Resep Bakso Tanpa Daging



Bakso Tanpa Daging Beneran Enak Youtube

Cara Membuat Pentol Bakar Sederhana Tanpa Daging

Cara membuat pentol bakar ala abang-abang yang jualan di depan sekolah SD sebenarnya sangat mudah. Makanan rakyat ini dijual dengan harga sangat murah. Peminatnya bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun menyukainya. Ohya, pentol yang dimaksud dalam artikel ini bukanlah pentol bakso yang memakai daging sapi. Banyak yang mengenal dengan nama Cilok, semacam bakso yang dibuat dari tepung tapioka dan terigu tanpa tambahan daging. Istilah pentol dipakai oleh daerah Jawa Timur sedangkan Cilok di daerah Jawa Barat dan sekitarnya. Seperti dibahas di atas, bahan utama membuat pentol adalah tepung terigu yang dicampur dengan tepung tapioka atau kanji. Kemudian diberi bumbu bawang putih, merica dan potongan daun bawang. Kadang juga diberi tambahan daging, namun bukan sebagai bahan campuran melainkan hanya isian yang ditaruh di tengah saja. Membakar pentol biasanya dilakukan dengan arang sehingga hasilnya lebih beraroma. Kalau tidak ada maka cukup menggunakan teflon yang diberi sedikit olesan mentega. Hasil beda tapi lumayanlah, antara pentol goreng dan bakar.
© twitter.com/YLjoy96
Bahan Pentol Bakar SD:
  • Tepung terigu 500 gram
  • Tepung tapioka (kanji/ aci), bisa juga sagu 200 gram
  • Air panas secukupnya
  • Bawang putih 5 siung, dihaluskan
  • Kemiri 2 buah, dihaluskan
  • Merica secukupnya
  • Daun bawang 2 batang, iris tipis tipis
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Tusuk sate secukupnya.
Resep Pentol Bakar Sederhana: Ambil wadah besar untuk mencampurkan semua bahan, masukkan tepung terigu dan kanji. Tambahkan bawang putih, kemiri, merica, daun bawang dan penyedap rasa. Tuangkan air sedikit demi sedikit sampai adonan jadi. Ambil sedikit adonan lalu gunakan kedua telapak tangan untuk membentuknya bulat. Setelah bulat, tata pada tampah yang diberi taburan tepung, tujuannya agar pentol tidak lengket. Ulangi sampai semua adonan habis. Siapkan panci yang berisi air yang diberi sedikit garam, panaskan hingga mendidih. Masukkan pentol yang sudah dibulatkan ke dalam air, panaskan sambil sesekali diaduk-aduk. Angkat pentol yang sudah mengambang lalu tiriskan agar lebih kering. Tusukan pentol pada tusuk sate lalu olesi dengan kecap dan bakar di atas bara api. Angkat setelah dirasa cukup beraroma. Ulangi sampai semua pentol selesai dibakar. Cara membuat pentol bakar telah selesai. Penyajian resep pentol bakar biasanya dengan saus kacang layaknya sate. Kadang ada juga yang cukup memakai saus tomat dan kecap manis. Kebanyakan pedagang menggunakan saus yang kadang diragukan kehigienisannya, oleh karena itu tidak ada salahnya membuat sendiri di rumah demi menjaga kesehatan anak tersayang.

Resep saus sambal kacangnya mirip dengan siomay telah dibahas pada artikel sebelumnya Cara Membuat Bumbu Sambal Kacang Siomay Enak.

Di bandingkan jenis jajanan pentol lainnya, pedagang pentol bakar ini lebih jarang ditemui. Kebanyakan yang dapat ditemui di depan sekolah adalah pentol celup dan pentol goreng. Alasannya sederhana karena butuh waktu lama untuk membakar dan keuntungannya lebih sedikit (sambal kacang jauh lebih mahal dari saus tomat euy)

Baca juga: Resep Cuanki Bakso Khas Bandung dengan Ikan Tenggiri

Sekian artikel tentang Cara Membuat Pentol Bakar Sederhana Tanpa Daging. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!

Gallery Resep Bakso Tanpa Daging

Buat Bakso Tahu Tanpa Daging Ter Enak Di Kota Ku

7 Cara Membuat Bakso Sendiri Yang Mudah Enak Dan Sederhana

Cara Membuat Pentol Bakso Tanpa Daging Tehnoblogija

Resep Bumbu Dan Cara Membuat Bakso Daging Sapi Pas

Dijamin Enak Tahu Bakso Tanpa Daging Buatan Sendiri

Resep Bakso Tempe Tanpa Daging Enak Gampang Murah Meriah

Cara Membuat Bakso Tanpa Daging Informasi Peluang Usaha

Resep Bakso Jamur Tiram Tanpa Telor Oleh Aprilia Kitchen

Resep Bakso Tahu Tanpa Daging Sederhana Lifestyle Fimela Com

5 Resep Bakso Sapi Tanpa Pengawet Yang Sehat Untuk Keluarga

Resep Tahu Bakso Tanpa Daging Oleh Candra Defi Cookpad

5 Kreasi Bakso Ini Bikin Air Liur Menetes Padahal Tanpa

Resep Bola Bola Bakso Tanpa Kuah Catatan Kecilku

Resep Dan Cara Memasak Bakso Ayam Tanpa Tepung Enak

Resep Bakso Malang

Resep Tahu Bakso No Daging Dan Cilok

Resep Bakso Tanpa Daging Sop Wortel Praktis

Bagaimana Cara Membuat Bakso Goreng Tanpa Daging Resep

Resep Membuat Tahu Bakso Tanpa Daging Resep Kuliner

Cara Membuat Bakso Aci Kenyal Sajian Pedas Dan Berkuah

7 Resep Dan Cara Membuat Bakso Sendiri Di Rumah Enak

5 Variasi Resep Dan Cara Membuat Bakso Sapi

5 Variasi Resep Dan Cara Membuat Bakso Sapi


Belum ada Komentar untuk "Resep Bakso Tanpa Daging"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel