Resep Kue Pirex Bugis



Ruang Belajar Siswa Kelas 6 Resep Kue Pirex

Resep Sanggara Balanda Khas Makasar Isi Kacang Tanah

Resep sanggara balanda adalah salah satu jajanan favorit masyarakat Bugis. Daging buah pisang yang digoreng menghasilkan tekstur luar yang garing namun bagian dalamnya masih lembut. Selanjutnya diberi isian kacang yang dibumbui dengan gula, mentaga dan keju.

Dalam bahasa bugis, sanggara balanda berarti pisang goreng Belanda. Walaupun mencatut nama Belanda namun resepnya asli dari Makassar lho. Penamaan Belanda ini dikarenakan tempo doeloe keju dan mentega lebih dikenal sebagai makanan kompeni. Merekalah yang mengenalkan produk turunan susu ini di Indonesia.

Dari namanya sudah pasti bahan utama untuk membuatnya adalah pisang yang sudah matang. Dari semua jenis buah pisang yang paling sering digunakan adalah pisang raja. Jenis pisang lain bisa saja asalkan rasanya manis dan ukurannya cukup besar, ingat nanti diberi isian. Contohnya pisang ambon, pisang tanduk. Untuk bahan isian bisa dibilang sangat sederhana yaitu kacang tanah, gula, mentega dan keju. Dalam mengeksekusi resep pisang goreng Belanda ada yang mengoreng sekali tapi ada juga yang dua kali.
  • Yang sekali, pisang digoreng sebentar lalu dibelah selagi panas, isian yang dimasukkan akan meleleh sendiri. Untuk ini anda harus bergerak cepat selagi daging buah masih panas.
  • Yang dua kali, setelah diberi isian lalu pisang dicelupkan ke dalam kocokan telur dan digoreng sebentar. Isian bisa meleleh lebih sempurna tanpa perlu buru buru.
Dari keduanya banyak yang menggunakan teknik sekali goreng karena selain lebih hemat juga lebih sehat berkat kandungan minyak yang sedikit.
Bahan
  • Pisang raja matang 1 sisir
  • Gula pasir 5 sdm (sesuai selera)
  • Mentega 3 sdm
  • Kacang tanah segenggam yang disangrai lalu dicincang kasar
  • Keju parut sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya 
Baca juga: 2 Resep Kue Pirex Bugis si Pudding Coklat Khas Makasar

Cara Membuat Sanggara Balanda:

Pertama kita siapkan isian dengan mencampurkan kacang tanah sangrai dengan gula pasir, mentega dan keju. Aduk sampai semua tercampur rata dan sisihkan. Kupas pisang lalu gosok gosokkan daging pisang ke kulit pisang bagian dalam agar permukaannya lebih licin. Goreng pisang raja sampai warnanya berubah keemasan, jangan terlalu coklat dimana teksturnya terlalu lembek. Angkat dan tiriskan. Selagi panas belah memanjang buah pisang tepat di tengah, jangan sampai putus. Agar lebih mudah bisa dibantu garpu. Segera isi pisang dengan isian kacang tadi. Diamkan beberapa saat agar gula, keju dan mentega meleleh. Resep sanggara balanda telah selesai. Jika suka bisa juga disiram saus gula ataupun sirup agar terasa lebih sedap. Jajanan khas bugis ini bisa disantap selagi hangat ataupun dingin. Segera masukkan ke dalam lemari es jika tidak segera dimakan, pisang goreng belanda ini tidak tahan lama. Kue sanggara balanda sering dijadikan salah satu sajian pada acara adat Bugis-Makasar, sebut saja acara pernikahan. Namun seiring perkembangan jaman, pisang legit ini dapat ditemui pada acara non-adat.

Baca juga: Cara Membuat Saus Keju Cair Rumahan yang Enak

Sekian artikel tentang Resep Sanggara Balanda Khas Makasar Isi Kacang Tanah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!

Gallery Resep Kue Pirex Bugis

Puding Wortel

Tutorial Membuat Puding Es Doger Enak Banget

Cara Mudah Membuat Srikaya Palembang Kompasiana Com

Resep Dan Cara Membuat Kue Bugis Mandi Yang Lembut Dan Sedap

132 Resep Kue Pirex Enak Dan Sederhana Cookpad

Resep Puding Tape Ketan Hijau Kelapa Muda Yang Enak Dapur

Resep Kue Pirex Puding Doger Yang Simple Dan Enak Patut

Layak Dicoba Sendiri 7 Resep Kue Basah Ini Gampang Dibuat

Resep Dan Cara Membuat Kue Lapis India Yang Sedap Dan Istimewa

Resep Kue Puding Agar Agar Terapung Coklat Yummy

Cara Membuat Kue Sikaporo Gula Merah Asli Bugis Makassar

Resep Kue Puding Agar Agar Terapung Coklat Yummy Video

Ruang Belajar Siswa Kelas 6 Resep Kue Pirex

Resep Kue Sikaporo Khas Bugis Makassar Hasbi Htc

Cara Membuat Kue Pirex Coklat Yang Lembut Dan Lesat Youtube

Cara Membuat Es Doger Segar Dan Nikmat

Cornflakes Madu Perhitungan Harga Jual Monic S Simply

Nurjihadjihad Jihadyasmin

Resep Kue Pirex Khas Makassar Yang Enak Dan Legit Youtube

Ruang Belajar Siswa Kelas 6 Resep Kue Pirex

Resep Puding Mozaik Nutrijell

Resep Bumbu Enak 2 Resep Kue Pirex Bugis Si Pudding Coklat

Layak Dicoba Sendiri 7 Resep Kue Basah Ini Gampang Dibuat

Kue Biji Nangka Khas Bugis Makassar Makassar Sul Sel


Belum ada Komentar untuk "Resep Kue Pirex Bugis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel