Resep Botok Lamtoro



Cara Membuat Botok Tahu Yang Praktis Dan Lezat

Botok Lamtoro Bukan Makanan Orang Miskin

Aku nemu kalimat berikut di internet,

"Botok lamtoro dianggap sebagai makanan orang miskin."

Wew! Kok bisa? Keningku mengkerut. Makanan yang gurih bin lezat, kaya rempah, dan suka ngabisin nasi gini kok dianggap sebagai makanan orang miskin? Ku telusuri blog yang menulis kalimat tersebut. Tapi, tak ku temukan jawabannya. Ah, ngasal banget pasti nih.
Aku tetap penasaran. Kenapa ya? Mungkinkah kalimat itu muncul karena tumbuhan lamtoro (daun dan bijinya) selama ini digunakan sebagai salah satu makanan ternak, seperti kambing, sapi, atau kerbau?

"Kalau makanan ternak saja dimakan apa namanya kalau bukan orang miskin?"

Begitu kali ya anggapannya. Tidak. Tidak. Aku tidak sepakat.

Lamtoro di Kehidupan Kita

Awalnya, aku mengira tanaman lamtoro ini khas Indonesia. Ternyata tidak saudara. Herannya lagi, tumbuhan ini ada di seluruh dunia lho. Wow banget kan? Kok bisa sampai di Indonesia, bagaimana ceritanya? Tak selamanya penjajahan itu hanya memberikan luka yang membekas dan tertinggal dalam hati kita. Ada kalanya penjajah juga meninggalkan jejak-jejak kehidupan yang bermanfaat. Seperti contohnya tanaman lamtoro ini. Dulunya, penjajahlah yang membawa biji lamtoro ini sampai ke Indonesia. Mereka menanamnya dengan tujuan bisa digunakan sebagai tumbuhan peneduh, bahan bakar, dan pencegah erosi. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Ternyata daun dan biji lamtoro juga bisa dikonsumsi oleh hewan dan manusia lho. Untuk hewan, daun lamtoro sangat bagus untuk proses penggemukan. Hal itu dikarenakan, daun lamtoro memiliki tingkat kemudahan 60%-70% dalam proses pencernaan. Kandungan proteinnya juga banyak. Tapi, untuk biji lamtoronya, hewan ternak jangan sering diberi makan ini ya. Karena terlalu banyak makan biji lamtoro akan mengakibatkan bulunya rontok dan tingkat kesuburannya menurun.
Terus untuk manusia bagaimana? Siapa sangka kalau tanaman yang sering digunakan sebagai tanaman penghijauan ini punya banyak manfaat bagi kita. Misalnya, daun lamtoro yang bisa kita olah menjadi urap. Kebetulan banget, dulu, aku pernah menulis tentang resep urap daun lamtoro.

Baca juga: Resep Urap Daun Petai Cina

Bagi yang doyan, biji lamtoro yang termasuk polong-polongan ini bisa dimakan begitu saja. Rasanya seperti apa? Ehm, krenyes-krenyes dan setelah memakannya jangan kaget kalau bau mulutmu kayak bau petai. Hihihi. Jangan mundur teratur gitu ah kalau tahu baunya kayak petai! Karena dengan memakan biji lamtoro mentah gitu sama saja kita membunuh cacing-cacing jahat yang ada dalam usus kita. Ya, biji lamtoro ini bisa jadi obat cacing alami bagi tubuh. Selain sebagai obat cacing alami, lamtoro atau dikenal juga dengan mlanding, petai cina, atau petet bisa digunakan sebagai obat kencing manis, dan menyembuhkan luka yang teriris. Bahkan sebuah sumber menyatakan bahwa seluruh bagian dari tanaman lamtoro bisa menyembuhkan diabetes, susah tidur, radang ginjal, disentri, meningkatkan gairah seksualitas, peluruh haid, herpes zoster, luka terpukul, bisul, eksim, patah tulang, tertusuk kayu atau bambu, dan pembengkakan.
Ternyata banyak ya manfaatnya? Balik lagi tentang biji lamtoro, sebenarnya biji lamtoro bisa diolah menjadi makanan lain dan baunya juga nggak menyengat seperti saat dimakan mentah. Misalnya, dimasak dulu terus digunakan sebagai taburan di atas pecel bersama srundeng. Kalau aku sih paling doyan saat dimasak menjadi botok lamtoro. Enak lagi kalau ada campuran udang, teri, atau ebi. Makin sedap. Mantab. Oiya, menurut orang sekitar sini antara biji mlanding dan lamtoro itu beda lho. Bedanya, kalau lamtoro itu bijinya lebih besar dan tetap pipih saat dimasak sedangkan biji mlanding bentuknya agak kecil dan saat dimasak bentuknya jadi gendut, menggembung kayak ikan buntal. Hihi. Soal rasa, lebih enak yang mlanding. Ada kesan manis-manisnya gitu.

Sekarang ini, di sekitarku susah mendapatkan lamtoro atau mlanding yang asli. Karena mereka banyak yang melakukan perkawinan silang sehingga yang ditemukan lamtoro rasa mlanding atau mlanding rasa lamtoro. Kalau aku sih enak semua saat dibuat botok. Hahahaha *nggragas mode on*

Botok Lamtoro di Pulau Jawa

Ngomong-ngomong soal botok lamtoro, ada yang tahu nggak kalau makanan tradisional ini ternyata khas Jawa Timur? Tepatnya dari daerah Ponorogo. Tak tahu pasti asal usulnya seperti apa. Tapi, hampir semua warung makan tradisional yang ada di sana menjual botok lamtoro sebagai salah satu masakan andalan mereka.
Persebaran botok lamtoro
Apakah botok lamtoro hanya ngehits di Jawa Timur? Tidak. Botok lamtoro sudah dikenal hampir di seluruh pelosok Jawa. Di sini (Mintreng-Demak) saja, banyak lho warung makan tradisional yang menjajakan botok lamtoro. Dari lima warung yang dekat rumahku, hampir semuanya jual botok lamtoro. Meskipun botok lamtoro yang dijual isiannya bervariasi. Ada yang ditambah udang, kerang, labu, teri, tahu, tempe, dll. Apakah di tempatmu juga ada botok lamtoro? Beberapa hari yang lalu aku sempat melakukan survey kecil-kecilan tentang tahu tidaknya teman Facebook dan IG ku mengenai botok lamtoro. Hasilnya, hampir semua yang ada di Pulau Jawa tahu makanan yang satu ini. Ada juga sih yang di luar Jawa tahu makanan ini karena memang salah satu anggota keluarganya berasal dari Jawa dan pernah memasak botok lamtoro. Mau tahu apa kata mereka tentang botok lamtoro?

Berbeda dengan teman yang ada di Bau-Bau, Kalimantan, Aceh, dan Batam. Mereka tahu tanaman lamtoro tapi nggak tahu kalau ternyata bijinya bisa dibuat makanan seperti botok lamtoro. Nah, ini nih. Kalau mereka nyicipin kelezatan botok lamtoro bakal ketagihan. Nggak percaya? Coba aja bikin di rumah!

Resep Botok Lamtoro Ala Ibuku

Dari tadi ngomongin soal botok lamtoro mulu, mana sih botoknya? Hihi. Nih, aku kasih bocoran resepnya aja ya! Ini resep botok lamtoro ala ibuku ya. Soalnya pas aku baca-baca di internet cara bikinnya ada yang beda. Apa bedanya? Cari tahu yuk!
Alat dan bahan: Segenggam biji lamtoro Sebutir kelapa muda, parut 3 biji cabe merah 8 biji cabe rawit Daun salam dipotong kotak (optional) Teri Ebi Dua tempe Sebutir tomat ukuran sedang Air Beberapa lembar daun pisang Lidi

Bahan yang dihaluskan:

5 biji cabe rawit 3 biji cabe merah 4 siung bawang merah 2 siung bawang putih 2 sendok teh garam 1 sendok teh gula

Cara membuat:

  1. Masak air hingga mendidih. Masukkan tempe selama 5 menit. Angkat dan potong-potong dadu. Kenapa tempenya harus dimasak dulu? Agar nanti botok lamtoronya nggak terasa langu/sengur. Ini salah satu perbedaan botok lamtoro ala ibuku dengan lainnya.
  2. Haluskan bumbu yang ada dalam daftar bumbu yang dihaluskan. Soal jumlah cabe, sesuai selera ya. Kalau aku sih suka yang pedas.
  3. Cuci bersih lamtoro, ebi, dan teri. Kemudian tiriskan.
  4. Potong-potong cabe merah, cabe rawit, dan tomat.
  5. Campurkan bahan yang ada di poin 1, 2, 3, dan 4 di suatu wadah. Kemudian campurkan dengan parutan kelapa muda.
    Adonan botok lamtoro
  6. Cicipi terlebih dahulu. Kalau dirasa sudah endes surendes, baru deh dibungkus.
  7. Siapkan daun pisang dan lidi. Kemudian, masukkan lembaran daun salam dan masukkan 3-4 sendok adonan botok lamtoro. Kenapa harus pakai daun salam? Agar rasanya makin sedap. Ini juga resep ala ibuku nih.
  8. Kukus kurang lebih selama 25 menit. Botok lamtoro siap menghabiskan nasi hangat.
Untuk kamu yang nggak bisa membungkus botoknya, santai. Aku sudah siapin video singkat tutorial cara membungkus botok lamtoro nih.

Setelah dikukus, makan selagi masih hangat. Jangan lupa dinikmati dengan nasi hangat pula. Kalau yang sudah pernah makan botok, aku mau tanya, habis berapa piring nasi hangat untuk sebungkus botok lamtoro? Botok ini bisa disebut sebagai lauk yang sering menghabiskan nasi. Ambil dikit saja, rasanya sudah memenuhi mulut kita. Bumbu rempahnya terasa banget. Makanya, kalau nasi habis tapi botoknya masih kok sayang banget kalau nggak dimakan. Ambil nasi lagi deh. Hihihi. Hayo ngaku, siapa yang juga seperti itu kalau makan botok lamtoro?

Peranku Memperkenalkan Botok Lamtoro

Sebagai seorang blogger, setiap kali membuat suatu postingan pasti ada tujuan yang ingin kucapai. Seperti postingan ini, aku ingin kamu tahu apa itu botok lamtoro, makanan khas mana, asal usulnya seperti apa, cara membuatnya bagaimana, dan terlebih lagi manfaatnya bagi kita seperti apa.

Pas nemu kalimat, "Botok lamtoro makanan orang miskin." terus berada di page one Google, aku kok ngerasa gimana gitu ya. Merasa kalau aku harus mengubah mindset orang bahwa botok lamtoro itu bukan makanan orang miskin. Sama seperti kuliner lainnya, tak ada perbedaan kasta.

Kalau menurutku justru bukan orang miskin kalau makan botok lamtoro. Melainkan orang kreatif, karena bisa memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar menjadi olahan yang bisa dikonsumsi. Lebih-lebih ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Bukankah Allah memang menciptakan segala sesuatu di dunia ini ada maksud tertentu?

Salah satu cara yang bisa kulakukan untuk menepis anggapan bahwa botok lamtoro itu makanan orang miskin, ya, membuat postingan lengkap dengan foto botok lamtoro yang bisa bikin orang ngiler pas melihatnya. Biar mereka berpikir, "Difoto aja cantik gini kok dikira makanan orang miskin."

Hasil foto di dalam ruangan sekitar pukul 19.00 WIB dengan Asus ZenFone Go ZC451TG
Nggak lucu juga kan kalau aku nulis ngalor-ngidul tapi nggak ada bukti berupa foto yang meyakinkan? Nah, bermodalkan smartphone dengan kamera 5MP milik Asus ZenFone Go ZC451TG inilah ku potret botok lamtoro dengan cerita di balik layarnya. Jujur, setiap kali menyiapkan foto untuk sebuah postingan blog, ada-ada saja godaannya. Seperti foto botok lamtoro ini, aku ambil fotonya sambil umpet-umpetan sama Kak Ghifa. Soalnya dia kepo sama botok lamtoro yang mau aku foto. Hari itu hari Minggu, mumpung semua di rumah, aku minta tolong dong sama ibuku dan suami untuk membantu proses memasak botok lamtoro dan pemotretannya. Pas memasak sih lancar, giliran pemotretannya, eh, malah hujan.

Otomatis nggak bisa ambil gambar di luar rumah. Akhirnya, ambil setting deh di ruang sholat (ngumpet dari Kak Ghifa, hihihi). Sambil dibantu lampu belajar sebagai lighting, aku gunakan fitur malam agar hasil fotonya nggak gelap-gelap banget.

Kamera HPku ini memang hanya 5MP. Tapi, aku merasa sangat terbantu untuk mempercantik foto-foto di blogku. Apalagi, HPku ini sudah dilengkapi dengan teknologi PixelMaster Camera yang menonjolkan hasil jepretan yang lebih cling. Selain fitur malam, ada juga fitur panorama, otomatis, pengindahan, HDR, dan masih ada yang lainnya.

Fitur PixelMaster Camera
Agar makin ciamik, foto hasil jepretan tersebut biasanya aku edit lagi dengan aplikasi PicsArt. Tak banyak yang ku edit, biasanya hanya saturasi, kecerahan, dan kontrasnya saja. Kelar itu tinggal ngasih tulisan dengan aplikasi Phonto. Semua terasa lebih mudah semenjak adanya smartphone. Salah satunya kalau mau ambil foto di manapun dan kapanpum. Selain lebih simpel, kini ambil foto dengan smartphone hasilnya juga tidak kalah dengan kamera yang keren-keren itu ya. Asal kita mau jeli dan memanfaatkan media yang kita punya. Terakhir, aku berharap anggapan kalau botok lamtoro itu makanan orang miskin akan semakin berkurang. Semoga makin banyak yang sadar bahwa memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita itu lebih ekonomis dan jauh dari budaya konsumtif. Ehm, makin banyak yang mencoba resep botok lamtoro juga. Jadi, kapan kamu mau bikin botok lamtoro?

Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel

Sumber bacaan:
https://telset.id/78355/4-fitur-jempolan-pixelmaster-di-asus-zenfone/ https://id.m.wikipedia.org/wiki/Lamtoro http://lodiloho.blogspot.co.id/2011/04/lamtoro-multi-fungsi.html http://ruslin-munir.blogspot.co.id/2011/12/makalah-tentang-tanaman-lamtoro.html

http://techno.khedisfile.com/2014/12/21/16-kelebihan-pixelmaster-pada-asus-zenfone-kamu/

Gallery Resep Botok Lamtoro

Resep Botok Tahu Tempe Udang Teri Tanpa Bungkus Daun

Botok Instagram Photo And Video On Instagram

Resep Membuat Botok Telur Asin Khas Demak

Resep Botok Melandingan Petai Cina Lamtoro Ttm Tips Trik

Resep Botok On Windows Pc Download Free 1 0 2 Com

Botok Tempe Teri Dan Lamtoro

Resep Cara Membuat Botok Lamtoro Baca Resep

Resep Botok Lamtoro Tahu Tempe Mantap

Resep Botok Tempe Lamtoro Gurih Dan Pedas Nyari Bisnis

Resep Masakan Botok Tahu Tempe By Byviszaj Resep Tina

Resep Botok Lamtoro Teri Pedas Oleh Nadine Chandra Nacha2019

Resep Botok Teri Lamtoro Oleh Helena Mayang Cookpad

Videos Matching Resep Masakan Jawa Botok Pokak 2f Cepokak

Resep Botok Ungkus Lamtoro Pituluik Media

Resep Botok Lamtoro Petai Cina Oleh Vivi Nur Hidayati

Resep Botok Mlanding Tempe

Ulas Rasa Ulas Rasa Resep Botok Lamtoro Teri

Resep Botok Lamtoro Petai Cina Oleh Kartika Yazid Cookpad

Resep Praktis Mudah Botok Pelas Lamtoro Mlanding Enak

Resep Botok Teri Nasi Tahu Tempe Lamtoro Oleh Amanda

Resep Botok Udang Yang Mudah Dan Lezat Memanjakan Lidah Keluarga

Resep Botok Dan Pepes For Android Apk Download

Resep Dan Cara Membuat Botok Petai Cina Ikan Teri

Resep Botok Tempe Udang Menu Klasik Dengan Cita Rasa Baru

Resep Masakan Jawa Berbahan Kelapa Seleranya Anak Muda Qupas

Resep Botok Lamtoro Oleh Nafilah Xafuera Cookpad

Resep Botok Teri Lamtoro Oleh Ratnakitchen Cookpad

Resep Membuat Bothok Resep Unggulan

Aneka Resep Botok Archives Widhiaanugrah Com


Belum ada Komentar untuk "Resep Botok Lamtoro"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel