Resep Es Pisang Ijo Makasar



Es Pisang Ijo 3 7 Cara Membuat Adonan

Resep Es Pisang Ijo Makasar Segar

Resep Es Pisang Ijo Makasar Segar – Es Pisang Ijo, Es Pisang HIjau atau Pisang ijo merupakan salah satu minuman khas dari Kota Makassar Sulawesi Selatan. Es Pisang Ijo terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dadaran adonan tepung yang berwarna hijau. biasanya pisang ijo ini di proses dengan cara di kukus di sebuah dandang hingga pisang yang berbalut tepung ini matang dan bertekstur lembut. untuk warna hijau adonan kulit tepung pisang hijau biasanya menggunakan bahan pewarna makanan yang berwarna hijau.

Namun bagi anda yang ingin mencoba membuat tepung hijau pisang ijo yang lebih sehat dan aman dikonsumsi. bisa menggunakan pewarna hijau alami dari air daun suji dan daun pandan. pewarna hijau alami seperti ini biasanya sering dipakai juga dalam pembuatan Es Dawet Banjarnegara Banyumas dengan warna hijau yang menggoda. sedangkan untuk Es Dawet Ireng asli Purworejo biasanya menggunakan bubuk areng yang memiliki warna hitam pekat.

Lanjut ke Es Pisang Ijo, es tradisional Makasar ini memang memiliki rasa yang enak dan lezat. tampilannya begitu cantik, warna hijau diluar lalu potongan pisang dialam. bentuk pisang ijo ini mengingatkan kami dengan salah satu kue basah khas pasar tradisional yang enak yaitu Kue Mata Roda / Kue Kacamata. untuk membuat Es Pisang Hijau tidak sembarangan pisang bisa digunakan ya gaes. pada umumnya sih Es Pisang Ijo Asli Makasar menggunakan pisang raja, pisang kepok, atau pisang tanduk yang rasa manisnya legit.

Es Pisang Ijo Komplit biasanya dihidangkan lengkap bersama bubur sumsum, kacang tanah sangrai, sirup merah, vla santan, potongan pisang ijo serta beberapa es batu kecil-kecil atau es serut untuk sensasi segarnya. sedangkan untuk versi Es Pisang Ijo Sederhana pada umumnya hanya berisi potonga pisang ijo, es serut/es batu, serta sirup merah coco pandan dan vla santan.

Kunci sukses membuat adonan tepung hijau pembalut pisang ijo adalah cara memasak nya yang di kukus. agar hasilnya lembut, adonan hijau yang telah mengeras di aduk-aduk sampai kalis dan siap digunakan untuk membungkus pisang yang sebelumnya sudah dikukus. cara unik ini membuat kami teringat dengan proses pembuatan kue basah nagasari atau kue pisang manis. untuk lebih lanjut step by step nya akan kita bahas nanti yah.

Lezatnya Es Pisang Ijo, membuat makanan ini tak hanya populer di Indonesia namun sampai mancanegara. dengan ini muncullah beberapa kreasi es pisang ijo yang beraneka macam rasa kuah dan bentuknya. dari Es Pisang Ijo Coklat, Es Pisang Ijo Vanila, Es Pisang Ijo Vla Susu serta Es Pisang Ijo Fla Sroberry. sedangkan bahan tambahan lainnya yang populer di Singapore dan Malaysia adalah bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras dan santan. rasa gurih dari santan kelapa yang khas sungguh nikmat dipadukan dengan rasa manis vla atau kuah es pisang ijo.

Taburan kacang tanah sangrai yang digunakan sebagai toping juga menambah cita rasa enak di setiap suapan es pisang ijo. penasaran akan rasa es pisang ijo asli Makasar ini? mari disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Es Pisang Ijo yang kami rangkum dalam Resep Es Pisang Ijo seperti berikut ini. cekidot!!

Resep Es Pisang Ijo dan Cara Membuatnya

Resep Es Pisang Ijo dan Cara Membuatnya

Bahan Pewarna HIjau Pisang Ijo :

  • Daun pandan 200 gram (potong-potong)
  • Air 500 mili liter

Bahan-bahan Pisang Ijo :

  • Pisang raja/pisang kepok/pisang tanduk 15 buah (kukus)
  • Tepung beras 200 gram
  • Tepung terigu 200 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Santan kental 600 mili liter terbuat dari 1 butir kelapa
  • Air pandan 500 mili liter
  • Pasta pandan 3 tetes

Bahan-bahan Vla Santan :

  • Tepung beras 50 gram
  • Santan kental 500 mili liter
  • Gula pasir 100 gram
  • Garam 1/2 sendok garam

Bahan Pelengkap Es Pisang Ijo :

  • Sirup merah coco pandan atau sirup merah lainnya secukupnya
  • Susu kental manis
  • Butiran es batu atau es serut secukupnya

Cara Membuat Kulit Pisang Ijo Makasar :

  1. Pertama-tama siapkan potongan daun pandan yang sudah dicuci bersih. masukkan ke dalam tabung blender, tambahkan air lalu proses hingga halus. saring sari pandan, ambil 500 mili liter air daun pandan untuk mewarnai adonan kulit pisang ijo.
  2. Selanjutnya masukkan tepung beras, tepung terigu, santan dan air pandan. aduk hingga rata sampai tidak licin dan tidak ada adonan yang menggumpal. jika ada adonan yang menggumpal, saring adonan hingga halus. masukkan gula pasir, aduk rata. kemudian tuang adonan ke loyang tahan panas. lalu kukus kurang lebih selama 20 menit hingga adonan matang.
  3. Jika sudah matang, angkat adonan dan uleni dengan sendok nasi sampai adonan menjadi licin dan kalis.
  4. Langkah selanjutnya letakkan selembar plastik wrap di permukaan meja. jangan lupa olesi permukaannya dengan minyak goreng. setelah itu letakkan 3 sendok makan adonan kulit, tipiskan dan letakkan satu buah pisang kukus di atasnya. bungkus pisang dengan adonan kulit hijau hingga pisang tertutup rapi, lalu bentuk lonjong menyerupai bentuk pisang dan lontong.
  5. Kemudian siapkan selembar daun pisang, letakkan adonan pisang yang sudah dibentuk tadi. lipat daun pisang lalu bungkus rapi dengan menyematkan lidi di ujung-ujungnya, lakukan hingga semua adonan habis. tata di kukusan, lalu kukus kurang lebih selama 15 menit. keluarkan dari kukusan dan diamkan hingga dingin.

Cara Membuat Vla Santan :

  1. Masukkan semua bahan vla santan kedalam panci, lalu aduk sampai halus dan semua bahan larut. masukkan beberapa sobekan daun pandan agar tercium aroma wangi khas. jerang vla di atas kompor dengan menggunakan api kecil. jangan lupa aduk-aduk selama dimasak sampai adonan menjadi kental dan muncul letupan bertanda bahwa vla santan telah mendidih dan matang.
  2. Angkat, biarkan dingin.

Saran Penyajian Es Pisang Ijo Makasar Segar :

  1. Siapkan tempat saji seperti mangkuk atau gelas besar, lalu ambil sebuah pisang ijo. potong-potong sesuai selera, kemudian tata di mangkuk. siram dengan vla santan, tambahkan es batu serta sirup vanila merah lengkap dengan susu kental manisnya.
  2. Resep Es Pisang Ijo Makasar Segar siap disantap. yummy, mantap!!

Olahan pisang ijo yang kami bagikan kali ini termasuk kategori Resep Es Pisang Ijo Sederhana ya. namun soal rasa jangan ditanya deh, tentu saja enak dan lezat layaknya Es Pisang Ijo Ala Resto dan Caffe. silahkan lengkapi sendiri Resep Es Pisang Rumahan ini dengan aneka bahan pilihan seperti bubur sumsum, bubur candil, meses coklat, parutan keju atau remukan kacang sangrai sesuai selera. awas ketagihan!! 🙂

Jika pisang ijo yang anda buat tidak langsung habis pada saat itu juga, anda dapat menyimpannya di chiller kulkas untuk di nikmati keesokan harinya. jangan kawatir, dengan menyimpannya di kulkas dengan waktu yang cukup lama tidak akan merubah rasa pisang ijo kukus ini. rasanya tetap empuk serta lembut seperti ketika baru masak. terimakasih sudah membuka resepasik.com, jangan lewatkan resep terbaru kami seperti Resep Puding Roti Panggang Breadtalk yang wajib untuk dicoba. semoga dengan adanya Resep Es Pisang Ijo Makasar Segar ini dapat membantu anda membuat Es Pisang Ijo Homemade yang enak dirumah. semoga bermanfaat.

Gallery Resep Es Pisang Ijo Makasar

Ini Info Resep Es Pisang Ijo Khas Makasar Resepkubagi

Android Icin Aneka Resep Es Pisang Ijo Apk Yi Indir

Resep Es Pisang Ijo Spesial Yang Lembut Dan Enak

Resep Es Pisang Ungu Simpel Saingan Si Ijo Nih

Cara Membuat Es Pisang Ijo Khas Makassar Kabarkuliner Com

Resep Es Pisang Ijo Khas For Android Apk Download

Resep Membuat Es Pisang Hijau Yang Lembut Dan Segar Inews

Pisang Ijo Foto Antara News Khas Makasar

Resep Dan Cara Membuat Es Pisang Ijo Yang Segar Dan Nikmat

Es Pisang Ijo Makassar Yang Istimewa Ini Cara Membuatnya

Bikin Camilan Istimewa Dengan Resep Es Pisang Ijo Untuk

Es Pisang Ijo

Minuman Segar Cara Membuat Es Pisang Ijo Makasar Spesial

5 Sajian Es Pisang Ijo Paling Enak Yang Bisa Ditemui Di

Resep Membuat Es Pisang Ijo Khas Makassar Resep Indonesia

Resep Dan Cara Membuat Es Pisang Ijo Resepsimbok Com

Resep Es Pisang Ijo

Resep Es Pisang Ijo Makassar Enak

Cara Membuat Resep Es Pisang Ijo Khas Makasar Yang Lembut

Cara Membuat Es Pisang Ijo Resep Es Pisang Hijau Makasar

Begini Cara Mudah Bikin Es Pisang Ijo Praktis Untuk Buka Puasa


Belum ada Komentar untuk "Resep Es Pisang Ijo Makasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel