Resep Cumi Basah Cabe Ijo



Resep Cumi Basah Cabe Ijo Oleh Annisa Faradila Cookpad

Resep Tumis Cumi-Cumi Asin Cabai Hijau

Seekor saudara tiri Mickey Mouse terperangkap di dalam rumah saya! Tikus berukuran kecil dengan ekor panjang ini cukup membuat saya berjingkrak-jingkrak ketakutan bercampur rasa jijik. Sepertinya makhluk pengerat ini masuk ke dalam rumah ketika pintu depan terbuka dan sekarang ini bersembunyi di area belakang rumah. Tikus adalah hama yang paling membuat saya stress karena gerakannya yang sangat cepat, cerdas dan suka bersembunyi, sehingga susah diusir keluar. Ketika digertak, hewan ini bukannya akan lari tunggang-langgang namun justru ngumpet dan diam ditempatnya hingga berjam-jam lamanya tanpa mengeluarkan suara, membuat kita cukup kesulitan untuk mendeteksi keberadaannya. 

Dulu ketika Heni masih bekerja di rumah Pete, maka urusan tikus masuk ke dalam rumah seperti ini tidak terlalu memusingkan saya. Heni dengan telaten dan tanpa kenal lelah akan terus memburu binatang ini hingga keluar melalui pintu depan. Namun kini, menghadapinya seorang diri, saya benar-benar dibuat pusing tujuh keliling

Minggu lalu saya masih sedikit tenang karena area dapur yang tertutup rapat masih aman dari jangkauannya. Untuk mencegah makhluk pengerat ini masuk maka sementara ini terpaksa semua jendela saya tutup. Walau suhu di dapur menjadi lebih panas dan harus bermandikan keringat ketika memasak, namun saya masih bertahan sambil berusaha mencari-cari informasi di internet bagaimana mengenyahkan si tikus. Ide menggunakan racun tidak masuk ke dalam list rencana karena dulu saya pernah memiliki pengalaman buruk dengan cara ini. Alih-alih tikus mati kering seperti propaganda yang tertulis di kotak pembungkus racun, bangkai tikus yang luar biasa baunya justru tergantung di jendela dapur membuat saya menjerit-jerit sendiri ketika menemukannya. 

Perangkap tikus adalah salah satu jalan keluar terbaik. Namun membeli sebuah perangkap demi menjerat seekor tikus kecil tampaknya terlalu mubazir, jadi ketika saya menemukan video cara membuat perangkap sendiri di internet, saya pun langsung mengeksekusinya. Video tersebut mengajarkan untuk membuat perangkap tikus dengan hanya bermodalkan botol air meneral bekas, beberapa karet gelang, benang dan lidi. Caranya sangat mudah dan sepertinya cukup menjanjikan untuk menjebak tikus.  Dalam waktu sepuluh menit perangkap pun jadi dan sepotong ikan asin saya gantungkan di dalamnya.

Masalah yang timbul kemudian adalah, "Kalau tikusnya sudah masuk ke perangkap dalam kondisi hidup terus kita apakan"? Tanya saya ke teman-teman kantor ketika putus asa mencari jalan keluarnya sendiri. "Bunuh dengan cara di bakar," kata Mba Kiki yang sepertinya cukup pakar dalam menangkal tikus di rumahnya. "Siram pakai bensin, trus bakar dan dilepaskan. Tikusnya bakalan lari pontang-panting dalam kondisi terbakar dan nantinya akan mati sendiri." Ide ini kontan mendapat tanggapan heboh dari yang lain, "Beh sadis bener sih. Pukul saja sampai pingsan trus buang," kata Mba Ani menimpali. "Semprot baygon sebanyak-banyaknya, nggak mati sih tapi akan pingsan sebentar, trus buang deh ke selokan." Dua ide terakhir susah dilakukan karena tikus berada di dalam botol air mineral, bagaimana cara memukul dan menyemprotnya dengan baygon?

"Kalau mau lebih ekstrim lagi nih Ndang dan pasti mati, pegang tikusnya erat-erat, buka mulutnya sampai lebar menganga dan gelontorin baygon sebotol." Ide terakhir ini membuat yang lain tertawa terbahak-bahak, meninggalkan saya yang masih pusing memikirkan skenario yang sebenarnya belum terjadi, karena belum tentu juga perangkap botol yang saya buat akan bekerja tokcer bukan? Mba Mirah yang seorang Budhism sejati hanya menggeleng-gelengkan kepalanya mendengar rentetan skenario pembunuhan sadis yang kami rencanakan.  Bagi Mba Mirah, membunuh binatang apapun jenisnya tidak diperkenankan. Beliau bahkan pernah terkaget-kaget ketika mendengar saya membantai seekor kecoak dengan sapu. "Kamu bunuh Ndang? Kenapa nggak diusir keluar rumah saja"? Tobat! 

Nah masalah semakin genting ketika hari Senin kemarin saya menemukan fakta si tikus sudah masuk ke dapur. Gara-gara lupa menutup jendela dapur ketika selesai memasak, sewajan cumi asin cabai hijau yang sedap ini sukses diacak-acak bahkan hingga beberapa potongan cumi-cumi bergeletakan di permukaan kompor, membuat saya dengan rasa jijik membuang makanan ini ke tempat sampah. Hampir meratap saya kala mengingat betapa sedapnya tumis cumi-cumi cabai hijau dan segunung nasi panas, disaat kondisi perut yang kelaparan berat ketika pulang dari kantor. Padahal saya baru menyantapnya sedikit sebagai bekal makan siang.  Tikus di dalam dapur adalah nightmare yang membuat saya susah tidur ketika memikirkannya. Ditambah lagi dapur saya penuh dengan perabotan dan bahan makanan kering yang sebagian hanya terbungkus plastik. Membayangkan hewan pembawa penyakit ini menginjak dan mengacaknya membuat semangat saya untuk terjun ke dapur menjadi drop. Lebih drop lagi kala menemukan kenyataan pahit bahwa ternyata perangkap abal-abal dengan botol bekas air mineral membuahkan hasil nihil, si tikus sama sekali tidak menyentuhnya. Saat ini saya masih dalam kondisi berperang melawan tikus dan entah kapan makhluk ini bisa saya enyahkan dari dalam rumah. Mungkin saya harus berkunjung ke pasar Blok A weekend ini dan membeli perangkap serta racunny sekalian, yang jelas minggu depan saya harus bisa tidur nyenyak tanpa memikirkan harus berbagi dapur dengan seekor tikus.
Wokeh kembali ke resep tumis cumi-cumi asin cabai hijau yang saya hadirkan kali ini. Cumi-cumi yang diasinkan seperti ini merupakan salah satu makanan favorit saya. Perkenalan dengan makanan ini terjadi belasan tahun lalu kala masih mengekos di sebuah rumah petak di daerah Cipete. Saat itu seorang tetangga di depan rumah mengantarkan semangkuk tumis cumi-cumi dengan cabai hijau yang sangat sedap, sejak itulah saya menjadi ketagihan dan sering membuatnya sendiri di rumah. Kendala utama memasak cumi-cumi kering yang diasinkan ini adalah jika anda bertemu dengan cumi-cumi yang memiliki tekstur kering, keras dan luar biasa asin. Satu tips yang saya peroleh dari tetangga nan baik hati tersebut adalah dengan merendam cumi-cumi asin menggunakan air dingin hingga lunak, air panas menurut beliau justru akan membuat cumi-cumi menjadi alot.  Nah mengingat bahan makanan ini telah mengalami proses pengasinan dan penjemuran serta terpapar udara terbuka ketika diperdagangkan di pasar maka kita harus mencuci si cumi-cumi hingga bersih sebelum dimasak. Jadi setelah cumi-cumi direndam, remas perlahan dan bilas dengan air bersih minimal sebanyak 2 kali. Jika telah dipermak seperti ini maka cumi-cumi asin pun siap dimasak sesuai selera. Menurut saya resep paling sedap untuk cumi-cumi asin adalah dengan menumisnya bersama cabai segunung, rasanya yang pedas dan gurih akan membuat makan anda pun menjadi laju dan  nasi berkali-kali ditambahkan ke piring. Tentu saja masakan ini berbahaya bagi program diet, karena itu saya hanya memasaknya sesekali saja dalam beberapa bulan. ^_^ Bumbu untuk tumis cumi-cumi asin ini standar, apalagi jika  bukan cabai hijau, cabai rawit dan segambreng tomat hijau. Semakin banyak tomat hijaunya maka rasanya akan semakin sedap. Jika anda penggemar pete tingkat tinggi maka menambahkannya ke dalam masakan akan membuat tumisan ini menjadi dua kali lebih sedap. Saya sendiri sebenarnya sangat suka pete, tetapi membayangkan harus menggosok toilet setiap waktu cukup menyurutkan nafsu untuk mengkonsumsinya. Tumis ini super hot, jadi bagi anda yang tidak suka pedas, kurangi takaran cabai rawit di resep ya.  Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Cumi Asin Cabai Hijau Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 6 porsi

Tertarik dengan resep berbahan cumi lainnya? Silahkan cek link di bawah ini:

Sambal Cumi-Cumi dan Petai Ekstra Pedas Tumis Cumi-Cumi Asam Pedas Cumi-Cumi Sambal Merah

Bahan:

- 300 gram cumi-cumi asin kering

Bumbu:

- 2 sendok makan minyak untuk menumis - 10 - 15 butir tomat hijau, potong kasar

- 7 buah cabai hijau besar iris serong tipis

- 15  buah cabai rawit hijau, iris serong tipis

- 8 butir bawang merah, iris tipis

- 5 butir bawang putih, iris tipis

- 2 cm jahe segar, memarkan

- 4 lembar daun salam

- 3 cm lengkuas, memarkan

Bumbu lainnya:

- 2 sendok makan air asam Jawa

- 1 1/2  sendok makan saus tiram

- 1 sendok makan gula Jawa, sisir halus

- 1 sendok teh garam

- 300 ml air panas

Cara membuat:

Siapkan cumi-cumi asin kering, masukkan ke dalam mangkuk, tuangkan air biasa hingga cumi-cumi terendam. Biarkan hingga teksturnya menjadi lunak, biasanya membutuhkan waktu beberapa jam. Remas-remas cumi-cumi sebentar, bilas dengan air bersih beberapa kali. Tiriskan. 

Siapkan semua bumbu-bumbu. Panaskan wajan, beri kira-kira 2 sendok makan minyak goreng. Panaskan hingga minyak benar-benar panas. Masukkan semua bumbu irisan (tidak termasuk bumbu lainnya) secara sekaligus saja, tumis sambil diaduk-aduk dengan api sedang hingga bumbu dan rempah layu. 

Tambahkan air asam, saus tiram, gula dan garam, aduk rata dan tumis selama 1 menit. Tambahkan cumi-cumi, aduk rata, dan masak selama 2 menit. Tuangkan air panas, masak dengan api kecil hingga mendidih dan kuah sedikit menyusut. Cicipi rasanya, sesuaikan gula dan garam. Angkat dan sajikan dengan nasi panas. Super yummy!

Gallery Resep Cumi Basah Cabe Ijo

10 Resep Masakan Cumi Basah Sederhana Yang Baik Untuk

Cara Membuat Oseng Cumi Basah

Ayam Jerit Jeritan Sedap Suwiran Ayam Kampung Dan Cumi

15 Cara Memasak Cumi Empuk Enak Dan Bikin Lidah Bergoyang

Resep Cumi Hitam Cabai Hijau

5 Resep Dan Cara Membuat Olahan Cumi Asin Hitam

Cara Membuat Cumi Saus Tiram Saori Pedas Enak Banget

Resep Cumi Tempe Cabe Ijo

Resep Cumi Basah Lado Mudo Cabe Hijau Oleh Mamitak Cookpad

Resep Masakan Cumi Asin Paling Lezat Untuk Sehari Hari

Resep Membuat Tempe Kecap Cabe Ijo Resep Kuliner Indonesia

Resep Cumi Ennak D2nvdyxe6dnk

Resep Masakan Cumi Cumi App Report On Mobile Action App

Resep Dan Cara Membuat Sotong Cabe Ijo Baca Resep

Resep Cumi Cabe Blog K I

Ini Dia Resep Cumi Cabe Ijo Yang Siap Menggoyang Lidah Saat

Tumis Cumi Basah

Resep Masak Dan Cara Membuat Cumi Basah Sajian Sedap Seafood

Tumis Cumi Cabe Hijau Ekstra Pedas

6 Resep Masakan Cumi Basah Terbaru 2019 Kuliner Populer

Resep Cumi Basah Cabe Ijo Oleh Indah Cookpad

Tips Mengolah Cumi Asin Agar Lebih Nikmat Dan Tidak Alot


Belum ada Komentar untuk "Resep Cumi Basah Cabe Ijo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel