namun setara dengan gubernur jika di setarakan dengan jabatan pemerintah. Ke khasan Yogyakarta sangat terlihat jelas dari kultur masyarakat, bahasa dan citarasa maskannya.

Sebagai kota dengan tujuan wisata, Yogyakarta menyediaakan berbagai jenis makanan khas daerah yang patut kamu coba. Yaps kamu harus coba nasi gudeg jogya.

Nasi gudeg/ gudeg, makanan ini mungkin tidak asing lagi ditelinga kita, namun yang jadi permasalahan sudah pernah kah kamu mencoba masakan ini? gudeg merupakan masakan yang berbahan dasar nangka muda.

Gudeng sangat di nikmat jika di sajikan bersama nasi hangat kerecek dan bakwan jagung, sungguh keninkmatan yang haqiqi.

Jawa Timur merupakan provinsi di mana pusat-pusat pesantren besar di Indonesia. Kekayaan kuliner jawa timur tidak usah di ragukan lagi, mulai dari pantai utara sampai daerah selatan banyuwangi, menyimpan sejuta resep rahasia nusantara.

Salah satu kuliner yang menjadi buruan para pelancong jika ke jawa timur adalah rujak cingur.

Rujak cingur adalah rujak dengan bumbu kacang namun bahan dasarnya terdiri dari cingur, makanan khas surabaya ini adalah bagian dari hidung pada sapi. Mungkin agak aneh namun makanan khas daeah ini patut untuk dicoba, karena ada sensi kenyal ketika kita memakan rujak cingur.

Makanan Khas Daerah Pulau Bali, NTT dan NTB

Jika kita berbicara tentang Bali sungguh tidak ada habisnya, keindahan alam dan wisata kulinernya sudah terkenal di dunia internasional. Makanan khas bali sangatlah banyak contohnya lawar, ayam betutu, sate lilit dan masih banyak lagi. Namun yang akan saya ulas adalah Ayam betutu.

Ayam/bebek betutu merupakan menu masakan khas daerah Bali, teknik memasaknya masih di pertahankan secara tradisional. Rasanya yang sangat pedas merupakan surga bagi para pecinta makanan pedas, dagingnya yang empuk dan lembut, membuat nagih pada setiap suapannya.

NTT merupakan sebuah provinsi di sebelah timur Pulau Bali. Daerah penghasil susu kuda liar ini begitu istimewa dengan citarasa masakannnya. Sebut saja salah satu masakan khas NTT yaitu Kolo.

Kolo adalah sejenis makanan khas daerah berbahan dasar dari beras yang dimasak di bambu yang sebelumnya di kasih daun pisang terlebih dahulu.

Cara membuatnya, beras yang sudah di cuci bersih di masukan ke dalam bambu yang sudah di kasih lapisan daun pisang di dalamnya. Setelah itu masukan bumbu dan air, proses memasak dengan cara bambu di bakar hingga kolo matang.

Nusa Tenggara barat adalah salah satu provinsi dengan potensi sumber daya alam nya yang sangat tinggi, teruttama di bidang pariwitasa. salah satu contoh pantai antai indah menawan di Lombok.

Selain potensi wisata nya, NTB terkenal dengan kulinernya. Salah satu kuliner yang terkenal khas Lombok adalah ayam taliwang.

Ayam taliwang merupakan jenis ayam bakar, namun ada resep resep rahasia yang semua orang tidak tahu, jika kalian ingin merasakan kenikmatan ayam ini datanglah ke NTB.

Makanan Khas Daerah Timur Indonesia

Provinsi Gorontalo merupakan provinsi yang masih terbilang muda, terbentuk pda tahun 2000, ekonomi dan pembangunan gorontalo sangat pesat. Selain terkenal dengan budayanya, Gorontalo terkenal dengan cita rasa makanannya. Sebut saja  Binte Biluhuta

Binte bilehuta adalah jenis makanan berkuah jagung. Mungkin kalo kamu tahu bubur Manado nah seperti itu. Namun perbedaanya terletak pada bahan dasar.

Kalau bubur Manado dari beras sedangkan binte buluhuta terbuat dari jagung. Komponen lain seperti sayuran daging ikan tercampur dengan kuah segar.

Kamu pernah ke Makassar? Makassar adalah ibukota provinsi dari sulawesi selatan, banyak makanan khas tanah daeng ini. Beberapa makanan yang terkenal seperti coto makasar, palubasa, dan sop konro.

Menu-menu tersebut berbahan dasar daging, tapi jika kalian pernah ke pantai losari, di sepanjang pinggir pantai banyak yang menjajahkan jajanan pisang epe, apa itu pisang epe?

Pisang epe adalah sebutan bagi jajanan yang sangat populer di sulawesi selatan. Terbuat dari pisang muda yang di bakar kemudian di geprek sampe pipih. Setelah pisang pipih di beri kuah gula merah, namun ada juga yang disajikan dengan sambal khas makasar.

Karena harganya yang cukup bersahabat di dompet, pisang epe menjadi cemilan pavorit anak muda makassar.

Sulawesi Barat merupakan provinsi yang baru mekar pada tahun 2004, di usianya yang masih muda provinsi ini terus menunjukan perkembangan pembangunan yang sangat signifikan. Tanah mandar  begitu banyak menyimpan budaya dan citarasa kulinernya.

Salah satu makanan khas Sulbar adalah Tumis penja.

Penja adalah sebutan untuk jenis ikan kecil khas Mandar. Tumis penja merupakan makanan khas masyarakat Mandar, biasanya penja di masak dengan cara di tumis, dan bumbu sederhana seperti bawang, lombok ijo, rawit dan jeruk nipis. Tumis penja menjadi makanan pelepas kangen bagi para perantau jika pulang ke kampung halaman.

Jika kalian sempat berkunjung ke kota Palu jangan lewatkan makanan khas daerah Sulawesi Tengah yaitu Kaledo. Kaledo adalah singkatan dari Kaki Lembu Donggala yang merupakan makanan khas kota palu. Rasanya yang segar pedas dan menggugah selera, sehingga meningkatkan nafsu makan.

Kaledo berbahan utama kaki kambing atau domba, namun kaki sapi juga bisa dengan bumbu-bumbu khas Sulawesi Tengah. Penggabungan bahan dan bumbu khas orang Palu, bumbu meresap hingga ke dalam masakan, menciptakan kaledo menjadi menu hidangan yang nikmat untuk disantap.

Makanan khas sulawesi tenggara yang patut kamu coba adalah sate gogos. Jika di banyak tempat kita ketahui sate terbuat dari bahan daging sapi kamping atau ayam, sedangkan sate gogos terbuat dari kerang.

sate gogos sangat simpel sekali, disajikan dari tusukan kerang biasa dan di makan, naumu tidak sedikit juga yang di tambahi bumbu-bumbu sate pada umumnya. nah kalau kamu berkesempatan ke sulawesi tenggara jangan sampe lewatkan sate jenis kerang ini.

Contoh-contoh makanan di atas hanya sebagian dari contoh makanan khas daerah yang ada di Indonesia, 10 provinsi yang belum di sebutkan di lanjutkan ke artikel part 2, terimaksih sudah membaca, aku cinta Indonesia.

MERDEKA

Gallery Resep Masakan Khas Indonesia

Resep Masakan Indonesia Mudah Dan Lengkap Android

Pakai Daun Kemangi 5 Resep Masakan Khas Indonesia Ini Gak

5 Resep Masakan Rumahan Berwarna Hitam Legam Khas Indonesia

Aneka Resep Masakan Indonesia Latest Version Apk

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Dan

Aneka Resep Masakan Khas Indonesia For Android Apk Download

Resep Masakan Khas Indonesia For Android Apk Download

Resep Masakan Khas Indonesia For Android Apk Download

Resep Masakan Dadar Telur Goreng Khas Padang Gampang Dipraktekkan Recipes Indonesia Bunda Airin

Access Resep Indonesia Com Resep Masakan Indonesia Resep

Resep Masakan Khas Indonesia Aneka Menu Masakan Lokal

Resep Makanan Tradisional Indonesia Khas Sumatera Dapur Ocha

Resep Masakan Indonesia Laman 5 Resep Kuliner Indonesia

Aneka Resep Masakan Khas Indonesia Home Facebook

Aneka Resep Masakan Khas Madura Resep Kuliner Cookpad

Masakan Aneka Kumpulan Resep Masakan Khas Indonesia

13 Resep Makanan Berkuah Enak Lezat Dinikmati Musim Hu

Masakan Aneka Kumpulan Resep Masakan Khas Indonesia

Resep Masakan Indonesia Resep Tauge Goreng Khas Bogor

Resep Masakan Khas Bali Yang Halal Resep Kuliner Cookpad

10 Hidangan Masakan Nasi Khas Indonesia Yang Enak Dan


Belum ada Komentar untuk "Resep Masakan Khas Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel