Resep Kue Sarang Semut Takaran Gelas



Resep Pembaca Jtt Cake Karamel Sarang Semut A La Novie

Resep Kue Sarang Semut Tanpa Mixer

Resep Kue Sarang Semut Tanpa Mixer – Kue sarang semut, bolu karamel atau yang sering disebut dengan Cake Caramel merupakan salah satu cake yang digemari oleh orang banyak. ciri khas dari kue sarang semut adalah memiliki warna coklat pekat dengan bau wangi gula yang khas dan memiliki tekstur sedikit kenyal dan rasa gula terbakar yang unik dan memberikan greget tersendiri di setiap gigitannya. Kue sarang semut paling enak dinikmati di pagi dan sore hari dengan ditemani minuman hangat seperti teh dan coffe.

Walaupun saat ini banyak aneka cake kekinian seperti Cheese Cake Lumer, Pie Susu Fruite, Kue Muffin dan lain sebagainya. namun Kue karemel termasuk dalam kategori kue yang tak lekang oleh jaman yang terus berubah. terbukti kue sarang semut lembut dengan ciri khas lubang-lubang berongga seperti sarang semut masih menjadi idola banyak orang. kue sayang semut yang empuk membuat kue ini cocok dinikmati oleh siapapun dari anak kecil, orang dewasa hingga orang tua.

Cara membuat karamel yang merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan cake sarang semut ini cukup mudah. langkah pertama anda cukup gosongkan gula pasir di atas wajan teflon dengan menggunakan api yang kecil. saat membuat karamel kami sarankan pakailah wajan yang cukup tebal agar panas api merata dan menghasilkan karamel yang enak sempurna. biarkan saja gula mencair perlahan, jangan sampai di aduk-aduk ya karena hasilnya akan lengket sekali.

Setelah gula mulai mencair, tuangkan air panas perlahan agar tidak menciprati tangan. rebus kembali dengan menggunakan api kecil dan biarkan karamel larut dengan sendirinya. kunci membuat kue sarang semut adalah pada proses pembuatan karemalnya, gula dimasak sampai menjadi karamel tetapi tidak boleh terlalu gosong. karena jika gula terbakar terlalu lama akan menghasilkan karamel menjadi pahit dan merusak rasa bolu sarang semut anda.

Nah bagi pemula yang baru membuat karamel atau yang selalu gagal menghasilkan karamel yang pas. kami sarankan jangan menggunakan api yang terlalu besar ketika proses karamel dibuat seperti yang sudah kami jelaskan diatas cukup dengan menggunakan api kecil saja. kemudian masukkan gula perlahan sampai benar-benar mencair dan berubah warna menjadi coklat keemasan. segera angkat dan jangan sampai dibiarkan hingga warna karamel menjadi sangat coklat pekat karena hasilnya akan menjadi pahit.

Oh iya, bila selama direbus airnya menyusut banyak dan khawatir karamel menjadi kering, anda boleh menambahkan air panas lagi secukupnya. tuang sedikit demi sedikit agar tidak memercik. cara membuat kue sarang semut sebenarnya cukup mudah dan tidak sulit. kuncinya hanya di karamelnya saja, setelah itu anda cukup mengaduk adonan dengan whisker hingga adonan merata dengan baik. jadi Resep Kue Sarang Semut Tanpa Mixer ini cocok buat anda yang tidak mempunyai mixer dirumah.

Untuk membuat Kue Sarang Semut yang enak dan empuk dapat di buat dengan dua cara. yaitu dengan cara dikukus yang menghasilkan Kue Sarang Semut Kukus dan yang kedua dengan cara dipanggang yang menghasilkan Kue Sarang Semut Panggang. nah, kebetulan untuk Resep Kue Sarang Semut ini kami bagikan untuk versi panggang nya ya. untuk versi kukus InsyaAllah akan kami bagikan di resep cake karamel selanjutnya. berikut ini adalah Bahan-bahan dan Cara Membuat Kue Sarang Semut praktis yang wajib dicoba. cekidot!!

Resep Kue Sarang Semut dan Cara Membuat

Resep Kue Sarang Semut dan Cara Membuat

Bahan-bahan Karamel :

  • Gula pasir 300 gram
  • Air panas 250 mili liter
  • Air dingin 200 mili liter

Bahan Cake Karamel :

  • Tepung serbaguna 220 gram
  • Mentega atau margarine 70 gram
  • Telur ayam 5 butir
  • Susu kental manis 200 gram / 1/2 kaleng
  • Vanila ekstrak atau vanili bubuk 1 sendok teh
  • Baking powder ( double acting ) 1 sendok teh
  • Baking soda kue 2 sendok teh (gunakan bicarbonat of soda agar hasil kue lebih coklat kehitaman)

Cara Membuat Karamel :

  1. Langkah awal masukkan gula pasir dan 2 sendok makan air ke dalam panci atau wajan. kemudian panaskan gula dengan menggunakan api kecil sampai gula pasir lumer dan larut. jangan di aduk, biarkan gula mencair dengan sendirinya, goyang-goyangkan panci atau wajan agar lumernya merata.
  2. Bila gula sudah mencair dan mulai berubah warna menjadi kecoklatan, masukkan air panas sedikit demi sedikit. hati-hati saat proses ini, suhu gula yang sangat tinggi dengan kondisi yang pekat ketika terkena air akan menimbulkan letupan-letupan. aduk karamel hingga tercampur rata dengan menggunakan sendok sayur bergagang panjang agar lebih safety.
  3. Matikan api dan masukkan air dingin. aduk rata. sisihkan dan biarkan caramel menjadi dingin.

Cara Membuat Kue Sarang Semut Tanpa Mixer :

  1. Langkah awal panaskan oven dan set disuhu 170 derajat celcius, api atas dan bawah. lalu letakkan pemanggang ditengah. olesi loyang tulban (loyang yang berlubang tengah) dengan diamter 23 centi meter atau loyang sesuai selera dengan margarine secukupnya. taburi permukaannya dengan sedikit tepung. sisihkan.
  2. Selanjutnya siapkan wadah yang cukup besar, kemudian masukkan susu kental manis. aduk dengan spatula balon atau garpu sampai berwarna sedikit putih. proses mengaduknya kira-kira 1 sampai 2 menit. tambahkan mentega atau margarine, aduk cepat dengan spatula sampai menjadi adonan yang lembut ddan smooth pucat.
  3. Setelah itu tambahkan telur satu per satu, pastikan adonan tercampur rata dengan telur sebelum anda memasukkan telur berikutnya. aduk hingga rata.
  4. Langkah selanjutnya masukkan vanila ekstrak, aduk rata. tambahkan baking powder dan baking soda, aduk cepat sampai rata sampai tidak ada gumpalan baking powder atau baking soda. tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan menjadi benar-benar lembut.
  5. Kemudian masukkan karamel cair (pada tahap ini usahakan karamel dalam kondisi masih hangat), dengan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur dengan baik. hasil adonan akan encer dan ringan, ini yang akan memudahkan gelembung udara naik dan membentuk lorong-lorong di adonan seperti layaknya sarang semut.
  6. Tuangkan adonan cake caramel ke dalam loyang, kemudian panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya di suhu 170 derajat celcius selama 50 menit. anda boleh test kue dengan tusuk sate, pertanda bila adonan tidak ada yang menempel berarti cake telah matang.
  7. Keluarkan kue sarang semut dari oven dan biarkan hingga uap panasnya hilang. balik kue ke dalam piring saji, biarkan mendingin. potong-potong sesuai selera.
  8. Resep Kue Sarang Semut siap untuk disantap, mantap!!

Selain Kue Sarang Semut Original yang khas dengan rasa karamel legitnya. kue sarang semut juga dapat dikreasikan dengan bahan lainnya. misal dengan pandan, sehingga hasil akhirnya terasa aroma pandan warna hijau yang membuat cake caramel semakin wangi menggoda. cake caramel aroma pandan sering disebut dengan Kue Sarang Semut Pandan. bagaimana Cara Membuat dan Resep Kue Sarang Semut Homemade ini, cukup mudah bukan? jika anda tidak mempunyai timbangan kue, anda bisa menggunakan takaran Resep Kue Sarang Semut dengan gelas belimbing.

Bahan yang ditakar dengan gelas belimbing terkenal sebagai salah satu Resep Kue Sarang Semut Takaran Gelas Rumahan yang akan memudahkan anda membuatknya dirumah. perbandingannya adalah 300 gram sama dengan 2 gelas belimbing, 250 mili liter sama dengan 1 1/2 gelas belimbing, 200 mili liter sama dengan 1 gelas belimbing dan seterusnya. jadi bisa dibilang 150 gram = 1 gelas belimbing dan ukuran 200 mili liter = 1 gelas belimbing. silahkan sesuaikan bahan yang dibutuhkan sesuai takaran yang tepat.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Kue Sarang Semut Tanpa Mixer ini dirumah. buka juga artikel terbaru dari kami seperti Resep Ayam Saus Asam Manis Nanas dan Resep Bongko Kopyor Khas Gresik yang patut dicoba. terimakasih sudah membuka resepasik.com, semoga dengan adanya Resep Kue Sarang Semut ini dapat membantu anda membuat cake caramel yang super duper lezat dirumah. sampai bertemu diartikel resep selanjutnya, salam.

Gallery Resep Kue Sarang Semut Takaran Gelas

Beberapa Cara Membuat Roti Karamel Kukus Yang Empuk Dan

Bolu Caramel Sarang Semut Oven Anti Gagal

Karamel Sarang Semut By Tri Yunianti

How To Make Bolu Caramel Anti Nest Failed

Resep Bolu Sarang Semut Just Try Taste

Aneka Resep Bolu

Resep Pembaca Jtt Cake Karamel Sarang Semut A La Novie

80 Gambar Gelas Munjung Paling Hist Gambar Pixabay

129 Resep Sarang Semut Gelas Enak Dan Sederhana Cookpad

Cupcake Cokelat Tapioka Gluten Free Vegan No Mixer Low

Cake Kukus Lembut Keeprecipes Your Universal Recipe Box

Resep Bolu Sarang Semut Takaran Gelas

Ala Chef Posts Facebook

Resep Membuat Kue Sarang Semut Cake Karamel Versi 2 By

Bolu Karamel Kenjiediary

Cemilan Kenjiediary

Resep Sarang Semut Enaaak Kenyal

Resep Dan Cara Membuat Kue Bolu Pisang Panggang Yang Lembut

Resep Membuat Kue Sarang Semut Cake Karamel Versi 2 By

Bolu Panggang Karamel Takaran Gelas Clipja Com

235 Gambar Kue Mami Terbaik Resep Makanan Dan Resep Kue

Setiawatiwang Rumah Mungil Ku Halaman 6

Kue Bolu Resep Warisan Mama

Bolu Panggang Karamel Takaran Gelas Youtube

Bolu Caramel Bolu Sarang Semut


Belum ada Komentar untuk "Resep Kue Sarang Semut Takaran Gelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel