Resep Keripik Singkong



Keripik Singkong Balado Pasti Jago Membuatnya Dengan Resep

Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado Pedas

Cara Membuat Keripik Singkong Balado. Keripik singkong adalah salah satu dari aneka jenis camilan enak yang enak dan sangat digemari oleh semua orang.

Namun, untuk membuat cara keripik singkong ini Anda harus tahu resep dan cara mengolahnya juga lho. Karena, dikhawatirkan jika Anda salah dalam cara pembuatan keripik singkong ini. Maka keripik singkong tidak renyah alias melempem.

Nah, di bawah ini adalah Cara Membuat Keripik Singkong Balado agar rasanya renyah dan gurih. Perhatikan cara membuat keripik singkong balado berikut ini.

1. Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Bahan-Bahan

  • 1 kg singkong
  • 3 sdm gula pasir untuk bumbu
  • 5 sdm garam untuk rendaman
  • 4 siung bawang putih, haluskan untuk rendaman
  • 1 sdm kapur sirih
  • 300 ml air matang
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu Halus

  • 8 butir bawang merah
  • 150 gram cabai merah keriting
  • Garam dapur secukupnya

2. Langkah Pertama Kupas dan Iris Tipis Singkong

  • Langkah pertama ambil singkong dan masukkan ke dalam wadah kupas singkong dari kulitnya, lalu cuci bersih singkong sampai bersih. Dan usahakan saat Anda mengambil singkong.
  • Kemudian pilih singkong yang masih segar, yang memiliki ukuran besar dan isinya berwarna putih tidak ungu.
  • Setelah itu iris semua singkong yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan alat pengiris untuk bisa membuat keripik atau juga bisa dengan menggunakan pisau.
  • Akan tetapi, diusahakan ukuran irisan sama tipis atau juga tidak tebal sebelah ya.

3. Rendam Adonan Singkong yang Sudah Diiris

  • Pertama masukan singkong yang sudah diiris tipis tadi ke dalam wadah, lalu kemudian taburkan air dengan campuran air kapur sirih.
  • Kemudian masukan bawang putih dan juga garam yang sudah di haluskan dan aduk merata. Lalu kemudian diamkan rendaman kurang lebih selama 25 menit.
  • Setelah itu angkat dan keringkan singkong yang sudah direndam hingga benar-benar kering dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

4. Menggoreng Singkong dalam Wadah Penggorengan

Pertama sediakan alat penggorengan kemudian panaskan minyak, lalu goreng singkong sampai matang dan juga kering. Kemudian angkat lalu tiriskan keripik singkong sampai dingin dan juga sampai tidak berminyak.

5. Langkah Terakhir

  • Pertama sediakan alat penggorengan, kemudian panaskan minyak lalu tumis bahan bumbu adonan halus, dan aduk-aduk. Lalu tambahkan gula pasir ke dalam tumisan dan aduk hingga merata.
  • Setelah semua bumbu mengering, kemudian kecilkan api lalu kamu masukkan keripik singkong yang sudah digoreng tadi, lalu aduk tumisan sampai merata dan matang.
  • Jika keripik sudah matang kemudian angkat, lalu tiriskan dan diamkan hingga dingin ya.
  • Keripik singkong balado pedas siap untuk disajikan buat camilan saat santai sendiri atau saat bersama keluarga.

Nah, bagaimana cukup mudah kan cara membuat keripik singkong balado pedas? Yuk coba anda buat di rumah, cara membuatnya juga cukup gampang kok!

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Singkong

Tanaman singkong mengandung berbagai jenis nutrisi penting untuk tubuh. Dalam 100 gram singkong rebus, ada sekitar 112 kalori yang 98 persennya berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein serta lemak.

Dalam takaran yang sama, singkong juga mengandung serat dan beberapa vitamin dan mineral. Mari kita bahas lebih jauh seputar kandungan nutrisi dan manfaat singkong yang di bawah ini.

Karbohidrat

Setiap 100 gram pada singkong mengandung sekitar 38 gram karbohidrat. Hal inilah mengapa singkong menjadi sumber energi yang sangat baik untuk Anda yang harus menjalani berbagai macam aktivitas fisik yang berat.

Aktivitas fisik akan dapat menguras glikogen, yang merupakan bentuk dari glukosa yang disimpan dalam otot. Ketika Anda makan singkong.

Maka karbohidrat akan dapat diubah menjadi glukosa, yang kemudian bisa diubah menjadi glikogen dan disimpan di otot. Jadi, manfaat tanaman singkong untuk menambah energi tidak bisa disepelekan.

Serat

Singkong juga mengandung serat pangan dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga dapat diigunakan untuk mencegah sembelit. Serat juga bisa Anda menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda menjadi kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan serat pada singkong juga bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan risiko obesitas, dan juga menurunkan risiko penyakit jantung.

Manfaat singkong juga bisa didapatkan bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes. Makan singkong juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini dikarenakan serat bisa memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Mineral

Singkong juga mengandung sumber mineral yang cukup banyak misalnya kalsium, fosfor, mangan, zat besi, dan kalium. Mineral ini sangat diperlukan untuk perkembangan, pertumbuhan, dan untuk menjalankan fungsi jaringan tubuh.

Kalsium juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zat besi dapat membantu dalam pembentukan protein (hemoglobin dan myoglobin) yang dapat membawa oksigen ke dalam seluruh jaringan tubuh Anda.

Sementara itu, mineral mangan membantu dalam pembentukan tulang, jaringan ikat, dan hormon seks. Kalium juga diperlukan untuk sintesis protein dan juga untuk membantu dalam pemecahan karbohidrat.

Selain itu, singkong juga mengandung magnesium dan juga tembaga yang cukup tinggi. Magnesium bisa menurunkan tekanan darah dan juga bisa mengurangi risiko osteoporosis. Tembaga bisa digunakan menjaga fungsi saraf tetap sehat.

Vitamin

Tanaman singkong mengandung vitamin C, vitamin E, dan juga folat yang berlimpah dan memberikan banyak manfaat.

Kandungan tersebut memberikan manfaat singkong yaitu kita dapat terlindung dari kanker usus besar dan juga mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

Selain itu, vitamin C pada singkong juga bisa melindungi Anda dari penyakit jantung koroner dan juga beberapa jenis kanker.

Cukup seian artikel tentang cara membuat keripik singkong balado kali ini, jangan lupa untuk mengunjugi artikel berikutnya

Gallery Resep Keripik Singkong

Resep Keripik Singkong Pedas Manis Oleh Susan Mellyani Cookpad

Resep Keripik Singkong Balado Pedas Resep Mas

Resep Keripik Singkong Renyah

Resep Keripik Singkong Keju Yang Enak Dan Lezat Tukang Review

Resep Keripik Sanjai Balado Asli Padang Yang Gurih Dan Renyah

Ciricara Cara Membuat Keripik Singkong Yang Gurih Dan

Resep Keripik Singkong Pedas Apk App Free Download For Android

6 Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Gurih

Resep Membuat Olahan Keripik Singkong Balado Pedas Coba Yuk

Resep Keripik Singkong Balado Pedas Manis Youtube Di 2020

Resep Keripik Pisang Manis Gurih Homemade Yang Cocok Untuk Jualan

Resep Keripik Singkong Salsa Camilan Internasional Dengan Gaya Indonesia

6 Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Gurih

Cara Membuat Keripik Singkong Yang Renyah Dan Bikin Ketagihan

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tidak Keras Dan Tahan

Resep Keripik Singkong Renyah Gurih Satu Resep

Resep Keripik Singkong Balado Site Title

Keripik Singkong Balado

Resep Keripik Singkong Rebus

Resep Keripik Singkong


Belum ada Komentar untuk "Resep Keripik Singkong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel