Resep Ikan Kembung Goreng



Resep Masakan Praktis Rumahan Indonesia Sederhana Ikan

Resep masakan ikan kembung goreng bumbu rujak

masakan ikan kembung. Resep masakan sehari hari tradisional kali ini yakni masakan ikan kembung goreng dengan bumbu rujak. Resep ikan kembung goreng bumbu rujak ini sederhana dan praktis, namun mampu menghasilkan cita rasa masakan pedas yang cukup lezat. Kalau bunda biasanya suka dengan ikan kembung bakar yang cukup lezat dengan bumbu kecap, nah kali ini dengan sedikt kreasi resep bumbu rujak akan mampu menghadirkan suasana baru dalam jamuan makan sehari hari bunda. Bisa dibilang bahan bumbu rujak ini cukup enak dengan menggunakan bahan apapun. Saya pilihkan ikan kembung karena memang jenis ikan yang satu ini selain gurih rasanya juga sangat dekat dengan aneka masakan sehari hari. Banyak juga sih kelebihan ikan kembung ini jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar yang lain, salah satunya adalah kumpulan durinya yang hanya satu baris yakni hanya ada di bagian tengah saja dan duri kecilnya dibagian sirip dan punggung ikan kembung.

Resep masakan tradisional dengan bahan bumbu rujak ini pas bagi mereka yang suka dengan cita rasa pedas. Nah untuk menghasilkan rasa ikan kembung bumbu rujak yang enak dan lengkap, tentunya jangan takut takut menggunakan bahan bumbunya. Seperti pada resep bumbu rujak, maka ikan bumbu rujak pedas ini anda bisa menggunakan cabe merah besar atau bisa juga dengan tambahan cabe rawit merah. Dengan komposisi bumbu yang pas maka masakan bumbu rujak ikan kembung ini lumayan lezat lho bunda. Namun demikian bunda mesti pilih ikan kembung yang bagus kualitasnya, sebab tidak jarang kita menemukan penjual yang kurang baik, sehingga mutu ikannya kurang bagus. Sebenarnya tidak sulit memilih ikan segar, namun jika belum paham caranya, terkadang salah pilih juga. Nah bagi anda yang ingin tahu caranya pilih ikan yang segar dan bagus, bisa belajar caranya di cara memilih ikan segar.

Ikan kembung merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak penggemarnya, karena memang mempunyai banyak kelebihan seperti yang telah admin sebutkan di atas. Beberapa kelebihan ikan kembung, seperti : >> Deretan duri ikan kembung hanya tiga baris yakni dua di bagian pinggir dan satu baris di bagian tengah, hal yang jauh berbeda dengan duri ikan bandeng yang tidak terhitung banyaknya, bahkan duri ikan bandeng ini ada di seluruh tubuhnya. >> Kelebihan ikan kembung lainnya adalah rasanya yang lumayan gurih dan tentu saja cukup lezat untuk santapan harian.

>> Harga ikan kembung cukup murah, saat ini harga 1 kg ikan kembung hanya 40 ribuan. Kalau bunda pilih yang gede gede akan dapat sekitar 10 ekor.

Bumbu rujak merupakan salah satu resep masakan jawa yang cukup terkenal, selain masakan ikan kembung yang cukup lezat dibumbui rujak, bunda juga bisa menggunakan jenis ikan air tawar lainnya dan salah satunya yakni ikan mas bumbu rujak yang bisa menghadirkan cita rasa masakan bumbu rujak spesial enak. Itulah salah satu kelebihan resep resep peninggalan para leluhur kita yang mewariskan aneka macam resep masakan maupun resep kue tradisional yang mampu bertahan hingga saat ini. Bagi remaja putri yang suka tantangan dengan berbagai macam kuliner nusantara yang enak, bisa menulis aneka masakan tradisional maupun kue kue tradisional secara lengkap di resep masakan indonesia yang dibahas secara lengkap dan jelas tata caranya. Dari pada lama lama ngebahasnya, yuk siapkan alat tulis untuk menulis resep masakan ikan kembung bumbu rujak dan cara memasak ikan kembung bumbu rujak.

Bahan utama ikan kembung bumbu rujak

  • ikan kembung 1 kg, lebih disarankan pilih yang sedang besarnya, bersihkan ikan kembung hingga bagian dalamnya, lebih enaknya suruh sekalian sama penjualnya untuk membersihkan ikan kembung.
  • Jeruk nipis 1 hingga 2 buah
  • Garam secukupnya untuk menghilangkan bau amis ikan

Bumbu halus ikan kembung bumbu rujak

  • Bawang merah sekitar 8 buah
  • Bawang putih kira kira 5 siung ukuran sedang
  • Cabe merah besar sekitar 10 buah atau sesuai selera anda
  • Cabe rawit merah 3 hingga 5 buah, khusus bagi maniak pedas ya
  • Kemiri cukup 3 buah, namun sebelum dihaluskan ada baiknya di sangrai dahulu
  • Jahe cukup satu kerat sekitar 3 cm bunda

Bahan bumub pelengkap ikan kembung bumbu rujak

  • Lengkuas sekitar 1 kerat sudah cukup, sebelum di gunakan geprek dahulu
  • Daun sereh cukup 1 batang dan buang sedikit bagian ujungnya
  • Daun salam 2 atau 3 lembar
  • Demikian juga dengan daun jeruk cukup 3 lembar saja
  • Tmat buah 1 biji
  • Terus air asal jawa cukup 1 sendok makan
  • Daun bawang 1 batang, potong potong sekitar 1 cm
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis

Anda bisa membeli bahan bahan masakan ikan kembung bumbu rujak ini di pasar tradisional maupun warung tetangga juga ada, hanya saja untuk membeli ikan kembung ya sebaiknya membelinya di pasar, supaya bisa pilih yang bagus bagus. Nah setelah semua bahan bahan dan bumbunya sudah lengkap, yuk mulai melangkah ke dapur kesayangan untuk membuat sajian masakan bumbu rujak ikan kembung yang lezat untuk mengisi meja jamuan untuk acara makan siang hari ini.

Cara membuat masakan ikan kembung bumbu rujak

  1. Setelah ikan kembung dibersihkan, lalu kucuri dengan air jeruk nipis dan sedikit garam, diamkan paling tidak sekitar 20 menit
  2. Kemudian goreng dengan minyak panas hingga garing
  3. Sementara uleg bumbu halus dan langsung saja di tumis hingga harum, lalu tambahkan juga lengkuas, daun salam, sereh, daun jeruk, dan tomat iris, aduk aduk sebentar.
  4. Supaya tumisan bunda bercampur rata, maka tambahkan sedikit air bersih ( sekitar setengah gelas ), tambahkan juga garam, gula pasir, dan penyedap rasa secukupnya.
  5. Jangan lupa juga masukkan kecap manis secukupnya. Sekarang coba cicipi dahulu hingga pas dan sesuai selera.
  6. Terakhir masukkan ikan kembung goreng, aduk aduk secara perlahan hingga semua bumbunya meresap dan bercampur rata. Lantas tambahkan daun bawang yang telah di iris iris tipis tipis. Tunggu hingga daun bawang layu.
  7. Angkat dan sajikan.

Wah akhirnya selesai sudah tutorial lengkap cara bikin masakan ikan kembung bumbu rujak spesial enak. Tentu saja bunda bisa belajar lebih banyak lagi resep resep kuliner nusantara tradisional. Coba masakan lainnya di resep masakan nusantara

Gallery Resep Ikan Kembung Goreng

Resep Ikan Kembung Renyah

Ikan Kembung Goreng Isi

Resep Ikan Kembung For Android Apk Download

Resep Ikan Kembung Goreng Tepung

Resep Nenek Ikan Kembung Hingga Cumi 3 Rekomendasi Serba

Resep Memasak Ikan Kembung Goreng Tepung Pedas

Resep Dan Cara Membuat Ikan Kembung Goreng Bumbu Kuning Yang Kering Enak Dan Gurih

Resep Ikan Kembung Goreng Bumbu Bawang Oke Meals

Kembung Goreng Bumbu Kriuk

Resep Dan Cara Membuat Masakan Ikan Kembung Bumbu Pesmol Khas Betawi Asli Yang Enak Dan Sedap

Resep Ikan Kembung Goreng Kremes Bumbu Kemiri Dijamin

Ikan Goreng Kembung

Resep Ikan Kembung Masak Cabe Ijo Archives Blog K I

Resep Ikan Kembung Masak Kecap

Kembung Masak Woku

Resep Ikan Kembung Goreng Oleh Amalia D Shabrina Cookpad

Resep Ikan Kembung Goreng Bumbu Kuning Sambal Kecap

Resep Ikan Kembung Masak Belimbing Wuluh Ala Lisa Just Try

Resep Ikan Kembung Goreng Garing

Resep Ikan Kembung Goreng Tepung Sambal Ebi Resep Renyah

Resep Balado Ikan Kembung

Resep Ikan Kembung Enak Dan Mudah Klinikabar

Resep Ikan Kembung Bakar Padang


Belum ada Komentar untuk "Resep Ikan Kembung Goreng"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel