Resep Sayur Lobak



Resep Masakan Lobak Sedap Segar Youtube

Lobak Putih, Sayuran Lezat Dengan Berbagai Manfaat Kesehatannya

Ketika sedang berbelanja di swalayan atau pasar tradisional, pernahkah Anda melihat sayuran dengan bentuk menyerupai wortel tapi versi lebih besarnya? Bedanya, sayuran ini berwarna putih yang dilengkapi dengan daun berwarna hijau di bagian atasnya. Namanya adalah sayur lobak putih. Jenis sayuran yang enak diolah sebagai sup ini punya segudang manfaat kesehatan, lho. Penasaran apa saja manfaat lobak putih? Simak di bawah ini, yuk!

Apa itu sayuran lobak putih?

Sumber: Epicurious

Lobak putih atau yang juga dikenal dengan nama daikon dan lobak jepang, merupakan sayuran yang berasal dari negara Tingkok. Sayuran ini kemudian banyak dibudidayakan di Indonesia, khususnya di daerah dataran rendah dan pegunungan. Jika dilihat sekilas, lobak jepang memiliki bentuk yang menyerupai wortel tapi dengan ukuran dan warna yang berbeda.

Sayuran yang punya nama latin Raphanus raphanistrum var. sativus ini, masuk ke dalam keluarga Brassicaceae atau Cruciferaceae. Golongan kelompok sayuran tersebut masih satu keluarga dengan sayur kol atau kubis.

Butuh tanah dengan struktur gembur dan subur untuk mendapatkan sayuran lobak jepang yang dengan kualitas baik. Uniknya, sayuran ini bisa ditanam saat musim hujan atau pun musim kemarau. Dengan catatan, harus diberikan pengairan yang cukup untuk menjaganya agar tetap tumbuh subur ketika ditanam selama musim kemarau.

Sebenarnya bukan hanya ada satu, melainkan ada beberapa jenis lobak yang ada di pasaran. Namun, jenis lobak dengan warna putih inilah yang biasanya paling mudah ditemukan di tengah-tengah bagian sayuran saat Anda berbelanja.

Bagi Anda penyuka sayuran atau tertarik untuk selalu mencoba hidangan baru, makanan yang diolah dari lobak jepang ini bisa menjadi pilihan menarik. Rasanya hampir sama dengan kentang tapi sedikit agak pahit. Akan tetapi jangan khawatir, sebab rasa lobak jepang akan semakin lezat ketika sudah diolah.

Apa kandungan nutrisi di dalam lobak putih?

Sayur lobak jepang mungkin memang kurang populer seperti jenis sayuran yang biasanya Anda temukan di penjaja sayur maupun pasar tradisional. Bahkan, tampaknya masih banyak orang yang akan sedikit kebingungan ketika ditanya mengenai sayuran dengan warna khas putih ini.

Meski begitu, kandungan zat gizi di dalamnya sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Terbukti menurut Data Komposisi Pangan miliki Kementerian Kesehatan RI, ada beragam nutrisi penting yang terkandung pada jenis lobak ini.

Dalam 100 gram (gr) sayur lobak, bisa menyumbang sekitar 21 kalori, 0.9 gr protein, 0.1 gr lemak, 4.2 gr karbohidrat, dan 1.4 gr serat. Selain itu, sejumlah mineral dan vitamin juga turut melengkapi zat gizi di dalam sayuran asal negari tirai bambu ini.

Mulai dari kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin B, vitamin C, hingga vitamin K. Jadi mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk makan sayur lobak yang tidak hanya segar tapi juga menyehatkan tubuh ini.

Manfaat lobak putih untuk kesehatan

Seperti jenis sayuran pada umumnya, lobak putih mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut sudah pasti baik bagi kesehatan sistem pencernaan Anda. Namun, ternyata manfaat lobak putih tidak berhenti sampai di sini, masih banyak manfaat yang mungkin belum Anda ketahui.

Berikut beragam manfaat lobak putih bagi tubuh:

1. Lobak putih bisa membantu menurunkan berat badan

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, lobak putih mengandung serat yang cukup tinggi. Hal ini baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Sedikit berbeda seperti ketika Anda makan makanan sumber karbohidrat, lemak, maupun protein.

Serat yang terkandung di dalam makanan akan lewat tanpa melalui proses pencernaan, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Lebih dari itu, serat justru akan melancarkan kerja pencernaan karena memberi asupan makanan bagi bakteri baik di dalamnya.

Serat dapat mengikat lemak-lemak yang menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh. Bukan hanya itu, dengan banyak mengonsumsi sumber serat seperti lobak putih, maka Anda akan lebih cepat merasa kenyang.

Rasa kenyang biasanya dapat bertahan lama karena serat mampu mengisi ruang pada lambung. Cara ini nantinya akan membuat otak menerima sinyal bahwa Anda sudah merasa kenyang, dan tidak perlu makan lebih banyak lagi. Kandungan serat di dalam sayuran ini juga akan memperlambat pengosongan lambung, agar Anda kenyang lebih lama. 

Begitulah cara kerja serat untuk membantu menjaga berat badan, bahkan menurunkannya. Jadi, Anda tidak perlu lagi menyalahkan makanan ringan yang tidak sehat sebagai penyebab gagalnya diet penurunan berat badan. Sebab sekarang, memperbanyak makan makanan sumber serat sudah bisa membantu menjaga berat badan. 

2. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, menemukan fakta menarik mengenai lobak daikon. Jenis lobak ini disebut-sebut mampu mengandung senyawa tertentu yang bisa membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Tak heran memang, karena lobak dikenal kaya akan sumber antioksidan. Kandungan nutrisi inilah yang diyakini dapat menurunkan tekanan darah tinggi, sekaligus mencegah risiko serangan jantung dan stroke. Flavonoid adalah salah satu jenis antioksidan di dalam sayur lobak yang bermanfaat bagi kesehatan.

Termasuk untuk menjaga fungsi jantung dan pembuluh darah. Banyak studi telah membuktikan bahwa zat antioksidan ini mampu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan lainnya.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker, bahkan mencegahnya

Lobak putih masuk ke dalam keluarga sayuran cruciferous, yang diperaya bisa membantu mencegah serangan penyakit kanker. Ini karena sayuran dalam kelompok tersebut memiliki kandungan senyawa isothiocyanate yang tinggi.

Isothiocyanate adalah jenis antioksidan yang bisa membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker, bahkan mencegah perkembangan tumor. Secara umumnya, antioksidan adalah sebuah senyawa yang berperan sebagai pelindung tubuh dari serangan buruk radikal bebas.

Pasalnya, paparan radikal bebas berisiko menimbulkan berbagai penyakit kronis yang berbahaya di kemudian hari. Bukan sekadar mengandung antosianin saja, lobak putih juga memiliki vitamin C, folat, serta berbagai jenis zat antioksidan lainnya yang tinggi.

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kanker adalah adanya radikal bebas di dalam tubuh. Tingginya radikal bebas dapat membuat sel-sel normal tubuh mengalami mutasi, sehingga sel kanker dapat muncul dan tumbuh.

Faktor bertambahnya usia, gaya hidup tidak sehat, serta pengaruh lingkungan merupakan beberapa hal yang bisa memicu paparan radikal bebas. Di sini, banyak penelitian yang turut membuktikan bahwa antioksidan berpengaruh terhadap proses pengobatan kanker.

Dalam penelitian tersebut pasien yang diberikan suplemen yang mengandung antioksidan cenderung melewati proses pengobatan kemoterapi lebih baik tanpa mengalami gejala yang parah.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Di dalam lobak juga terkandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Hampir di semua kasus, tekanan darah tinggi biasanya terjadi akibat terlalu banyaknya kadar natrium di dalam tubuh. Sedangkan cara kerja kalium jelas bertolak belakang dengan natrium.

Itu sebabnya kalium dapatmembantu meredam efek samping yang ditimbulkan oleh natrium, dan mencegah naiknya tekanan darah. Begini, organ ginjal bertugas sebagai penyeimbang jumlah cairan yang ada di dalam tubuh. Semakin tinggi cairan tubuh, maka akan semakin tinggi pula tekanan darah Anda. 

Cara kerja ginjal untuk mengatur keseimbangan cairan yakni dengan menyaring darah, dan menyerap kelebihan cairan. Selanjutnya, sisa cairan tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk urine. Keberjalanan mekanisme tubuh tersebut melibatkan keseimbangan mineral natrium (garam) dan kalium.

Secara tidak langsung, terlalu banyak mendapat asupan garam tentu akan mengganggu keseimbangan cairan tubuh. Di sisi lain, kondisi tersebut juga akan memengaruhi fungsi ginjal. Memperbanyak makan makanan sumber kalium, salah satunya dari sayur lobak jepang, bisa membantu menyeimbangan cairan tubuh.

Hal ini yang nantinya akan mengoptimalkan kerja ginjal, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Baik untuk penderita diabetes

Indeks glikemik yang dimiliki lobak tergolong kecil, sehingga jenis sayuran ini aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pasalnya, indeks glikemik rendah tidak akan meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Dalam arti, semakin rendah nilai indeks glikemik maka akan semakin sedikit pengaruhnya terhadap level insulin dan kadar gula darah.

Itulah mengapa aat penderita diabetes memakan lobak putih, maka sayuran ini akan ikut berperan dalam mengatur masuknya gula ke dalam darah. Jadi, para diabetesi tidak perlu khawatir dengan kenaikan gula darah yang mungkin terjadi secara tiba-tiba. 

Pernyataan tersebut turut dibuktikan oleh penelitian dari jurnal Nutrients, yang menyebutkan bahwa makan lobak putih baik untuk orang dengan diabetes. Lobak jepang memiliki sifat antidiabetes, berkat kemampuannya untuk meningkatkan penyerapan gula darah.

Tidak hanya itu, lobak asal negeri tirai bambu ini juga membantu metabolisme energi, meningkatkan pertahanan antioksidan, dan mengurangi stres oksidatif penyebab penyakit.

7. Mencegah kerusakan organ hati

Sebuah penelitian dari Toxicological Research, menemukan bahwa lobak putih mengandung enzim khusus yang punya aktivitas hepatoprotektif di dalamnya. Sifat hepatoprotektif yang dimiliki oleh lobak ini dinilai mampu menangkal efek hepatotoksik pada tubuh.

Hepatotoksik adalah sifat merusak organ hati yang dimiliki oleh agen toksik tertentu. Nah, dengan makan lobak putih diyakini mampu menangkal efek buruk dari agen penyebab kerusakan hati tersebut.

Bagaimana cara mengolah lobak putih?

Sumber: Flick on Food

Bagi Anda yang baru pertama kali atau bahkan sudah sering memasak lobak putih, ada beberapa tips olahan yang bisa Anda coba. Bukan hanya sekadar memberikan berbagai variasi memasak baru. Berani bereksperimen dengan lobak jepang, tentu akan memberikan rasa masakan yang jauh lebih menarik dan lezat.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memasukkan lobak ke dalam makanan harian:

  • Masukkan irisan tipis-tipis lobak ke dalam sandwich untuk sarapan pagi.
  • Campurkan lobak sebagai penambah tekstur di dalam saus untuk masakan. Anda bisa membuatnya bersama dengan bawang putih, cabai, dan bumbu dapur lainnya.
  • Potong lobak berukuran kecil, kemudian campurkan bersama timun dan wortel sebagai acar.
  • Masukkan beberapa potongan lobak rebus ukuran sedang ke dalam semangkuk salad sayur favorit Anda.
  • Selipkan beberapa potongan lobak di antara roti, sayuran, dan daging burger.

Sama halnya dengan beragam jenis sayuran lainnya, lobak jepang ini juga tak kalah sehat dan lezat ketika disantap. Sayuran ini dapat memberikan aroma khas tersendiri saat dicampur bersama makanan lain maupun ditumis dengan sedikit minyak.

Di samping itu, sah-sah saja jika Anda ingin menyandingkan lobak daikon dengan sayuran jenis lain seperti sawi, kangkung, maupun bayam. Selain akan lebih menambah rasa makanan, perpaduan beragam jenis sayuran dalam satu olahan akan semakin meningkatkan nilai gizi di dalamnya.

Resep lobak putih

Mulai tertarik untuk menjajal lobak putih sebagai menu makan siang dan makan keluarga? Tak perlu bingung, beberapa resep lobak putih yang bisa Anda coba di rumah:

1. Sup lobak putih kembang tahu

Sumber: Sajian Sedap

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah lobak, belah menjadi 4 bagian dan potong-potong
  • 2 lembar kembang tahu, rendam dalam air lalu potong berbentuk kotak
  • 2 buah jamur kuping, rendam lalu potong kecil-kecil
  • 6 siung bawang putih, dicacah halus
  • 1 tangkai seledri
  • ½ mangkuk wortel yang sudah dipotong bulat
  • 1 ½ sdm garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt kecap ikan
  • 1 batang daun bawang, potong ukuran sedang
  • Air matang secukupnya
  • 2 sdm bawang putih goreng untuk taburan (sesuai selera)
  • 3 sdm minyak zaitun

Cara membuat:

  1. Tumis bawang puting sebentar sampai berubah warna menjadi kecokelatan.
  2. Rebus air di dalam panci, kemudian masukkan irisan seledri dan bawang putih yang sudah ditumis sebelumnya. Biarkan sampai air mendidih dan tercium baru harum.
  3. Setelah mendidih, masukkan potongan lobak dan wortel, kemudian tambahkan garam, merica, gula pasir, dan kecap ikan. Biarkan sampai semua bahan di dalamnya matang.
  4. Selanjutnya campurkan kembang tahu dan jamur kuping yang telah direndam air sebelumnya, lalu masak sampai bahan tersebut melunak.
  5. Masukkan daun bawang sesaat sebelum api dimatikan, sembari semua bahan diaduk rata.
  6. Angkat sup lobak putih kembang tahu ke dalam mangkuk saji, kemudian tambahkan taburan bawang putih goreng.
  7. Sup lobak putih campur kembang tahu siap disantap.

2. Salad lobak putih

Sumber: Platings+Pairings

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah lobak putih ukuran sedang
  • 1 sdm gula pasir
  • ½ sdm lada putih
  • ½ sdm bubuk cabai
  • 1 sdt garam
  • 1 batang daun bawang, iris kecil-kecil
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • sdm cuka (sesuai selera)

Cara membuat:

  1. Kupas dan bersihkan lobak, kemudian potong tipis-tipis.
  2. Letakkan hasil potongan lobak di dalam mangkuk, kemudian masukkan bubuk cabai, lada putih, garam, dan gula.
  3. Tambahkan potongan daun bawang dan bawang putih ke dalam mangkuk, kemudian aduk sampai semuanya tercampur rata.
  4. Jika suka, Anda bisa menambahkan sedikit cuka sebagai penguat rasa olahan lobak.
  5. Salad lobak siap untuk disajikan.

Baca Juga:

Gallery Resep Sayur Lobak

Resep Sop Lobak Daging Ala Sajiku Dapur Umami

Sup Miso Sehat Masakan Jepang Tersehat

Resep Soto Bandung

Resep Sup Sayur Lobak Oleh Wantia Cookpad

25 Resep Sayur Lodeh Istimewa Lezat Dan Praktis

Jual Lobak Putih Daikon 1kg Kab Malang Gubuk Sayur Tokopedia

4 Resep Masakan Rumahan Yang Mudah Dan Lezat Harus Kamu Coba

Cara Memasak Sayur Lobak Wikihow

Diah Didi S Kitchen Kue Lobak Goreng Chai Tau Kway

Resep Sayur Sop Sayap Ayam Resep Segala Masakan Web Id

Cara Membuat Sayur Bayam Bening Yang Enak Dan Menggugah

Resep Sayur Lobak Putih Kuah Bening Lezat Aneka Resep

1 804 Resep Sayur Lobak Putih Enak Dan Sederhana Cookpad

Lobak Putih Sayuran Lezat Dengan Berbagai Manfaat Kesehatannya

Resep Sup Lobak Putih

Segarkan Sajian Di Meja Makan Dengan Resep Sup Lobak Kembang

Obat Asam Urat Mudah Membuatnya Luar Biasa Khasiatnya

Resep Lobak Panggang Apa Yang Harus Dimasak Dari Lobak

5 Resep Sayur Bayam Bening Segar Dan Praktis

Resep Sup Lobak Putih Oleh Rara Kitchenette Cookpad

Tips Mengolah Lobak Royco

Cara Memasak Sayur Lobak Wikihow

Resep Masakan Acar Wortel Lobak

25 Resep Sayur Lodeh Istimewa Lezat Dan Praktis


Belum ada Komentar untuk "Resep Sayur Lobak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel