Resep Pepes Ikan Pindang



Resep Sederhana Pepes Ikan Salem Lezat Dan Sehat Lifestyle

Resep bumbu pepes ikan tongkol pedas

bumbu pepes ikan tongkol pedas. Pindang ikan tongkol paling pas dimasak pepes. Cara masak pepes ikan tongkol mudah dan praktis. inilah resep pepes pindang ikan tongkol selengkapnya. Ikan tongkol banyak dijual di pasar pasar tradisional maupun swalayan dengan harga yang cukup murah. Pada umumnya ikan tongkol dimasak dengan bumbu rujak, meskipun demikian ikan tongkol dibuat pepes jjuga tidak kalah lezatnya. Bahkan lebih harum lagi jika dicampur dengan daun kemangi. Tentu saja penggunaan daun kemangi menjadi selera masing masing. Perlu diketahui bahwa bisa dibilang cukup banyak aneka resep masakan ikan tongkol ini seperti : ikan tongkol bumbu pedas manis, masakan ikan tongkol garo rica pedas enak, asam padeh ikan tongkol khas masakan padang, masakan ikan tongkol kuah bening, masakan ikan tongkol kuah santan, resep ikan tongkol bumbu rujak, dan masih banyak lagi. Nah pada resep masakan sederhana kali ini tips cara bikin masakan pepes ikan tongkol sederhana yang enak dan lezat.

Ikan tongkol merupakan jenis ikan air laut yang banyak dikonsumsi masyarakat, pada umumnya ikan tongkol dimasak terik atau kuah santan, namun untuk memberikan kreasi rasa ikan tongkol yang lain, ternyata cukup lezat juga ikan tongkol ini saat dimasak pepes. Cara membuat pepes ikan tongkol juga cukup mudah, hal ini karena pepes merupakan jenis masakan tradisional yang cukup dekat dengan masyarakat kelas bawah. Masakan pepes ikan selain enak dan bergizi ternyata juga menyehatkan, apalagi bagi mereka yang mempunyai keluhan dengan penumpukan kolesterol dalam tubuh. Dengan masakan pepes maka sudah barang tentu tidak menggunakan minyak goreng yang pada kenyataannya berdampak pada naiknya kadar kolesterol dalam darah. Soal ikan goreng paling mantap adalah ikan mas karena lebih renyah dan enak, cobain resep ikan mas goreng

Perlu diketahui juga bahwa harga ikan tongkol di pasar tradisional saat ini sekitar 20 ribu per kilogram, namun jika banyak kendala di lautan seperti saat sedang pasang atau ombak besar maka biasanya harga ikan tongkol juga ikut melonjak, bahkan harga per kilogram ikan tongkol saat paceklik dapat mencapai 30 ribuan. Meskipun secara umum harga ikan tongkol tidak pernah jauh dari sekitar 20 ribuan. Ada satu hal yang cukup penting, karena bagi sebagian warga saat mengkonsumsi ikan tongkol kadang kala seperti orang mabuk atau keracunan ikan tongkol. Memang sih kadang kadang setelah makan ikan tongkol kepala jadi puyeng, mual, sakit kepala, bahkan muntah muntah. Keracunan setelah makan ikan tongkol ini biasanya disebabkan kualitas ikan tongkol yang sudah tidak segar lagi.

Bumbu pepes ikan tongkol bisa bunda beli di pasar atau supermarket, pada hakekatnya bahan bahan untuk membuat pepes ikan tongkol cukup mudah dibeli karena hanya menggunakan bahan bahan bumbu dapur alami, seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, lengkuas, jahe dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak dan tulis resep pepes ikan tongkol dan petunjuk lengkap cara memasak ikan tongkol dari mulai tahap persiapan memasak hingga saran penyajian. Tidak ada salahnya jika sekali waktu mencoba buat pepes ikan tongkol. Pepes paling enak yang dibungkus dengan daun pisang, untuk itu pilih daun pisang yang masih muda dan lemas sehingga tidak mudah pecah. Pembungkus daun pisang terbaik yaitu daun pisang batu.

Resep pepes ikan tongkol

Bahan bahan pepes ikan tongkol yang diperlukan >> Ikan tongkol segar : ± 1 kg, saya sarankan untuk memastikan ikan tongkol yang anda beli masih segar dan layak konsumsi, hal ini untuk menghindari keracunan ikan tongkol >> Daun pisang : secukupnya untuk membungkus, ada baiknya garang dahulu supaya daun pisang lebih lemas dan tidak mudah robek.

>> Lidi untuk untuk ikat daun pisang

Bumbu halus pepes tongkol >> Bawang putih : ± 5 siung >> Bawang merah : sekitar 8 buah >> Kunyit : 1 kerat sudah cukup >> Lengkuas : kira kira 1 kerat >> Jahe : cukup sekitar 2 cm >> Ketumbar : sekitar 1 sendok teh >> Kemiri : 3 butir >> Ketumbar : ± 1 sendok teh >> Tomat buah : 1 buah >> Daun jeruk : 5 lembar >> Asam jawa : kira kira 1 sendok teh >> Cabe : secukupnya

>> Gula pasir, garam halus, dan penyedap rasa : secukupnya

Nah setelah semua bahan dan bumbu telah tersedia semua, yuk siakan peralatannya yang nanti dibutuhkan dan ikuti tutorial

cara masak pepes tongkol

  1. Langkah pertama adalah tahap membersihkan ikan tongkol, buang kepala dan durinya supaya nanti mudah mengkonsumsinya.
  2. Berikutnya uleg bumbu halus ( kecuali daun bawang ), sebaiknya jangan terlalu lembut, lebih bagus jika hasil ulegan sedikit kasar. Lantas tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya, Coba cicipi dahulu rasanya ya. Setelah cita rasanya pas potong potong daun bawang dan jadikan satu dengan bumbu halus.
  3. Selanjutnya ambil selembar daun pisang dan taruh bumbu secukupnya, kemudian masukkan daging ikan tongkol dan tutupi kembali dengan bumbu halus, lalu bungkus yang rapi.
  4. Terakhir kukus dengan langseng sekitar 30 menit
  5. Hidangkan bersama sepiring nasi putih hangat, selamat menikmati pepes ikan tongkol

Pepes memang merupakan salah satu masakan tradisional yang lumayan enak, anda suka masakan pepes, silahkan coba juga pepes ikan bandeng.

Pepes menjadi resep masakan alternatif bagi mereka yang ingin mengurangi penggunaan minyak goreng yang ternyata berpengaruh buruk bagi kesehatan khususnya para manula. Kita beruntung mempunyai leluhur yang mampu menciptakan berbagai menu masakan tradisional yang enak dan sehat dan pepes adalah salah satunya. Namun demikian ikan tidak hanya enak di buat pepes maupun di goreng, coba saja diolah dengan bahan bumu rujak wow sedapnya, apalagi ikannya ikan mas, silahkan mencoba bumbu rujak ikan mas

Gallery Resep Pepes Ikan Pindang

Unduh Kumpulan Aneka Resep Pepes Apk Versi Terbaru 1 0 Untuk

Resep Pepes Ikan Pindang

17 Resep Pepes Ikan Enak Sederhana Dan Mudah Dibuat

Resep Pepes Ikan Tongkol Kemangi Yang Lezat

Resep Pepes Ikan Pindang Oleh Salbiyla Azzara Cookpad

Resep Pepes Ikan Mas Pedas Khas Sunda Yang Raos Pisan

Resep Lezat Memasak Pepes Ikan Pindang Dengan Simpel

Brengkes Pindang Pepes Ikan Pindang Cue

Resep Ikan Pepes Pindang Salem Tahu Takwa

Resep Pepes Ikan Pindang

Resep Pepes Tahu Pindang Kemangi Enak Chef Tela

Resep Pepes Pindang Simpel Tapi Spesial Untuk Keluarga Tercinta

Cara Membuat Pepes Pindang Yang Enak Dapur Aneka Youtube

Resep Pepes Pindang Tongkol Yang Lezat Dan Nikmat

Bikin Gak Bisa Berhenti Makan Resep Praktis Bikin Pepes

Resep Pepes Ikan Teri Basah

Kenalan Dengan Brengkes Pindang Tongkol Yang Lezatnya Tiada

Pepes Tongkol Cabe Hijau Bisnis Bandung

Resep Pepes Ikan Kembung Kaya Bumbu Dream Co Id

Resep Pepes Ikan Pindang Bumbu Rujak Resep Kuliner

Resep Bumbu Pepes Ikan Mas Dan Cara Memasak Pepes Ikan Mas

Resep Pepes Pindang Bumbu Nanas Hobimasak Info

Resep Pepes Pindang Kemangi Belimbing Wuluh Modern Id

Resep Pepes Tongkol Suwir Kemangi

Resep Pepes Pindang

Pepes Ikan Pindang Salem Resep Ala Kumpulan Resep

Resep Membuat Pepes Ikan Pindang Mudah Enak Dan Sedap Ala Zasanah

17 Resep Pepes Ikan Enak Sederhana Dan Mudah Dibuat

Pepes Tongkol Sambel Mangga Muda By Rury Kusuma Dewi


Belum ada Komentar untuk "Resep Pepes Ikan Pindang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel