Resep Olahan Pisang Kepok



Resep Nugget Pisang Kepok Coklat Keju Crispy Di Luar Dan

Super Legit, 13 Sajian Pisang Khas Indonesia Ini Wajib Dicoba!

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Pisang, buah tropis berwarna kuning ini memang punya banyak penggemar. Dengan rasa yang manis dan tekstur lembut, buah pisang mudah disantap kapanpun bahkan diolah menjadi aneka sajian menggugah selera. Sebutlah pisang goreng, pisang bakar, piscok atau pisang coklat, hingga yang sedang tren saat ini: nugget pisang.

Tak hanya yang kekinian saja, sajian pisang tradisional dan khas Indonesia juga banyak dicari, nih. Mungkin kita hanya tahu beberapa sajian saja seperti es pisang ijo dan sale pisang. Padahal, masih banyak sajian atau kudapan dari pisang khas daerah yang resepnya sudah turun-temurun, lho. Penasaran? Langsung saja simak yang satu ini!

1. Godok Pisang atau Cekodok

(Image: Nila Sharif)

Wisata ke daerah Sumatera Utara dan Barat rasanya tak lengkap tanpa jajan kue satu ini. Godok pisang atau cekodok atau godo-godo adalah kue bola pisang khas Sumatera yang digoreng hingga kecoklatan. Rasanya benar-benar legit karena memakai pisang kepok, raja, atau batu yang sudah matang atau kematengan.

Nah, bahan pembuatannya cukup sederhana yakni pisang, terigu, gula-garam secukupnya (kalau tak mau terlalu manis, gulanya dibatasi saja), dan baking soda. Beberapa daerah juga menambahkan parutan kelapa dalam adonan ini supaya rasanya makin mantap.

2. Pisang Molen

Bagi penggemar gorengan, olahan pisang yang satu ini tentu sudah tak asing, ya. Pisang molen adalah salah satu kudapan khas Bandung. Jangan terbalik dengan pisang bolen karena meskipun sama-sama dari Bandung, keduanya adalah makanan yang berbeda.

Pisang molen memiliki tekstur kulit tipis dan garing untuk membungkus pisang raja, tanduk, atau uli matang yang sudah dipotong jadi 2-3 bagian. Kulit ini terbuat dari terigu, maizena, telur, air es, gula, margarin, dan garam secukupnya. Bayangkan rasanya yang kriuk di luar dan lembut di dalam, hmm satu potong rasanya tak cukup!

Coba Resep : Pisang Molen

3. Pisang Sale

(Image: Hanhanny)

Di antara olahan pisang tradisional lainnya, pisang sale adalah yang paling tahan lama. Tak heran, sajian pisang khas Jawa ini sering dijadikan makanan oleh-oleh dalam kemasan. Ada dua jenis pisang sale, yakni versi basah dan versi kering.

Pisang sale basah adalah pisang yang sudah disisir, lalu dijemur agar kadar air dalam buahnya berkurang. Jadi, jangan heran ya jika warna olahan pisang ini cenderung gelap. Nah setelah dijemur, pisang sale bisa langsung disantap atau digoreng tepung. Pisang sale yang digoreng tepung inilah yang disebut pisang sale kering.

4. Mata Roda

(Image: Resep Aneka Jajanan Tradisional)

Sesuai namanya, kue satu ini memang berbentuk seperti roda, lho. Mata roda terkenal di daerah Jawa Tengah sebagai kue basah bertekstur kenyal dengan rasa manis-gurih. Oh ya, mata roda ini juga ada di Jawa Barat (Sunda) dengan sebutan kue putri noong dan di Makassar dengan beppa janda atau kalimbu.

Kue ini terbuat dari adonan singkong parut yang dikukus, diberi aneka warna, lalu diisi pisang raja, tanduk, atau kepok yang sudah matang. Setelah itu, adonan singkong isi pisang ini dikukus dan dipotong bentuk bulat. Terakhir, taburkan kelapa parut agar rasanya gurih dan makin mantap.

5. Carang Gesing

Jika anda suka kudapan gurih-manis, jajanan pasar khas Jawa Tengah ini tak boleh dilewatkan. Carang gesing adalah olahan pisang uli, raja, atau kepok yang dipadu dengan gula, garam, dan telur.

Pemakaian pisang untuk sajian ini harus yang benar-benar matang atau kematengan agar rasa manis dan aromanya menonjol. Sedangkan telur dalam adonan ini memang membuat gurih carang gesing, tapi jika kurang yakin anda juga bisa tambahkan santan. Adonan ini nantinya dikukus matang dan siap disajikan atau disimpan dalam kulkas.

Coba Resep : Carang Gesing

6. Nagasari

Dari dulu hingga sekarang, kue basah asal Jawa Tengah ini hampir tak pernah absen di antara jajanan pasar tradisional. Nagasari merupakan adonan yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula, yang kemudian diisi dengan pisang kepok atau raja matang.

Adonan isi pisang ini nantinya dibungkus dalam daun pisang dan dikukus hingga matang. Nah agar semakin menarik, nagasari juga hadir dalam berbagai warna, lho. Saat membuat adonan, beberapa orang menambahkan pewarna alami hijau (air daun suji) dan merah (gula merah). Tak heran, kue lembut dan manis ini sering jadi langganan untuk snack arisan atau pertemuan.

Coba Resep : Nagasari

7. Pisang Plenet

(Image: Resep Masakan Indonesia)

Katanya, olahan pisang yang satu ini sudah cukup langka, lho. Pisang plenet adalah kuliner khas Semarang berupa pisang bakar yang kemudian dipipihkan atau “diplenet”.

Pisang kepok sering jadi pilihan karena tak mudah hancur saat dibakar dan dipipihkan, serta memiliki rasa manis yang pas. Nantinya, pisang ini dibakar terlebih dahulu hingga layu, lalu diplenet atau dipenyet hingga dagingnya melebar, dioles margarin, lalu dibakar lagi hingga permukaannya kecoklatan.

Olahan yang juga sering disebut pisang penyet ini pun ditumpuk bak kue dadar dan disajikan dengan aneka topping seperti meses, kacang, keju, atau gula halus. Yuk, segera diburu sebelum kehabisan!

8. Lempeng Pisang

Kalau orang Barat punya pancake, Indonesia juga punya lempeng pisang. Kudapan satu ini berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan mudah ditemukan di segala penjuru kota.

Sekilas, olahan pisang ini memang mirip pancake, hanya saja pisangnya dilumat kasar atau dipotong dadu untuk dicampurkan dalam adonan kue. Jadi ketika disantap, ada tekstur pisangnya yang bergerindil dan tentunya membuat sensasi tersendiri. Agar semakin beraroma, pakailah pisang tanduk, raja, atau talas yang memang matangnya pas (tidak kemudaan, tidak kematengan).

Bisa juga tambahkan santan atau kelapa parut agar semakin gurih. Hmm, apalagi ditambah dengan topping mentega cair, madu, keju, atau susu kental manis tentunya cocok untuk sarapan berkelas yang ekonomis, nih!

Coba Resep : Lempeng Pisang

9. Pisang Gapit

(Image: Wied’s Table)

Suka sajian yang bersaus creamy? Yuk cobain pisang gapit! Sesuai namanya, pencuci mulut khas Kalimantan Timur ini memang diperlu digapit atau dijepit saat proses bakar. Jadi, pisang kepok atau sanggar dibakar terlebih dahulu hingga layu, lalu dijepit hingga agak pipih tapi tidak melebar seperti pisang plenet. Setelah itu, pisang dioles margarin dan dibakar hingga kedua sisinya matang.

Nah, pisang bakar yang agak keras di luar tapi lembut di dalam ini pun dituang dengan saus gula merah yang creamy. Saus berwarna kecoklatan ini dibuat dari gula merah dan santan, lalu dituang di atas pisang gapit hingga “banjir”. Duh, jadi ngiler ya?

10. Pisang Rai

Eits, jangan sampai olahan pisang ini tertukar dengan mata roda ya. Pisang rai adalah kudapan khas Bali dari adonan tepung beras, santan, air suji, dan kelapa parut yang kemudian diisi pisang raja, tanduk, atau kepok yang sudah matang. Nantinya, adonan berisi pisang ini digulung dan dibungkus dengan daun pisang seperti lemper, lalu dikukus hingga matang.

Teksturnya lembut dan terasa manis-legit, apalagi ditambah taburan kelapa parut yang pastinya jadi makin mantap! Tak sulit menemukan pisang rai di Bali karena hampir setiap sudut kota menjajakan kue basah ini. Harganya yang sangat terjangkau juga jadi alasan utama mengapa jajanan pasar berkulit hijau ini populer di pulau dewata.

Coba Resep : Pisang Rai

11. Barongko Pisang

Satu lagi olahan pisang yang memakai daun pisang: barongko. Kue basah asal Bugis, Makassar ini memang terasa lembut dan legit. Bahkan, aromanya benar-benar wangi ketika selesai dikukus.

Barongko memakai bahan pisang kepok atau raja yang sudah matang, santan, telur, gula, dan garam secukupnya. Uniknya, telur yang digunakan ternyata tidak tanggung-tanggung lho, yakni sekitar 6-10 butir telur (tergantung resep). Wah, bayangkan betapa gurih dan lembutnya kue ini ya?

Coba Resep : Barongko Pisang

12. Pisang Epe

Sajian pisang yang satu ini hampir sama dengan pisang gapit, hanya saja menggunakan saus gula merah yang legit sebagai kondimennya. Pisang epe adalah jajanan yang sangat populer di Pantai Losari, Makassar.

Epe dalam bahasa setempat berarti “jepit”, karena pisang ini perlu dijepit saat proses pembakarannya. Jadi, pisang kepok atau raja yang belum terlalu matang dan agak keras dibakar hingga cukup layu, lalu dijepit hingga agak gepeng, dioles margarin, dan dibakar lagi hingga matang. Selanjutnya, pisang epe dituang saus gula merah yang kental dan legit agar semakin mantap.

Selain saus gula merah, beberapa juga memakai saus coklat, saus durian, taburan keju parut, dan kacang yang dicincang kasar. Ah, rasanya makin rileks menikmati suasana pantai ya?

Coba Resep : Pisang Epe

13. Es Pisang Ijo

Terakhir, ada minuman es yang sangat populer: es pisang ijo! Olahan pisang asal Makassar ini memang jadi favorit karena perpaduan adonan hijau berisi pisang, bubur sumsum, es batu, sirup merah, dan susu kental manis yang menggoyang lidah.

Adonan hijau pembungkus pisang raja atau tanduk ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji, air daun suji, dan santan. Rasanya manis dan lembut, apalagi disuap bersama bubur sumsum. Slurp!

Coba Resep : Es Pisang Ijo

Sebagian besar aneka sajian di atas dibuat dengan cara dikukus. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk punya panci kukus. Siapa tahu anda akan perlu suatu saat nanti, kan? Nah, agar bisa mengukus kue sekaligus banyak, pakai Supra Panci Kukus Susun 3 (Lihat di Lazada DISKON) yang berdiameter 24 cm.

Image: Lazada

Panci paling bawah berfungsi sebagai wadah air mendidih dan 2 panci lainnya sebagai wadah makanan. Karena termasuk panci kukus susun, SUPRA Panci Kukus ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas. Sehingga, anda tidak perlu khawatir karena kue pasti matang merata.

Wah, beragam sekali ya? Sebagian besar sajian di atas bisa anda temui di resto khas daerah, tapi ada juga yang agak sulit ditemukan. Namun jangan khawatir, sajian pisang di atas juga gampang dibuat sendiri, lho. Kenali dulu jenis-jenis pisang yang ada di Indonesia berikut ini supaya tak salah pilih dan olah, ya.

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Gallery Resep Olahan Pisang Kepok

5 Olahan Pisang Simple Yang Cocok Disantap Saat Santai

7 Resep Dan Cara Membuat Olahan Pisang Tokopedia Blog

Resep Olahan Pisang Unik Dan Praktis Klinikabar

7 Resep Dan Cara Membuat Olahan Pisang Tokopedia Blog

Kumpulan Resep Masakan Di Instagram Pisang Goreng Wijen

Resep Nugget Pisang Kepok Oleh Aisyaheki Cookpad

Resep Pisang Kepok Kekinian Dijamin Habis Sama Si Kecil

Bosen Pisang Goreng Ini Resep Lempeng Pisang Khas Banjarmasin

Resep Pisang Rai

Aneka Jenis Pisang Yang Cocok Digoreng Petani

Nagasari Bahan Pisang Kepok Matang Kukus Resep

Pisang Kepok Panggang Camilan Pisang Tren Baru Dari Surabaya

Resep Membuat Pisang Goreng Kipas Kremes Pisang Goreng

Nyamm Renyah Manis Pisang Goreng Kepok Kuning Dengan Aneka

7 Resep Dan Cara Membuat Olahan Pisang Tokopedia Blog

Reseppisanggoreng Instagram Posts Photos And Videos

7 Resep Camilan Enak Dari Bahan Sesimpel Pisang Bikinnya

Resep Pisang Kepok Kekinian Dijamin Habis Sama Si Kecil

Resep Bolu Kukus Pisang Kepok Enak Dan Gampang

Resep Cara Memasak Kue Kering Rasa Pisang Yang Sangat Renyah

Resep Resep Bolu Pisang Kepok Untuk Usaha Rumahan

Olahan Pisang Yang Disukai Banyak Orang Pisang Kepok Panggang

Resep Nugget Pisang Kepok Oleh Muhammad Al Amin Cookpad

Cara Membuat Sarikaya Pisang Kepok Jihan Davincka


Belum ada Komentar untuk "Resep Olahan Pisang Kepok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel