Resep Klapertart Manado



Resep No Bake Klappertaart Yuda Bustara Youtube

Resep Khusus : Cara Membuat Klapertart Khas Manado

Banyak orang bilang cara membuat klapertart itu sulit. Bahkan mungkin ada yang belum mengetahui apa itu klapertart. Bagaimana cara membuat klapertart? Sudah pernahkah Anda mencicipi kuliner bernama Klapertart?

Untuk itu pada kesempatan ini, bisnisusahaonline.com akan berbagi informasi mengenai cara membuat klapertart tersebut. Namun sebelum itu, terlebih dahulu mari kita simak ulasan singkat mengenai makanan khas yang satu ini.

Apa itu Klapertart?

Klapertart merupakan salah satu kue khas Manado. Kue ini terinspirasi dari berbagai kue khas Belanda. Makanan ini mulai muncul di Indonesia sejak jaman kolonial. Di Belanda, kue ini disebut “klappertaart”, namun kebanyakan orang Indonesia lebih suka melafalkan dan menulisnya dengan sebutan “klapertart”.

Di Manado, Klapertart sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Jika Anda sudah pernah berkunjung atau sedang berkunjung ke Manado, Anda harus mencoba kuliner satu ini.

Cara membuat klapertart terbilang mudah, karena cara membuat kue ini sama dengan membuat kue pada umumnya. Bahan – bahan yang dibutuhkan pun mudah untuk didapatkan, yaitu tepung terigu, susu, air kelapa, dan margarin atau mentega.

Biasanya Klapertart dimasak dengan cara dipanggang sehingga hasilnya mirip dengan kue tart pada umumnya. Namun seiring perkembangannya, cara membuat klapertart saat ini juga banyak yang dibuat tanpa oven, yakni dengan cara dikukus sehingga teksturnya menjadi lebih lembut.

Kue ini akan banyak di temukan di Manado, karena ibukota Sulawesi Utara tersebut merupakan pusatnya klapertart di Indonesia.

Sejarah Klapertart

Pada awalnya klapertart sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Hingga saat ini Klapertart masih menjadi idola dan akan terus melekat pada setiap lidah masyarakat Indonesia. Bahkan di beberapa tempat makan ternama sekarang ini juga banyak yang menawarkan menu makanan satu ini.

Dalam penyajiannya Klapertart akan jauh lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Oleh karena itu, biasanya kue ini dimasukan ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum disajikan. Klapertart memiliki banyak varian rasa. Saat ini klapertart sudah berkembang dengan berbagai varian rasa, dari rasa original rasa keju, durian, coklat, bluberi, dan lain sebagainya.

Bukan hanya rasanya saja, saat ini klapertart juga dapat dibuat dengan varian rendah kalori. Kalpertart varian rendah kalori ini sangat cocok untuk orang-orang yang sedang menjalani program diet karena klapertart biasa memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi.

Anda dapat sangat mudah menemukan kue ini jika sedang berkunjung ke Manado. Tapi jangan khawatir bagi Anda yang tidak sempat kesana. Anda bisa mencoba resep cara membuat klapertart sendiri seperti yang akan kita bahas berikut di bawah ini.

Bahan-Bahan Klapertart

Bahan-bahan yang kita perlukan untuk resep cara membuat klapertart ini sangat mudah didapatkan. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara membuat klapertart panggang. Bahan – bahannya akan kita bagi menjadi tiga jenis, yaitu bahan I, bahan II, dan bahan toping. Perhatikan bahan apa saja yang harus Anda siapkan berikut ini :

Bahan I

  • Tepung terigu sebanyak 125 gram (protein sedang)
  • Gula pasir sebanyak 175 gram, haluskan
  • Susu bubuk sebanyak 50 gram (merek apapun)
  • Air kelapa sekitar 500 – 600 ml (jika ingin tekstur lembut) dan 300 – 400 ml (bila ingin tekstur kental)
  • Kuning telur sebanyak 4 butir
  • Margarin cukup sebanyak 100 gram, lelehkan
  • Garam sebanyak 1/4 sendok teh
  • Pasta vanilla/vanilli sekitar 1/2 sendok teh

Bahan II:

  • Kismis sebanyak 30 gram
  • Kenari kacang almond panggang 30 gram
  • Kelapa muda (daging lembut) sebanyak 3 butir, kerok dagingnya

Bahan Toping

  • Gula pasir sebanyak 50 gram
  • Putih telur dari 3 butir
  • Garam sekitar 1/4 sendok teh
  • Cream of tartar sebanyak 1/2 sendok teh
  • Kayu manis bubuk (untuk taburan) secukupnya
  • Kismis seperlunya

Alat – alat yang dibutuhkan

  • Baskom atau wadah untuk mengaduk adonan
  • Saringan
  • Pengaduk adonan
  • Panci
  • Pemanggang roti atau Oven
  • Alat Pengocok adonan, bisa menggunakan mixer atau pengocok biasa
  • Cetakan dasar bahan aluminium

Baca Juga : 5 Resep Ogura Cake Lezat, Lembut, Ringan dan Kekinian

Cara Membuat Klapertart Panggang

Jika semua bahan – bahannya telah terkumpul, langsung saja kita praktikan cara membuat klappertart. Pada pembuatan klappertart ini, kita akan membuat klappertart panggang khas Manado, namun selain dipanggang bisa juga dengan cara dikukus.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah campurkan 125 gram tepung terigu, 175 gram gula pasir halus, 50 gram susu bubuk, air kelapa 4 butir kuning telur, margarin yang sudah dilelehkan, ¼ sendok the garam, ½ sendok the pasta vanilli ke dalam sebuah wadah.

Aduk-aduklah semua bahan tersebut hingga tercampur secara merata. Jika semua bahan sudah tercampur secara merata, saringlah campuran tersebut.

Jika sudah tersaring semuanya, siapkan panci rebus untuk memasak adonan bahan I tadi. Masaklah adonan tersebut sampai mengental secara sempurna. Setelah adonan tersebut mengental, tambahkan 30 gram kenari kacang almond, 30 gram kismis dan air kelapa muda ke dalamnya.

Selanjutnya aduk kembali adonan tersebut hingga tercampur merata dan kental. Jika menurut Anda adonan tersebut terlalu kental, Anda bisa mengencerkannya dengan menambahkan sedikit demi sedikit air kelapa.

Kocoklah putih telur, gula, cream of tartar dan garam hingga kaku dalam wadah yang berbeda, kemudian sisihkan terlebih dahulu.

Cara Memasak Klapertart

Siapkan sebuah cetakan berbahan dasar alumunium foil. Setelah itu tuang adonan yang telah kita buat tadi ke dalamnya kemudian olesi dengan menggunakan kocokan putih telur tadi. Langkah selanjutnya beri hiasan kayu manis bubuk di atasnya agar tampilannya menjadi semakin cantik.

Setelah itu siapkan oven atau pemanggang. Pangganglah adonan tersebut dalam oven selama 10 menit dengan suhu mencapai 170 derajat celcius. Langkah terakhir dalam cara membuat kalpertart adalah jika kue tersebut sudah matang, angkat kue tersebut dan letakan di atas meja agar panas dan uapnya pergi.

Seperti yang telah disebutkan di atas tadi, kue kalpertart merupakan sebuah makanan yang sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Maka dari itu kami sangat menyarankan bagi Anda untuk menaruhnya terlebih dahulu di dalam lemari es selama beberapa saat sebelum menyajikannya.

Kreasi Penyajian

Jika ingin penampilan kue tersebut menjadi semakin cantik, bisa juga mengganti hiasan toping dengan bahan-bahan lain sesuai dengan keinginan Anda mulai dari potongan buah-buahan, kacang – kacangan, krim, coklat, keju, dan lain sebagainya sesuai kreasi dan kreativitas Anda.

Anda juga dapat melakukan variasi cara membuat klapertart dengan mencampurkan roti tawar sebagai hiasan atau topingnya agar varian rasa kue khas Manado ini akan semakin nikmat dan beragam.

Demikian tadi resep cara membuat klapertart dengan berbagai kreasi yang sangat mudah untuk dipraktikkan di rumah. Selain dapat berkreasi sesuai kreatifitas Anda, Anda juga dapat berkreasi untuk membuat toping klapertart agar tampilannya menjadi berwarna-warni sesuai selera.

Selamat mencoba dan selamat berkreasi!

Gallery Resep Klapertart Manado

Klappertaart Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Resep Klapertart Manado Yang Lembut Cantik Tempo Co

Resep Klapertart Manado Pembelajaran

Yuk Bikin Klapertart Ala Manado Indozone Id

Resep Klapertart Cielov Just Try Taste

Resep Klapertart Panggang Pudding Desserts Resep Dan

Resep Klapertart Asli Khas Manado Resep Kuliner Cookpad

Resep Klapertart Panggang Khas Manado

Resep Istimewa Klappertaart Manado

5 Resep Cara Membuat Klapertart Manado Aneka Kreasi Rasa

Resep Membuat Kue Klapertart Lezat Khas Manado Tanpa Oven

Resep Kue Gandus Khas Palembang Resep Kuliner Cookpad

Resep Cara Membuat Klapertart Kukus Tanpa Oven

Resep Klapertart Manado Resep Masakan

Resep Masakan Resep Klapertart Manado Resep Masakan

Resep Klappertaart Hidangan Pencuci Mulut Asal Manado Yang

Resep Klapertart Lengkap For Android Apk Download

Resep Dan Cara Membuat Klapertart Tanpa Oven Yang Lezat

Resep Klapertart Lengkap 1 0 Apk Androidappsapk Co

Klappertaart Alikacookiesncakes Com

Resep Cara Membuat Klapertart Lembut Sederhana Enak


Belum ada Komentar untuk "Resep Klapertart Manado"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel